Rekomendasi Tempat Wisata Di Belitung Untuk Liburanmu Selanjutnya

Mau liburan ke Belitung tapi bingung mau berkunjung ke tempat wisata di Belitung yang mana? Tenang saja, itu bisa terjadi kepada siapapun. Bahkan saya yang sudah beberapa kali main ke Belitung, masih suka bingung ingin berkunjung ke tempat wisata di Belitung yang mana saja.

Belitung ini memang salah satu tujuan wisata yang cocok untuk liburan weekend, terutama untuk yang tinggal di Jakarta. Soalnya hanya sekitar satu jam terbang saja dari Jakarta, dan biasanya harga tiket ke Belitung jauh lebih murah. Dibandingkan harga tiket ke Jogja atau ke Bali yang sudah menjadi salah satu tujuan liburan populer.

Buat kamu yang ingin merencanakan liburan ke Belitung selama weekend, saya juga punya itinerary liburan ke Belitung untuk akhir pekan. Didalam itinerary tersebut ada beberapa tempat wisata di Belitung yang cocok dikunjungi oleh wisatawan yang hanya punya waktu sabtu dan minggu saja. tenang saja, meski transportasi umum di Belitung kurang bisa diandalkan, namun kamu bisa sewa mobil atau sepeda motor disana.

Untuk kamu yang punya lebih banyak waktu, kamu bisa merencanakan sendiri itinerary liburan ke Belitung ya. Sementara itu untuk tempat wisata di Belitung yang bisa kamu kunjungi nanti bisa memilih beberapa diantara daftar yang ada di bawah ini. Beberapa tempat wisata ini mencakup tempat wisata pulau, wisata pantai, hingga wisata kuliner di Belitung.

Rekomendasi Tempat Wisata Di Belitung Untuk Liburanmu Selanjutnya

Nah, kalau kamu mau liburan ke Belitung, kira-kira kamu ingin berkunjung ke tempat wisata di Belitung yang mana saja hayo!?

1. Bukit Batu Baginde

1. Bukit Batu Baginde Bukit atau Batu Baginda adalah tempat wisata di Belitung yang belum banyak orang tahu
Bukit Batu Baginde Bukit atau Batu Baginda adalah tempat wisata di Belitung yang belum banyak orang tahu

Lokasi dari Puncak Bukit Batu Baginde ini berada tidak jauh dari sebuah tempat wisata pantai. Namanya Pantai Penyabong. Ini artinya kamu bisa bisa sekalian berkunjung ke Pantai Penyabong selain berkunjung ke tempat wisata Belitung Bukit Batu Baginde. Sementara itu alamat dari tempat wisata di Belitung ini berada di Desa Padang kandis, Kecamatan Membalong Sekitar 70 kilometer dari Tanjung Pandan.

Ini adalah tempat wisata di Belitung yang belum banyak orang tahu. Bahkan waktu saya kesini dulu, tak ada seorangpun berada disini. Jadinya saya naik ke puncak bukitnya sendirian. Waktu kesana dulu tak ada yang menjaga, dan tak ada loket untuk membayar tiket masuk. Jadi kalau kamu ingin berkunjung tempat wisata di Belitung yang gratis. Main saja ke Puncak Bukit Batu Baginde ini.

 

 

Untuk menuju ke Puncak Bukit Batu Baginde, kamu bisa menggunakan mobil atau motor sewaaan. Tak ada transportasi umum yang menuju ke tempat wisata Belitung ini. Jadi pilihannya ya kamu harus sewa mobil atau sepeda motor. Dari Kota Tanjung Pandan kamu perlu menempuh waktu sekitar 2 jam perjalanan. Tenang saja, jalanan Belitung sepi banget. Jadi nggak akan kena macet di jalan deh!

2. Pantai Penyabong

2. Pantai Penyabong
Pantai Penyabong

Ada banyak sekali tempat wisata di Belitung berupa pantai. Salah satunya adalah Pantai Penyabong yang lokasinya berada tak jauh dari Bukit Batu Baginde. Lokasi tepatnya berada di kawasan Membalong. Kurang lebih akan memerlukan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan untuk menuju kesini. Melewati jalan lurus dan berkelok-kelok, dan bukit berbatu yang menjulang tinggi.

Baru kemudian sampai ke lokasi Pantai Penyabong. Tak jauh berbeda dengan beberapa tempat wisata di Belitung lain yang berupa pantai, terdapat banyak bebatuan granit raksasa disini. Ini juga yang membuat saya selalu bertanya-tanya ketika mengunjungi beberapa tempat wisata Belitung. Sebenarnya bebatuan granit raksasa tadi asalnya dari mana ya?

Namun, kamu tak perlu ikut pusing seperti saya. Karena kamu hanya perlu menikmati keindahan Pantai Penyabong. Ada beberapa spot foto menarik disini. Jangan lupa untuk membeli makanan atau jajanan di warung yang ada disana. Itung-itung membantu perekonomian setempat.

3. Pantai Tanjung Kelayang

3. Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang

Pasti sudah banyak orang tahu mengenai keberadaan Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini adalah salah satu tempat wisata di Belitung yang cukup populer. Paling tidak, ini adalah tempat berangkatnya perahu-perahu yang akan mengantarkan wisatawan island hoping ke pulau-pulau kecil sekitar Belitung.

Tak cuma sebagai tempat keberangkatan Island Hoping, Pantai Tanjung kelayang ini juga merupakan pantai yang indah. Tentu saja lengkap dengan bebatuan granit raksasa yang menjadi ciri khas beberapa tempat wisata Belitung. Garis pantai ini juga lumayan panjang, membentang hingga Tanjung Tinggi.

Pasirnya berwarna putih, airnya juga jernih. Jadi Pantai Tanjung Kelayang ini adalah tempat wisata di Belitung yang cocok untuk berenang. Bisa menjadi alternatif buat kamu yang sedang tidak ingin island hoping, namun tetap ingin bermain air.

4. Pulau Lengkuas

4. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas

Bisa dibilang Pulau Lengkuas ini adalah primadona wisata Belitung! Bahkan mungkin sebagian besar orang menganggap kalau tempat wisata di Belitung ini harus dikunjungi. Saya sendiri sudah pernah kesini, dan sempat naik hingga puncak Mercusuar di Pulau Lengkuas. Pun kabarnya sekarang sudah tidak boleh lagi naik sampai ke puncak mercusuar.

Namun itu bukan berarti berkunjung ke Pulau Lengkuas menjadi tidak menyenangkan lagi. Masih ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Pulau Lengkuas ini. Seperti misalnya snorkeling di sekitar Pulau Lengkuas. Pemandangan bawah air sekitar pulau ini cukup bagus untuk dinikmati kok.

Kamu bisa juga berburu foto di bebatuan granit yang ada disekitar pulau. Atau kalau mau bermain air di pantai yang ada di pulau ini juga bisa. Jangan lupa untuk membeli kelapa muda yang dijual di pulau ini untuk menyegarkan diri dari panas terik Belitung. Nah, kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Belitung yang satu ini?

5. Pulau Pasir/Pulau Gosong Belitung

5. Pulau Pasir Belitung
Pulau Pasir Belitung

Tempat wisata di Belitung ini dikenal sebagai Pulau Gosong atau Pulau Pasir. Tentu sesuai namanya, tak ada tumbuhan di pulau ini. Hanya hamparan pasir putih terlihat di pulau yang ukurannya tak terlalu besar ini. Unik memang. Makanya kalau liburan ke Belitung harus banget mampir kesini.

Pulau Pasir ini tidak selalu ada. Karena ketika air laut sedang pasar, pulau ini akan terendam. Pulau Pasir di Belitung ini baru bisa terlihat ketika air laut sedang surut. Itu artinya kamu hanya bisa berkunjung ke pulau ini pada waktu itu juga.

Biasanya wisatawan mengunjungi tempat wisata Belitung ini sebelum tengah hari, atau ketika masih pagi. Karena jika terlalu siang Pulau Pasir atau Pulau Gosong ini akan hilang tertelan lautan. Jadi jangan sampai terlewat timingnya ya! Biasanya tempat ini sudah menjadi tujuan dari paket Island Hoping di Belitung.

6. Pulau Batu Berlayar

6. Pulau Batu Berlayar
Pulau Batu Berlayar

Selain Pulau Pasir, ada satu pulau lagi yang unik di dekat belitung. Namanya adalah Pulau Batu Berlayar yang berada tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Sesuain namanya, sekilas bebatuan di pulau ini memang terlihat seperti layar kapal.

Karena itulah Pulau Batu Berlayar ini menjadi salah satu tempat wisata di Belitung yang populer. Terutama, populer sebagai tempat berburu foto Instagram. Ya, wajar! Tempat yang fotogenik seperti ini memang selalu menjadi rebutan untuk dipajang di feed Instagram.

7. Pulau Burung

7. Pulau Burung
Pulau Burung

Ini sebenarnya adalah pulau kecil tak berpenghuni yang berada di dekat Belitung. Yang membuat tempat wisata di Belitung ini menjadi terkenal adalah karena rangkaian bebatuan granit raksasa di pulau ini yang unik.

Yak, sekilas dari kejauhan bebatuan granit raksasa tadi terlihat seperti paruh burung raksasa. Pun aslinya itu hanyalah formasi bebatuan granit saja. Tak cuma memiliki keunikan, perairan sekitar Pulau Burung di Belitung ini juga menyenangkan untuk kegiatan berenang dan snorkeling.

8. Danau Kaolin

8. Danau Kaolin
Danau Kaolin

Nama Belitung memang melejit semenjak rilisnya film Laskar Pelangi pada tahun 2008. Belitung makin diminati sebagai tujuan wisata di Indonesia. Nggak cuma karena film tadi, ada salah satu tempat wisata di Belitung yang membuat destinasi ini makin terkenal. Namanya adalah Danau Kaolin Belitung.

Pada kondisi cuaca yang tepat, pemandangan di Danau Kaolin ini memang cantik luar biasa. Mungkin karena itu tempat ini kemudian menjadi terkenal. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata Belitung Danau Kaolin ini memiliki alasan untuk berburu foto dengan latar belakang birunya danau.

Danau Kaolin ini lokasinya dekat dengan pusat Kota Tanjung Pandan. Tepatnya terletak di Jalan Murai, Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Belitung. Untuk menuju ke danau ini hanya perlu menempuh sekitar 15 menit perjalanan saja.

Sayangnya, keindahan danau ini tak seindah cerita asal mula bagaimana danau ini terbentuk. Iya, Danau Kaolin yang ada di Belitung ini merupakan sisa dari aktivitas pertambangan kaolin. Lubang galian yang sudah tidak terpakai terisi air, yang kemudian berubah menjadi berwarna biru. Nah, sekarang apakah kamu tetap ingin berkunjung ke tempat wisata di Belitung ini?

9. Mercusuar Pulau Lengkuas

9. Mercusuar Pulau Lengkuas
Mercusuar Pulau Lengkuas

Ingin melihat Belitung dari prespektif yang berbeda? Kalau iya kamu harus berkunjung ke tempat wisata di Belitung ini. Namanya Mercusuar Pulau Lengkuas, lokasinya di Pulau Lengkuas yang menjadi salah satu tujuan island hoping di Belitung.

Mercusuar Pulau Lengkuas dengan tinggi 70 meter ini dibangun pada zaman Belanda, yaitu pada tahun 1882. Mercusuar ini juga menjadi salah satu daya tarik utama Pulau Lengkuas. Banyak orang yang penasaran ingin naik ke atas mercusuar ini. Soalnya pemandangan Belitung terlihat indah dari ketinggian mercusuar ini.

Gak percaya? Coba saja naik hingga ke atas mercusuar. Saya pernah sekali naik hingga ke atas mercusuar. Pemandangan dari atas indah sekali. Namun sebelum mencapai puncak, saya harus mendaki sekitar 18 lantai. Dulu sih nggak perlu bayar. Namun kalau sekarang saya kurang tahu ya!

10. Museum Kata

10. Museum Kata Andrea Hirata
Museum Kata Andrea Hirata

Lokasi dari Museum Kata ini memang agak jauh, tepatnya di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur. Kira-kira perlu sekitar 2 jam berkendara dari Tanjung Pandan. Tapi rasanya berkunjung ke Belitung tanpa mampir ke tempat wisata di Belitung yang ini kok rasanya ada yang kurang ya.

Apalagi Belitung ini menjadi terkenal karena film Laskar Pelangi. Sementara di Museum Kata ini kamu bisa napak tilas perjalanan novel Laskar Pelangi sebelum kemudian diangkat menjadi sebuah film. Pokoknya, yang berkaitan dengan Laskar Pelangi, ada semua di Museum Kata Andrea Hirata ini!

11. Bundaran Batu Satam/ Tugu Batu Satam

11. Bundaran Batu Satam
Bundaran Batu Satam

Bundaran Batu Satam atau Tugu Batu Satam ini adalah tempat wisata di Belitung yang berada di tengah Kota Tanjung Pandan. Dinamakan Tugu Batu Satam karena dibagian atas tugu terdapat sebuah Batu Satam. Batu Satam ini adalah batu yang bisa ditemui di Belitung. Ketika malam hari, area ini lumayan ramai. Biasanya masyarakat setempat mengunjungi tempat ini. Sementara itu, diseberang tempat ini ada tempa ngopi favorit saya, Warung Kopi Ake.

12. Warung Kopi Ake

12. Warung Kopi Ake
Warung Kopi Ake

Secara resmi, bisa dibilang ini bukan tempat wisata di Belitung. NamunĀ  Warung Kopi Ake ini adalah salah satu tempat ngopi yang populer di Belitun, terutama di Kota Tanjung Pandan. Ngopi memang salah satu kebiasaan masyarakant setempat. Kebetulan saya juga suka ngopi. Makanya kalau liburan ke Belitung, pasti saya mampir ke warung kopi ini.

13. Rumah Adat Belitung

13. Rumah Adat Belitung
Rumah Adat Belitung

Kebudayaan Indonesia itu sangat kaya. Dan, Belitung melengkapi kekayaan budaya itu. Salah satunya adalah dengan keberadaan tempat wisata di Belitung berupa rumah adat. Ya, belitung ini memiliki sebuah rumah adat berbentuk rumah panggung. Rumah adat Belitung ini bisa dikunjungi siapapun lho!

Lokasi rumah adat Belitung ini ada di Kota Tanjung Pandan. Alamatnya berada di Jalan Ahmad Yani, berada persis di samping Kantor Bupati Belitung. Rumah yang sebagian besar ornamennya terbuat dari kayu ini berdiri diatas tanah seluas 500 meter persegi. Nah, apakah kamu tertarik untuk berkunjung kesini?

14. Pasar Tanjung Pandan

14. Pasar Tanjung Pandan
Pasar Tanjung Pandan

Kebiasaan saya ketika liburan ke suatu tempat, pasti iseng mencari tempat wisata yang tidak biasa. Salah satunya yang sempat saya kunjungi di Belitung adalah Pasar Tanjung Pandan. Secara resmi ini juga bukan merupakan tempat wisata di Belitung sih. Namun, blusukan dipasar sambil berburu kuliner setempat selalu menjadi kegiata favorit saya. Disini kamu bisa melihat bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat Kota Tanjung Pandan. Disini juga terdapat pasar ikan lho! Jadi kamu bisa membeli ikan favoritmu di Pasar Tanjung Pandan ini.

***

Nah, itu tadi kira-kira beberapa rekomendasi tempat wisata di Belitung yang bisa kamu kunjungi di liburanmu selanjutnya. Mungkin belum semua tempat wisata Belitung saya sebutkan disini. Namun paling tidak, kamu sudah ada sedikit gambaran kira-kira mau pergi ke yang mana aja selema di Belitung nanti. Kalau ada kesempatan liburan ke Belitung lagi, tentu daftar ini akan saya update lagi deh. Nah, kira-kira kamu paling pengen berkunjung ke tempat wisata di Belitung yang mana nih?

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
3 Responses
  1. setiap baca postinganmu kok berasa baca daftar isi pada skripsi ya mas hehehe..ada point2 angkanya…
    btw aku malah durung tau ning belitung mas..
    sopo reti suk mbok jak mas fahmi hahaha…
    btw rencana dekat mau ke Solo katanya…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: