Jepang Negeri Seribu Vending!

Okeee, setelah sekian lama enggak cerita tentang Backpacking saya Ke Jepang Selama 13 hari, sekarang saya mau lanjut cerita lagi nih. Nah, kali ini saya mau cerita tentang vending machine, sebuah mesin penjual otomatis yang banyak membantu saya selama traveling di Jepang. Entah vending machine yang menjual makanan atau, minuman.

Vending machine adalah barang yang paling sering saya temui ketika keliling Jepang selama 13 hari :)
Vending machine adalah barang yang paling sering saya temui ketika keliling Jepang selama 13 hari :)

Jepang sebagai negara maju, kehidupan sehari – harinya selalu dekat dengan yang namanya teknologi. Mulai dari kereta super cepat dan tepat waktu seperti shinkansen, hingga si vending machine, yang selalu saya bisa temukan dengan mudah. Mesin penjual otomatis ini banyak tercecer mulai dari kota besar semacam tokyo, hingga kota kecil yang ada di ujung utara Jepang, Hakodate.

Karena namanya mesin penjual otomatis, jadinya tidak ada yang menjaganya dong. Semuanya berjalan secara otomatis, kecuali kalau stok barang yang dijual sudah habis dan perlu diisi. Sebagai contoh, kalau saya mau beli minuman, saya tinggal memasukan uang Yen ke dalam vending machine tadi. Baru kemudian saya memilih minuman atau makanan yang saya inginkan. Semudah itu!

Kadang saya membeli minuman di vending bukan karena haus. Tetapi karena lebih tertarik dengan kemasan uniknya. Seperti minuman yang satu ini, belum pernah saya melihatnya di Indonesia.
Kadang saya membeli minuman di vending bukan karena haus. Tetapi karena lebih tertarik dengan kemasan uniknya. Seperti minuman ini yang saya beli di Kota Toyama, belum pernah saya melihatnya di Indonesia.

Namun, tahu tidak? Di dalam prosesnya yang kelihatan mudah itu, sebenarnya saya takjub dengan si mesin ini. Salah satu yang membikin saya terheran – heran adalah, ketika saya memasukkan pecahan uang yang lebih besar dari harga barang yang dijual di vending machine, si mesin selalu memberikan uang kembalian dengan jumlah yang pas :O. Keren enggak!? Jangan – jangan ada orangnya di dalam vending machine tadi ya?

Terlepas dari keheranan saya, selama traveling di Jepang, saya lebih memanfaatkan vending machine untuk membeli minuman. Saya selalu tertarik dengan minuman aneh – aneh yang dijual didalam vending tadi. Mulai dari kopi yang ternyata enggak banget rasanya, yang terpaksa saya beli karena kedinginan dan hampir membeku di Akita. Hingga, minuman bersoda yang saya percaya bisa membuat saya mengeluarkan jurus sakti songoku, Kamehameha. Meskipun ternyata saya tetap tidak bisa mengeluarkan jurus tadi, bahkan setelah meminum dua kaleng penuh :P

BACA JUGA :  Berburu Sakura Di Kitakami
Tahu tidak? Menemukan vending machine yang menjual minuman ini sulit banget lho! Saya cari sampai Hokkaido, eh malah nemu pas jalan ke Yokohama :|. Dan, ternyata saya tetap tidak bisa mengeluarkan jurus kamehameha :(
Tahu tidak? Menemukan vending machine yang menjual minuman ini sulit banget lho! Saya cari sampai Hokkaido, eh malah nemu pas jalan ke Yokohama :|. Dan, ternyata saya tetap tidak bisa mengeluarkan jurus kamehameha :(

Tidak hanya minuman aneh – aneh, penjual minuman otomatis juga menyelamatkan saya dari kelaparan. Karena ada beberapa vending machine yang khusus menjual makanan beku yang bisa dihangatkan secara otomatis. Dari sini saya tidak perlu repot – repot berkomunikasi pake bahasa tarzan yang lumayan ribet ketika membeli makan ke warung atau food court. Karena harga makanan dan minuman yang dijual di vending sudah tertera dengan jelas, tidak terlalu mahal, dan Cara belinya pun mudah kan? Selama traveling, saya melihat harga minuman di vending machine mulai dari 60 Yen – 200 Yen, untuk makanan paling mahal sekitar 500 Yen.

O iya, sebenarnya vending machine juga sudah ada di Indonesia lho. Saya biasanya melihat mesin – mesin tadi di halte TransJakarta. Di kantor saya sekarang juga ada, vending machine special yang menjual minuman diskon khusus karyawan :D, dan saya sering memakainya. Sedangkan vending machine yang ada di halte TransJakarta atau semacamnya, saya sudah tidak mau lagi memanfaatkannya. Karena sudah pernah dikerjain dua kali ketika saya memakainya. Si mesin tidak mengeluarkan minuman yang saya inginkan setelah menelan mentah – mentah uang saya! Sedih kan? Kembalikan uang sayaaaaaaaaa~~ vending machine sialan :|

Vending machine yang aneh di jepang! Dia jualan payung lho!
Vending machine yang aneh di Jepang! Dia jualan payung lho!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
http://catperku.com


Comments

  1. Waaaaah Jepang keren punya banyak mesin vending, butuh apa apa tinggal masukin uang ke mesin, pilih item, keluar deh item yg dipilih. Mana unik unik lagi hahaha. Ngga bayangin deh semua mesin itu ada di Indonesia, pasati banyak yg hilang diraip orang.

    @ChoyrulWW

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *