5 Pantai Di Sumbawa Barat Ini Bisa Banget Bikin Saya Hepi!

Kamu suka ke pantai seperti saya? Kalau jawabannya iya, berarti kamu harus banget main ke Sumbawa Barat. Karena disini ada banyak banget pantai yang bisa kamu jelajahi entah sendiri atau rame – rame bareng temen – temen kamu!

Kebetulan saya kemarin mengunjungi pantai ini bareng teman – teman Newmont Bootcamp IV. Seru banget dong :D Bisa haha-hihi, foto sana-sini sampai kulit agak gosong. Yah, Sumbawa itu katanya punya sembilan matahari, untungnya saya kemarin berkunjung ketika musim hujan. Jadi mataharinya tinggal tujuh! Asem! Tujuh mah masih bisa bikin keringatan bin gosong beneran :|

Oke, lupakan masalah gosong dan teman – temannya, sekarang saya kembali ke masalah pantai… iya kamu… eh.. Pantai ding!

Kalau lagi hepi, katanya harus selfie~ Katanya lho ya~ ;3
Kalau lagi hepi, katanya harus selfie~ Katanya lho ya~ ;3

Memang Sumbawa itu punya banyak banget pantai, meskipun hanya secuil Sumbawa bagian barat saja. Mulai dari pantai tak bernama, pantai yang kulinernya enak hingga pantai yang dicari bule eropa dan amerika untuk sekedar berburu ombak. Jadi perlu waktu untuk menjelajah semua pantai di Sumbawa Barat. Sayang kemarin saya cuma seminggu berkunjung ke Sumbawa Barat. Jadi cuma dapet 5 pantai saja…

Aku sedih… Ada yang mau ngajak saya ke Sumbawa lagi?

Pun begitu, 5 pantai di Sumbawa Barat ini bisa banget bikin saya hepi kok! Jadi kalau ada kesempatan main ke Sumbawa barat pastikan kalian mampir ke lima pantai ini yak! Biar bisa ikut hepi juga~ Jangan sampai enggak!

1. Pantai Maluk

Yes, ini dia Pantai Maluk yang paling terkenal dari pantai - pantai yang lain disekitarnya.
Yes, ini dia Pantai Maluk yang paling terkenal dari pantai – pantai yang lain disekitarnya.

Oke, ini paling mainstream dan aksesnya paling gampang di Sumbawa Barat. Lokasinya hanya beberapa kilometer saja dari Pelabuhan Benete. Tapi kalau dari pelabuhan Pototano sih lumayan jauh. Sekitar 3 jam katanya! Yang saya suka dari pantai ini adalah fasilitasnya yang lengkap, layaknya pantai yang sudah siap buat menerima turis gitu.

Bibir Pantai Maluk lumayan lebar dan seksi. Saya bisa main pasir disini, atau ikutan penduduk setempat main voley pantai. Sayang sepertinya mereka sedang tidak kekurangan pemain. Jadi saya harus puas dengan berburu foto sama main pasir saja. Kalau main air, saya cukup puas dengan nyebur di Air Terjun Perpas saja. Hehee~

Di Pantai Maluk kalian bisa main voley atau...
Di Pantai Maluk kalian bisa main voley atau…
Ngabisin makanan khas setempat yang bernama Rarit! Makan deh sepuasnya, rarit ini beneran bikin nagih :9
Ngabisin makanan khas setempat yang bernama Rarit! Makan deh sepuasnya, rarit ini beneran bikin nagih :9

O iya, kalau sudah sampai di Pantai Maluk, jangan sampai kelewatan buat cobain kuliner khas Sumbawa ya! Yang paling saya rekomendasikan disini Rarit. Makanan yang mirip dendeng daging, tetapi sudah diiris kecil kecil dan daging yng digunakan adalah daging kerbau. Rasanya gurih, sedikit asam dan tentunya… bikin nagih! Paling pas kalau dimakan bareng pisang goreng dan sambal. Ditambah senja yang syahdu di Pantai Maluk semuanya akan jadi sempurna :)

2. Pantai Aik Kangkung

Pantai Aik Kangkung ini pantai pribadi yang nggak perlu bayar~ Sepi banget men, masih perawan pula!
Pantai Aik Kangkung ini pantai pribadi yang nggak perlu bayar~ Sepi banget men, masih perawan pula!

Bisa dibilang ini adalah salah satu pantai yang masih perawan di Sumbawa Barat. Lokasinya agak terpencil meskipun aksesnya enggak sesusah pantai – pantai di selatan Jawa. Tentunya enggak perlu naik turun gunung untuk menuju pantai ini. Lebih gampang lagi kalau kalian punya akses melewati tambang PT Newmont Nusa Tenggara. Tinggal jalan luruuus~ Sampai deh :D

Kalau enggak punya akses lewat tambang Batu Hijau, dari Maluk atau Sekongkang bisa menuju Pantai Aik Kangkung melewati Sesa Sejorong, Desa Tongo. Jika masih bingung, menyewa guide setempat atau kenalan dengan orang lokal adalah cara paling gampang untuk mencari pantai ini.

Entah berapa kilometer panjangnya garis Pantai Aik Kankung, saya tidak sempat mengukur kemarin. Yang jelas hampir 11 dua belas dengan pantai Kuta dan lebih panjang dari pada Pantai Balangan yang ada di Bali. Tidak ada yang jualan disini, karena pantai ini sepertinya memang sepi. Yang jelas airnya begitu bening, dan hanya ada satu bale untuk berteduh dari panas tapi tidak dari hujan, karena atap bale yang berlubang sana sini.

3. Pantai Tropica

Ada banyak kebahagiaan yang tak terhitung jumlahnya di Pantai Tropica.
Ada banyak kebahagiaan yang tak terhitung jumlahnya di Pantai Tropica.

Di pantai ini saya banyak melihat bule yang membawa papan surfing. Jelas banget kalau ombak di Pantai Tropica ini cukup merangsang. Terutama buat para penyuka adrenalin, para penunggang ombak. Buat para pemburu foto senja, pantai ini juga menarik. Matahari akan turun perlahan di balik bukit, dan menampilkan semburat siluet yang hampir sempurna.

Menjelang senja, di Pantai Tropica akan banyak nelayan yang mulai melaut. Sepertinya pantai ini salah satu basecamp para nelayan setempat. Waktu berkunjung kesini saya juga sempat bertemu orang lokal yang baru mencari ikan dengan tombak. Dia sukses mendapatkan beberapa ikan besar lho. Jadi dari pada berenang atau surfing, sepertinya kalau ada kesempatan pergi ke Pantai Tropica lagi, saya akan membawa pancing untuk mencari ikan. Gimana lagi, mau surfing saya enggak bisa :3

4. Pantai Benete

Pelabuhan Benete terlihat dengan jelas dari Pantai Benete :)
Pelabuhan Benete terlihat dengan jelas dari Pantai Benete :)

Bisa jadi ini adalah pantai paling dekat dari area tambang Batu Hijau punya PT Newmont Nusa Tenggara. Lokasinya tepat berada disebelah Pelabuhan Benete pelabuhan yang biasa digunakan untuk pengkapalan konsentrat. Pantai ini juga dekat dengan area perkampungan warga. Sementara pasir pantainya adalah campuran pasir hitam dan putih, yang mungkin buat beberapa orang kurang menarik.

Daripada pantai untuk surfing atau berenang, Pantai Benete ini lebih enak dibilang sebagai pantai untuk bersantai sambil makan siang. Ada banyak pohon di Pantai Benete, jadi suasananya lumayan teduh. O iya, jangan lupa makan di warung – warung yang ada disini. Coba pesen seafood-nya, karena seafood di Pantai Benete ini rasanya begitu maknyus. Udang goreng dan kepiting wajib banget dicoba kalau lagi bersantai di Pantai Benete :D

Warung yang ada di Pantai Benete ini seafoodnya sangat maknyus! Bagaimanapun, harus beli dan makan seafood disini!
Warung yang ada di Pantai Benete ini seafoodnya sangat maknyus! Bagaimanapun, harus beli dan makan seafood disini!

5. Pantai Rantung

Saya mendapat senja terbaik selama di Sumbawa ketika berkunjung ke Pantai Rantung. Pantai ini saya nobatkan sebagai pantai yang paling cozy dan menyenangkan di Sumbawa Barat. Mau jalan – jalan romantis bisa banget, tapi harus jalan berdua sama pasangan ya kalau mau romantis. Karena kalau jalan sendirian namanya jomblo… :v

Ahh, selalu suka dengan suasana Pantai Rantung~
Ahh, selalu suka dengan suasana Pantai Rantung~

Ada satu bar di Pantai Rantung yang menjual aneka minuman ringan dan minuman ber-alkohol. Saya sih enggak bisa minum alkohol, lagian melihat pemandangan di Pantai Rantung saja sudah bikin mabuk kepayang. Sepertinya kebanyakan pengunjung pantai ini adalah bule yang entah berasal dari mana. Saya enggak sempat kenalan atau bertanya sih!

Suasana Pantai Rantung sih memang cocok banget buat seharian do nothing, baca buku atau merenung tentang nasib hingga senja tiba. Yah, apapun bisa dilakukan disini, dan kalau mau mengabadikan senja yang cakep, pantai ini wajib banget dikunjungi di Sumbawa Barat :)

Gimana? Udah kepengen main ke Sumbawa Barat belum setelah baca tulisan diatas? Eheheee~ Kalau belum liat deh video dibawah ini, kali aja abis nonton langsung pesen tiket buat kesana :D Jangan lupa ajakin saya ya ^^

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • lokasi wisata di sumbawa barat
  • pantai di sumbawa barat
  • pantai sumbawa barat cepak nyumon
  • sumbawa cantik banget
  • tempat wisata di ksb
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
25 Responses
  1. Gara

    Aduh, ternyata Sumbawa begini indahnya, padahal tak jauh dari Lombok!
    Paling suka dengan Pantai Rantung; laut, pasir, dan mataharinya menyihir!

  2. Ah samaaaa.. Setuju sama komentator lainnya. The best photo goes to Pantai RANTUNG!!!!

    Gila viewnya anti ainstream sekali. Keren banget komposisinya.

    Pemenang kedua, diperoleh Pantai Tropica (kok kayak nama artis ya? haha), pantai ini juga baguuus. Gunungnya kayak grafik menanjak itu artistik bingids!

    1. Rijal Fahmi

      Kayaknya emang pantai rantung ini jadi idola deh~ Eh, sebenarnya masih ada satu lagi, pantai lawar tapi nggak sempet kesana kemaren :D Emang ada gitu artis namanya tropica? Kalau nama merk minuman sih ada kayaknya :D

  3. yaa Allah kangen pantai ya Allah
    *hahahahaha menderita banget kayaknya kehantam udara dingin di sini
    dan itu benorna namanya pantai (fitri) tropica
    hahahhaaaha nama gaulnya pantai fitrop bukan yaaa

    1. Rijal Fahmi

      Duh buruan pulang ke indonesia~ di enggland pantainya dingin kan? xixixi eh, itu tropica ngambil nama resort di sebelahnya sih~ kalau nama lokalnya enggak tahu pastinya :D

  4. Aku mah apa atuh … kemanapun aku suka yg penting ama kamu haiyaaaaaaa hahahaha.
    Kalo gw milih maluk aja dech, coz ada dendeng ama pisang sambel yg bikin gw ketagihan mau balik lagi ke sumbawa hehehehehehehe

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: