Seribu Satu Kuliner Indonesia : Cerita Si Es Potong

Es Potong adalah salah satu jajanan favorit saya ketika masih berada di sekolah dasar dulu, bahkan hingga sekarang  setelah bertahun tahun. Namun sepertinya jajanan yang satu ini sepertinya semakin sulit saja untuk menemukannya, padahal menurut saya Es Potong adalah jajanan unik yang cuma bisa ditemukan di Indonesia. Paling enggak untuk es potong tradisionalnya sih :D

Minggu lalu, saya iseng – iseng lagi ke kota tua Jakarta untuk menengok beberapa musim, sekaligus bernostal gia dengan jajanan Es Potong. Memang, kalau di jakarta, kota tua adalah salah satu tempat untuk mencari makanan – makanan unik, seperti es yang sudah jarang ditemui ini. Saya cuma perlu mengeluarkan uang Rp. 3000 untuk mendapatkan Es Potong dengan panjang kira – kira 10 cm, jauh lebih murah dari es krim yang di beli di gerai makanan cepat saji.

Pedagang Es Potong yang menunggu mangsanya... Eh, pelanggannya :D
Pedagang Es Potong yang menunggu mangsanya… Eh, pelanggannya :D

Rasa dari es potong sendiri ada banyak macamnya, kebetulan di tempat saya membeli es potong kemarin menyediakan rasa cokelat, ketan hitam dan kacang hijau. Sebenarnya ada lebih banyak macamnya lagi sih, tetapi dari dulu ketiga rasa tersebutlah yang paling umum ditemukan.

O iya untuk menjaga Es Potong tetap dingin, mereka menggunakan metode sederhana lho. Mereka mendinginkan Es Potong tersebut diantara es batu yang telah ditaburi garam. Jadi jangan kaget kalau kadang Es Potong tadi terasa sedikit asin, soalnya memang pendingin tradisional mereka menggunakan garam. Nah? Mau mencoba makan Es Potong? Buruan sebelum es yang satu ini semakin punah :D

Ini nih, gerobak Es Potong, si penjual siap - siap mau potong es-nya :D
Ini nih, gerobak Es Potong, si penjual siap – siap mau potong es-nya :D
Saking panasnya Jakarta, Es Potong rasa cokelat yang saya beli pun cepat sekali meleleh
Saking panasnya Jakarta, Es Potong rasa cokelat yang saya beli pun cepat sekali meleleh

Baca Terus Project Catperku : Seribu Satu Kuliner Indonesia

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
8 Responses
  1. Rida

    di komplek rumah masih ada tuakng es potong yg lewat, skrg 2000 harganya /potong.. rasanya masih sama, tp mgkn ada yg beda, ukurannya makin kecil :D tp tetep enak *asal jgn pas kenanya di garamnya, asiin :)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      es potong sih, makanan yang bikin nostalgia :) dulu waktu masih SD sering banget beli :D sekarang liat aja agak jarang :D

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      hooo, ada juga ya? :D itu garam memang salah satu bahan yang bisa bikin es potong membeku kalau ga salah.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: