Pengalaman Liburan Ke Pulau Padar Di Taman Nasional Komodo

Jangan ke Pulau Padar!? Nggak dong, malah pulau ini wajib banget dikunjungi! Ya! Akhirnya gue bisa liburan kesini setelah sekian lama pengen banget mengunjungi pulau yang makin ngehits di social media ini. Seneng banget dong! Soalnya kalau kesini sendirian itu lumahan mahal biayanya.

Kalau mau murah biasanya ya harus ikutan open trip saja ke Pulau Padar atau sharing trip. Kalau mau gratis, ya diajakin famtrip kayak saya ini! Eh, aslinya ndak gratis sih! Barter pake nulis~ Oke sip! Buat yang belum tahu keren ini, adalah salah satu pulau di Kawasan Taman Nasional Komodo yang belakangan ini semakin ngehits.

Kalau tetep nggak tahu, mungkin kalian masih pake Nokia 3310 ya!? Soalnya nokia 3310 emang nggak bisa diinstall aplikasi social media. Padahal nama pulau di Flores ini memang naik daun gara-gara socmed sih! Ayo siapa yang juga tahu eksistensi Pulau Padar dari social media?

Makanya belakangan ini  saya tidak jarang menemuinya muncul secara random di feed akun Instagram saya lengkap dengan hastag #pulaupadar. Kadang juga malah muncul di Facebook, disela-sela berita hoax~ Yang jelas pemandangannya yang ciamik, membuat Pulau Padar ini menjadi salah satu lansekap di Flores yang begitu Instagram-able, dan layak menjadi tujuan liburan selanjutnya.

Ayo Liburan Ke Pulau Padar!

Awas ketemu komoddo di Pulau Padar ya!

Meeting Komodo Dragon Inside Komodo Island, Flores, Indonesia! [ Indonesia Travel ]

 

Meskipun pulau ini adalah pulau terbesar ketiga yang ada di Kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Pulau Padar memang agak terlambat dikenal.  Mungkin karena Dahulu, Gili Laba, Pink Beach Flores dan beberapa destinasi di Flores lainnya jauh lebih banyak disebut-sebut. Sampai kemudian nama pulau ini muncul ke permukan.

View point dari salah satu pulau terkeren di Taman Nasional Komodo.
View point dari salah satu pulau terkeren di Taman Nasional Komodo.

Iya, nama dan kecantikan pulau ini sering muncul di Instagram, dan mulai banyak disebut, nama Pulau Padar sekarang ini kian naik daun. Bahkan sepertinya hampir setiap orang yang liburan ke Flores, pasti berkeinginan untuk mengabadikan diri di salah satu puncak bukit Pulau Padar.

Saya adalah salah satunnya, orang berkeinginan agar bisa menginjakkan kaki di pulau yang kece badai ini. Jadi meskipun lokasi Pulau Padar ini cukup jauh dari Labuan Bajo, itu nggak menghentikan niat orang-orang berburu foto instagram di padar!

BACA JUGA :  Saung Angklung Udjo Playing Song I Saw Her Standing There With Angklung

Kayak saya misalnya~

Gili Padar, Top Destinasi Indonesia!

Saya berani bilang kalau ini salah satu destinasi terbaik di Indonesia yang pernah saya datangi. Meskipun menguras cukup banyak energi untuk naik hingga puncak Pulau Padar dengan kedua kaki. Yah, soalnya nggak ada tukang ojek sih di pulau ini! Hehee!

Belum lagi kalau laut lagi surut, kadang kapal nggak bisa merapat ke pulau. Pilihannya mungkin ya bisa renang sampai pulaunya, atau naik kapal lebih kecil lagi untuk merapat. Beruntung, saya datang ketika laut sedang pasang, jadi kapal yang saya tumpangi bisa merapat dengan santai. *horeee! nggak perlu renang saya~*

Akhirnya sampai di salah satu puncak bukit Pulau Padar!
Akhirnya sampai di salah satu puncak bukit Pulau Padar!

Mungkin, saya memang sedang beruntung, sehingga tidak perlu waktu lama keinginan saya untuk selfie di puncak bukit Pulau Padar ini terwujud. Kemarin, saya diajak oleh Kementrian Pariwisata Indonesia untuk ikut meramaikan campaign #INATopBucketList, bersama beberapa Travel Blogger Indonesia dan Blogger Internasional.

Campaign ini adalah dalam rangka mempromosikan beberapa top destinasi wisata di Indonesia. Flores dengan Pulau Komodo dan juga Pulau Padar tentu masuk ke dalam list top destinasi wisata Indonesia dong! Mantep kan?

Apakah Jauh Lokasi Gili Padar Dari Pink Beach Atau Pulau Komodo?

Biasanya jika ingin berkunjung ke Gili Padar harus mulai berlayar dari Labuan Bajo. Namun karena kemarin saya baru dari Pulau Komodo, saya menuju ke pulau ini setelah renang-renang lucu di Pink Beach. Soalnya dari Pink Beach ini letak pulau dengan pemandangan cantik ini tidak begitu jauh lagi. Jadi mungkin biar gampang, dijadwalin dulu ke Pantai Pink, baru berlanjut ke Pulau Padar.

Perahu bersandar di pesisir pulau yang lokasinya berada di bagian paling bawah.
Perahu bersandar di pesisir pulau yang lokasinya berada di bagian paling bawah.

Pulau yang memiliki pemandangan sekitar super kece ini letaknya juga tak jauh dari Pulau Rinca yang hanya dipisahkan oleh Selat Lintah yang arusnya kenceng banget. Cara pergi ke Pulau Padar dari Pink Beach bisa dengan naik speed boat sendiri yang akan memerlukan waktu sekitar 40 menit saja.

Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan berangkat dari Labuan Bajo yang akan memakan waktu 2-3 jam, tergantung perahu yang digunakan. Lebih lama lagi jika kalian berenang, soalnya dipastikan kalian akan tenggelam di lautan yang dalam~ tsaaah!

Beruntung Pulau Padar ini tidak dihuni oleh sang Naga Komodo. Jadi trekking menuju puncaknya pun cukup aman. Pulau ini juga masih termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang.

Wajar saja, karena memang lokasinya masih berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Daya tarik utama dari Pulau Padar adalah pemandangan lansekap dari bukitnya yang begitu menawan. Kalau kata anak kekinian, Ins-ta-gram-able!

Trekking ke puncak akan memerlukan banyak tenaga
Trekking ke puncak akan memerlukan banyak tenaga.

(Baca Juga : 5 Pantai Di Sumbawa Barat Ini Bisa Banget Bikin Saya Hepi!)

Namun perlu diingat, perlu persiapan fisik dan mental ketika berkunjung ke pulau ini. Soalnya untuk menuju puncak pulau ini memerlukan perjuangan yang tidak gampang.

BACA JUGA :  Ada Apa Sih Di Wennan Old Street atau Wenchang old Town Ini?

Dari tempat bersandar perahu saja, hingga menuju puncak bukit di Pulau Padar memerlukan waktu kira-kira 15-20 menit trekking dengan jalur menanjak. Beberapa jalur bahkan berupa tanjakan lebih dari 45 derajat. Untuk yang kurang berpengalaman biasanya akan memerlukan waktu lebih lama lagi.

Lansekap Flores memang begitu menakjubkan!
Lansekap Flores memang begitu menakjubkan!

Apalagi tidak ada tangga atau tali pengaman di jalur menuju puncak bukit Gili Padar. Jadi sebaiknya ketika trekking menuju puncak Gili Padar harus dilakukan dengan sangat berhati-hati.

Sebaiknya menggunakan sepatu khusus mendaki, karena jalur trekking cukup licin, berdebu dan bahkan berbatu. Salah memakai sepatu, kemungkinan jatuh terpeleset akan semakin besar.

Jalur trekking menanjak ke puncak pulau ini cukup tajam sodara sodara!
Jalur trekking menanjak ke puncak pulau ini cukup tajam sodara sodara!

Namun percaya deh, usaha yang dilakukan untuk mendaki salah satu bukit di Gili Padar akan terbayar! Dari ketinggian bukit Gili Padar akan terlihat lansekap daratan khas Flores yang berbukit-bukit, sedang dihimpit dua teluk dengan air yang begitu jernih.

Terus pastinya, siapapun yang berkunjung ke Pulau Padar hatinya pasti bergetar ketika melihat keindahan alam Indonesia yang tiada duanya ini! Saya saja sampai terharu karena bisa lari naik ke puncak Padar dalam waktu kurang dari 20 menit! *ngos-ngosan juga tapi~*

(Baca Juga : Cerita Tentang Senja Di Tanah Sumbawa)

Tips Wisata Ke Pulau Padar

Agar kunjunganmu ke tempat ini lebih seru, mungkin ada beberapa tips yang bermanfaat seperti beberapa dibawah ini.

Senyum dulu biar kuat nanjak sampai puncak bukit Gili Padar :D
Senyum dulu biar kuat nanjak sampai puncak bukit Gili Padar :D
  1. Ke Pulau Padar jangan gunakan sandal! Gunakan sepatu anti selip, karena jalur menuju puncak Pulau Padar begitu licin dengan kemiringan tanjakan yang cukup ekstrim.
  2. Waktu terbaik mengunjungi Gili Padar adalah pagi hari, siang hari dan sore hari menjelang sunset. Datanglah pagi hari adalah ketika ingin berfoto dengan latar belakang laut yang begitu biru, sementara datanglah sore hari ketika ingin berfoto dengan latar belakang sunset di Pulau Padar. Saya sendiri kemarin datang ketika sore hari menjelang matahari terbenam.
  3. Membawa hiking stick akan sangat membantu kestabilan naik ke atas bukit Gili Padar. Kemarin saya memang tidak membawa, tetapi di tengah jalan saya menemukan kayu sebagai penambah kestabilan selama perjalanan naik dan turun bukit.
  4. Karena tidak ada public boat untuk menuju ke Gili Padar, sebaiknya ikut open trip ke Pulau Padar saja. Soalnya kalau bayar sendiri sudah pasti mahal, daripada jika ikutan open trip atau pakai paket tour. Pastikan saja paket tour atau travel yang diikuti memang memiliki tujuan ke Gili Padar.
  5. Bawa payung atau topi untuk menutupi kepala ketika berkunjung ke Gili Padar, karena panas matahari ketika siang hari akan begitu menyengat. Sunblock yang bagus adalah wajib hukumnya, kecuali mau kulit kalian gosong terpanggang! Matahari disini ganas, atau mungkin disini ada dua matahari ya?
BACA JUGA :  Terpesona Pulau Tailana

Cara Berkunjung Ke Pulau Padar Bagaimana?

(Baca Juga : 5 Pantai Dengan Pemandangan Sunset Terbaik Di Bali)

Kalau katanya ada banyak cara menuju roma, begitu juga ada banyak cara untuk pergi ke Pulau Padar. Yang pertama pastinya kalian harus terbang dulu ke Labuan Bajo karena kalau berenang akan terlalu lama.

Labuan Bajo ini bisa dicapai dengan mudah dengan penerbangan transit di Bali. Baru dari Labuan Bajo nanti ada banyak yang menawarkan one day trip ke Gili Padar. Atau paling asik dikombinasikan dengan acara liburan ke Bali deh.

Atau untuk yang punya banyak waktu, bisa juga mengikuti sailing trip atau Live on board yang biasanya berangkat dari Bali dan Lombok. Bebas! Mau milih yang mana.

Tinggal sesuaikan dengan waktu dan budget aja. Sukur-sukur kalau kalian mau mengajak saya lagi liburan ke Pulau Padar. Sudah pada tahu kan harus email undangannya kemana? :D

Pemandangan menjelang sunset dari atas Gili Padar.
Pemandangan menjelang sunset dari atas Gili Padar.

Fakta Menarik Dari Pulau Keren Di Taman Nasional Komodi Ini!

Ada beberapa fakta menarik mengenai pulau paling hits di Taman Nasional Komodo ini. Padahal sebelum era Instagram, mungkin tidak banyak orang yang tahu. Namun sekarang ini adalah salah satu pulau paling banyak dikunjungi di Taman Nasional Komodo. Penasaran kira-kira seperti apa? Simak saja ini!

1. Tempat Terbaik Untuk Melihat Sunset Di Taman Nasional Komodo

Pertama kali saya berkunjung ke Padar adalah ketika menjelang sunset. Dari puncaknya, warna oranye matahari yang segera terlelap di peraduan begitu cantik. Pemandangan seperti ini nggak banyak bisa ditemukan di Indonesia. Makanya, Pulau Padar itu adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melihat sunset.

2. Nggak Cukup Dikunjungi Sekali

Pemandangan Pulau Padar ketika siang hari, pagi hari, juga sore hari berbeda beda. Jika ingin menikmati suasana pulau dengan warna oranye berkunjunglah ketika sore hari. Sementara itu jika ingin menikmati suasana padar dengan latar langit biru, datanglah pagi hari ketika cahaya masih lembut. Karena itu, berkunjung ke Padar itu nggak cukup sekali saja. Atau mungkin bisa juga ikutan Live On Board lalu menginap di perairan sekitar padar, agar bisa mendapatkan semua moment tadi.

3. Pulau Terbesar Ketiga Yang Pernah Saya Kunjungi Di Taman Nasional Komodo

Ada beberapa pulau besar di Taman Nasional Komodo. Saya pernah berkunjung ke beberapa pulau yang ada disana tadi. Seperti Pulau Padar, Pulau Rinca, Dan Pulau Komodo. Padar sendiri adalah pulau terbesar ketiga setelah 3 pulau yang pernah saya kunjungi. Ini juga pulau yang bisa bikin capek kalau ingin menggapai salah satu puncak tertingginya.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. Pemandangannya cetar membahana! Tapi ya, sebagaimana hukum alam, pemandangan secetar itu pasti datang dengan kesulitan yang membahana juga ya Mas… gila, itu kalau jatuh dari ketinggian sebegitu seram juga yak. Ah tapi pemandangannya mengagumkan sekali… betul Tuhan memberi hadiah yang sepadan, sangat sepadan!

    1. iya mas gara~ naiknya capek banget :D Tapi setelah sampe di atas, capek langsung ilang liat pemandangan dari pulau padar yang keren banget ini!

  2. pemandangannya bagus mas yang di foto awal itu di bagian bukit atau gunung itu ya. sebelah-sebelahnya danau atau laut itu mas
    saya terkesan lihatnya keren banget

  3. Asik epik! Ini Indonesia.. Top Mas Fahmi. Terus berbuat seperti ini buat Indonesia, dan membuat orang ‘teracuni’ untuk melakukan perjalanan seperti yang mas Fahmi lakukan :D

  4. Tangganya hanya pake kayu kok..bukan permanen..jadi ga da masalah..klo misal pke permanen baru deh kita tentang termasuk sy siap nentang…dan untuk dermaga emang harus dibuat..itupun pke kayu..masih wajar..semua demi memudahkan aktivitas wisata…yang penting tidak merubah bentukan alamnya..salam konservasi…

    1. Justru yg klasik ini yg harus dibina mentalnya mas..krena klo ngandelin petugas bakal kewalahan..apalagi statusnya Taman Nasional..harusnya para pengunjung tau batas2an bersikap dn berbuat gtu…benul begitu mas..hehehe..

  5. kemaren lusa abis kesana(09-okt-2019), pulau Padar sekarang sudah ada susunan batu tangga, tapi tetep saja lumayan capek menuju puncak, dan sangat panas ketika siang hari, jangan lupa pakai sunblock atau pake jacket, biar tidak terbakar terasa kulitnya. Begitu sampai puncak, lelah dan dahaga hilang semua, terbayar semua lelah dan capeknya, bahkan hilang ga terasa capek lagi. Melihat pemandangan yang begitu indah. View Landscape nya tiada tanding. Rabb ku, Indonesiaku, nikmat tuhan mana kah yang engkau dustakan. Sangat aman indah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *