Sehari Bersama Doraemon Di Museum Fujiko F Fujio

Setelah gunung salju Tateyama dan kota pelabuhan Hakodate di Hokkaido, Kota Kawasaki adalah destinasi yang ada di top list yang harus saya kunjungi selama 13 hari backpacking di Jepang. Alasan utamanya adalah tidak lain karena di kota ini, terdapat museum yang didalamnya terdapat mimpi masa kecil jutaan anak kecil di dunia.

Tidak ketinggalan pula, mimpi masa kecil saya ada di tempat ini pula. Namanya adalah Museum Fujiko F Fujio atau juga dikenal dengan Museum Doraemon. Museum ini memamerkan hasil karya komikus Fujiko F Fujio (Hiroshi Fujimoto) dengan karakter utamanya yang paling terkenal, yaitu Doraemon. Sebelumnya, ada yang tidak kenal dengan doraemon disini?

Rabu, 28 Mei 2013, Doraemon Sudah Menunggu Saya Di Museum Fujiko Fujio

Doraemoooooon!!
Doraemoooooon!!

(Baca Juga : Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 1 – Di Perjalanan)

"Idealisme saya untuk komik adalah menikmatinya dengan mengilustrasikannya sebagai hasil pekerjaan, dan juga membuat pembaca menikmati dengan membacanya" Kurang lebih terjemahannya seperti itu ^^
“Idealisme saya untuk komik adalah menikmatinya dengan mengilustrasikannya sebagai hasil pekerjaan, dan juga membuat pembaca menikmati dengan membacanya” Kurang lebih terjemahannya seperti itu ^^  (courtesy of www.fujiko-museum.com)

Kota Kawasaki adalah tempat dimana komikus Fujiko F Fujio menetap semasa hidupnya, dan tempat dia membuat komik untuk anak – anak seperti Esper Mami, P-Man, dan yang paling fenomenal yaitu Doraemon. Museum Fujiko F Fujio didirikan atas permintaan istri sang komikus, Fujiko F Fujio. “Saya ingin membalas budi kepada setiap anak – anak di dunia yang telah mensupport komik hasil karya suami saya” Kata Istri Sang Komikus Fujiko F Fujio.

Yah, memang komikus yang satu ini jadi besar karena mimpi anak – anak diseluruh dunia, termasuk saya yang selalu bermimpi punya kantong ajaib dan baling – baling bambu yang bisa selau saya pakai tiap pergi ke kantor. Museum Fujiko F Fujio ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Tokyo, Jika memiliki Japan Raill Pass, rute terbaik adalah dari Stasiun Tokyo tinggal naik saja kereta api ke arah Kota Kawasaki ( JR Keihin Tohoku Line atau JR Tokaido Line).

Kemudian dari Kota Kawasaki berganti kereta menuju Stasiun Noborito (JR Nanbu Line), sesampainya di pintu keluar Stasiun Noborito ambil pintu keluar bagian kiri hingga menemukan patung Doraemon. Dari sini bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit sampai ke museum atau naik shuttle bus dengan biaya 200 yen yang disediakan khusus untuk mengantarkan pengunjung sampai Museum Fujiko F Fujio.

Peta Lokasi Museum Fujiko F Fujio
Peta Lokasi Museum Fujiko F Fujio (courtesy of www.fujiko-museum.com)

(Baca Juga : Tour Ke Museum Fujiko Fujio (Museum Doraemon) Bagian 2 – Bagian Depan Museum)

Kalau sudah menemukan patung Doraemon seperti ini, berarti arahnya sudah benar menuju Museum Fujiko F Fujio.
Kalau sudah menemukan patung Doraemon seperti ini, berarti arahnya sudah benar menuju Museum Fujiko F Fujio.

Perlu diperhatikan bahwa tiket untuk masuk ke Museum Fujiko F Fujio tidak dijual di museum. Tiket untuk masuk ke museum ini bisa di beli di Jepang, di seluruh mesin yang bernama Loppi. Loppi adalah mesin penjual tiket otomatis yang ada di minimarket Lawson yang banyak di temukan di Jepang. Nah, sebelum kaget ketika mau membeli tiket seperti saya, tidak semua menu mesin Loppi berbahasa inggris!

Mengandalkan insting atau asal pencet menu di mesin tidak akan banyak membantu, lebih baik iseng membikin repot mas/mbak kasir di Lawson untuk membantu membeli tiketnya. Meskipun bahasa inggris mereka sangat minim, tetapi saya berhasil membeli tiket untuk masuk ke museum karena bantuan mereka.

Tiket masuk ke Museum Fujiko F Fujio juga hanya dijual dengan 4 kali waktu masuk saja, yaitu jam 10:00, 12:00, 14:00 dan 16:00. Alasannya untuk memaksimalkan waktu kunjungan dan waktu menikmati pameran yang ada di museum. Pengunjung juga hanya diberi waktu keterlambatan maksimal sampai setengah jam saja, jadi jangan sampai membawa jam karet ala Indonesia ke museum ini ya! ^^

(Baca Juga : Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 3 – Bagian Dalam Museum, Lounge Room)

Tiket masuk Museum Fujiko F Fujio, harganya 1000 Yen bisa di beli di Lawson yang ada di Jepang, atau beli online untuk kemudian ditukar di Lawson juga :)
Tiket masuk Museum Fujiko F Fujio, harganya 1000 Yen bisa di beli di Lawson yang ada di Jepang, atau beli online untuk kemudian ditukar di Lawson juga :)

Ada Apa Di Museum Fujiko F Fujio

Ketika saya berkunjung, keunikan dari museum yang satu ini bahkan sudah terlihat sejak dari jalan menuju tempat ini. Jadi, paling tidak ada 7 bagian dari kunjungan museum Fujiko F Fujio yang bisa dinikmati.

  1. Di Perjalanan. Di sepanjang perjalanan menuju museum akan ada banyak karakter karya dari komikus Fujiko F Fujio yang bisa dilihat, mulai dari patung Doraemon di luar Stasiun Noborito hingga ukiran  Nobita dan dan kawan kawan di pagar yang ada di jalan menuju musium. Untuk menikmati yang ini, saya harus rela berjalan kaki menuju museum, tidak naik shuttle bus.
  2. Bagian Depan Museum. Bagian depan diibaratkan spoiler dan preview untuk membuat pengunjung semakin tidak sabar untuk melihat bagian dalam dari Museum Fujiko F Fujio.
  3. Bagian Dalam Museum, Ruang Pameran. Di ruang ini adalah tempat untuk memamerkan semua karya sang komikus Fujiko F Fujio yang tidak pernah di publikasikan ke umum, sayang di ruang ini tidak diperbolehkan sedikitpun mengambil foto. Bagian yang paling menarik dari ruangan ini adalah diorama tiga dimensi proses pembuatan komik Doraemon yang diperankan oleh Nobita si pengacau dan Doraemon yang lucu ^^.
  4. Lounge Room Museum. Di tempat ini adalah ruang bersantai di museum ini setelah capek mengelilingi ruang pameran, disini juga ada ruang untuk membaca komik karya sang komikus yang semuanya berbahasa jepang dan ruang tempat untuk melihat film animasi yang tidak pernah ditampilkan di belahan dunia manapun! Hanya bisa disaksikan di museum ini saja.
  5. The Cafe! Tempat yang pas untuk yang kelaparan setelah berkeliling museum, menu yang ada tidak jauh dari karakter yang bertebaran di museum ini. Favorit saya dorayaki! hehe!
  6. The Play Ground! Dibagian ini mimpi – mimpi masa kecil saya kembali liar! Di play ground museum saya bisa menemukan ukuran asli karakter doraemon dan beberapa pernak pernik yang sebelumnya hanya bisa saya lihat di dalam komik karya Fujiko F Fujio saja.
  7. Souvenir Store. Komitmen saya untuk tidak berbelanja terlalu banyak terlupakan sejenak ketika melihat pernak – pernik lucu yang ada disini! Hasilnya, ketika saya sadar 5000 yen melayang hanya dalam setengah jam :|

Nah, rasanya seharian bersama Doraemon di Museum Fujiko F Fujio ini masih saja kurang, masih banyak mimpi – mimpi liar saya yang bisa diwujudkan disini. Semoga ada kesempatan lain untuk mengunjungi musium ini ^^

Foto – Foto Museum Fujiko F Fujio

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
25 Responses
  1. Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 1 - Di Perjalanan - @catperku

    […] saya sudah dihibur oleh Doraemon mini yang tersenyum. Saran saya, jika ada kesempatan mengunjungi Museum Fujiko F Fujio, lebih baik berjalan kaki saja dari stasiun hingga ke museumnya, karena akan banyak hal yang […]

  2. Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 6 - The Souvenir Store - @catperku

    […] terakhir dari rangkaian tour ke Museum Doraemon adalah, ruangan untuk berbelanja oleh – oleh atau souvenir store-nya museum. Di bagian […]

  3. Aaaaa ini kali kedua aku baca tentang Museum Doraemon (setelah sebelumnya di blog Alid), jadi makin mupeng ke sana haha.

    Cerita Giant yang kecebur di sumur/sungai (?) itu inget hehe karena dulu punya komiknya (yang sekarang ntah dimana).

    Ditunggu catatan perjalanan lain di Jepang ya mas :)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      Semoga nanti bisa ketularan ke sana :D ini masih banyak cerita sebenernya, cuma waktunya kurang buat nulis :D moga ada waktu nyantai banyak deh, ditunggu ya :D

  4. Halim

    Sukaaaa sukaaa Doraemonnn… :-)
    Ingon dorayali, ingin cubit pipi Dora, ingin ini ingin itu banyak sekali hahaha… Nice share bro.
    Bener-bener kudu nabung buat ke Jepang tahun depan. Fightin! :-D

  5. Bertemu Gundam Di Odaiba - @catperku

    […] robot. Mulai dari robot asli mirip manusia seperti asimo, hingga robot kucing lucu yang bernama Doraemon. Eittss! Enggak ketinggalan juga, beberapa robot raksasa yang populer di film animasi, dikenal […]

  6. Tour Ke Museum Fujiko F Fujio (Museum Doraemon) Bagian 3 - Bagian Dalam Museum, Lounge Room - @catperku

    […] Catperku.info (Travel Blogger Indonesia) – Kalau bagian depan Museum Fujiko F Fujio saja sudah begitu menarik, bagaimana di bagian dalam museum ini? Hohooo…. pasti penasaran yak!? Sebenarnya, bagian dalam Museum Doraemon terbagi menjadi beberapa ruangan, yaitu ruang untuk menampilkan karya – karya sang komikus (Exhibition Room), ruangan bersantai ( lounge room ), dan cafe dengan menu – menu unik yang akan saya tuliskan di tulisan setelah ini. Sayang di exhibition room atau ruangan yang digunakan untuk menampilkan karya Fujiko F Fujio yang tidak pernah terbit ke dunia luar, tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar. Beda lagi di bagian lounge room, saya diperbolehkan untuk mengambil gambar sepuasnya. Yah, enggak apa sih, tentunya ngeliat lounge room dari museum ini pun bisa bikin ngiler para penggemar Doraemon untuk mengunjungi Museum Fujiko F Fujio! […]

  7. Tour Ke Museum Fujiko Fujio (Museum Doraemon) Bagian 2 - Bagian Depan Museum - @catperku

    […] jam yang ditentukan di tiket agar bisa antri dengan tenang. Jangan takut bosan juga antri di depan Museum Fujiko F Fujio, karena dibagian depan museum ini saja ada banyak benda lucu yang bisa membuat saya mengenang masa […]

  8. "Miaw" Kucing Jepang Memanggilku :3 - @catperku

    […] kucing lucu yang akhirnya saya abadikan dalam kamera saya. Ternyata ada kucing lucu lain, selain Doraemon yang sudah saya temui di Kawasaki City sebelumnya. Hei – hei!? Siapa bilang kucing di Jepang cuma Doraemon saja? Masih ada beberapa […]

  9. Menjajal Ramen Halal Jepang - @catperku

    […] menjajal makanan bernama Ramen ini karena terpengaruh dengan beberapa komik jepang seperti Ranma, Doraemon dan Naruto :D absurd kan? Pun begitu, saya sangat penasaran dengan makanan yang berbahan dasar mie […]

  10. iis istichomah

    Huwaaaaaa.. mau kesana mau kesanaaa…..
    mau peluk dora, mau ajak dia ke Indonesia
    aseli mupeng parah.. racun bgd ini tulisan..
    *gagal ikutan quis gratis ke Jepang huhuhu T_T

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: