Jepang Yang Unik Dan Nyentrik!

Selama 13 hari backpacking ke jepang, saya banyak sekali menemukan hal – hal unik nan nyentrik disana. Semua hal unik yang sebelumnya hanya ada diangan masa kecil, saya temukan disini! Mungkin juga hal unik tersebut hanya bisa ditemukan di negara asal Doraemon dilahirkan, tidak bisa ditemukan di tempat lain!

Mulai dari pengalaman menginap di warnet untuk pertama kali, ketemu gurita rakasasa, hingga cobain onigiri di berbagai kota di Jepang. Negara yang satu ini memang punya banyak kejutan, juga banyak hal unik nan menarik yang bisa ditemui. Makanya, berapa kalipun liburan ke Jepang gak bakalan bosen sih.

Karena setiap kali berkunjung ke Jepang, kok rasanya bakal nemu sesuatu yang baru. Gak salah deh kalau sekarang ada banyak orang yang seneng banget liburan ke Jepang berkali kali. Nah, makanya disini saya mau berbagi beberapa hal unik dan nyentrik yang saya temui selama berlibur ke Jepang. Baca sampai selesai ya!

Jepang Yang Unik Dan Nyentrik!

Mau tau apa sajakah itu?

Tokyo tower yang begitu terkenal ^^
Tokyo tower yang begitu terkenal ^^

(Baca Juga : Jatuh Cinta Pandangan Pertama Pada Kota Toyama)

1. Warnet Di Jepang Lebih Nyaman Dari Hostel!

Warnet di Jepang bisa dipake untuk tidur, lebih murah dan nyaman jika dibandingkan dengan hostel sekalipun
Warnet di Jepang bisa dipake untuk tidur, lebih murah dan nyaman jika dibandingkan dengan hostel sekalipun

Jangan dibayangkan seperti kebanyakan warnet yang ada di Indonesia, warnet di Jepang ini berbeda! Beberapa warnet yang ada di jepang ini bahkan digunakan sebagai tempat tinggal permanen karena harga sewa apartemen yang begitu mahalnya.

Untuk traveler ala backpacker seperti saya, warnet di Jepang ini adalah penyelamat agar bisa menghemat tiap Yen yang saya punya, karena tarif berlama – lama di warnet Jepang (paket 9 jam) lebih murah dari sewa hostel paling murah sekalipun!

(Baca Juga : Ini Dia Cara Nge-Warnet Di Jepang!)

2. Onigiri Si Penyelamat Perut Kelaparan Yang Ekonomis

Onigiri Makanan Paling Murah Di Jepang
Onigiri makanan paling murah di Jepang

Selama 13 backpacking ke Jepang, makanan favorit saya adalah Onigiri! Selain karena enak, makanan khas dari jepang berupa nasi kepal yang terbungkus nori dengan isi berupa irisan daging ikan ini adalah makanan paling murah di Jepang.

Harga Onigiri rata – rata 100-130 Yen sebijinya, jadi makan dua biji saja perut sudah bisa kenyang :D Jadi, jangan sampai tidak mencoba yang namanya onigiri ketika berkunjung ke negara matahari terbit ini.

(Kalau mau yang lebih enak coba deh, Menjajal Ramen Halal Jepang)

3. Siapa Bilang Musim Semi Tidak Bisa Melihat Es Di Jepang!?

Musim Semi Di Jepang Pun Masih Ada Es Dijalanan
Musim semi di Jepang pun masih ada es dijalanan

Saya traveling di Jepang pada akhir bulan April sampai awal Mei dengan berharap mendapatkan pemandangan bunga sakura yang bermekaran dimana – mana, ternyata tidak hanya itu saja! Saya mendapat bonus pemandangan es bertebaran dimana – mana!

Tentunya bongkahan es raksasa ada di tempat parkir mobil tidak bisa ditemui di negara tropis seperti Indonesia kan? Usut punya usut, ternyata musim semi di negara tempat sakura bermekaran ini tidak sama, semakin ke utara malah semakin dingin pada bulan tersebut.

(Baca Juga : Kakunodate, Desa Samurai Keren Di Jepang!)

4.  Bertemu Gurita Raksasa Di Jepang!

Gurita raksasa di Hakodate!
Gurita raksasa di Hakodate!

Jepang memang salah satu produsen hasil laut yang bermacam – macam juga aneh! Tetapi, baru kali ini saya melihat Gurita raksasa sebesar ini ketika sedang jalan – jalan di Hakodate, sebuah kota kecil yang ada di Pulau Hokkaido.

Nah, kalau Gurita biasanya digunakan untuk bahan makanan Takoyaki, bisa dibayangkan berapa ukurannya jika si Gurita ini dimasak menjadi takoyaki? Ah, saya mau coba deh kalau bener – bener dimasak :D

5. Ada Penyeberangan Paling Ramai Di Jepang!!

Jepang Yang Unik Penyeberangan paling rame di Jepang
Jepang Yang Unik Penyeberangan paling rame di Jepang

Namanya terkenal dengan Shibuya Cross, tempat menyeberang paling ramai yang pernah saya temui selama 13 hari backpacking ke Jepang. Lihat saja ada berapa puluh atau bahkan ratusan orang yang menyeberang ketika lampu sedang berwarna merah?

Seru bukan!? Sekedar bengong dan melihat banyak orang menyeberang sekaligus di Shibuya Cross adalah salah satu aktifitas yang saya sukai disini. O iya, di dekat Shibuya Cross ini juga terdapat patung Hachiko, si anjing setia yang begitu terkenal.

6. Ada Minuman Dragon Ball Di Jepang!

Minuman Dragon Ball yang bisa membuat sekuat Songoku :p
Minuman Dragon Ball yang bisa membuat sekuat Songoku :p

Sudah pada tahu kan? Komik Dragon Ball karya mangaka Akira Toriyama? Nah! Di Jepang ada minuman soda yang kalengnya bergambarkan karakter dari komik tadi. Saking penasarannya, saya beberapa kali mencoba beli minuman ini ketika 13 hari backpacking ke Jepang. Rasanya seperti soda, dan ternyata setelah habis satu kaleng pun saya tidak bisa berubah menjadi Super Saiyan atau mengeluarkan jurus pamungkas Son Goku Kamehameha!

7. Jalan – Jalan Di Akihabara? Jangan Kaget Kalu Melihat Banyak Yang Mengenakan Kostum Maid!

Di Jepang ada sebuah kota yang khusus menjual barang – barang elektronik, yang juga merupakan tempat jalan – jalan favorit para otaku. Nama kota-nya adalah Akihabara. Nah, uniknya beberapa toko mempromosikan dirinya dengan menyewa SPG (Sales Promotion Girl) yang berbaju Maid.

Seumur – umur baru kali ini saya melihat cara promosi yang seperti ini. Biasanya, kalau di indonesia para SPG akan mengenakan pakaian seksi dan sedikit terbuka, tetapi di Akihabara, pakaian yang dikenakan malah terkesan imut dan lucu.

Banyak cewek berbaju Maid seperti ini di Akihabara!
Banyak cewek berbaju Maid seperti ini di Akihabara!

(Baca Juga : Di Jepang, Kalian Harus Main Ke Odaiba!!)

8. Saya Menemukan Potongan Tangan Di Akihabara!

Masih berputar di Akihabara, ternyata pusat elektronik Jepang yang selalu dipenuhi oleh otaku ini seram juga loh! Disana saya secara tidak sengaja menemukan potongan tangan ketika sedang asik jalan – jalan!

Tapi tenang saja, potongan tangan itu enggak asli, tetapi potongan tangan palsu yang mungkin dijual untuk properti film. Yah, meskipun begitu tetap saja serem buat saya!

Potongan Tangan palsu yang membuat saya kaget ketika sedang jalan - jalan di Akihabara!
Potongan Tangan palsu yang membuat saya kaget ketika sedang jalan – jalan di Akihabara!

9. Jepang, Rajanya Vending Machine! Payung Pun Dijual Otomatis!!

Sudah pada tahu kan? Kalau hampir di tiap sudut Jepang ada yang namanya vending machine, si penjual minuman kaleng otomatis? Nah, masalahnya kalau itu vending machine enggak jualan minuman kaleng, tetapi malah jualan payung bagimana?

Vending machine yang satu ini saya temui secara tidak sengaja di sebuah stasiun kereta, ketika sedang menuju Asakusa. Mungkin saja vending machine ini laris manis kalau musim penghujan tiba.

Vending machine yang aneh di jepang! Dia jualan payung lho!
Vending machine yang aneh di Jepang! Dia jualan payung lho!

10. Di Jepang, Sepeda Masih Banyak Digunakan

Untuk negara semaju Jepang, ternyata sepeda masih banyak sekali digunakan untuk moda transportasi. Berbanding tebalik dengan di Indonesia, yang sepertinya pengguna sepeda semakin sedikit saja.

Di Jepang, pemandangan seorang ibu yang membonceng anaknya di sepeda seperti di film Crayon Sinchan adalah biasa. Atau anak sekolahan yang sedang pulang sekolah dengan mengayuh sepeda.

Wajar saja sih, soalnya ribuan sepeda motor dan mobil produksi jepang di ekspor ke Indonesia, selain itu pajak kendaraan di Jepang tergolong mahal.

Sepeda masih banyak digunakan di Jepang
Sepeda masih banyak digunakan di Jepang

(Baca Juga : Backpacker ke Jepang Itu Mahal, Tetapi Bukan Tidak Mungkin!)

11. Papan Peringatan Bahaya Pun Ditampilkan Dengan Lucu!

Mungkin karena Jepang adalah penghasil film anime yang kadang lucunya minta ampun, makanya papan peringatan bahaya pun kadang dibikin lucu juga.

Sebenarnya tidak masalah sih dibikin lucu, tetapi masalahnya orang malah keasikan mengamati papan peringatan yang lucu itu, dan bisa – bisa malah lupa kalau itu papan peringatan yang mengingatkan ada bahaya.

Seperti papan peringatan yang saya temui ketika sedang berjalan menuju Rainbow Bridge yang ada di Odaiba.

Papan peringatan yang lucu di Jepang
Papan peringatan yang lucu di Jepang

12. Jepang Punya Robot Raksasa! Namanya Gundam!

Mungkin cuma Jepang satu satunya negara yang memiliki robot raksasa yang diperlihatkan secara bebas kepada publik, apalagi ukuran robot yang satu ini benar – benar besar lho! Bisa dilihat perbandingan tubuh saya dengan tubuh si robot yang terkenal dengan sebutan Gundam!

Dan, bukan tidak mungkin kalau beberapa tahun lagi negeri asal Doraemon lahir ini bisa membuat robot raksasa untuk militernya. Yah semoga saja robot raksasa ini tidak digunakan untuk berperang deh, dipake untuk kebaikan saja… Buat foto narsis misalnya :p

Robot raksasa yang terkenal dengan nama Gundam!
Robot raksasa yang terkenal dengan nama Gundam! Ini yang pilotin saya lho :D

13. Masih Dengan Robot Yang Aneh Di Jepang!

Emm… sebenarnya saya masih penasaran ingin naik robot aneh yang satu ini, tapi karena saya tidak tahu ada di mana, saya cuma sempat mengambil fotonya saja.

Robot yang satu ini adalah robot cewe yang bisa ditumpangi, dan menurut saya agak lucu juga sih, soalnya kita bisa naik dari bagian depan robot. Sedikit geli deh membayangkannya! Apalagi dengan robot yang tampilannya sedikit “sexy” :|

Robot aneh di Jepang! Ada yang mau naik nih
Robot aneh di Jepang! Ada yang mau naik nih

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
16 Responses
    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      dua rius mas cumi, awalnya cuma niat semalem aja, soalnya mau langsung move dari tokyo, e ternyata warnetnya enak. berhubung blom booking hostel ya di warnet aja dah selama beberapa hari :D

        1. Rijal Fahmi Mohamadi

          di jepang, terutama di stasiun, banyak loker yang bisa dipake naroh barang. loker paling gede 500 Yen sih :D bisa buat seharian. tapi pernah juga tas dibawa karena ga pergi seharian :D

  1. Jepang Yang Unik Dan Nyentrik (Bagian 2) - Catperku.info

    […] banyaknya hal unik yang saya temui di negeri sakura, tulisan tentang Jepang Yang Unik Dan Nyentrik tidak cukup hanya satu saja, nah kali ini saya akan berbagi kelanjutannya tentang jepang yang […]

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      beneeer, cuma jangan sering sering ramennya *mahal* hahaaa banyakin makan onigiri atau cari makanan diskon di seven eleven. itu tips makan murah di jepang :D

  2. Aozora Inn, Menginap Murah Dan Nyaman Di Hakodate - @catperku

    […] baru mendapatkan hal itu ketika menginap di Aozora Inn. Karena penginapan ini memang penginapan ala Jepang, jadinya hanya disediakan futon sebagai tempat tidur utama. Selain tempat tidur, fasilitas kamar di […]

  3. "Miaw" Kucing Jepang Memanggilku :3 - @catperku

    […] Catperku.info (Travel Blogger Indonesia) – Jepang punya beberapa pulau yang didalamnya ada banyak kucing lucu nan imut. Diantaranya ada Tashirojima yang ada di Miyagi, Enoshima yang paling dekat dengan Tokyo, dan yang terakhir adalah sebuah pulau  ada di Fukuoka. (Saya masih belum tahu nama pulaunya, tetapi kehidupan sehari – hari para kucing ini diabadikan oleh seorang fotografer jepang yang tinggal disana). Dari ketiga pulau itu, sayangnya kemarin saya hanya bisa mengunjungi salah satu pulau saja yaitu Enoshima karena lokasinya paling dekat dengan Tokyo. […]

  4. Shinta

    Aku ngga berani ah nginep di warnet wekekek
    secara cewe gitu, takut juga dan mikirnya kurang nyaman
    Tengkyu referensinya :D

    1. Rijal Fahmi

      Kalau ngerasa kurang nyaman, mending jangan :D tapi kalau masalah keamanan, gak masalah sih, jepang relatif aman untuk traveler cewe :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: