Itinerary Liburan Sabtu – Minggu Ke Belitung

Belitung adalah salah satu destinasi liburan di Indonesia untuk weekend getaway yang menyenangkan di Indonesia. Selain cukup dekat dari Jakarta (Hanya 1 jam terbang), menjelajah Belitung juga cukup mudah. Nah, berikut ini itinerary liburan saya ke Belitung selama dua hari, yang sebagian besar perjalanan keliling belitung dilakukan dengan sepeda motor. (Baca Juga : Pengalaman Liburan, Menghabiskan Weekend Ke Belitung)

Destinasi Liburan Di Belitung Yang Bisa Dikunjungi Pada Hari Pertama (Sabtu) :

Danau Kaolin di Belitung, salah satu destinasi wisata di Belitung yang terkenal.
Danau Kaolin di Belitung, salah satu destinasi wisata di Belitung yang terkenal.

Hari pertama saya langsung menggeber sepeda motor dari Tanjung Pandan, hingga ke Belitung Timur (Gantung) lalu kembali lagi ke Tanjung Pandan pada sore harinya. Jadi itinerary liburan saya ke Belitung pada hari pertama adalah sebagai berikut :

  1. Rumah Adat Belitung (Lokasi Di Google Maps) : Rumah adat yang berbentuk rumah panggung, yang merupakan rekonstruksi dari rumah gede ini sebagian besar ornamennya terbuat dari kayu.
  2. Danau Kaolin (Lokasi Di Google Maps) : Danau cantik yang berwarna biru toska. Pun sebenarnya kecantikannya itu adalah hasil dari pertambangan yang tidak ramah dengan alam.
  3. SD Muhammadiyah Gantung (Lokasi Di Google Maps) : SD ini adalah replika dari SD Muhammadiyah yang digunakan sebagai latar belakang shooting film Laskar Pelangi.
  4. Museum Kata (Lokasi Di Google Maps) : Museum literatur pertama di Indonesia yang juga berisi karya – karya Andrea Hirata si penulis novel Laskar Pelangi.
  5. Pantai Tanjung Kelayang (Lokasi Di Google Maps) : Pantai di Belitung Barat, tak jauh dari Tanjung Pandan dengan pantainya yang berpasir putih. Disini bisa bersantai atau juga bisa menikmati sunset.
  6. Kuliner di Tanjung Pandan, Mie Atep (Lokasi Di Google Maps) : Mie Atep ini adalah mie kuning khas belitung yang disiram kuah udang dan ditaburi bakwan udang, irisan timun, potongan kentang rebus, udang rebus, emping melinjo dan taoge. Pokoknya mie paling enak yang pernah saya coba deh! Percaya atau enggak, rasanya sangat khas dan mungkin nggak bisa ditemukan di kota lain saya sampai habis dua porsi disini.
  7. Warung Kopi Ake (Lokasi Di Google Maps) : Nama pemiliknya adalah Akiong, salah satu warung kopi legendaris di Tanjung Pandan, lokasinya nggak begitu jauh dari Mie Atep, bisa jalan kaki saja setelah makan Mie Atep. Alternatifnya adalah Warung Kopi Kong Djie yang juga sama enaknya (Lokasi Warung Kopi Kong Djie). Namun saya nggak sempat kesana karena tutup ketika saya berkunjung pada hari Minggunya. Apa memang warung kopi di Belitung itu semuanya tutup pada hari minggu ya?

Rute Hari Pertama Dari Jam 9 Pagi – Jam 10 Malam, Pake Sedikit Nyasar :

Bandara – Hotel – Rumah Adat Belitung – Danau Kaolin – SD Muhammadiyah Gantung – Museum Kata – Pantai Tanjung Kelayang – Mie Atep – Warung Kopi Ake.

Destinasi Liburan Di Belitung Yang Bisa Dikunjungi Pada Hari Kedua (Minggu) :

Pantai Tanjung Kelayang, tempat berangkat Island Hoping.
Pantai Tanjung Kelayang, tempat berangkat Island Hoping.

Hari kedua kami dedikasikan untuk island hoping pada siang hari, dan kulineran (lagi) di Tanjung Pandan ketika malam hari.

  1. Island Hoping Di Belitung : Island hoping di Belitung ini dimulai akan memakan waktu seharian penuh, dan berangkat dari Pantai Tanjung Kelayang. Pastikan saja bangun pagi, dan langsung bergegas ke Tanjung Kelayang. Paket yang kami ambil adalah island hoping Pulau Burung (Lewat di dekatnya saja) – Pulau Gosong (Mampir, selfie – selfie lucu) – Pulau Lengkuas (Jelajah pulau, selfie lucu, naik Ke Mercusuar Pulau Lengkuas Nggak Pake Bayar :P) – Pulau Gede Kepayang / Pulau Babi ( Harusnya makan siang disini, karena puasa kami hanya bobok – bobok lucu) – Pulau Batu Berlayar ( Cuma foto – foto seru sih disini, karena memang sudah mulai capek).

    Pulau Gosong ini salah satu destinasi wisata Island Hoping di Belitung.
    Pulau Gosong ini salah satu destinasi wisata Island Hoping di Belitung.
  2. Kuliner Di Rumah Makan Belitong Timpo Duluk (Lokasi Di Google Maps) : Ini juga tempat makan yang wajib pake banget dicoba kalau liburan ke Belitung. Nama menunya Senampan atau Dulang, saya coba menu ini karena rekomendasi ahli kuliner mas Arie Parikesit.
  3. Pantai Tanjung Pendam (Lokasi Di Google Maps) : Harusnya kesini pagi hari atau sore hari, namun karena enggak cukup waktu, jadinya saya kesini malam hari. Ternyata lumayan asik juga, ada banyak ABG mojok dan pacaran. Kami pun jadi ikutah #eh
  4. Duduk santai di Bundaran Kota Tanjung Pandan (Lokasi Di Google Maps) : Namanya Bundaran Batu Satam, tetapi bundaran di Pusat Kota Tanjung Pandan ini lumayan ramai malam hari. Banyak orang lokal yang nongkrong dan foto – foto di sini, dan kami juga ikutan deh.
Bundaran Batu Satam di Tanjung Pandan ketika malam hari.
Bundaran Batu Satam di Tanjung Pandan ketika malam hari.

Rute Hari Kedua Dari Jam 9 Pagi – Jam 10 Malam :

Hotel – Pantai Tanjung Kelayang (Island Hoping) – Rumah Makan Belitong Timpo Duluk – Pantai Tanjung Pendam – Bundaran Kota Tanjung Pandan.

Destinasi Liburan Di Belitung Yang Bisa Dikunjungi Pada Hari Ketiga (Senin) :

Bangun Pagi, early chekout dan bergegas ke Bandara untuk terbang kembali ke jakarta (Sekitar jam 8 pagi).

Catatan Dan Perkiraan Biaya Liburan Ke Belitung :

Menjelajah Belitung dengan sepeda motor itu menyenangkan!
Menjelajah Belitung dengan sepeda motor itu menyenangkan!

Perlu dicatat, pengeluaran tiap orang pasti berbeda, dan tiap tahun pasti akan berubah entah karena inflasi atau memang harganya naik. Namun harga ini bisa dijadikan panduan perkiraan untuk merencanakan sendiri budget liburan weekend getaway ke Belitung.

  1. Antar Jemput Ke Bandara : IDR 200.000 (PP @ IDR 100.000)
  2. Sewa Motor 2 Hari : IDR 160.000 (Per Hari @ IDR 80.000)
  3. Sewa kapal Island Hoping : IDR 500.000, sharing cost dengan pengunjung lain kami dapat harga IDR 250.000 atau per orang IDR 125.000. Seharusnya ini masih bisa ditawar hingga IDR 400.000 per kapal.
  4. Kuliner lupa catet abis berapa, soalnya kalau masalah makan pasti over budget. Apalagi kalau banyak makanan enak :P
  5. Penginapan di Ocean Hotel Belitung : IDR 600.000 (Per Malam @ IDR 300.000) Hotelnya sih biasa, tapi tenang dan wifinya kenceng. Kalian juga bisa booking kamar di Ocean Hotel Belitung ini lewat Agoda disini.
  6. Bahan bakar buat sepeda motor selama dua hari : IDR 80.000

Tips Liburan Sabtu – Minggu Ke Belitung :

  1. Jalanan belitung super mulus, navigasi juga cukup mudah jadi nyetir sendiri di Belitung itu nggak susah. Kalaupun nyasar bisa tanya ke Google Maps deh :D
  2. Internet yang stabil dan kenceng pake si Merah.
  3. Pastikan full tank kalau naik sepeda motor ke Gantung, karena pom bensin jarang ada disini. Kebanyakan pom bensin ada di Tanjung Pandan. Kalu mau abis dijalan kalian bisa beli eceran yang lumayan diatas rata – rata harganya.

Nah, kira – kira seperti diatas Itinerary liburan sabtu – minggu ke Belitung versi catperku. Semoga itinerari liburan ke Belitung yang sederhana ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan. Kalau ada pertanyaan terkait itinerary ini silahkan di komentar saja. Kalau memang belum ada di itinerary pasti saya balas, kalau pertanyaan yang berulang atau memang sudah ada di itinerary bakal saya cuekin :)

PS: Saya sudah nggak ada kontak driver belitung karena smartphone yang dibawa ke Belitung ini sudah tewas sejak lama, alternatifnya saya merekomendasikan open trip ke Belitung oleh wanatour.co disini atau hubungi wa: 085811733616.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

82 Responses
  1. Gara

    Ah syukurlah kemarin itinerary saya di Belitung tidak terlalu banyak meleset dari sini. Iya, jalanan di sana memang surprisingly mulus banget, saya kagum sekali. Mungkin bisa ditambahkan sowan ke kediaman Bupati Belitung Timur dan melihat sunset di Bukit Berahu yang fantastis, Mas, terus jelajah bangunan kolonial di Tanjung Pandan :hihi. Hei, tapi saya kemarin dapat anomali unik selama di sana :haha. Lain kali saya mau ah ke sana lagi :hehe.

  2. Yolanda

    Halo mas fahmi..boleh minta nomer telepon pak supir yg bisa anter jemput ke hotel? Kita ada rencana kesana..dan buta bgt sama belitung..untung ada guideline nya mas fahmi.. :) Makasih sebelumnya..

  3. Fauzan

    Itinerary nya cukup lengkap, wajib dicoba satu satu nih minggu depan. Minta cp rental motor dong mas.. Please respon ASAP.. :D

  4. widi

    rencana mau gerhana matahari di Belitung kan disana Total. Minta cp diver dan sewa motornya ya… batu2 besar yg difilm laskar pelangi itu dimana? kok gak ada fotonya?

  5. Julika

    Halo mas Fahmi, salam kenal.. seneng banget dpt info berguna catper nya.. akhir Maret ini kami sekeluarga rencana ke belitung, bisa minta CP pak Ujang penjemput di bandara dan CP sewa motornya? Mohon response nya ASAP ya. Terima kasih.

  6. Liliana

    Info berguna bgt, saya mau minta cp sewa kendaraan nya mas.. insha Allah bulan Juni 2016 mau kesana. anyway itu setiap kunjungan ke pantai/danau yg disebutin masuk nya gak bayar yah mas??

  7. icha

    Mas..boleh minta nomor telepon pak ujang yg jemput dari bandara sama nomor tempat sewa motor?soalnya saya bawa anak jadi harus d atur matang2 ari jakarta..terima kasih

  8. Diah

    mas boleh minta cp penyewaan motor sama driver yg jemput dr bandara ngga ? alhir blan april ini saya mau ke sono..
    makasih loh mas itin nya ngebantu banget :)

  9. Gj ananda

    Keren mas…. Jadi pengen kesana mei ini… Bs minta cp pak ujang ama sewa motornya…. Makasih mas… Jalan terus ya… Bs jd guideline yg hebat neh

  10. Rizka Amalia

    waah mas bermanfaat banget nih guideline nya..
    boleh dong minta kontak pak supir dan juga penyewaan motornya ??

    bareng sharecost perahu nya yuuk kaka @Dhany dan juga kaka @Diah.. lusa aku di belitung sana :)

    boleh info kontaknya ke email ku [email protected]

  11. Ria

    mas, kalo buat cewek naik motor ber2 gitu di belitung ke tempat wisata yang mas sebutin diatas aman ngga yah? jauh2 ngga mas dari satu tempat ke tempat lainnya? terima kasih :)

  12. Lilik

    Tlg infonya dong. Klo dr pusat kota ke area island hoping ( kan naik perahu) naik motor jauh ga. Kt sekelg jumat bsok mau kesana. Rencana mau sewa mobil utk ke arah manggar dstnya. Drpd sewa mobil utk island hoping yg notabene seharian dilaut apa mending sewa motor sj ya. Tks infonya

  13. Roy roberto

    Keren bgt itinerary nya mas fahmi, sama seperti yg lain, boleh saya minta cp pak ujang (driver) dan penyewaan motor disana, boleh dikirim ke email saya [email protected]. Saya terinspirasi mau coba short trip kesana. trims mas fahmi.

  14. Donna

    Wowww, infonya berguna bangets. Langsung mnginspirasi untuk booking tiket k Belitung liburan Agustus ini😁 Minta no kontak driver n guidenya dungsss… Trimssss

  15. Donna

    Wah ulasannya bikin saya langsung booking tiket liburan ke Belitung😁 Inspiratif dan detil sekali. Minta kontak driver & guide tepercaya untuk di sana dungs, Mas. Trims

  16. Dian Adventien Noke

    Mas Fahmi, tulisannya sangat inspiratif sekali,beruntung banget dapet tiket harga miring untuk ke sana 12 november ini,
    Mohon infonya contact person Pak Ujang dan Untuk sewa motor ya Mas, bisa tolong di kirim ke [email protected] . Makasih

  17. bermanfaat sekali tulisannya mas, saya dan teman2 ada rencana kesana tahun ini,

    saya tertarik bertanya bbrapa hal, via email, kalo ada waktu dibales ya mas, thankyouu

  18. Deddy

    Om fahmi boleh donk minta kontaknya pak ujang..bisa di email ya soalnya longweekend ini mau ke belitung..seru liat cerita pengalamannya..hehe

  19. indah

    Huwaa… Itinnya manfaat banget mas..
    Dan kece banget itu puasa sambil jalan2..
    Mas..boleh minta cp-nya pak ujang ama rental motorny? Diinfo kesini aja ha mas.. [email protected]
    Owh iya..klo pak ujang bisa disewa seharian?
    Thank you 😉

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: