5 Kuliner Enak Indonesia Yang Wajib Dicoba!

Ini 5 kuliner enak Indonesia yang wajib dicoba! Apa saja ya kira-kira? Yak, Indonesia, negara yang kaya dengan pemandangan indah juga negara dengan ribuan jenis masakannya. Dari sabang hingga merauke, ada banyak makanan enak nan unik yang perlu dicoba siapapun yang sedang berada di Indonesia. Namun, ada beberapa yang masuk top list Kuliner Indonesia.

Mulai dari makanan yang populer seperti Sate, hingga beberapa makanan lainnya yang mungkin hanya bisa ditemukan disini. Yang jelas, semuanya enak dan lezat untuk kamu coba. Kadang, saya bersyukur tinggal di Indonesia yang memiliki beraneka ragam kuliner dan Budaya. Rasanya enggak bakal bosan mencoba setiap makanan yang ada di Indonesia.

Karena itu, ketika lagi traveling, jalan jalan hingga touring keliling Indonesia, salah satu kegiatan yang saya pasti lakukan adalah berburu kuliner. Rasanya kok ada yang kurang kalau saya tidak mencoba makanan atau kuliner khas di suatu daerah. Bakalan ada yang kurang aja sih kalau saya tidak melakukan hal tersebut. Apalagi kalau sampai melewatkan untuk mencoba salah satu kuliner enak Indoenesia!

Nah! Mau Tahu Apa Saja 5 Kuliner Enak Indonesia Yang Wajib Dicoba ini?

Mulai dari aneka macam sate, ada banyak makanan di Indonesia enak yang bisa kamu coba. Favorit kamu yang mana saja nih? Boleh lho kasih tahu saya di kolom komentar dibawah!

1. Aneka Macam Sate!

Dari banyak macam, Sate Lilit adalah kuliner enak indonesia yang unik. Karena disajikan tanpa bumbu, sebagaimana jenis sate yang lain.
Dari banyak macam, Sate Lilit adalah kuliner enak indonesia yang unik. Karena disajikan tanpa bumbu, sebagaimana jenis sate yang lain.

Salah satu makanan favorit saya yang bernama sate ini cara memasaknya adalah dengan dipanggang diatas bara api. Yang lazim untuk dijadikan sate adalah daging ayam, sapi dan kambing. Selain itu, variasinya pun ada bermacam macam, mulai dari Sate Madura (Khas Madura), Sate Padang (Khas Padang dengan bumbu yang agak asin) dan ada juga yang namanya Sate Lilit (Sate yang terbuat dari ikan, biasanya ditemukan di daerah Bali).

Rata – rata makanan ini disajikan menggunakan bumbu kacang yang dicampur dengan kecap manis. Kecuali Sate Padang yang disajikan dengan bumbu yang cenderung terasa gurih dan asin, bahkan Sate Lilit disajikan tanpa bumbu apapun. Sate Lilit umumnya disajikan bersama dengan sambal matah yang terbuat dari Bawang Merah. Hemm, kedengaran lezat kan?

2. Si Bulat Bakso

Bakso Bakar kuliner enak Indonesia yang enggak terlalu umum, tetapi bikin doyan :D
Bakso Bakar kuliner enak Indonesia yang enggak terlalu umum, tetapi bikin doyan :D

Kalau saya jadi presiden, mungkin akan menjadikan Bakso menjadi makanan nasional Indonesia! Emmm… lupakan, daripada saya didemo gara – gara makanan yang namanya Bakso ini. Bakso memang populer di setiap sudut Indonesia, selain karena menyajikannya cepat Bakso terkenal sebagai masakan yang enak, terutama jika dimakan panas – panas, dan ketika suhu sedang dingin.

Memakan Bakso dalam kondisi tadi, sensasinya enggak ada duanya! Bakso sendiri adalah masakan yang umumnya berbahan dasar daging sapi, dibentuk menjadi bulatan dan direbus sampai matang. Salah satu kuliner enak Indonesia ini biasa disajikan dengan kuah yang digunakan untuk merebusnya, untuk tetap menjaga cita rasa si Bakso. Selain direbus, ada juga variasi cara memasak Bakso dengan dipanggang seperti sate.

Nah, yang cara memasaknya seperti itu, biasana disebut sebagai bakso bakar. O iya, Menurut saya, Kota Malang adalah kota yang mempunyai banyak bakso enak. Kalau enggak percaya, silahkan dicoba berburu kuliner enak Indonesia ini di Kota Malang. Kamu akan dengan mudah menemukannya. Sudah begitu, semuanya enak-enak pula!

3. Soto, Si Penggoda Selera Dari Indonesia

Buat saya, Soto Betawi yang paling juara enaknya!
Buat saya, Soto Betawi yang paling juara enaknya!

Nah, satu lagi masakan berkuah yang merupakan kuliner enak Indonesia yang wajib dicoba! Namanya soto, yang komposisi utamanya adalah nasi putih, dicampur dengan sayur dan kaldu daging. Daging yang digunakan untuk bahan soto sendiri ada macam – macam, cuma yang paling umum dan populer adalah daging ayam dan daging sapi. Seperti Bakso, kuliner enak Indonesia yang satu ini juga terkenal di banyak pelosok Indonesia.

Cuma berbeda dengan bakso, soto ini banyak dinamakan sesuai daerahnya. Mulai dari Soto Lamongan, Soto Betawi, Coto Makassar dan masih banyak lagi. Enggak mungkin saya sebutkan semuanya, mengingat indonesia memiliki ribuan kota dan kabupaten. Cara memakan kuliner yang satu ini pun berbeda – beda, ada yang suka memakan soto dengan tanpa campuran apapun, ada juga yang seperti saya.

Saya lebih suka memakan soto dengan campuran sedikit kecap manis, ditambah banyak sambal. *ngiler karena pedes* Yah, bagaimana-pun cara memakannya, jangan sampai enggak mencoba makan kuliner enak Indonesia yang satu ini.

4. Aneka Ayam dari Timur, Kuliner Enak Indonesia Buat Yang Suka Masakan Pedas!

Ayam Taliwang, si ayam pedas dari timur. Kuliner Enak Indonesia, Masakan khas dari Lombok.
Ayam Taliwang, si ayam pedas dari timur. Kuliner Enak Indonesia, Masakan khas dari Lombok.

 

Betutu, masakan yang juga berbahan dasar ayam dari Bali
Betutu, masakan yang juga berbahan dasar ayam dari Bali

Beribu – ribu pulau dimiliki oleh Indonesia, ada banyak pula cara memasak makanannya. Enggak ketinggalan bahan makanan yang sudah umum seperti Ayam pun bisa disulap menjadi kuliner enak Indonesia yang unik nan enak. Sebut saja namanya Ayam Betutu, dan Ayam Taliwang. Salah satu masakan ayam dari Indonesia yang menjadi favorit saya.

Siapa yang enggak kenal dengan dua makanan legendaris dari timur ini? Yak! Ayam Taliwang adalah masakan dengan bahan dasar ayam dengan bumbu super pedas dari Lombok, dan Ayam Betutu adalah sepadannya, cuma dengan bumbu yang berbeda. Saking enaknya, bahkan saya hampir meneteskan air liur ketika menulis tentang masakan ini. *ngiler sengiler – ngilernya*

5. Gudeg Yogyakarta, Bisa Bikin Kangen Jogja Kapan Saja!

Gudeg rasanya agak manis, tetapi enak! Yogyakarta punya!
Gudeg rasanya agak manis, tetapi enak! Yogyakarta punya!

Yogyakarta yang merupakan salah satu surga kuliner enak Indonesia juga enggak mau ketinggalan. Daerah istimewa yang mempunyai banyak angkringan, wisata budaya dan tempat nongkrong asik ini mempunyai masakan andalan yang namanya Gudeg. Nah siapa yang belom pernah mencoba masakan khas Yogyakarta ini?

Kalau kata saya, belum bisa dikatakan sudah pernah traveling ke Yogyakarta kalau belum makan Gudeg. Gudeg sendiri adalah masakan yang berbahan utama nangka muda, kemudian dimasak dengan santan dalam waktu yang lama. Ketika sudah matang masakan ini akan berwarna kecoklatan, dan cenderung berasa agak manis. Yap, memang ciri khas utamanya adalah rasa manis yang sedikit gurih :)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
IkutiĀ travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakanĀ kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
18 Responses
    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      rendang ya rendaang, yang uenaaak ada banyak siiih, kalau dimasukin semua bisa jadi buku nanti, bukan cuma blog post aja :D

  1. Kota Malang : My Beloved Second Home Town!

    […] Dari sekian banyak bakso yang pernah saya coba di berbagai kota, belum pernah yang rasanya seperti bakso di kota Malang. Apalagi bakso bakar cak man, dengan harga sebiji Rp. 1500 dan antrian panjang pun, I’ll […]

  2. Seribu Satu Kuliner Indonesia : Bakso - @catperku

    […] Bakso adalah salah satu makanan yang umum sekali ditemukan di Indonesia. Si makanan bulat ini juga makanan Indonesia yang paling saya suka. Jadi kalau kalau mau nyogok saya, enggak usah pake duit bermilyar – […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: