41+ Tempat Wisata Jawa Tengah ( Jateng ) Viral Populer Di 2024!

Belum punya ide mau liburan kemana? Mungkin daftar tempat wisata di Jawa Tengah ( Jateng ) 2024 ini bisa menjadi pilihan untuk liburan asik bareng teman – teman loh!

Daftar Isi

Berikut Beberapa Tempat Wisata Di Jawa Tengah ( Jateng ) Populer, Hits, Viral Terbaru Tahun 2024

Ada banyak banget tempat wisata di Jawa Tengah lainnya yang tidak kalah populer.

Dan beberapa tempat wisata di Jawa Tengah di bawah ini adalah tempat wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi kalau kamu liburan ke Jawa Tengah.

Candi Borobudur: Candi Buddha Terbesar Terkenal Di Magelang

Candi Borobudur, Magelang
Candi Borobudur, Magelang – Foto instagram/girlstraveler

Candi Borobudur adalah candi budha terbesar di dunia yang terletak di Jawa Tengah, Indonesia.

Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Sailendra dan merupakan salah satu warisan budaya terbesar Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Dunia pada tahun 1991.

Candi Borobudur terdiri dari enam tingkat yang masing-masing dihiasi dengan relief yang menggambarkan episod-episod dalam kehidupan Budha serta doktrin-doktrin keagamaan.

Tingkat pertama dan kedua menggambarkan kehidupan duniawi Budha, sementara tingkat ketiga hingga keenam menggambarkan perjalanan spiritual Budha menuju kebebasan dari segala keterikatan duniawi.

Di tingkat pertama, terdapat relief yang menggambarkan kehidupan Budha sebelum mencapai iluminasi, termasuk kelahirannya, keluarganya, dan perjalanan spiritualnya.

Di tingkat kedua, terdapat relief yang menggambarkan Budha mencapai iluminasi dan menjadi seorang guru yang memberikan ajaran kepada para muridnya.

Di tingkat ketiga hingga keenam, terdapat relief yang menggambarkan perjalanan spiritual Budha menuju kebebasan dari segala keterikatan duniawi.

Di tingkat teratas, terdapat stupa yang merupakan simbol kebebasan spiritual Budha.

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata terpopuler di Jawa Tengah ( Jateng ) Indonesia yang dikunjungi oleh ribuan turis setiap tahunnya.

Candi ini juga merupakan simbol kebudayaan dan keagamaan Indonesia yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Ketep Pass, Magelang: Lokasinya Diantara Gunung Merapi dan Merbabu

Ketep Pass, Magelang
Ketep Pass, Magelang – foto : instagram/fahmi_ulumika

Ketep Pass adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, Indonesia.

Tempat wisata ini memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut dan lokasinya berada diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Ketep Pass terkenal karena memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama saat cuaca sedang cerah dan tidak berkabut

Dari puncak Ketep Pass, pengunjung dapat melihat pemandangan yang menakjubkan, termasuk keindahan alam pegunungan, hutan, dan pemukiman penduduk di sekitarnya.

Selain itu, Ketep Pass juga menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung, seperti rumah makan, penginapan, dan tempat berkemah. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di ketep Pass antara lain mendaki gunung, berkemah, dan berfoto dengan pemandangan yang indah.

Ketep Pass merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Magelang Jawa Tengah ( Jateng ) dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata Alam Gumuk Reco: Wajib Mampir Ke Destinasi Di Jawa Tengah ( Jateng ) Ini

Wisata Jawa Tengah Populer Wajib Kunjung - Wisata Alam Gumuk Reco
Wisata Alam Gumuk Reco – Foto : instagram/agus_saputra1983

Gumuk Reco adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Gumuk Reco terkenal karena memiliki pemandangan yang sangat indah dan sejuk, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Gumuk Reco terdiri dari beberapa spot wisata yang menarik, seperti Spot Gumuk Reco yang terletak di puncak bukit dan menyajikan pemandangan yang indah.

Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam pegunungan sambil menikmati angin segar yang bertiup.

Gumuk Reco merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Semarang dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Bagi yang ingin mengunjungi Gumuk Reco, sebaiknya mempersiapkan peralatan pendakian yang memadai dan selalu memperhatikan kondisi kesehatan dan keamanan saat melakukan aktivitas di sana.

Waduk Malahayu: Wisata Waduk Yang Ada Di Brebes

Waduk Malahayu, Brebes
Waduk Malahayu, Brebes – Foto : instagram/harjo_id

Waduk Malahayu adalah waduk yang terletak di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Indonesia.

Waduk ini mulai dibangun pada tahun 1933 dengan tujuan utama untuk mengatur aliran air dari Sungai Kebuyutan.

Waduk ini juga digunakan untuk menyediakan air bersih bagi pertanian di sekitar waduk.

Waduk Malahayu memiliki luas wilayah sekitar 7 km² dengan ketinggian muka air sekitar 59,25 meter di atas permukaan laut.

Di sekitar waduk terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan, seperti taman rekreasi.

Selain itu, di sekitar waduk juga terdapat beberapa tempat makan dan penjual makanan yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Keberadaan Waduk Malahayu juga sangat penting bagi masyarakat sekitar karena dapat mengurangi risiko banjir di wilayah tersebut.

Selain itu, waduk ini juga menjadi salah satu sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar melalui kegiatan pariwisata.

Secara keseluruhan, Waduk Malahayu merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Jawa Tengah ( Jateng ) yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Wisata Taman Nasional Karimunjawa, Jepara Jawa Tengah ( Jateng )

Taman Nasional Karimunjawa, Jepara
Taman Nasional Karimunjawa, Jepara – Foto : instagram/saiul038

Taman Nasional Karimunjawa adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Taman nasional ini terdiri dari beberapa pulau kecil yang terletak di Laut Jawa, di sebelah utara Pulau Jawa.

Berdasar surat keputusan Kementerian Kehutanan No. 78/Kpts-II/1999, Taman Nasional Karimunjawa diresmikan pada tahun 1999 dengan tujuan utama untuk melindungi keanekaragaman hayati di kawasan tersebut.

Taman Nasional Karimunjawa terkenal dengan kekayaan biotanya yang sangat kaya.

Di sini terdapat berbagai jenis satwa yang terdapat di Pulau Jawa, seperti burung-burung endemik, hewan-hewan laut, dan tumbuh-tumbuhan yang hanya dapat ditemukan di kawasan ini.

Selain itu, Taman Nasional Karimunjawa juga merupakan tempat yang cocok untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving karena terdapat banyak terumbu karang yang masih terjaga keindahannya.

Taman Nasional Karimunjawa juga merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Tengah ( Jateng ).

Di sini terdapat banyak penginapan yang dapat disewa oleh wisatawan, seperti villa, cottage, dan guest house.

Selain itu, di Taman Nasional Karimunjawa juga terdapat beberapa tempat makan yang menyajikan makanan khas Karimunjawa yang sangat lezat.

Keberadaan Taman Nasional Karimunjawa juga sangat penting bagi masyarakat sekitar karena dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat melalui kegiatan pariwisata.

Selain itu, Taman Nasional Karimunjawa juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan edukasi tentang keanekaragaman hayati yang terdapat di kawasan ini.

Namun, Taman Nasional Karimunjawa juga memiliki beberapa masalah yang harus diatasi, seperti masalah sampah yang sering ditemukan di sekitar taman nasional ini.

Masalah ini dapat mengurangi daya tarik wisatawan dan menimbulkan risiko bagi kebersihan air di Taman Nasional Karimunjawa.

Oleh karena itu, pihak yang bertanggung jawab atas Taman Nasional Karimunjawa harus selalu memperhatikan masalah-masalah tersebut dan selalu memberikan perhatian yang cukup terhadap kebersihan dan keindahan Taman Nasional Karimunjawa.

Secara keseluruhan, Taman Nasional Karimunjawa merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Provinsi Jawa Tengah yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

Dengan kekayaan biotanya yang sangat kaya dan fasilitas yang tersedia di sekitarnya, Taman Nasional Karimunjawa merupakan tempat yang patut dikunjungi.

Namun, pihak yang bertanggung jawab atas Taman Nasional Karimunjawa harus terus memperhatikan masalah-masalah yang ada dan terus memberikan perhatian yang cukup terhadap kebersihan dan keindahan Taman Nasional Karimunjawa.

Dengan demikian, Taman Nasional Karimunjawa dapat terus menjadi salah satu tempat wisata yang terbaik di Provinsi Jawa Tengah yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Pantai Menganti: Temukan Keindahan Kebumen Di Tempat Ini

Pantai Menganti, Kebumen
Pantai Menganti, Kebumen – Foto : instagram/ebprastyoo

Pantai Menganti adalah tempat wisata pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah Jawa Tengah ( Jateng ).

Pantai ini terkenal dengan keindahan panoramanya yang luar biasa serta pasir putih yang halus dengan harga tiket masuk sebesar IDR 10.000.

Selain itu, Pantai Menganti juga merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Kebumen karena terdapat banyak fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Pantai Menganti memiliki garis pantai yang panjang dengan pasir putih yang halus.

Di sini terdapat beberapa spot foto yang sangat indah, seperti pondok-pondok kecil yang terbuat dari kayu serta pohon-pohon kelapa yang tumbuh di sekitarnya.

Selain itu, di Pantai Menganti juga terdapat beberapa tempat makan yang menyajikan makanan khas Kebumen yang sangat lezat.

Di sekitar Pantai Menganti terdapat beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh wisatawan, seperti taman bermain yang terletak di sebelah barat pantai.

Di taman ini terdapat berbagai macam permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan lain-lain.

Selain itu, di sekitar Pantai Menganti juga terdapat beberapa penginapan yang dapat disewa oleh wisatawan, seperti villa, cottage, dan guest house.

Keberadaan Pantai Menganti juga sangat penting bagi masyarakat sekitar karena dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat melalui kegiatan pariwisata.

Selain itu, Pantai Menganti juga merupakan tempat yang sangat cocok untuk melakukan kegiatan rekreasi seperti bermain di pantai, berjemur, atau bahkan hanya sekedar menikmati pemandangan yang indah di sekitar pantai.

Gunung Merbabu: Tujuan Sempurna Untuk Para Pendaki Di Boyolali

Gunung Merbabu, Boyolali
Gunung Merbabu, Boyolali – Foto : instagram/didik_kemp19

Gunung Merbabu adalah salah satu gunung berapi yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Titik tertinggi Gunung Merbabu ini mencapai 3.145 meter di atas permukaan laut.

Gunung Merbabu merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif, dimana letusan terakhir terjadi pada tahun 1797.

Gunung ini terkenal dengan keindahan panoramanya yang luar biasa, terutama saat matahari terbit atau terbenam.

Panorama yang ditawarkan Gunung Merbabu termasuk keindahan gunung lain di sekitarnya, seperti Gunung Merapi, Gunung Telomoyo, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan Gunung Lawu.

Gunung Merbabu merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Tengah Jawa Tengah ( Jateng ).

Banyak wisatawan yang berkunjung ke gunung ini untuk mendaki atau berkemah.

Ada beberapa jalur pendakian yang dapat ditempuh, seperti jalur Selo, Suwanting, Jalur Kopeng Cunthel dan Wekas.

Setiap jalur memiliki kesulitan yang berbeda-beda, sehingga sesuai untuk pendaki pemula maupun pendaki yang sudah berpengalaman.

Untuk mendaki Gunung Merbabu, sebaiknya mempersiapkan diri dengan baik, karena cuaca di gunung ini cukup ekstrem.

Selain itu, sebaiknya juga membawa peralatan yang cukup seperti tenda, sleeping bag, dan alat makan yang memang untuk mendaki gunung.

Gunung Merbabu merupakan salah satu gunung yang memiliki keindahan yang luar biasa.

Selain itu, gunung ini juga merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Jawa Tengah.

Bagi Kamu yang ingin menikmati keindahan alam dan menantang diri dengan mendaki gunung, Gunung Merbabu bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum mendaki gunung ini, agar perjalanan Kamu berjalan dengan lancar dan aman.

Umbul Ponggok: Berenang Sambil Berburu Foto Selfie Di Klaten

Wisata Jawa Tengah Populer Wajib Kunjung! - Umbul Ponggok, Klaten
Umbul Ponggok, Klaten – Foto : instagram/babe_waou

Umbul Ponggok adalah sebuah tempat wisata wahana air pertama di Indonesia yang memberikan sensasi snorkeling dan diving di kolam dengan mata air alami yang dingin dan menyegarkan.

Salah satu daya tarik utama dari tempat wisata di Jawa Tengah ini adalah pengalaman bermain air sembari mengabadikan video atau foto underwater.

Umbul Ponggok adalah sebuah tempat wisata alam yang terletak di Klaten, Jawa Tengah ( Jateng ), Indonesia.

Alamat atau lokasi tepat dari Umbul Ponggok yaitu Jl. Delanggu-Polanharjo, Ds Ponggok, Kec Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, 57474, Indonesia.

Umbul Ponggok merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi oleh keluarga, terutama bagi mereka yang menyukai kegiatan rekreasi air.

Di Umbul Ponggok, pengunjung dapat berenang, bermain air, atau hanya sekedar bersantai di bawah air terjun.

Selain itu, Umbul Ponggok juga memiliki spot foto yang indah, yang cocok untuk dijadikan latar belakang foto.

Umbul Ponggok juga menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung, di antaranya adalah toilet, tempat makan, dan tempat parkir.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa peralatan renang atau tenda, jika ingin lebih lama menikmati keindahan Umbul Ponggok.

Jika Kamu ingin menikmati keindahan alam yang indah di Jawa Tengah, tidak ada salahnya mengunjungi Umbul Ponggok Klaten.

Selain dapat bersantai dan berenang di bawah air terjun, Kamu juga dapat menikmati panorama yang indah dan mempesona.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Umbul Ponggok Klaten saat Kamu berada di Jawa Tengah.

Rawa Pening: Liburan Ke Semarang, Mampir Tempat Wisata Danau Di Jawa Tengah ( Jateng ) Ini

Rawa Pening, Semarang
Rawa Pening, Semarang – Foto : instagram.com/yuhdifian/

Rawa Pening adalah sebuah danau yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Danau ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kota Semarang.

Rawa Pening terletak di kawasan hulu sungai Tuntang dan memiliki luas sekitar 2.500 hingga 2.670 hektare.

Danau ini sangat luas sehigga areanya meliputi 4 kecamatan berbeda, yakni Banyubiru, Bawen, Tuntang dan Ambarawa.

Danau ini memiliki air yang selalu jernih dan sejuk, sehingga membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk berwisata dan bersantai.

Harga tiket masuk Rawa Pening cukup murah yaitu IDR 2.500 per orangnya. Sementara itu tarif parkir untuk motor IDR 3.000 dan mobil adalah IDR 5.000.

Rawa Pening juga merupakan tempat yang tepat untuk melakukan berbagai kegiatan rekreasi air, seperti berenang, kayaking, dan sebagainya.

Selain itu, di sekitar danau ini juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang menarik, seperti taman rekreasi, taman hiburan anak, dan taman konservasi.

Bagi yang ingin mengunjungi Rawa Pening, tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti kamar mandi, musholla, dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, di sekitar danau ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Semarang yang lezat.

Rawa Pening merupakan tempat wisata yang menyajikan panorama alam yang indah dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Semarang.

Jika Kamu sedang berada di kota Semarang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Rawa Pening dan menikmati keindahan danau ini.

Goa Rong: Namanya Goa, Tapi Bukan Wisata Goa Di Semarang

Goa Rong, Semarang
Goa Rong, Semarang – Foto : instagram.com/ariezakaria.az

Wisata Goa Rong ini berada di daerah lopait, Tuntang, Semarang Jawa Tengah.

Meskipun namanya ada kata kata “Goa” namun tetapi ini bukanlah wisata gua.

Melainkan sebuah tempat wisata yang berada di puncak bukit dengan pemandangan yang indah.

Dari puncak bukit ini kamu bisa melihat beberapa gunung seperti Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu.

Dari sini kamu juga bisa melihat keindahan Danau Rawa Pening di kejauhan.

Harga tiket masuk ke tempat Wisata Goa Rong adalah IDR 3000 ( hari biasa ) IDR 5000 per orang ( hari libur ) dengan jam buka mulai dari 07.00 pagi sampai jam 18.00 petang.

Brown Canyon: Nikmati Pesona Sunset Indah Di Semarang

Brown Canyon, Semarang
Brown Canyon, Semarang – Foto : instagram.com/awan___kinton

Brown Canyon sebenarnya bukan tempat wisata, namun sebuah bekas penambangan tanah di Meteseh, Tembalang, Semarang.

Lokasi ini menjadi salah satu tempat yang populer di Semarang dan dianggap mirip dengan tempat wisata Grand Canyon di Amerika Serikat.

Kemiripan ini terlihat pada bukit-bukit sisa tambang pasir yang berubah menjadi tebing-tebing curam.

Brown Canyon merupakan tempat yang cocok bagi Kamu yang suka dengan petualangan atau yang mencari tempat untuk latar foto bertema petualangan.

Kota Lama Semarang: Jelajahi Kota Tua Di Jawa Tengah

Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang – Foto : instagram.com/a.pramudiyanto

Kota Lama Semarang adalah sebuah kawasan yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Kawasan ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kota Semarang Jawa Tengah ( Jateng ) karena keunikan dan keindahannya yang menakjubkan.

Kota Lama Semarang terletak di tengah kota Semarang dan merupakan salah satu kawasan tertua di kota ini.

Di kawasan ini terdapat banyak bangunan tua yang masih terawat dengan baik.

Dimana beberapa bangunan tua terdsebut saat ini telah dialihfungsikan sebagai:

  • Gedung Spiegel yang saat ini digunakan untuk bar dan bistro.
  • Gedung bekas Van Drop, saat ini menjadi Dream Museum Zone.
  • Bank Mandiri KC Mpu Tantular dulunya merupakan gedung Societiet De Harmonie.
  • Gereja Blenduk yang dibangun pada abad ke 18, dan masih berfungsi sebagai tempat ibadah hingga saat ini.
  • Jembatan Berok (Gouvernementsbrug) yang dibangun pada abad ke 17 dan masih kokoh hingga saat ini.
  • Gedung bekas De Javasche Bank yang saat ini menjadi Semarang Kreatif Galeri.
  • Gedung bekas Kantor Pengadilan Pemerintahan Belanda yang pernah menjadi rumah dinas pendeta Gereja Immanuel dan pada 2006 menjadi rumah makan mewah bergaya Sunda.
  • Gedung Marabunta yang menjadi gedung serbaguna, dahulunya bernama Statschouwburg yang merupakan Gedung Komedi.
  • Gedung Keuangan PAPAK yang dulunya merupakan Gedung Balai Kota.
  • Gedung Marba.

Kota Lama Semarang merupakan tempat yang cocok bagi Kamu yang suka dengan sejarah dan budaya.

Di kawasan ini, Kamu bisa melihat dan mengetahui lebih banyak tentang sejarah kota Semarang yang kaya dan beragam.

Selain itu, Kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur kota ini yang khas dan unik.

Bagi yang ingin mengunjungi Kota Lama Semarang, tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti kamar mandi, musholla, dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, di sekitar kawasan ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Semarang yang lezat.

Kota Lama Semarang merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan panorama sejarah dan budaya yang indah dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Semarang.

Jika Kamu sedang berada di kota Semarang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kota Lama Semarang dan menikmati keindahan kawasan ini.

Lawang Sewu: Tempat Wisata Sejarah Di Semarang Jateng

Wisata Jawa Tengah Populer Wajib Kunjung! - Lawang Sewu, Semarang
Lawang Sewu, Semarang – Foto : instagram.com/aboutsemarangid

Lawang Sewu adalah sebuah gedung tua yang terletak di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Gedung ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kota Semarang Jawa Tengah ( Jateng ) karena keunikan dan keindahannya yang menakjubkan.

Lawang Sewu terletak di Jalan Pemuda, tepatnya di Kota Lama Semarang.

Gedung ini merupakan salah satu gedung tua terbesar di kota Semarang dan merupakan salah satu gedung tua tertua di Indonesia.

Lawang Sewu merupakan tempat yang cocok bagi Kamu yang suka dengan sejarah dan budaya.

Di gedung ini, Kamu bisa melihat dan mengetahui lebih banyak tentang sejarah gedung ini yang kaya dan beragam.

Selain itu, Kamu juga bisa menikmati keindahan arsitektur gedung ini yang khas dan unik.

Bagi yang ingin mengunjungi Lawang Sewu, tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti kamar mandi, musholla, dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, di sekitar gedung ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Semarang yang lezat.

Lawang Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan panorama sejarah dan budaya yang indah dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Semarang.

Jika Kamu sedang berada di kota Semarang, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Lawang Sewu dan menikmati keindahan gedung ini.

Bukit Pangonan: Lokasinya Di Dekat Dieng Kabupaten Banjarnegara

Bukit Pangonan Banjarnegara
Bukit Pangonan Banjarnegara – Foto : instagram.com/tomisul

Bukit Pangonan adalah sebuah bukit yang terletak di dekat Dieng, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Bukit ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah ( Jateng ) karena keindahan pemandangan yang menakjubkan.

Bukit Pangonan terletak di Desa Pangonan, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Banjarnegara.

Bukit ini memiliki ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut dan menyajikan panorama pemandangan yang indah.

Bukit Pangonan merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang suka dengan keindahan alam.

Di bukit ini, Kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan sejuk, serta merasakan udara segar yang memenuhi seluruh tubuh.

Telaga Sunyi: Nikmati Sepi Sembari Berendam Disini, Lokasinya Ada Di Purwokerto

Telaga Sunyi, Purwokerto
Telaga Sunyi, Purwokerto – Foto : instagram.com/prdndwi

Telaga Sunyi adalah sebuah telaga yang terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia.

Telaga ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kota Purwokerto Jawa Tengah ( Jateng ) karena keindahan pemandangan yang menakjubkan.

Telaga ini memiliki air yang selalu jernih dan sejuk, sehingga membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk berwisata dan bersantai.

Dengan harga tiket masuk sebesar IDR 13.000. Telaga Sunyi merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang suka dengan keindahan alam.

Di telaga ini, Kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dan sejuk, serta merasakan udara segar yang memenuhi seluruh tubuh.

Air Terjun Grojogan Sewu: Wajib Mampir Kalau ke Tawangmangu

Wisata Jawa Tengah Populer Wajib Kunjung!
Air Terjun Grojogan Sewu,Tawangmangu – Foto : instagram.com/ajiie_nugroho

Air Terjun Grojogan Sewu adalah sebuah air terjun yang terletak di Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata yang populer di kabupaten Karanganyar karena keindahan pemandangan yang menakjubkan.

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Grojogan, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan merupakan salah satu air terjun terbesar di kabupaten Karanganyar.

Air terjun ini memiliki air yang selalu jernih dan sejuk, sehingga membuatnya menjadi tempat yang cocok untuk berwisata dan bersantai.

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang suka dengan keindahan alam.

Di air terjun ini, Anda bisa menikmati pemandangan yang indah dan sejuk, serta merasakan udara segar yang memenuhi seluruh tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan rekreasi air, seperti berenang, mandi, dan sebagainya.

Bagi yang ingin mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu, tersedia beberapa fasilitas yang bisa digunakan, seperti kamar mandi, musholla, dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, di sekitar air terjun ini juga terdapat beberapa warung makan yang menyajikan makanan khas Karanganyar yang lezat.

Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang menyajikan panorama alam yang indah dan merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Tawangmangu.

Jika Anda sedang berada di kabupaten Karanganyar, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu dan menikmati keindahan air

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Di Temanggung Jawa Tengah ( Jateng )

Wisata Jawa Tengah Populer Wajib Kunjung! - Wisata Alam Lembah Sindoro Posong, Temanggung
Wisata Alam Lembah Sindoro Posong, Temanggung – Foto : instagram.com/anindhita_mecca

Wisata Posong pertama kali dirintis pada tahun 2009 oleh Zuniyanto sebagai salah satu dari penggiat lingkungan hidup Komunitas Djogoreso desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung.

Jadi wisata Posong ini sebenarnya adalah sebuah tempat wisata alam yang berada di Tlahab Jawa Tengah ( Jateng ).

Kata “Posong” berasal dari dua kata, yaitu “pos” dan “kosong” yang sengaja dibuat oleh Pangeran Diponegoro pada zaman penjajahan untuk memancing pihak Belanda melakukan penyerangan di pos yang ternyata kosong.

Lokasi dari Wisata Posong berada di kaki Gunung Sindoro.

Karena itu jika kamu berkunjung kesini, kamu bisa menikmati matahari terbit dari ketinggian 1400 mdpl serta dapat melihat keindahan 8 gunung di sekitarnya sekaligus.

Ya, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Ungaran, Gunung Andong Gunung Sindoro, Gunung Muria, Gunung Merapi dan Gunung Telomoyo bisa kamu lihat dari sini.

Kamu juga bisa menginap di Posong, karena pengelola tempat wisata di Jawa Tengah ( Jateng ) ini menyediakan fasilitas kemah dengan konsep soft adventure.

Museum Purbakala Sangiran, Sragen: Ada Banyak Benda Purbakala Disini

Museum Purbakala Sangiran, Sragen
Museum Purbakala Sangiran, Sragen – Foto : instagram.com/warungbuhun

Museum Purbakala Sangiran adalah sebuah museum yang terletak di Sragen, Jawa Tengah, Indonesia.

Museum Purbakala Sangiran adalah tempat wisata yang terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah ( Jateng ).

Museum ini merupakan salah satu museum purbakala terbesar di Indonesia dan menyimpan banyak benda-benda purbakala yang merupakan warisan sejarah yang penting.

Museum Purbakala Sangiran merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang suka dengan sejarah dan budaya.

Di museum dan situs Sangiran ini kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai pola kehidupan manusia purba di Jawa.

Pada situs Sangiran ini juga, untuk pertama kalinya arkeolog Jerman, Profesor Von Koenigswald menemukan fosil rahang bawah spesies Homo erectus.

Jejak tinggalan berumur 2 juta tahun hingga 200.000 tahun masih dapat ditemukan hingga kini di situs Sangiran.

Wisata Museum Kereta Api Di Ambarawa Jawa Tengah

Wisata Jawa Tengah Populer Wajib Kunjung! - Museum Kereta Api, Ambarawa
Museum Kereta Api, Ambarawa – Foto : instagram.com/achmad_noer_cholis

Sebelum menjadi museum dan salah satu tempat wisata di Jawa Tengah ( Jateng ), tempat ini awalnya adalah sebuah stasiun yang bernama Stasiun Willem I.

Museum Kereta Api Ambarawa adalah sebuah museum yang terletak di Jl. Stasiun No.1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Stasiun ini dibangun oleh Nedherlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM) yang diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873 bersamaan pembukaan lintas Kedungjati-Ambarawa pada Tahun 1907.

Di museum ini ditampilkan berabagai koleksi perekeretaapian dari masa Hindia Belanda hingga pra kemerdekaan RI yang meliputi sarana, prasarana dan perlengkapan administrasi.

Misalnya seperti 26 Lokomotif Uap, 4 Lokomotif Diesel, 5 Kereta dan 6 Gerbong yang berasal dari berbagai daerah.

Hutan Pinus Kayon: Menciptakan Kenangan Unik di Tengah Hutan Pinus

Sudah bosan dengan destinasi wisata yang biasa-biasa saja?

Jangan khawatir, Hutan Pinus Kayon adalah jawabannya.

Di sini, Kamu akan menemukan luasnya hamparan pohon pinus yang menjulang tinggi dan menciptakan pemandangan yang begitu menakjubkan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen spesial saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Hutan Pinus Kayon juga sering disebut sebagai “twilight” nya Semarang, karena pemandangannya yang begitu memukau saat senja tiba.

Selain menikmati keindahan alam yang menakjubkan, Kamu juga dapat merasakan kesegaran udara dan ketenangan yang disuguhkan oleh hutan pinus ini.

Rasakan sensasi berjalan di antara pohon-pohon yang menjulang dan rasakan kedamaian yang mengalir di setiap hembusan angin.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Hutan Pinus Kayon dan ciptakan kenangan unik di tengah hutan pinus yang memesona ini.

Segera rencanakan perjalanan Kamu dan nikmati keindahan alam Semarang yang tak terlupakan!

Taman Wisata Air Panas Guci: Destinasi Relaksasi di Tegal Jawa Tengah

Kamu sedang berlibur ke Tegal? Jangan lupa mampir ke Taman Wisata Air Panas Guci Jateng.

Untuk mencapai tempat ini, Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 40 Km dari Kota Tegal.

Taman Wisata Air Panas Guci terletak di lereng Gunung Selamet, gunung tertinggi di Jawa.

Tempat ini menjadi favorit para wisatawan karena selain pemandangannya yang indah, air panas yang mengalir di sini juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan bagi berbagai macam penyakit.

Kamu dapat menikmati momen relaksasi yang tak terlupakan di Taman Wisata Air Panas Guci.

Rasakan hangatnya air panas yang menyegarkan tubuhmu sambil menikmati panorama alam yang menakjubkan di sekitar.

Dengan suasana yang tenang dan udara segar, Kamu akan merasa segar kembali setelah mengunjungi tempat ini.

Jadi, saat berada di Tegal, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman berendam yang menyehatkan di Taman Wisata Air Panas Guci.

Bersantailah dan nikmati kehangatan alami yang ditawarkan oleh tempat ini.

Lereng Kelir: Serunya Petualangan di Puncak Gunung Kelir

Kamu sedang mencari petualangan seru dengan udara sejuk dan pemandangan alam yang indah?

Lereng Kelir adalah destinasi wisata yang tepat untukmu! Terletak di lereng Gunung Kelir, tempat ini menawarkan panorama alam yang memukau.

Namanya sesuai dengan kenyataannya, di Lereng Kelir Kamu akan menemui lereng yang cukup tinggi.

Suasana udara yang sejuk akan menyegarkan tubuhmu sepanjang perjalanan.

Begitu tiba di puncak, Kamu akan dihadapkan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Luasnya langit biru, hijaunya pepohonan, dan panorama yang mengagumkan akan memanjakan mata dan hatimu.

Namun, untuk mencapai tempat wisata ini, Kamu harus bersiap-siap mendaki.

Meski butuh usaha, setiap langkah yang Kamu tempuh akan terbayar lunas oleh keindahan yang akan Kamu saksikan.

Rasakan semangat petualangan dan jadikan setiap detik mendaki sebagai momen berharga yang menguji kekuatanmu.

Jangan lupa untuk membawa bekal yang cukup serta perlengkapan hiking yang sesuai.

Pastikan Kamu dalam kondisi fisik yang prima dan siap menghadapi tantangan di lereng Gunung Kelir ini.

Segera rencanakan perjalananmu dan hadapi petualangan seru di Lereng Kelir yang tak akan Kamu lupakan.

Old City 3D Trick Art Museum: Wisata Seru dengan Ilusi Mata

Ingin merasakan sensasi yang berbeda dalam berwisata? Kunjungi Museum 3D Old City di Semarang!

Di sini, Kamu akan memasuki dunia ilusi mata yang penuh dengan koleksi menakjubkan. Jangan lupa membawa kamera Kamu dan siapkan pose terbaik untuk berfoto!

Museum ini merupakan tempat wisata terbaru di Semarang yang menawarkan pengalaman unik bagi pengunjungnya.

Kamu akan terpesona oleh berbagai karya seni 3D yang menggambarkan berbagai adegan dan objek yang terlihat begitu nyata.

Dengan mengambil foto di sudut yang tepat, Kamu dapat menciptakan ilusi yang menarik dan memukau.

Waktu terbaik untuk mengunjungi museum ini adalah pada siang hari, ketika cahaya matahari memperlihatkan ilusi secara optimal.

Untuk menghindari keramaian, disarankan untuk tidak mengunjungi museum pada hari libur atau akhir pekan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk bermain-main dengan ilusi mata yang menakjubkan di Old City 3D Trick Art Museum.

Jadikan pengalaman berwisata Kamu lebih seru dan interaktif.

Dapatkan momen yang tak terlupakan dan koleksi foto yang unik di museum ini. Selamat menikmati petualangan visual yang menghibur!

Pagoda Buddhagaya Watugong: Suasana China yang Memikat

Ingin mencari spot foto yang unik dan seolah-olah berada di China?

Jangan lewatkan Pagoda Buddhagaya Watugong, tempat wisata yang sedang hits di Semarang.

Vihara Pagoda Buddhagaya Watugong ini menawarkan pengalaman seru dengan keunikan patung-patungnya.

Kamu akan terpesona dengan keindahan dan keunikan arsitektur yang khas Tiongkok.

Setiap sudutnya dirancang dengan cermat dan memperhatikan lingkungan sekitar, menciptakan suasana yang memukau.

Selain sebagai destinasi wisata, vihara ini juga menyediakan penginapan bagi para wisatawan yang ingin merasakan kenyamanan di sini.

Kamu bisa menyewa penginapan dan merasakan suasana yang nyaman dan tenang di dalam kompleks Pagoda Buddhagaya Watugong.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga Kamu di sini.

Spot foto yang menarik akan menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan.

Rasakan keindahan dan keasrian atmosfer China yang terasa begitu dekat di Pagoda Buddhagaya Watugong.

Nikmati keunikan dan kecantikan tempat ini bersama teman-teman atau keluarga.

Jadikan kunjungan Kamu sebagai momen liburan yang berkesan dan penuh keceriaan.

Ayo, jangan sampai ketinggalan kesempatan untuk merasakan pesona Pagoda Buddhagaya Watugong di Semarang!

Pantai Nampu: Pesona Wisata Tersembunyi di Wonogiri Jateng

Ternyata, Jawa Tengah juga memiliki objek wisata pantai yang menarik, dan salah satunya adalah Pantai Nampu.

Pantai ini terletak di Desa Dringo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Wilayah Wonogiri dikenal sebagai daerah yang masih sepi penduduknya.

Oleh karena itu, Pantai Nampu masih menyimpan kedamaian dan keasrian alamnya. Jauh dari hiruk-pikuk kota, pantai ini tetap mempertahankan kealamian yang khas.

Namun, jangan khawatir karena sarana menuju pantai ini sudah cukup baik.

Kamu akan menemukan jalan yang beraspal, area parkir, toilet, tenda penunjuk, tempat makan, dan masih banyak lagi.

Pantai Nampu memiliki pasir putih yang bersih dan air laut yang jernih tanpa tercemar.

Namun, perlu diingat untuk berhati-hati saat berenang karena pantai ini terkenal dengan ombak besar khas pantai selatan dan terdapat bebatuan karang.

Saat air laut surut, Kamu akan dapat melihat keindahan bebatuan karang yang memukau para wisatawan.

Segera kunjungi Pantai Nampu dan nikmati pesona tersembunyi yang ditawarkannya. Rasakan kedamaian alam dan keindahan pantainya yang menawan.

Pantai Tirang: Rasakan Magisnya Bermalam di Pinggir Pantai

Kamu ingin merasakan sensasi bermalam di tepi pantai?

Ayo, kita camp di Pantai Tirang! Tempat ini menjadi pilihan favorit para kawula muda yang ingin menikmati wisata pantai yang berbeda.

Pantai Tirang adalah pantai yang masih jarang dikunjungi, jadi Kamu akan merasa memiliki pantai ini untuk dirimu sendiri.

Tidak banyak warung atau keramaian di sekitarnya, membuatnya sempurna sebagai tempat camp di tepi pantai.

Bayangkan betapa romantisnya bermalam dengan suara ombak yang menghanyutkan dan angin pantai yang lembut menerpa wajahmu.

Di Pantai Tirang, Kamu akan dikelilingi oleh keindahan pohon-pohon bakau yang tumbuh dengan lebat.

Suasana hijau dan alami akan menambah kesan magis dari pengalamanmu.

Biarkan dirimu terlelap di bawah langit berbintang, berharap bahwa waktu berjalan lebih lambat di sini.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan camping yang lengkap dan makanan ringan untuk dinikmati saat berada di Pantai Tirang.

Siapkan dirimu untuk menjelajahi pesona pantai ini dan menjadikan malam yang dihabiskan di tepi pantai menjadi momen yang tak terlupakan.

Segera rencanakan petualanganmu di Pantai Tirang dan rasakan keajaiban bermalam di pinggir pantai ini.

Nikmati kedamaian dan keindahan alam yang menakjubkan.

Wisata Pantai Pulau Panjang Jepara: Surga Tersembunyi di Jawa Tengah

Di Jawa Tengah, khususnya di Jepara, terdapat Pantai Pulau Panjang yang menarik untuk Kamu kunjungi.

Pantai ini menyimpan pesona yang tak kalah menarik dengan pantai-pantai lainnya.

Untuk mencapai pantai ini, Kamu perlu naik kapal dari Pantai Kartini selama 10 menit menuju Pulau Panjang.

Pulau Panjang memiliki pantai yang dipenuhi pasir putih dan air laut yang dangkal dengan dasar terumbu karang yang indah.

Bagian tengah pulau dihiasi oleh hutan tropis dengan pohon-pohon besar yang menjulang tinggi, diselingi oleh semak dan perdu.

Tempat ini menjadi tempat bermalam dan berkembang biak bagi burung laut. Wisatawan dapat menikmati keindahan hutan bakau, pasir putih, serta melakukan trekking keliling pulau.

Pantai Pulau Panjang Jepara menyajikan keindahan alam yang memikat hati.

Nikmati pesona tersembunyi ini dengan mengeksplorasi hutan, bermain di pasir putih, dan menjelajahi setiap sudut pulau.

Masjid Agung Jawa Tengah: Memadukan Keindahan Arsitektur dan Spiritualitas

Jangan lewatkan kunjungan dan melaksanakan Shalat di Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid yang menjadi kebanggaan warga Jawa Tengah ini terletak di kota Semarang. Proses pembangunan dimulai pada tahun 2001 dan diresmikan pada tahun 2006.

Yang membuatnya unik adalah desain bangunannya yang memadukan arsitektur Islam, Romawi, dan Jawa.

Dalam setiap detilnya, terlihat harmoni dari tiga budaya yang berbeda tersebut.

Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik, seperti museum, studio radio, Al Quran raksasa, payung elektrik, dan masih banyak lagi.

Dengan fasilitas tersebut, pengunjung dapat memperdalam pengetahuan dan memperkuat spiritualitas mereka.

Jadi, jangan lupa mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah saat berada di Semarang dan nikmati keindahan arsitektur serta momen spiritual yang mendalam di tempat ini.

Wisata Colo Kudus: Pesona Alam di Jantung Jawa Tengah

Selamat datang di Kudus, kawasan wisata Colo menanti untuk Kamu jelajahi.

Destinasi wisata ini menawarkan panorama alam yang begitu menakjubkan, tak boleh Kamu lewatkan begitu saja.

Kawasan Colo berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Kudus ke arah utara.

Tepatnya berlokasi di kawasan pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus.

Kawasan Colo memiliki kemiripan dengan destinasi wisata di Magelang, yaitu kawasan wisata Bopeng yang terkenal.

Di kawasan wisata Colo, Kamu akan disuguhkan pemandangan indah pegunungan yang sejuk dan alami, memberikan ketenangan yang tak terhingga.

Tidak hanya itu, di kawasan ini juga terdapat makam Sunan Muria yang berada di puncak pegunungan.

Jelajahi keindahan alam di kawasan wisata Colo Kudus dan rasakan kedamaian yang meliputi.

Menikmati pesona alam yang memikat sambil mengenang sejarah di makam Sunan Muria.

Tunggu apalagi? Ayo, jadikan Colo sebagai destinasi wisata selanjutnya dalam petualanganmu di Jawa Tengah.

Setiya Aji Flower Farm: Keindahan Bunga yang Menakjubkan

Apakah Kamu sedang mencari destinasi wisata alam yang menakjubkan di Jawa Tengah?

Jangan lewatkan Setiya Aji Flower Farm. Perkebunan ini dipenuhi dengan berbagai macam bunga yang memukau.

Di sini, Kamu akan disambut oleh pemandangan alam yang hijau dan warna-warni bunga yang memikat hati.

Suasana ini membuat liburan Kamu semakin indah dan berkesan, banyak orang yang memilih menghabiskan waktu bersama pasangan di tempat yang romantis ini.

Bahkan, Setiya Aji Flower Farm sering dijadikan sebagai lokasi pra pernikahan yang cantik!

Selain menikmati keindahan bunga-bunga yang tumbuh subur, Kamu juga dapat menjelajahi kebun dengan suasana yang segar dan menenangkan.

Rasakan aroma wangi bunga yang menguar di udara dan rasakan kehangatan cinta yang melingkupi tempat ini.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Setiya Aji Flower Farm dan merasakan keajaiban alam yang memukau.

Jadikan momen liburan Kamu menjadi lebih berarti dengan keindahan bunga-bunga yang menghiasi perkebunan ini.

Selamat menikmati liburan yang tak terlupakan!

Air Terjun Curug Lawe: Keindahan Alam yang Menyegarkan

Tertarik mencari tempat yang menawarkan kesegaran alam di Semarang?

Jangan lewatkan tempat wisata Air Terjun Curug Lawe di Semarang Jawa Tengah!

Spot menarik ini akan memberikan pengalaman berendam dan bermain air yang menyenangkan.

Air terjun yang mengalir deras ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung yang ingin menyegarkan diri.

Kamu dapat menikmati keindahan air terjun sambil merasakan tetesan air yang menyejukkan. Jangan lupa membawa pakaian ganti untuk bermain air sepuasnya!

Selain itu, kawasan wisata air terjun ini juga sering digunakan sebagai lokasi bumi perkemahan dan kegiatan outbond.

Kamu dapat merasakan kegembiraan beraktivitas di tengah alam yang asri dan segar.

Pilihlah spot yang tepat untuk berkemah dan nikmati suasana malam yang menenangkan.

Tak hanya itu, Kamu juga dapat mengunjungi fasilitas perendaman air panas di sekitar air terjun.

Nikmati momen relaksasi dengan merendam tubuh dalam air panas yang menenangkan.

Rasakan kelembutan air yang mengalir di sekitar Kamu dan hilangkan rasa lelah setelah beraktivitas.

Air Terjun Curug Lawe akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen seru Kamu di sini.

Jadikan waktu bersama keluarga dan teman-teman menjadi lebih berkesan di tempat ini.

Selamat menikmati keindahan alam yang menyegarkan dan jadikan Curug Lawe sebagai salah satu tujuan liburan Kamu!

Air Terjun Kali Pancur: Keajaiban Alam Wisata Di Jawa Tengah Nan Menakjubkan

Kamu sedang berada di Semarang dan ingin menikmati pesona alam yang menakjubkan?

Jangan lewatkan Air Terjun Kali Pancur yang memukau dengan ketinggian mencapai 150 meter.

Uniknya, air terjun ini memiliki morfologi yang menyerupai tangga-tangga, sehingga aliran airnya terlihat begitu indah dan tenang.

Namun, untuk mencapai ke tempat wisata ini, Kamu harus bersiap-siap mendaki sekitar 900 anak tangga.

Meskipun terasa melelahkan, ketika Kamu tiba di puncaknya, segala kelelahan akan terbayar lunas oleh keindahan yang Kamu saksikan.

Pemandangan yang memukau akan menghapus segala rasa lelah dan memberikan kepuasan tersendiri.

Pastikan untuk membawa kamera agar bisa mengabadikan momen-momen indah di Air Terjun Kali Pancur ini.

Spot foto yang spektakuler akan menjadi kenang-kenangan yang tak terlupakan. Rasakan sensasi menyegarkan diri dengan bermain air di sekitar air terjun ini.

Suara gemuruh air dan hawa sejuk yang membelai kulitmu akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Ayo, jadikan kunjunganmu ke Air Terjun Kali Pancur sebagai petualangan seru yang memberikan keajaiban alam yang tiada duanya.

Rasakan kekuatan alam yang mengagumkan dan biarkan dirimu terpesona oleh pesona keindahan Semarang yang tiada tanding.

Pantai Maron: Pesona Sunset dan Ramainya Suasana Wisata Pantai Di Semarang Jawa Tengah

Siapa bilang wisata alam di Semarang tak ada hubungannya dengan pantai?

Tenang saja, Pantai Maron hadir sebagai destinasi yang tak boleh Kamu lewatkan!

Terletak di bagian barat Kota Semarang, pantai ini menawarkan pengalaman terbaik untuk menikmati matahari terbenam di sore hari.

Ketika musim liburan dan akhir pekan tiba, Pantai Maron selalu dipadati oleh pengunjung yang ingin menikmati pesona pantainya.

Bukan hanya wisatawan dari luar, tapi juga warga lokal yang sering berkunjung ke sini.

Jadi, Kamu akan merasakan ramainya suasana di sepanjang pantai dengan keberagaman pendatang dan pedagang lokal yang menambah warna ceria.

Di Pantai Maron, Kamu dapat menikmati pasir putih yang lembut di bawah kaki, sambil mendengarkan deburan ombak yang menenangkan.

Jangan lupa untuk membawa bekal makanan ringan dan minuman favoritmu untuk dinikmati sambil menanti keajaiban saat matahari perlahan tenggelam di cakrawala.

Percayalah, pemandangan sunset yang mempesona akan memanjakan pandanganmu dan menciptakan momen indah yang tak terlupakan.

Segera rencanakan kunjunganmu ke Pantai Maron dan nikmati keindahan alam serta keramaian yang menyertainya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk berjalan-jalan di pinggir pantai, mencicipi kuliner lokal, atau membeli oleh-oleh khas Pantai Maron.

Jadikan liburanmu di Semarang lebih berkesan dengan menjelajahi keajaiban Pantai Maron yang menawan ini.

Pantai Karang Bolong Kebumen: Pesona Keindahan Wisata Pantai di Jantung Jawa Tengah

Selamat datang di Kebumen, tempat wisata di Jawa Tengah yang satu ini tak boleh Kamu lewatkan.

Pantai Karang Bolong, pantai yang tengah hits di kalangan wisatawan.

Destinasi wisata ini menjadi primadona di Kebumen yang wajib Kamu kunjungi.

Pantai Karang Bolong terletak di Kecamatan Buayan.

Pasir pantai yang berwarna abu-abu dipadukan dengan batu karang yang menambah pesona keindahan pantai ini.

Di sekitar Pantai Karang Bolong, terdapat bukit-bukit tinggi yang bisa Kamu nikmati sambil mengelilingi pantai.

Suasana yang lebih nyaman ditambah dengan deretan pohon kelapa yang menambah kesegaran pantai ini.

Setelah puas berjalan-jalan, Kamu juga bisa mampir ke warung-warung di sekitar pantai untuk mengisi perut yang lapar.

Untuk masuk ke pantai, pengunjung dewasa dikenakan biaya sebesar Rp 3 ribu, sedangkan anak-anak berusia 5 tahun ke bawah hanya dikenakan Rp 2 ribu saja.

Keunikan Pantai Karang Bolong terletak pada hunian burung walet di dalam gua.

Terdapat tiga gua, yaitu Gua Pasir, Karangduwur, dan Karang Bolong.

Sarang burung walet ini memiliki nilai khasiat sebagai campuran makanan.

Pengambilan sarang walet dilakukan sebanyak empat kali dalam setahun, yaitu pada musim 2, 4, 7, dan 9 dalam kalender Jawa.

Sebelum pengambilan sarang walet dilakukan, ada upacara selamatan yang dilaksanakan.

Tak hanya itu, di kawasan pantai ini juga terdapat Gua Karangbolong yang terletak di sisi timur.

Gua ini terbentuk dari lapisan breksi lahar yang terkekarkan. Gua Karangbolong memiliki panjang sekitar 30 meter, lebar 10 meter, dan tinggi sekitar 5 meter.

Breksi yang dikenal sebagai Formasi Gabon ini memiliki usia Oligo-Miosen atau sekitar 30-15 juta tahun yang lalu, bersama dengan batu pasir dan batu lempung yang terbentuk.

Pantai Karang Bolong Kebumen menawarkan pesona keindahan yang tak terlupakan.

Jelajahi pantai ini dan rasakan keajaibannya di tengah-tengah Jawa Tengah yang menawan.

Tempat Wisata Di Salatiga, Purwokerto, Dan Purworejo Jawa Tengah ( Jateng ) Populer Viral Di Tahun 2024

Berikut yang bisa kamu kunjungi.

Kawasan Wisata Baturaden: Keindahan Alam dan Rekreasi Keluarga yang Tak Terlupakan

Hai, Kamu yang berada di Jawa ‘Ngapak’ Banyumas, jangan lewatkan kunjunganmu ke Kawasan Wisata Baturaden yang terletak di Kecamatan Baturaden.

Tempat wisata ini menjadi salah satu destinasi terkenal di Jawa Tengah yang wajib Kamu kunjungi.

Kawasan Wisata Baturaden berada di lereng selatan Gunung Slamet, menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan udara yang sejuk menyegarkan.

Dari sini, Kamu dapat menikmati panorama indah kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta pantai-pantai menakjubkan di Cilacap.

Salah satu daya tarik utama Baturaden adalah Pancuran Pitu, pemandian air panas yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Selain itu, tempat wisata ini juga menjadi destinasi yang cocok untuk rekreasi keluarga.

Kamu dapat bersantai dan bermain di Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan hijau yang sempurna untuk berkemah bersama keluarga atau teman-temanmu.

Wana Wisata ini terletak sekitar 2 km dari Baturaden.

Di sana, Kamu juga dapat mengunjungi Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang yang memiliki museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan rekreasi tak terlupakan di Kawasan Wisata Baturaden.

Segera rencanakan kunjunganmu ke alamat berikut: Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Ayo, ajak keluargamu dan teman-temanmu untuk merasakan keseruan di sini. Nikmati momen berharga di Kawasan Wisata Baturaden!

Kopeng Treetop Adventure Park: Sensasi Wisata Petualangan di Lereng Gunung Merbabu Jawa Tengah

Kamu tidak akan menyesal mengunjungi Kopeng Treetop Adventure Park!

Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merbabu Jateng dan menawarkan pengalaman seru outbond dengan fasilitas yang lengkap untuk anak-anak maupun dewasa.

Kopeng Treetop sering menjadi pilihan untuk berbagai acara, mulai dari rombongan kantor, keluarga, sekolah, dan masih banyak lagi.

Di sini, terdapat delapan sirkuit dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda, yang bisa Kamu selesaikan dalam waktu sekitar 2 jam 30 menit.

Setiap sirkuit menawarkan tantangan yang seru dan menarik, memacu adrenalinmu dalam petualangan tak terlupakan.

Untuk bisa merasakan semua keasyikan di Kopeng Treetop Adventure Park, Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 110.000,- untuk anak-anak dan Rp 160.000,- untuk dewasa.

Dengan harga tersebut, Kamu dapat menikmati segala atraksi dan petualangan yang seru di dalamnya.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kopeng Treetop Adventure Park dan rasakan sensasi petualangan di lereng Gunung Merbabu ini.

Ayo ajak teman dan keluargamu untuk bergabung dalam petualangan seru di Kopeng Treetop.

Nikmati kegembiraan, tantangan yang mengasyikkan, dan kenikmatan tak terbatas di destinasi wisata yang memikat ini!

Air Terjun Umbul Songo: Keindahan Tersembunyi yang Menakjubkan

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Air Terjun Umbul Songo!

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan arus air yang mengalir dengan cepat.

Terletak di tempat yang cukup terpencil, Kamu akan harus berjalan beberapa ratus meter dari tempat parkir yang telah disediakan.

Namun, uniknya, Kamu juga bisa menyewa kuda untuk ditunggangi dan mengantar ke spot wisata ini, memberikan pengalaman petualangan yang berbeda.

Keasrian alam sekitar air terjun ini begitu memukau. Kamu akan disuguhkan dengan panorama alam yang indah dan suasana yang tenang.

Jauh dari hiruk pikuk kota, tempat ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam yang masih asri.

Untuk dapat menikmati keindahan Air Terjun Umbul Songo, Kamu hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 5.000,- per orang.

Dengan harga yang terjangkau, Kamu bisa menikmati keindahan alam dan segarnya air terjun ini.

Jadi, ayo kunjungi Air Terjun Umbul Songo dan saksikan keajaiban alam yang menakjubkan ini.

Nikmati petualangan menyusuri jalan setapak, merasakan gemuruh air terjun, dan merasakan kedamaian yang ada di sekitarnya.

Dapatkan momen tak terlupakan di destinasi wisata yang spektakuler di Jateng ini!

Umbul Sidomukti: Keajaiban di Puncak Bukit

Kamu tidak akan menyangka bahwa di puncak bukit terdapat sebuah kolam renang yang begitu istimewa, yaitu Umbul Sidomukti.

Di sini, kamu akan menemukan bukan hanya satu, tetapi empat kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda.

Namun, kolam renang yang menakjubkan bukanlah satu-satunya keistimewaan Umbul Sidomukti.

Kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian, menyegarkan hati dan pikiranmu.

Tidak hanya itu, terdapat pula fasilitas outbond yang menarik, seperti flying fox dan persewaan kuda, untuk memperkaya pengalaman petualanganmu di sini.

Rasakan sensasi yang menggetarkan meluncur di atas tanah atau jelajahi sekitar dengan menunggang kuda yang anggun.

Jangan khawatir tentang harga tiket masuknya, karena kamu hanya perlu membayar berkisar Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- untuk menikmati semua keajaiban yang ada di Umbul Sidomukti.

Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground (Agrowisata Salib Putih) : Menikmati Keindahan Alam dan Aktivitas Seru

Kamu mencari spot wisata yang menarik? Jangan lewatkan Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground!

Di kawasan kompleks ini, Kamu akan menemukan berbagai fasilitas yang menarik seperti camping ground, hotel, kolam renang, dan kegiatan outbond yang cocok untuk semua usia.

Kawasan Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground dikelilingi oleh keindahan alam yang asri dan sejuk.

Kamu akan disambut dengan berbagai bunga berwarna-warni yang siap menjadi latar foto yang menawan.

Tak lupa, fasilitas yang tersedia di Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground juga sangat lengkap dan mendukung untuk memenuhi kebutuhanmu selama berada di sana.

Yang menarik, untuk masuk ke kawasan Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground Jateng, Kamu tidak perlu membayar biaya tiket masuk.

Namun, jika Kamu ingin menikmati fasilitas seperti kegiatan outbond dan berenang, akan dikenakan biaya tersendiri yang sangat terjangkau.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dan aktivitas seru di Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground.

Jadikan momen liburanmu menjadi lebih berkesan dengan mengunjungi tempat ini.

Ayo, rencanakan perjalananmu sekarang dan nikmati pengalaman seru di Agrowisata Salatiga Eco Park Hotel, Convention and Camping Ground!

Mata Air Senjoyo: Oase Segar di Tengah Keindahan Alam Dekat Kota Salatiga

Kamu mencari tempat yang menyejukkan di tengah kota Salatiga?

Mata Air Senjoyo adalah jawabannya!

Mata Air Senjoyo merupakan sumber pengairan yang penting bagi masyarakat Salatiga.

Di tempat ini, Kamu akan menemukan kolam alami yang bening dan berwarna biru, memungkinkanmu untuk bermain air sambil menikmati pemandangan alam yang asri.

Terletak di kawasan wisata Gunung Merbabu, Mata Air Senjoyo sering dijadikan tempat peristirahatan para pendaki setelah melewati perjalanan yang melelahkan.

Fasilitas di Mata Air Senjoyo sudah dielola dengan baik, sehingga Kamu akan menemukan fasilitas yang lengkap untuk mendukung kunjunganmu.

Untuk masuk ke kawasan wisata di Jateng ini, Kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp 8.000,- per orang.

Biaya ini sebanding dengan pengalaman segar dan keindahan alam yang akan Kamu nikmati di Mata Air Senjoyo.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Mata Air Senjoyo, oase segar di tengah keindahan alam Salatiga.

Siapkan dirimu untuk bermain air dan menikmati momen yang menyegarkan di tempat ini.

Ayo, jadwalkan kunjunganmu sekarang dan rasakan keindahan Mata Air Senjoyo!

Kolam Renang Kalitaman: Tempat Rekreasi Wisata Sehat dan Menyenangkan di Salatiga Jawa Tengah

Hai, Kamu suka berolahraga di pagi hari?

Jika iya, jangan hanya jogging, tapi coba kunjungi Kolam Renang Kalitaman!

Kolam renang ini memiliki suasana yang unik dan menjadi salah satu kolam renang tertua di Salatiga.

Meskipun sudah berusia tua, Kolam Renang Kalitaman tetap memiliki fasilitas yang lengkap untuk memenuhi kebutuhanmu.

Di sini, Kamu akan menemukan ruang tunggu yang nyaman, kantin untuk memenuhi kebutuhan selama berenang, ruang ganti yang bersih, dan ruang bilas yang menyegarkan.

Untuk dapat menikmati keindahan Kolam Renang Kalitaman, Kamu hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000,- per orang.

Biaya ini sangat terjangkau untuk pengalaman rekreasi yang sehat dan menyenangkan di Salatiga.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kesegaran dan kesenangan berenang di Kolam Renang Kalitaman.

Segera ajak teman-temanmu atau keluargamu untuk menghabiskan waktu berharga di sini.

Ayo, rencanakan kunjunganmu sekarang dan nikmati momen seru di Kolam Renang Kalitaman!

Curug Ceheng: Keindahan Air Terjun dan Kolam Alami yang Menawan

Hai, Kamu yang sedang berlibur, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ceheng.

Tempat wisata air terjun di Jateng ini memiliki kolam alami yang memukau dengan warna hijau yang begitu jernih.

Namun, perlu diingat bahwa aliran air terjun ini cukup deras, jadi kami mengimbau agar Kamu tidak terlalu mendekati pusat air terjun.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 7.000,- saja, Kamu sudah dapat menikmati keindahan alam yang luar biasa di kawasan ini.

Tersedia fasilitas gazebo dan area parkir yang siap digunakan oleh para wisatawan yang datang ke tempat ini.

Curug Ceheng menawarkan pemandangan alam yang memesona dan suasana yang menenangkan.

Nikmati momen berharga di sini, ambil banyak foto cantik, dan rasakan kesegaran air terjun yang mengalir.

Jangan lupa untuk berhati-hati dan menikmati keindahan alam dengan penuh keceriaan!

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Curug Ceheng.

Rekreasi alam yang menyegarkan menunggu Kamu di sini. Bersiaplah merasakan pesonanya!

Curug Telu: Keajaiban Air Terjun yang Mempesona Di Purwokerto Jawa Tengah

Kamu yang sedang mencari pengalaman wisata yang menakjubkan, jangan lewatkan Curug Telu di Purwokerto Jateng.

Air terjun ini memiliki air yang begitu jernih dan bersih, serta menjadi sumber air bagi masyarakat Purwokerto.

Di sini, Kamu bisa berendam, berenang, bermain air, dan pastinya, jangan lupa untuk mengabadikan momen-momen berharga dengan berfoto.

Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 3.000,- per orang, Kamu sudah dapat menikmati keindahan kawasan Curug Telu.

Selain itu, tersedia juga fasilitas paket wisata seperti canyoning, climbing, dan masih banyak lagi yang siap memenuhi kebutuhan petualanganmu.

Curug Telu menawarkan pemandangan alam yang memukau dan kesegaran air terjun yang luar biasa.

Rasakan sensasi menyegarkan di bawah guyuran air yang menakjubkan dan biarkan dirimu terhanyut dalam keajaiban alam ini.

Jadikan momen di Curug Telu sebagai pengalaman tak terlupakan dan temukan keindahan alam yang tiada duanya.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Curug Telu. Keajaiban alam sedang menunggu kedatanganmu.

Bersiaplah menggenggam momen indah di sini dan raih pengalaman tak terlupakan yang akan dikenang selamanya!

Curug Cipendok: Keindahan Air Terjun yang Memikat Hati

Kamu yang sedang mencari petualangan alam yang mengesankan, jangan lewatkan Curug Cipendok.

Air terjun ini memiliki aliran yang kencang dan tinggi. Meskipun demikian, suara gemuruh air terjun ini mampu menenangkan hati dan pemandangannya begitu eksotis.

Karena kekuatan alirannya yang deras, diharapkan Kamu tidak melakukan aktivitas air di sekitar air terjun ini demi keamanan.

Namun, jangan khawatir, terdapat berbagai fasilitas menarik seperti taman bermain anak, cottage, outbond, dan lainnya yang siap menyemarakkan petualanganmu di sini.

Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cipendok, cukup dengan membayar tiket seharga sekitar Rp 10.000,- per orang.

Curug Cipendok menghadirkan keajaiban alam yang memikat hati. Dengarkan riak air yang bergemuruh dan hiasi dirimu dengan keindahan pemandangan eksotis di sekitarnya.

Nikmati momen yang tenang dan jadikan petualanganmu di Curug Cipendok sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Curug Cipendok. Keindahan air terjun ini sedang menanti kedatanganmu.

Saksikan pesonanya dan biarkan dirimu terhanyut dalam keajaiban alam yang memukau ini.

Temukan kedamaian dan keindahan di Curug Cipendok, dan rasakan keajaiban alam yang tak tergantikan.

Jadi, siapkan dirimu untuk petualangan yang luar biasa di Curug Cipendok.

Keindahan alam menunggu untuk Kamu eksplorasi.

Ayo, temukan pesona Curug Cipendok dan raih kenangan tak terlupakan di sini!

Curug Gomblang: Keindahan Air Terjun Di Purwokerto Jawa Tengah yang Memikat

Kamu yang mencari keindahan alam yang memesona, jangan lewatkan Curug Gomblang.

Tempat wisata ini telah dikelola dengan baik sehingga Kamu dapat menikmati pesona air terjunnya dari gardu pandang yang telah disediakan.

Curug Gomblang juga merupakan destinasi romantis yang sempurna, terutama jika Kamu mengunjunginya bersama pasangan.

Namun, untuk bisa mencapai tempat wisata di Jatengini, Kamu harus melewati jalan berbatu yang terjal.

Namun, jangan khawatir, keindahan yang akan Kamu temui di Curug Gomblang sebanding dengan perjuanganmu.

Dengan harga tiket yang sangat terjangkau, hanya sebesar Rp 3.000,- per orang, Kamu bisa menikmati keindahan alami Curug Gomblang.

Rasakan kedamaian dan keajaiban alam yang memikat di sini, dan biarkan dirimu terpesona oleh keindahan air terjun yang menakjubkan.

Jadi, siapkan dirimu untuk petualangan yang memikat di Curug Gomblang.

Saksikan keindahan air terjun yang menawan dan biarkan pesonanya mengisi hatimu.

Temukan keindahan alam yang tak terlupakan di Curug Gomblang, dan nikmati momen indah bersama orang terkasih.

Ayo, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Curug Gomblang. Air terjun yang memukau sedang menantimu.

Rangkullah kesempatan ini dan biarkan dirimu terhanyut dalam keindahan alam yang mempesona.

Temukan kedamaian dan keajaiban di Curug Gomblang, dan rasakan pengalaman yang tak terlupakan di sini!

Goa Sikantong: Keindahan dan Petualangan Alam Purworejo yang Menantang

Kamu yang sedang mencari petualangan alam yang menantang, jangan lewatkan Goa Sikantong di Purworejo.

Tempat wisata di kawasan Jateng ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan karena memiliki pesona keindahan yang memikat dan menawarkan sensasi yang berbeda.

Goa Sikantong adalah pilihan yang tepat bagi kamu yang gemar petualangan alam bebas.

Namun, sebelum memulai petualanganmu ke Goa Sikantong, pastikan kamu membawa perlengkapan keamanan yang cukup agar perjalananmu berjalan aman dan lancar.

Di Goa Sikantong, kamu akan terpesona oleh keindahan alamnya yang memikat. Menjelajahi gua ini akan memberikan pengalaman yang seru dan mendebarkan.

Nikmati sensasi petualanganmu saat melintasi lorong-lorong gelap yang penuh misteri dan menjelajahi keindahan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi gua ini.

Tak hanya itu, Goa Sikantong juga menyimpan cerita dan legenda yang menarik.

Jelajahi setiap sudut gua ini dan nikmati keajaiban alam yang ada di dalamnya.

Ayo, siapkan dirimu untuk petualangan yang menantang di Goa Sikantong.

Rasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan dan nikmati keindahan alam yang menawan.

Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang cukup dan berjaga-jaga selama petualanganmu di Goa Sikantong.

Nikmati setiap momen petualanganmu di Goa Sikantong dan biarkan keindahan alam ini mengisi hatimu dengan kebahagiaan.

Temukan keajaiban yang tak terlupakan dan kenangan indah di Goa Sikantong. Bersiaplah untuk menjelajahi dunia yang menakjubkan di sini!

Pantai Jatimalang: Pesona Pantai yang Memukau di Desa Jatimalang Purworejo Jawa Tengah

Kamu yang sedang mencari keindahan pantai yang tak tertandingi, jangan lewatkan Pantai Jatimalang di Purworejo.

Tempat wisata di Jateng ini memiliki panorama pemandangan yang menakjubkan dan menjadi salah satu destinasi wajib yang harus kamu kunjungi.

Tidak hanya keindahan alamnya yang menawan, masyarakat di sekitar Pantai Jatimalang juga terkenal ramah terhadap para wisatawan.

Ketika berkunjung ke Pantai Jatimalang, ada banyak aktivitas seru yang dapat kamu lakukan.

Salah satunya adalah berenang di kolam air tawar yang disediakan.

Kolam-kolam ini dibuat dengan terpal berwarna-warni yang membentuk kolam-kolam, sehingga saat kamu berenang, kamu juga dapat menikmati pemandangan pantai sekaligus.

Seru dan menyenangkan, bukan?

Nikmati pesona Pantai Jatimalang yang memukau dan biarkan dirimu terhanyut oleh keindahannya.

Rasakan kesegaran air tawar yang menyegarkan tubuhmu sambil menikmati pemandangan pantai yang menyejukkan mata.

Ajak teman-temanmu atau keluargamu untuk bersama-sama menikmati momen tak terlupakan di Pantai Jatimalang.

Jangan lupa untuk berinteraksi dengan masyarakat setempat yang ramah dan menjadikan kunjunganmu semakin berkesan.

Temukan keindahan alam yang spektakuler dan kenikmatan berenang di kolam air tawar yang menarik.

Bersiaplah untuk menjalani petualangan yang mengesankan di Pantai Jatimalang dan kumpulkan kenangan indah di sana!

Ayo, kunjungi Pantai Jatimalang dan rasakan keajaiban alam yang menunggumu.

Nikmati keindahan pantai yang luar biasa dan ciptakan momen berharga di sana.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi pesona pantai yang mengagumkan ini.

Segera rencanakan perjalananmu dan berangkatlah ke Pantai Jatimalang untuk pengalaman wisata yang tak terlupakan!

Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri: Keindahan Wisata Alam yang Menawan di Purworejo Jateng

Kamu yang sedang mencari petualangan alam yang menakjubkan, jangan lewatkan Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri di Purworejo.

Meskipun akses menuju lokasi cukup sulit, keindahan alamnya menjadikan Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri sebagai destinasi wisata alam yang sering dikunjungi oleh para traveler dan juga warga sekitar Jateng.

Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri menawarkan kejernihan air yang memukau.

Air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang membuat udara di sekitar lokasi terasa sejuk dan alami.

Nikmati kesegaran udara dan suara gemericik air yang menenangkan hati saat kamu berada di Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam yang menawan ini.

Rasakan sensasi petualangan yang mengasyikkan saat kamu menapaki medan yang menantang menuju Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri.

Biarkan dirimu terpesona oleh panorama alam yang memukau dan biarkan pikiranmu terlepas dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Ayo, kunjungi Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri dan temukan pesona alam yang menakjubkan. Rasakan kedamaian dan keindahan yang disuguhkan oleh alam sekitar.

Jadikan momen di Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri sebagai pengalaman berharga dalam petualanganmu.

Segera rencanakan perjalananmu dan nikmati keindahan alam yang menunggumu di Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri!

Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan momen indah di Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri.

Jadikan foto-foto tersebut sebagai kenang-kenangan yang berharga.

Nikmati keindahan alam yang menakjubkan dan jadikan Curug Air Terjun Kyai Kate Purbayan Kemiri sebagai destinasi wisata alam favoritmu di Purworejo Jawa Tengah.

Pantai Ketawang: Keajaiban Pasir Hitam di Purworejo

Kamu yang mencari pengalaman pantai yang berbeda, jangan lewatkan Pantai Ketawang di Purworejo.

Pantai ini memiliki pesona yang tak kalah menakjubkan meskipun memiliki pasir berwarna hitam.

Keindahan Pantai Ketawang mampu bersaing dengan pantai-pantai berpasir putih.

Selama berkunjung ke sini, kamu juga akan dapat menikmati pemandangan Pegunungan Sewu yang terlihat dari kejauhan.

Di samping itu, kamu akan menemukan sebuah mercusuar yang dibangun di tengah-tengah rawa.

Masyarakat setempat menggunakan rawa ini sebagai tempat pembudidayaan ikan dan juga area bercocok tanam.

Selain itu, di Pantai Ketawang juga sering diadakan berbagai lomba menarik seperti balapan motor dan pacuan kuda.

Fasilitas di kawasan wisata pantai Pantai Ketawang Jateng juga cukup memadai.

Terdapat area parkir yang luas serta warung-warung makanan dan minuman yang siap memanjakan pengunjung.

Setelah melewati gerbang dengan papan bertuliskan “Selamat datang di Pantai Jetis,” kamu hanya perlu mengikuti jalan paving yang tersedia menuju pantai.

Rasakan sensasi unik berjalan di pasir hitam Pantai Ketawang. Menikmati keajaiban alam yang menakjubkan dengan panorama pegunungan dan laut yang mempesona.

Abadikan momen spesialmu dengan pemandangan yang memukau dan berbagai aktivitas menarik di pantai ini.

Jangan lupa untuk menikmati hidangan lezat di warung-warung sekitar Pantai Ketawang.

Segera rencanakan perjalananmu ke Pantai Ketawang dan hadirkan pengalaman pantai yang berbeda dalam liburanmu.

Pantai Ketawang menunggumu dengan keindahan pasir hitamnya yang memesona.

Selamat menikmati keindahan Pantai Ketawang, tempat yang memukau dengan pesona pasir hitamnya.

Pantai Pasir Puncu: Keindahan Pantai yang Tersembunyi di Purworejo Jateng

Kamu yang menginginkan ketenangan dan kedamaian, ayo kunjungi Pantai Pasir Puncu yang terletak di Harjobinangun, Purworejo.

Sama seperti Pantai Jatimalang, Pantai Pasir Puncu menyuguhkan panorama alam yang memukau.

Kamu dapat berjalan di sepanjang pantai sambil mendengarkan suara deburan ombak dan angin laut yang membawa aroma segar.

Sebagai pantai tradisional yang jarang dikunjungi wisatawan, Pantai Pasir Puncu menawarkan suasana yang tenang dan alami.

Tempat ini memang masih tersembunyi, itulah mengapa Pantai Pasir Puncu menjadi tempat yang tepat untuk menghilangkan penat dan kelelahanmu.

Nikmati keindahan alam Pantai Pasir Puncu yang jarang terjamah.

Rasakan keheningan yang menenangkan dan energi yang ditransmisikan oleh pemandangan yang mempesona.

Di sini, kamu dapat menikmati momen pribadi yang mendalam dan merasakan kedamaian yang sulit ditemukan di tempat-tempat lain.

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan keindahan alam Pantai Pasir Puncu.

Biarkan dirimu terhanyut dalam keindahan yang tersembunyi ini dan rasakan keajaiban yang disajikan oleh alam.

Ajak teman-temanmu untuk mengunjungi Pantai Pasir Puncu dan bersama-sama menikmati keindahan yang jarang terlupakan.

Segera rencanakan perjalananmu ke Pantai Pasir Puncu dan temukan tempat yang tenang serta indah di tengah kesibukanmu.

Jadikan momen di Pantai Pasir Puncu sebagai pengalaman yang tak terlupakan dalam liburanmu.

Tunggu apa lagi? Pantai Pasir Puncu menantimu dengan pesonanya yang memikat.

Curug Muncar: Keindahan Wisata Curug Tersembunyi di Purworejo Jateng yang Patut Kamu Kunjungi

Kamu yang berani berpetualang, yuk kunjungi Curug Muncar, salah satu destinasi wisata di Purworejo yang terletak di Desa Brunorejo Jateng.

Meskipun harus menempuh perjalanan yang menantang, dengan jalan menanjak yang curam, semua itu akan terbayar lunas oleh keindahan alam yang dimiliki oleh Curug Muncar.

Berada pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, Curug Muncar menawarkan panorama alam yang tak kalah menakjubkan dari curug yang lainnya.

Di sini, kamu dapat menikmati pemandangan yang memukau sambil duduk di pinggir air terjun.

Dan jika kamu berani, turunlah ke bawah dan nikmati sensasi mandi di bawah guyuran air segar Curug Muncar.

Rasakan kesegaran udara di sekitar area ini yang pastinya sulit kamu temukan di kota besar.

Curug Muncar adalah tempat yang sempurna untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari yang sibuk dan merasakan kedamaian alam yang mengagumkan.

Rasakan kebebasan di tengah aliran air terjun yang menyegarkan dan hiruk-pikuk alam yang menyatu dengan dirimu.

Jauhkan dirimu dari kebisingan dan biarkan keindahan Curug Muncar membawa kedamaian ke dalam hatimu.

Jangan lupa untuk membawa kamera agar kamu dapat mengabadikan momen indah di Curug Muncar.

Bagikan keindahan alam ini dengan teman-temanmu dan buat mereka terpesona dengan pesona alam Purworejo yang jarang terjamah.

Segera rencanakan perjalananmu ke Curug Muncar dan saksikan sendiri keajaiban alam yang menakjubkan ini.

Siapkan dirimu untuk petualangan yang tak terlupakan di Curug Muncar, tempat di mana keindahan alam dan kedamaian bergandengan tangan.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini dan temukan kedamaian yang kamu cari.

Ayo, segera jelajahi Curug Muncar dan nikmati keindahan yang tersembunyi di Purworejo.

Tempat Wisata Di Solo Surakarta dan Karanganyar Jawa Tengah ( Jateng ) Populer Di Tahun 2024

Berikut yang bisa kamu kunjungi di Solo dan Karanganyar.

Kampung Batik Laweyan: Menyelami Pesona Batik di Solo

Yuk, kita melangkah ke Solo, kota yang penuh dengan daya tarik wisata menarik, salah satu kota besar di Jateng.

Salah satu tempat yang wajib Kamu kunjungi adalah Kampung Batik Laweyan.

Konon, Kiai Ageng Henis (kakek Panembahan Senopati) adalah orang yang mengajarkan penduduk setempat seni membatik.

Kisahnya berawal dari zaman Kerajaan Pajang pada pertengahan abad ke-16, menjadikan daerah Laweyan di Solo sebagai tempat yang telah lama dikenal dengan seni batiknya.

Begitu memasuki Kampung Batik Laweyan, Kamu akan segera merasakan sentuhan arsitektur Eropa yang memikat.

Rumah-rumah di Laweyan dibangun dengan megah dan kokoh, dengan gaya arsitektur yang kental akan nuansa Eropa.

Dulu, rumah-rumah ini menjadi tempat tinggal para saudagar batik.

Namun sekarang, kampung ini telah berkembang menjadi tiga blok besar yang menawarkan pesona berbeda-beda.

Kamu dapat dengan leluasa menjelajahi berbagai toko dan mencari batik yang paling Kamu sukai di sini.

Dari satu toko ke toko lainnya, Kamu akan menemukan beragam motif, warna, dan desain batik yang memikat hati.

Kampung Batik Laweyan adalah surga bagi para pecinta batik.

Kamu bisa mengeksplorasi kekayaan seni dan budaya batik yang tersimpan di setiap helai kain.

Tak hanya itu, Kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan para pengrajin batik yang berbakat dan mengenal lebih dalam tentang proses pembuatan batik yang memukau.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Kampung Batik Laweyan saat Kamu berada di Solo.

Rasakan pesona batik yang memikat dan jadilah bagian dari warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Tunjukkan keterampilanmu dalam memilih dan mengapresiasi batik yang Kamu sukai di Kampung Batik Laweyan.

Nikmati setiap momen di tengah keramahan penduduk setempat yang selalu siap membantu dan berbagi cerita tentang keindahan batik dan sejarah di baliknya.

Jangan lupa, alamatnya berada di Jl. Doktor Radjiman No. 521, Solo, Jawa Tengah.

Siapkan dirimu untuk merasakan pengalaman tak terlupakan di Kampung Batik Laweyan yang mempesona ini.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat: Wisata Sejarah di Tengah Kota Solo Jateng

Yuk, kita mengunjungi objek wisata menarik di Jawa Tengah, tepatnya di Solo, yaitu Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Sunan Paku Buwono II dan menjadi simbol penting yang memuat banyak nilai sejarah.

Di dalam keraton, terdapat bagian yang disebut Panggung Sanggabuwana, yang konon menjadi tempat bersemedi dan pertemuan antara Susuhunan dengan Nyai Rara Kidul, penguasa Pantai Selatan.

Selain itu, terdapat juga museum yang menyimpan barang-barang bersejarah dari keraton dan fragmen candi-candi di Jawa Tengah.

Dengan harga tiket masuk sebesar Rp 4.000,- per orang, Kamu dapat menikmati pesona sejarah yang tersembunyi di dalam keraton.

Jika Kamu membawa kamera, akan dikenakan tiket tambahan sebesar Rp 2.000,-.

Setelah menjelajahi keraton dengan puas, jangan lupa untuk mampir ke Pasar Klewer yang tidak terlalu jauh dari keraton.

Pasar ini merupakan salah satu pusat perdagangan batik di Solo yang terkenal, selain juga Kampung Batik Laweyan.

Nikmati keunikan dan keragaman batik yang ditawarkan di Pasar Klewer. Temukan motif-motif yang menarik dan jelajahi berbagai penawaran yang ada.

Rasakan atmosfer yang khas di pasar tradisional ini dan jadikan pengalaman belanjamu di sini tak terlupakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat Kamu berada di Solo.

Rasakan keajaiban sejarah yang terjaga dengan baik di keraton ini dan hargai warisan budaya yang tak ternilai harganya.

Alamatnya berada di Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah.

Jangan ragu untuk menjelajahi keindahan dan pesona sejarah yang terpancar dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat ini.

Ngarsopuro Night Market: Wisata Kuliner dan Belanja Solo Jateng Untuk Dikunjungu di Malam Hari

Kamu masih berada di Solo? Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Ngarsopuro Night Market.

Di tempat ini, Kamu dapat menemukan berbagai kerajinan, batik, souvenir, dan kuliner khas Solo.

Ngarsopuro Night Market adalah pasar malam yang dibuka secara rutin setiap Sabtu dan Minggu mulai pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Namun, perlu diingat bahwa pasar ini hanya diperuntukkan bagi warga yang memiliki KTP Solo.

Selain berbelanja, di Ngarsopuro Night Market Kamu juga akan menikmati berbagai pertunjukan langsung, seperti jazz, tarian, atau musik etnik yang disajikan oleh para seniman Solo.

Hal ini bertujuan untuk menambah semarak suasana di Ngarsopuro Night Market.

Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Jawa Tengah, Solo selalu ramai dengan kunjungan wisatawan.

Jika Kamu berada di Solo pada hari Sabtu, luangkan waktu untuk menghabiskan malam di Ngarsopuro Night Market.

Rasakan suasana yang meriah dan nikmati kelezatan kuliner khas Solo yang tersedia di sini.

Alamat Ngarsopuro Night Market terletak di Jl. Diponegoro, Solo, Jawa Tengah.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keunikan dan kelezatan yang ditawarkan di Ngarsopuro Night Market saat Kamu berada di Solo.

Tempat Wisata Di Klaten Jawa Tengah ( Jateng ) Populer Di Tahun 2024

Berikut yang bisa kamu kunjungi di daerah Klaten.

Umbul Cokro Tulung: Keindahan Mata Air di Klaten

Masih di Klaten, terdapat banyak tempat wisata menarik yang layak Kamu kunjungi, salah satunya adalah Wisata Mata Air Umbul Cokro.

Destinasi wisata ini terletak di Desa Cokro, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.

Umbul Cokro Tulung memiliki luas mencapai 15.000 meter persegi. Air yang mengalir di Umbul Cokro Tulung berasal dari mata air yang jernih dan segar.

Selain itu, sungai yang mengalir dengan tenang dan bersih, serta keberadaan pohon-pohon rindang yang dipelihara oleh pengelola tempat wisata ini, menciptakan suasana yang nyaman untuk dikunjungi.

Di sini, Kamu dapat menikmati berbagai wahana permainan, seperti waterboom, flying fox, water sliding, dan area bermain untuk anak-anak.

Jadikan pengalaman berliburmu di Umbul Cokro Tulung sebagai momen yang seru dan tak terlupakan.

Candi Prambanan: Keajaiban Sejarah di Jawa Tengah

Selain Candi Borobudur yang megah, ada juga Candi Prambanan yang tak kalah eksotis dan mempesona.

Candi ini menjadi simbol wisata Jawa Tengah yang tak boleh Kamu lewatkan.

Yang membuatnya unik, Candi Prambanan terletak di beberapa wilayah administratif Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta karena ukurannya yang sangat luas.

Oleh karena itu, tak sedikit yang menyebut bahwa candi yang terkenal di seluruh dunia ini juga merupakan destinasi wisata di Klaten Jateng.

Candi Prambanan terkenal dengan legenda yang melegenda antara Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso.

Menurut cerita yang terkenal di kalangan masyarakat, candi yang memiliki seribu candi di kompleks Prambanan ini merupakan wujud Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso.

Jelajahi keajaiban sejarah di Candi Prambanan. Hayati keindahan arsitektur dan detail ukiran candi yang megah.

Nikmati suasana spiritual yang kental di sekitar candi ini dan rasakan getaran sejarah yang mengalir di setiap sudutnya.

River Boarding Kali Pusur: Sensasi Ekstrim di Klaten

Pernahkah Kamu mencoba olahraga river boarding? Jenis olahraga ekstrim ini mungkin masih terbilang baru bagi banyak orang.

Namun, tantangan yang ditawarkan sangat menggugah adrenalin dan patut Kamu coba.

Jika Kamu berada di Klaten, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba wahana river boarding di Kali Pusur.

Tempat wisata di Klaten Jateng ini berlokasi tidak jauh dari destinasi Umbul Cokro Tulung.

Di objek wisata ini, Kamu akan merasakan sensasi mengarungi sungai dengan aliran yang tak menentu.

Terkadang cepat, terkadang lambat dan tenang, namun bisa pula menjadi deras dan memiliki jeram yang menantang.

Untuk menjalankan river boarding ini, Kamu tidak perlu khawatir karena dijamin aman.

Kamu akan didampingi oleh pemandu dan operator yang berpengalaman.

Mereka akan memastikan keselamatan dan keamananmu selama beraktivitas di sungai.

Bersiaplah untuk menghadapi pengalaman tak terlupakan dan bersemangatlah menjelajahi sungai yang penuh tantangan ini.

Umbul Manten: Surga Pemandian yang Menyegarkan

Selamat datang di Umbul Manten, destinasi pemandian yang menghadirkan keindahan dan kesegaran yang tiada tara.

Terletak di daerah Klaten, Jawa Tengah, Umbul Manten menjadi tempat yang wajib Kamu kunjungi untuk menghilangkan penat dan menyegarkan tubuh dan pikiran.

Di Umbul Manten, Kamu akan menemukan kolam-kolam pemandian yang indah dengan air yang jernih dan segar.

Airnya berasal dari mata air alami yang terjaga kebersihannya. Kamu bisa merasakan sensasi menyelam, berenang, atau hanya sekedar berendam di kolam-kolam yang disediakan.

Tak hanya itu, pemandangan di sekitar Umbul Manten juga memukau. Kamu akan dikelilingi oleh pepohonan hijau yang menambah kesegaran udara.

Suasana yang tenang dan alami di sini membuat Umbul Manten cocok untuk melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan dan kesegaran Umbul Manten.

Ajak teman-teman atau keluarga tercinta untuk bersama-sama menikmati momen tak terlupakan di destinasi wisata Jateng ini.

Ayo, berenang dan bersantai di Umbul Manten, surga pemandian yang akan mengisi energi positifmu.

***

Selain tempat wisata di atas, bisa juga coba lihat travel video saya selama di Jawa Tengah ini dulu deh.

Travel vlog Indonesia yang ini bercerita tentang liburan singkat ke Jawa Tengah, mulai dari kebernangkatan dari Semarang lalu menuju ke Dieng, Wonosobo.

Memang kalau ngomongin tempat wisata Jawa di Tengah itu ada banyak banget.

Misalnya di Semarang yang masih masuk ke daerah Jawa Tengah sendiri ada tempat wisata sejarah berupa Klenteng Sam Poo Kong.

Atau Bukit Punthuk Setumbu Di Magelang untuk menikmati pemandangan sunrise dengan latar belakang Candi Borobudur.

Untuk kulineran di Jawa Tengah juga bisa. Namun, kalau kamu ingin mendekat dengan alam bebas, mungkin kamu bisa berkunjung ke tempat wisata lainnya.

Dieng di Wonosobo, dan Perkebunan Teh Tambi bisa menjadi pilihan liburan kamu selanjutnya.

Terutama buat kamu yang penasaran seperti apa sih tempat wisata Jawa di Tengah ( Jateng ) yang berupa alam.

Membahas Sedikit Tentang Travel Video Tempat Wisata Di Jawa Tengah ( Jateng ) With Friends!

 

Travel Video : Enjoy Jawa Tengah With Friends!

Tonton dulu video yang ada di bawah ini sampai selesai.

Jangan lupa juga komentar, like, share dan subscribe channel youtube.com/catperku ya!

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

Video diatas saya buat ketika berkunjung ke Jawa Tengah beberapa tahun lalu.

Saya liburan ke Jawa Tengah bersama beberapa teman travel blogger Indonesia dan mengunjungi beberapa tempat wisatanya.

Yang pertama saya berkunjung ke Dieng Wonosobo dan menikmat beberapa daya tarik wisatanya.

Lalu saya juga berkunjung ke Agrowisata Tambi dan belajar tentang teh.

Kawasan tempat wisata di Jawa Tengah ( Jateng ) Dieng ini tentu sudah tidak asing buat sebagian besar orang.

Karena sekarang ini Dieng di Wonosobo ini menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang populer untuk dikunjungi.

Selain bisa mencoba beberapa kuliner, disana kamu juga bisa mengunjungi destinasi wisata alam seperti Telaga Warna dan beberapa tempat menarik lainnya.

Lain halnya dengan Agrowisata Tambi. Mungkin kamu kurang begitu tahu mengenai tempat wisata di Jateng yang ini.

Namun percaya deh, Agrowisata Tambi ini lumayan menarik.

Karena disana ada perkebunan teh yang dikenal dengan perkebunan Teh Tambi.

Tentu saja, selain melihat perkebunan teh, kamu juga bisa mencicipi Teh Tambi yang enak itu.

Kamu juga bisa melihat bagaimana proses pembuatan Teh Tambi di pabrik teh yang ada disana ya.

Kalau kamu mau tahu tentang destinasi wisata di Jawa Tengah yang saya kunjungi bisa baca disini Ya :

  1. http://catperku.com/7-daya-tarik-wisata-wonosobo-dan-dieng-yang-wajib-dicoba/
  2. http://catperku.com/piknik-ke-agrowisata-tambibukan-piknik-biasa/

Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com


Comments

  1. Wisata di Jateng says:

    Bang kapan-kapan travel lagi ke jawa tengah, makin banyak wisata di jateng dan jogja yang menarik untuk dikunjungi lho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *