Pantai Balangan, Pantai Penuh Pohon Kelapa di Bali

Pantai Balangan, mungkin nama pantai ini ngga se-terkenal pantai lainnya seperti Pantai Kuta. Namun, di tempat inilah pertama kalinya saya melihat pantai dengan rangkaian pohon kelapa yang tertata rapi, dan unik. Sangat jarang lho saya menemui pantai dengan komposisi pohon kelapa yang pas di Pulau Bali. Namun saya tidak tahu ya, apakah rangkaian pohon kelapa itu natural atau buatan manusia.

Yang jelas komposisi pasir putih Pantai Balangan dengan pohon kelapa menurut saya adalah sebuah komposisi yang tidak dapat terpisahkan, entah kenapa pantai seperti itu lebih terasa nyaman dan tenang. Dibuai suasana nyaman yang diiringi deru ombak pantai yang bisa membuat hati tenang. Siapa sih yang nggak betah berlama-lama di pantai seperti ini? Saya rasa semua pasti betah berlama-lama.

Eksplorasi Pantai Balangan ini masih dalam rangka menghabis kan long weekend natal tahun 2011 lalu, juga dalam rangka mengekspose pantai – pantai tersembunyi di pulau bali, seperti Pantai Penyu di Pulau Serangan, Pantai Tegalwangi, dan Jimbaran Bay. Memang kalau membicarakan dan menggambarkan pantai yang ada di Pulau Bali serasa tidak ada habisnya.

Mengintip keindahan pantai Balangan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mengintip keindahan Pantai Balangan

Mungkin pulau seribu pura ini juga layak menerima julukan pulau seribu pantai. Apalagi kalau tidak karena mempunyai banyak pantai eksotis dan unik di tiap sudutnya. Termasuk Pantai Balangan ini. Kalian tidak hanya akan menemukan pasir pantai yang eksotis, tetapi juga pemandangan menarik sepanjang perjalanan menuju ke pantai ini.

Iya, perjalanan menuju lokasi dimana Pantai Balangan berada akan melewati sudut-sudut Bali selatan yang jauh dari keramaian. Sepanjang perjalanan akan sangat berbeda jika dibandingnkan dengan keramaian Kuta, Legian ataupun Seminyak. Seakan, kalian akan melewati sisi pulau Bali yang berbeda.

(Baca Juga : Pantai Dream Land, Hanya Tinggal Mimpi Saja)

Pantai Balangan , Another Bali’s Hidden Beach.

Lokasinya tersembunyi di bagian selatan Pulau Bali, pantai yang berada di wilayah Pecatu ini terletak diantara dua bukit karang yang terjal mengapitnya dengan kokoh. Mungkin dulunya Pantai Balangan ini terbentuk karena hantaman ombak yang membelah bukit bagian pulau selatan Bali ini ya?

Entahlah, namun kalau diperhatikan dengan baik, memang hampir setiap pantai yang berada di wilayah selatan Bali bertipe sama. Yaitu dihimpit oleh bukit karang terjal dan tinggi. Untungnya pantai tidak seperti Pantai Tegalwangi. Aksesnya lebih mudah, karena di pantai ini sudah terdapat anak tangga untuk menuju ke kawasan pasir putih pantainya. Tidak perlu bersusah payah hanya demi menuju ke pantai.

Pantas saja, kalau kian hari pantai ini makin populer. Apalagi posisi Pantai Balangan dengan panjang garis pantai kurang lebih 1 km ini menghadap ke arah utara. Sehingga saya dan siapapun bisa sambil melihat aktifitas Bandara Internasional Ngurah Rai di kejauhan. Untuk bagian timur sendiri dibatasi dengan tebing tinggi, dengan lekukan dibawahnya karena tergerus oleh ombak.

Di bagian barat, pantai ini dibatasi oleh tebing tinggi yang penuh dengan tumbuhan, terutama pohon kelapa, selain itu juga terdapat semacam pondok untuk menikmati pantai dari ketinggian.  Asiknya, jika kondisi laut sedang surut saya bisa berjalan menuju Pantai Dreamland dengan cara terus berjalan kearah barat sambil menyusuri bibir pantai. Tetapi jika kondisi laut sedang pasang, sebaiknya jangan dicoba. Terlalu berbahaya!

(Baca Juga : Pantai Pandawa, Pantai Di Bali Yang Tidak Biasa!)

Dibanding dengan pantai lainnya, tekstur pasir Pantai Balangan terasa sedikit kasar. Tetapi ini wajar, karena Balangan memang bukan pantai yang bertipe pasir sehalus tepung seperti Pantai Seminyak. Namun coba injakkan kaki kalian di pantai ini sambil menikmati suasana sepi, nyaman dan tenang. Tentunya ini adalah suasana yang tidak dapat saya temukan di pantai sejuta umat, Pantai Kuta, Bali.

Berenang dan surfing nampaknya merupakan aktifitas yang menjadi daya tarik utama Pantai Balangan, namun karena pantai ini terletak di bagian selatan Bali yang ombaknya cukup besar, kalian harus selalu waspada, selain itu juga tidak ada penjaga pantai yang bertugas di pantai ini, seperti layaknya di Pantai Kuta.

Meskipun Pantai Balangan ini tersembunyi, fasilitas dan akomodasi yang ada cukup banyak, terdapat banyak cafe dan penginapan di sekitar pantai. Bisa juga menginap di dekat pantai jika mau. Memang pantai ini layaknya surga, mengingat kondisi Pulau Bali sekarang yang sudah mulai sedikit ramai dan macet.

Ketika saya berkunjung ke pantai ini saya banyak melihat para bule yang sedang leyeh – leyeh berjemur. Saya pun tidak mau kalah, bedanya sih saya gak berjemur tapi mampir ke sebuah cafe,  membeli kelapa muda, menikmatinya  sambil membaca buku. Cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu liburan bukan?

(Baca Juga : Banyak Surfer Keren Di Pantai Suluban!)

Fakta Tentang Pantai Balangan :

  1. Spot yang cukup menarik untuk  berenang, surfing, dan bersantai, terutama bagi anda yang tidak terlalu suka pantai yang ramai.
  2. Terdapat banyak akomodasi yang seharusnya lebih murah dari pada di sekitar Kuta, Bali. Jadi mau menginap juga bukan suatu masalah.
  3. Lokasinya dekat dengan Pantai Dreamland, berjalan kearah barat menyusuri bibir pantai anda akan sampai ke Pantai Dreamland.

Waktu Terbaik Mengunjungi Pantai

  • Pagi hari sampai siang hari adalah waktu terbaik untuk leyeh – leyeh di bawah pohon kelapa atau di gazebo yang ada. Jangan lupa membawa buku dan membeli kelapa muda, agar waktu bersantai terasa lebih lengkap.
  • Siang hari sampai sore hari adalah waktu terbaik untuk surfing. Ingat! Dasar Pantai Balangan adalah karang, pastikan memakai pelindung kaki khusus surfing agar terlindungi dari karang yang tajam.
  • Waktu air laut surut adalah waktu terbaik jika ingin berenang di Pantai Balangan, dan kondisi surut lebih sering terjadi pada waktu sore hari.

Cara Menuju Ke Pantai Balangan  

Cara terbaik menuju Pantai Balangan adalah menggunakan sepeda motor dari Kuta, Menuju ke arah Nusa Dua melewati Jalan I Gusti Ngurah Rai – Jalan Raya Uluwatu Jimbaran – Jalan Pantai Balangan. Dengan waktu tempuh kira – kira 45 Menit. Tidak dipungut biaya tiket masuk tetapi hanya biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk motor.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

17 Responses

  1. Nana says:

    Terimakasih ya :) kemarin Maret ane ke Bali dan sempetin mampir ke Pantai Balangan, beneran bagus. Thanks refensinya : keep blogging

  2. seratj says:

    om, pinjam fotonya ya? lagi belajar nulis nih :-) thx a lot banget….

  3. junglon says:

    ada info penginapan di sekitar balangan yang terjangkau gak? salam bwt bayu,rey,akbar.. :D

  4. callitlove says:

    mantep masbro blognya, tiap pantai ada detailnya sendiri2 :)

    gw rencana ke Bali lagi bulan Juli/Agustus buat belajar surfing, rencananya sih nginep didaerah Uluwatu, balangan salah satu spotnya :)

  5. neny says:

    udah rame ato masih sepi yaaaa

  6. Pantai tersembunyi yang merupakan surgaaa….

  7. Blogarama Nnoart says:

    Sudah pernah rencana mau ke Pantai Balangan setelah dari Pantai Green Bowl, tapi gara-gara ada satu dan lain hal, waktu yang tersisa habis semuanya buat Pantai Green Bowl. Akhirnya batal ke Pantai Balangan, karena setelah pulang dari Green Bowl langsung pulang dari Bali.

  1. February 15, 2012

    […] Pantai Balangan, pantai tersembunyi penuh dengan pohon kelapa […]

  2. February 28, 2013

    […] yang ke dua adalah Pantai Balangan. Menurut saya pantai ini layak berada pada posisi kedua, karena pantai ini adala pantai yang […]

  3. October 25, 2013

    […] Pantai Balangan : Pantai Penuh Pohon Kelapa di Bali […]

  4. February 26, 2014

    […] pantai sedang ramai tidak terkontrol. Dengan gampangya saya memutar balik sepeda motor saya menuju Pantai Balangan yang lebih sepi. Coba lakukan itu jika traveling ramai – ramai dengan teman? Kalaupun […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: