Wisata Grojogan Sewu Di Tawangmangu Serasa Air Terjun Pribadi

Seru juga ya berkunjung ke tempat wisata Grojogan Sewu di Tawangmangu yang lagi sepi, sehingga serasa air terjun pribadi! Karena itu disini saya mau berbagi beberapa informasi mengenai harga tiket masuk, video vlog, hingga penginapan atau hotel yang ada di dekat grojogan sewu tawangmangu. Simak sampai selesai!

Untuk yang belum tahu, Grojogan Sewu ini adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia.

Bukan hanya air terjun saja, namun tempat wisata ini ini memiliki pemandangan yang indah dan menarik, terutama di musim hujan.

Grojogan Sewu adalah salah satu dari beberapa tempat wisata di Tawangmangu yang menyajikan pemandangan air terjun yang menakjubkan.

Pastinya daya tarik tempat ini adalah pemandangan air terjun yang berjatuhan dari ketinggian 81 meter.

Udaranya yang segar, menikmati pemandangan berjalan-jalan di dekat hutan, atau sekadar bersantai di dekat air terjun tentu akan menyenangkan.

Seperti apa videonya, pengalaman menarik, harga tiket masuk, hingga penginapan yang ada di dekat tempat wisata air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu ini?

Tonton Video Blognya Disini Untuk Yang Mau Tahu Seperti Apa Grojogan Sewu Di Tawangmangu Ini

Ada dua bagian, jadi harap ditonton semuanya, dan jangan lupa like share juga subscribe!

Video Main Ke Grojogan Sewu Karanganyar, Kepagian! [ Part 1 ]

Main ke Grojogan Sewu Karanganyar saya datangnya kepagian.

Tapi ternyata malah asik, karena ketika pagi hari, Grojogan Sewu di Karanganyar ini masih sepi dari pengunjung, jadi serasa milik pribadi deh.

Main Ke Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar, Kepagian! [ Wisata Karanganyar ] [ Part 1 ]

Video Grojogan Sewu Tawangmangu Yang Lagi Sepi? Serasa Air Terjun Pribadi! [ Part 2 ]

Grojogan Sewu Tawangmangu kalau pagi hari ternyata sepi banget ya.

Tempat wisata Karanganyar ini lumayan bagus juga buat dikunjungi.

Tapi hati – hati sama monyet di Air Terjun Grojogan Sewu.

Lebih nakal dibanding dengan monyet Uluwatu!

 

Grojogan Sewu Tawangmangu Kok Sepi? Serasa Air Terjun Pribadi! [ Wisata Karanganyar ] [ Part 2 ]

 

Sekilas Tentang Salah Satu Tempat Wisata Yang Populer Di Tawangmangu

Seperti telah diketahui, ini adalah salah satu tujuan wisata populer di daerah sini.

Makanya nggak heran kalau tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Tak terkecuali saya sendiri, yang berkunjung kesini karena penasaran, sudah sering lewat tapi tidak pernah mampir.

Ternyata, tempat wisata yang berada di dekat Gunung Lawu ini memang layak buat dikunjungi.

Apalagi saya berkunjung kesini ketika kondisi sepi, jadi ya serasa air terjun milik pribadi.

Sekilas Tentang Air Terjun Paling Populer Di Tawangmangu

 

Ada Dua Pintu Masuk Untuk Masuk Ke Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Lewat Taman Balekambang Dan Dekat River Hill

Setelah masuk kedalam dan ngobrol dengan penjual didalam, ternyata saya baru tahu kalau ada dua pintu masuk.

Dimana pintu masuk pertama adalah berada di dekat River Hill ( lokasi ) dan yang kedua adalah pintu masuk utama yang ada di dekat Taman Balekambang.

Tentu saja saya masuk dari pintu utama yaitu yang berada di dekat Taman Balekambang.

Karena kalau menggunakan petunjuk lokasi di Google Maps pasti akan diarahkan ke pintu ini.

Masuk Dari Pintu Dekat Taman Balekambang

Lokasi pintu utama di dekat Taman Balekambang ini juga tidak terlalu jauh dari Terminal Tawangmangu.

Ini juga pintu masuk yang sudah umum, ada banyak wisatawan reguler yang masuk dari pintu ini.

Dari pintu masuk saya langsung dihadapkan dengan banyak anak tangga menuju ke air terjun.

Ada yang bilang jumlah anak tangga menuju ke area air terjun ada seribuan, tapi ya saya nggak sempat ngitung.

Turunnya sih sebenarnya gampang, karena nggak perlu keluarin banyak tenaga.

Yang jadi pe-er adalah arah kembali, yang naiknya cukup lumayan buat saya yang jarang olahraga.

Jadi ya, memang harus dipersiapkan fisik yang prima kalau kamu mau liburan ke sini.

Kalau mau lebih enak lagi, menginap saja di penginapan / hotel dekat air terjun Grojogan sewu di Tawangmangu ini.

Jadi bisa bangun pagi terus sekalian ke sini untuk berolah raga.

Masuk dari Pintu Dekat River Hills

Buat yang bosen masuk dari pintu utama Taman Balekambang, kamu bisa mencoba masuk dari pintu kedua yang lebih dekat.

Pintu yang ini berada di dekat River Hill, dan memiliki jalur yang lebih mudah karena tidak banyak tanjakan.

Kunjungan selanjutnya tentu saja saya memilih lewat sini, maklum udah makin jompo.

Lebih baik tenaga disimpan untuk berburu foto air terjun saja.

Waspada Dengan Monyet Liar Yang Ada Di Sekitar Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Waspada Dengan Monyet Liar Yang Ada Di Sekitar Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu

Yang namanya masih alami gak kaget lagi sih kalau ada banyak hewan liar.

Namun yang perlu diwaspadai adalah sekawanan monyet liar yang banyak berada disini.

Mungkin gerak gerik para monyet ini terlihat lucu ya, namun setiap saat mereka bisa mengambil tas / barang / makanan kamu dengan paksa.

Mereka memang mencari makanan, mungkin karena terbiasa diberi makanan oleh pengunjung mereka jadi sedikit galak.

Makanya, kalau di alam jangan suka kasih makanan ke hewan liar deh. Bikin mereka lebih galak yang ada.

Toh mereka sebenarnya itu bisa mencari makanan sendiri lho.

Pun begitu, kalau beruntung kamu bisa berfoto dengan latar para monyet yang bergelantungan.

Kalau takut dijambret sama monyet, ya sebaiknya memang jaga jarak aman saja.

Mitos Unik Tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Namanya tempat wisata di daerah, biasanya enggak terlepas dari mitos atau cerita uniknya.

Seperti misalnya disini, ada mitos yang terkait dengan sebuah jembatan.

Mitosnya kalau melewati jembatan tersebut dengan pacar bisa cepat putus.

Saya enggak tahu apakah itu benar atau tidak, karena saya datang kesini sendirian, jadi ya gak bisa membuktikan kebenarannya.

Dan mumpung datang sendiri, puas puasin lah foto di jembatan itu, karena nggak akan ada masalah kalau sendiri.

O iya, mungkin kamu akan begitu tertarik untuk membasuh tangan, kaki atau bahkan mandi di dekat air terjun.

Saran saya jangan dilakukan, karena berbahaya. Bayangin ada kayu besar yang hanyut dan jatuh dari air terjun dengan ketinggian puluhan meter ini?

Jadi ya lebih baik sekedar menikmatinya dari jauh saja.

Terdapat Kolam Pemandian Di Kawasan Air Terjun Grojogan Sewu

Selain air terjun, disini juga terdapat kolam renang untuk pengunjung yang ingin berenang dengan aman.

Ada kolam renang khusus anak dan yang bisa digunakan oleh orang dewasa.

Jadi kalau ingin bermain air atau berenang, tidak perlu mendekat ke air terjun.

Cukup bermain disini saja, jauh lebih aman.

Lokasi Hingga Harga Tiket Masuk Wisata Grojogan Sewu Di Tawangmangu

Lokasi Hingga Harga Tiket Masuk Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu

Grojogan Sewu ini terletak di Desa Sepanjang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.

Lokasinya tak jauh dari terminal Tawangmangu, jadi sebenarnya kamu juga bisa pergi kesini naik bus.

Kota terdekatnya Solo atau Karanganyar. Misalnya dari Solo, bisa naik bus dari Terminal Tirtonadi dengan biaya sekitar IDR 20.000 sampai Terminal Tawangmangu.

Baru kemudian dilanjutkan dengan naik ojek dari Terminal Tawangmangu ke tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu.

Namun tetap cara paling mudah dan menyenangkan adalah dengan naik mobil atau sepeda motor sekalian touring.

Karena memang ini berada di dekat salah satu tujuan rute touring yang menyenangkan Cemoro Kandang 1800 mdpl.

Kalau kamu ingin berkunjung kesini dengan kendaraan pribadi, kamu bisa mengikuti petunjuk lokasi google maps disini.

Untuk harga tiket masuk WNI ke tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu ini hanya sebesar IDR 22.000 saja dimana anak dibawah 5 tahun gratis.

Namun untuk warga negara asing harga tiketnya cukup mahal yaitu IDR 125.000 di hari biasa dan IDR 175.000 pada hari libur.

Perlu dicatat kalau tempat wisata ini buka dari jam 08.00 pagi – jam 15.00 sore WIB.

Daftar Penginapan / Hotel Di Dekat Grojogan Sewu Tawangmangu Mulai Dari IDR 80.000 Per malam

Berikut ini adalah daftar beberapa penginapan atau hotel yang berada di dekat Grojogan Sewu Tawangmangu yang bisa menjadi pilihan menginap.

Selain Grojogan Sewu, Berikut 4 Air Terjun Lain Di Tawangmangu Yang Bisa Kamu Kunjungi

Selain Grojogan Sewu, Berikut 4 Air Terjun Lain Di Tawangmangu Yang Bisa Kamu Kunjungi

Sebenarnya ada banyak wisata air terjun di sekitar kawasan Tawangmangu, dimana daftarnya adalah berikut ini:

1. Air Terjun Pringgodani / Wali

Wisata air terjun ini mungkin belum populer, namun layak untuk dikunjungi.

Ini adalah air terjun bertingkat 2 dimana untuk mencapai lokasi air terjun harus trekking sekitar 100-200 meter.

Ada yang bilang ini adalah air terjun tersembunyi yang berada di balik Gunung Lawu.

Alamat : Area Hutan Lindung, Blumbang, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

2. Air Terjun Jumog

Ini adalah sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 30 meter yang bisa kamu kunjungi.

Untuk menuju ke lokasi air terjun kamu harus melewati dulu ratusan anak tangga, jauh lebih sedikit dibandingkan dengan tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu.

Jumog adalah salah satu air terjun terbaik di daerah Karanganyar dibandingkan yang lain.

Disini terdapat kolam renang untuk anak-anak juga, jadi bisa dibilang ini adalah salah satu tempat ramah bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

Tiket masuknya sendiri tidak terlalu mahal, yaitu sebesar IDR 15.000.

Alamat : Taman batu tiban, Jl. Jumog, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

3. Air Terjun Jumog Putri

Lokasinya berada dekat dari Pasar Tawangmangu, hanya belasan menit berjalan kaki saja.

Air terjun Jumog Putri memang tidak terlalu besar, namun bolehlah mampir kesini kalau ada waktu.

Tempat ini bisa dikunjungi dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Alamat : Area Hutan, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

4. Air Terjun Jurang Sundo

Alamat : Nglurah RT 02 RW 10, Nglurah, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

5. Air Terjun Kedung Sriti

Air Terjun Kedung Sriti ini tempatnya bagus, private, dan gratis ( tidak perlu retribusi ).

Untuk menuju ke lokasi air terjun dari area parkir Anda perlu berjalan sedikit.

Treknya cukup licin jadi harus hati-hati terutama saat turun karena memang belum tertata rapi seperti tempat Wisata Air Terjun Grojogan Sewu Di Tawangmangu.

Salah satu air terjun perawan di area sini, tidak terlalu tinggi tetapi bisa berenang dan relatif bersih.

Alamat : Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

6. Air Terjun Tlorong

Lokasi Air Terjun Tlorong ini masih sangat asri, karena belum banyak yg tau.

Namun untuk rute menuju ke tempat ini lumayan ekstrim, jadi harap hati-hati.

Agar tidak nyasar, sebaiknya bertanya ke penduduk setempat saja.

Alamat : Kramat, Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

7. Air Terjun Selo Brodol

Kalau kamu ingin melihat air terjun tanpa susah payah jalan jauh sebaiknya berkunjung kesini saja.

Lokasinya Air Terjun Selo Brodol dekat jalan raya, begitu parkir kendaraan, air terjun sudah langsung terlihat jelas.

Ini juga tempat wisata yang murah karena tiket masuknya hanya IDR 5000 saja.

Alamat : Area Hutan, Gondosuli, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

8. Air Terjun Parang Ijo

Air Terjun Parang Ijo lokasinya berada di dekat Candi Cetho.

Disini kamu bisa menikmati air terjun dan banyak fasilitas lengkap seperti taman dan kolam renang.

Alamat : Jl. Munggur Raya, Munggur, Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ( Lokasi Di Google Maps )

My Instagram : instagram.com/catperku
My Travel Blog : catperku.com

Nah, diatas adalah beberapa informasi mengenai harga tiket masuk, video vlog, hingga daftar penginapan atau hotel yang ada di dekat air terjun grojogan sewu di Tawangmangu.

Semoga bisa bermanfaat ya!

 


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *