Pengalaman Liburan, Menghabiskan Weekend Ke Belitung

Mendapatkan tiket hasil bayaran kerja di dunia maya yang punya batas maksimal pemakaian itu kadang bikin keki (bener bayaran, bukan gratisan :p). Bingung mau dipakai terbang kemana. Mau terbang ke yang agak jauh, saya cuma waktu libur sabtu minggu, terbang ke Raja Ampat, eh nggak ada rutenya. Bingung kan?

Iya, hal itu terjadi pada saya ketika bulan puasa kemarin. Punya tiket liburan kemana aja untuk rute domestik, tapi bingung mau memakai kemana. Tiket itu saya dapatkan karena beberapa pekerjaan di dunia maya. Saya mendapatkan bayaran dengan tiket gratis ke mana saja PP dari salah satu maskapai di Indonesia.

Masalahnya, batas penggunaan tiket itu adalah awal bulan Juli 2015 kemarin, yang notabene bulan puasa dan saya lagi nggak ada kesempatan buat kabur terlalu lama. Saya hanya bisa memakai waktu liburan yang singkat, sabtu dan minggu saja. Memang sebenarnya liburan sabtu dan minggu itu bisa saja saya gunakan terbang ke Bali, leyeh – leyeh di villa, menikmati pemandangan sunsetnya yang terbaik atau sekedar haha hihi bareng geng disana. (Baca Juga : Liburan Sekaligus Reuni Bareng Teman Di Zrezidence Umalas Bali)

Akhirnya liburan ke negeri laskar pelangi juga.

Akhirnya liburan ke negeri laskar pelangi juga.

Tetapi, sepertinya bali sudah terlalu sering deh. Makanya, kemarin saya mencoba mencari ide destinasi liburan yang baru. Kemana saja, asal bisa puas liburan meski hanya sabtu dan minggu. Dan… setelah menimbang dan melakukan sedikit riset, akhirnya pilihan liburan weekend jatuh pada Belitung, si Negeri Laskar Pelangi.

Alasannya sih sederhana, jam penerbangan dari maskapai cukup efektif untuk rute Jakarta – Belitung. Saya bisa terbang ke Belitung dari Sabtu pagi hari sekitar jam 5 Pagi dan kembali lagi ke Jakarta pada hari Senin sekitar jam 7 Pagi. Itu berarti saya nggak perlu ambil cuti, dan Senin pagi saya bisa langsung pergi ke kantor setelah landing di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. *nasib mas – mas kantoran gini dah*

Foto dulu di bandara Tanjung Pandan, biar nggak dibilang hoax :p

Foto dulu di bandara Tanjung Pandan, biar nggak dibilang hoax :p

Selain itu, alasan lain kenapa saya memilih belitung adalah; Karena Belitung ini merupakan pulau yang tidak terlalu besar dengan beberapa pantai memukau, museum yang menyenangkan dan kuliner yang selalu bikin lupa kalau perut ini kian membuncit. *lalu liat perut, dan ingat harus mulai rajin sit up*. Jadinya, saya bisa mengeksplore pulau dengan sepeda motor seperti biasanya.

Penerbangan Jakarta – Belitung hanya memakan waktu satu jam perjalanan, jauh lebih cepat dari pada pergi ke Bekasi dengan sepeda motor. Tentunya pesawat yang saya tumpangi mendarat dengan mulus di Bandara H.AS.HANANDJOEDDIN Tanjung Pandan yang tidak terlalu besar itu. O iya, bandara ini mengingatkan saya Bandara Samratulangi Manado yang ukurannya hampir sama. (Baca Juga : Terios 7 Wonders : The Adventure Of Amazing Celebes Heritage!)

Sebelum terbang ke Belitung saya juga sudah melakukan kontak Pak Ujang, driver lokal di Tanjung Pandan untuk menjemput saya dan istri. Kali ini nggak mau bertaruh dengan efektifitas waktu liburan yang cuma dua hari, jadi sudah mempersiapkan segalanya sebelum berangkat. Apalagi Pak Ujang hanya mematok tarif 80 ribu saja untuk menjemput kami dari bandara dan mengantarkan ke hotel.

Danau Kaolin ini hanya berjarak 10 menit berkendara dari Ocean Hotel Belitung tempat kami menginap.

Danau Kaolin ini hanya berjarak 10 menit berkendara dari Ocean Hotel Belitung tempat kami menginap.

Pak Ujang ini selain sebagai driver yang mengantar jemput kami ke bandara, dia juga bisa membantu mencarikan kami persewa sepeda motor dan juga penginapan di Belitung loh. Jadi lumayan enak, saya nggak pake ribet mikir atau cari – cari informasi lagi di Internet. *ceritanya lagi males banget riset sendiri karena memang lagi banyak kerjaan*

Beruntung hotel tempat kami menginap, Ocean Hotel Belitung memperbolehkan very early check in, jadi saya bisa langsung taruh tas dan segera bergegas keliling Belitung. Ocean Hotel Belitung sendiri memang bukan hotel yang terlalu mewah. Namun harga per malam IDR 300.000 adalah harga yang pantas untuk hotel yang tenang dan nyaman. Yang paling saya suka dari hotel ini sih, internet wifinya yang cepat. (Baca Juga : Mabuhay! Selamat Datang Di The Peninsula Hotel Manila!)

Berkunjung ke Rumah Adat Belitung jadi pengen punya rumah panggung yang terbuat dari kayu deh.

Berkunjung ke Rumah Adat Belitung jadi pengen punya rumah panggung yang terbuat dari kayu deh.

Keliling Belitung sendirian tanpa memakai travel agent itu sebenarnya mudah. Karena destinasi utama di Belitung ini berada di Tanjung Pandan, Manggar dan Gantung dimana replika Sekolah Dasar Muhammadiyah untuk setting film Laskar Pelangi berada. Tidak jauh dari lokasi replika sekolah ini juga terdapat Museum Kata yang masih berada di di Belitung Timur. Atau jika ingin island hopping, saya hanya tinggal menuju ke Pantai Tanung Kelayang. Datang saja sebagai turis, pasti banyak yang nawarin keliling pulau kecil di sekitar Belitung Barat dengan perahu.

Untuk wisata pantai dan island hopping di Belitung ini berada di dekat Tanjung Pandan. Pantai Tanjung Pendam, Pantai Tanjung Pasir, Dan Pantai Tanjung Kelayang juga berada di Belitung Barat, tak jauh dari Kota Tanjung Pandan. Sebenarnya masih ada banyak pantai lain, namun saya masih tahu beberapa pantai saja di Belitung. Untuk pantai terdekat dari Kota Tanjung Pandan Sendiri adalah Pantai Tanjung Pendam. Tidak lupa juga, saya mengunjungi Danau Kaolin yang warnanya memukau itu. (Baca Juga : Nusa Lembongan Pulau Tropis Asik Buat Liburan, Enggak Bikin Pusing!)

Foto ala - ala di Pulau Gosong :D

Foto ala – ala di Pulau Gosong :D

Selfie ala - ala juga jangan sampai lupa.

Selfie ala – ala juga jangan sampai lupa ya :p

Kalau mau suasana yang berbeda, coba saja berkunjung ke Pantai Tanjung Pendam ketika malam hari, dan ternyata banyak ABG yang lagi mojok dan pacaran disini. Kami sebagai pasangan muda pun nggak mau kalah, ikutan mojok sambil pacaran di tepi pantai. Sesuatu yang mungkin sulit dilakukan kalau di Jakarta, kecuali mau naik sepeda motor jauh – jauh ke Ancol.

Meskipun hanya liburan dua hari ke Belitung, kami juga masih sempat mengunjungi replika SD Muhammadiah yang dipakai sebagai latar film Laskar Pelangi dan Museum Kata dimana sebagian besar karya Andrea hirata dipamerkan. Museum Kata ini merupakan museum literatur pertama di Indonesia ini berada di Gantong, Belitung Timur. Kalau ke Belitung, wajib dah mampir kesini! Apalagi buat yang suka dengan sastra. (Baca Juga : Mesin Waktu Itu Bernama Ullen Sentalu)

Penyuka sastra, wajib mampir ke Museum Kata Andrea Hirata.

Penyuka sastra, wajib mampir ke Museum Kata Andrea Hirata.

Ini salah satu bangunan yang membuat Belitung jadi makin terkenal.

Ini salah satu bangunan yang membuat Belitung jadi makin terkenal. *item dah item abis dari Belitung*

Jarak Tanjung Pandan dan Gantong mungkin agak sedikit jauh, namun masih bisa dicapai dengan sepeda motor atau berkendara dengan mobil dengan cukup nyaman (sekitar 2 jam perjalanan, 4 jam pulang – pergi). Sebagian besar jalanan utama di Belitung mulus, bak pantat bayi. Hampir 95 persen lebih, adalah jalanan aspal hitam yang sepi dan lebar. Pokoknya jalan idaman traveler yang suka menjelajah dengan sepeda motor seperti saya deh. Hanya di beberapa tempat saja jalanan agak rusak atau sedang dalam perbaikan.

Sebenarnya sih saya berniat ingin mengeksplore Manggar yang ada di Belitung Timur sekalian. Karena katanya ada banyak warung kopi yang enak di Manggar. Namun karena waktu liburan yang singkat ini pasti tidak cukup dan saya masih ingin berbuka puasa sambil kulineran di Tanjung Pandan, saya mengurungkan niat untuk mengunjungi Manggar. Mungkin juga ini pertanda saya harus berkunjung ke Belitung lagi untuk menjelajah lebih banyak destinasi tersembunyi yang dimiliki pulau ini.

Liburan ke Belitung juga jangan sampai lupa selfie disini. Ini dimana hayo!?

Liburan ke Belitung juga jangan sampai lupa selfie disini. Ini dimana hayo!?

Ps : Untuk yang mau mengintip Itinerary liburan ke Belitung kami, bisa intip di tulisan “Itinerary Liburan Sabtu – Minggu Ke Belitung” yang ini. Atau yang ingin liburan kesana, bisa ikutan open trip kerjasama saya dan wanatour.co disini.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

93 Responses

  1. Saya tahu foto terakhir itu di mana. Di mercusuar! :D

  2. Goiq says:

    foto terakhir : di mercusuar Pulau Lengkuas :)

  3. aku jg bkl kesini 12-13 sept nanti ^o^.. Outing kantor sih ;p.. lumayanlah gratisan dan terjamin :D.. Ga sabar mw nyobain kulinernyaaaa

  4. Yaaa ampun kak fahmi pake bandana kok jadi manis2 cantik hahaha #LaluDigampar
    Btw aku suka liat danau kaolin tapi miris kalo liat nasib nya

  5. Febriyan says:

    Saya ngakak baca komennya Om Cumi :D hahaha

    Belum pernah ke sana nih. Mudah-mudahan ah bisa ke sana.

  6. Dita says:

    kak, yaudah deh aku mau jadi yang fotoin kalian….tapi diajak liburan yaaaa :D

  7. Aku udah setahun di Bangka tapi baru mau bulan September besok ke Belitung. Lumayan nih referensi tempatnya bang :D

  8. Alris says:

    Bagi saya menarik danau Kaolin dan pulau Gosong itu.

  9. Rizal Altaf says:

    Danau Kaolinnya bagus banget bro.. jadi pingin nyebur.. #eh..

  10. Suma says:

    Halo.. Salam kenal.. Reviewnya keren jd pengen cpt2 kesana. Rencana sih pengennya gak pake travel agent biar lbh hemat :) Btw boleh minta kontak pak drivernya?

  11. Prasetyo says:

    Wah jadi ngiri… Danaunya keren banget !

  12. ahhhh aku malah gak ngambil tuh kerjaan mas, keselll padahal butuh buat ke Maluku, too bad ada limit tanggalnya :(

  13. Irham says:

    Keren nih danaunya tapi miris jugaaa. Btw, so sweet banget bang bajunya couple gitu hihi :3

  14. Asiknya dapat tiket gratis teruss hahaha…cakep tuh Danau Kaolinnya hehe

  15. Itu danau warnanya cantik banget…
    foto barengnya itu yang fotoin siapa mas? bapak drivernya kah? *kemudiankepo*

  16. Yusuf Ahmad says:

    Mas fahmi bingung mau milih jalan kemana.. Saya bingung mau jalan ga ada yang bayarin wakakakkaka

  17. Ingin banget ke sini Mas.
    Thx banget catatan perjalanannya.

  18. Josefine says:

    Menyenangkan sekali! Weekend gateaway-nya bisa jauh-jauh ke Belitung!
    Btw, sudah pernah ke Rammang-Rammang belum, Kak?

    Josefine Yaputri
    Content Writer & Editor
    PT. Grivy Dotcom
    P: +62(0)21 2960 8168
    Office 8 Tower, Floor 18A
    Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta Selatan, 12190, Indonesia

  19. ndop says:

    Kalau aku yg pakai bandana begitu, kayaknya kak Fahmi kalah cantik deh sama aku HAHAHAH…

    Btw, ini liburan yg asyiiik ya. Rekomended ini! Kalau ada yg ngajakin ke sini aku pasti mau deh (iya bayar dewe dewe maksudnya haha). Apalagi bisa boncengin aku hahaha *maklum males nyetir motor hahaha*

  20. iyan says:

    perlu di tenggiok juga tuh

  21. natalie says:

    Hallo Fahmi, salam kenal ya.
    Libur tahun baru nanti mau ke belitung, bisa minta No HP pak ujang?

  22. Veronica says:

    waaaaa danau kaolinnya kerenzzz ^^
    jadi pengen ke Belitung
    boleh tau contac drivernya mas?

  23. Dian baghawan says:

    Halo mas, bisa minta share kontak pak drivernya by email? Thaaanks

  24. arifin says:

    ulasan yang keren mas, bener bikin orang ngiler. nanti rencana sekitar bulan februari tahun depan mau ke belitung, boleh saya minta kontak drivernya mas?

  25. Diah says:

    gan kebetulan ane mau backpackeran kesana maret 2016. boleh minta no telpnya pak ujang ?

  26. Roikha says:

    Nice story Mas/pak. Kenal pak Ujang dari mana mas? Minta no kontaknya dong. Saya akhir minggu ini mau backpackeran di belitung dengan keluarga, masih galau bagaimana caranya. Syukur-syukur bisa dibagi alamat dan kontak tempat sewa motornya. Terima kasih banyak

  27. Aina says:

    Mas fahmi, maubjg donk no kontak drivernya, makasih

  28. eri says:

    boleh minta kontak drivernya?

  29. Purnama Wati says:

    sepertinya Danau Kaolin itu tempat wisata baru ya, tumben saya lihat tempat wisata itu.

  30. Belitung memang keren, pingin kesana lagi
    Salam kenal dari

  31. eri says:

    mau juga dong kontak drivernya..

    thanks yoo… :)

  32. Iva Nova says:

    Halo Mas.. Boleh minta contact number drivernya?? Makasih yahh ^_^

  33. noni says:

    Kak minta info kontak nyaa pak driver dong kak

  34. Chandra says:

    Belitung sungguh mempesona, semoga kelak bisa kesana.

  35. Christie says:

    Hallo mas fahmi, sy mau ke belitung tgl 12 Sept ini. Boleh tlg diemail mas no hp drivernya? Makasih sebelumnya. Blognya sgt mempesona.

  36. Alvi says:

    Belitung memang bener2 keren, semoga potensi wisata alam disana bisa dioptimalkan.

  37. jessica says:

    halo mas, bole minta kontek nya pak ujang si driver ga?hehe
    kita rencana ke belitung bulan depan, trus research dpt deh blog nya.thank you mas

  38. indah says:

    bagus banget..jd ngga sabar kesananya,btw boleh share no telp drivernya ngga mas? tq dah berbagi

  39. Novian says:

    Makasih share nya tentang Belitung.. Minta no telp p ujang nya mas

  40. tanty says:

    good share..sangat membantu , msh bisakah mengontak p ujang?untuk liburan ini..

  41. Lili says:

    tgl.28 sd 30 Desember 2016 sy mo mengunjungi belitung yg makin syantikkkk krn ms’fahmi, mnt no HP pa’Ujang donk ……

  42. andriekristiantoie says:

    wuihh kerennn laaa , saya juga orang belitunggg

  43. Reval says:

    Belitung emang sangat memukau wisatawan

  44. Halo, Mas! Saya rencana mau ke Belitung Juli ini, dan sama banget cuma untuk weekend getaway. Pgn banget ke museum kata Andrea Hirata, tp denger2 kalau weekend tutup? Apa iya? Thank you!

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: