Traveling Is Possible!

Traveling is possible! Kata – kata itu yang selalu meyakinkan saya, selama kita punya  niat dan mau keluar dari zona nyaman, traveling bukan suatu hal yang mustahil!

Travelling Is Possible for everyone
Travelling Is Possible for everyone

Traveling Itu Bisa Untuk Siapa Saja!

Bagian tersulit dari yang namanya traveling adalah memulainya. Ada banyak sekali hambatan ketika ingin memulai traveling, mulai dari gak ada tiket promo, bagaimana dengan akomodasi disana, bagaimana dengan masalah bahasa dan satu masalah yang paling besar yaitu DANA!.

Ya, dana adalah penyebab utama kegalauan dan kegagalan untuk memulai traveling, FYI saya menulis ini juga karena saya sedang mengalami kegalauan mempersiapkan dana untuk my next dream destination. Paling tidak tulisan ini bisa menginspirasi kalau yang namanya Traveling is Possible!

Beberapa waktu lalu saya sempat membaca timeline twitter seseorang yang didalamnya ada link ke sebuah website seorang perancis yang juga seorang Hitchhiker. Dia punya misi untuk keliling dunia tanpa biaya transportasi sepeserpun (World Tour By Hitchiking). Saya cuma bisa bilang WOOOW!

Yang dia lakukan adalah menumpang untuk sampai ke setiap tujuan berikutnya, mulai dari mobil, kapal kargo bahkan dia sempat numpang pesawat Air Asia. Bagaimana caranya? dia mengirimkan email ke CEO Air Asia, hingga ia mendapatkan tiket gratis dari australia menuju ke Bali, Indonesia. Keren bukan!? Saya belum ada apa – apanya, tapi dari situ dapat tergambarkan kalau ada kemauan keras yang namanya traveling itu bukan hal yang mustahil.

Dalam perjalanan pertama saya ke luar negeri kemarin, atau tepatnya trip Singapore – Malaysia. Saya bertemu dan melihat banyak sekali traveler lain. Saya juga mendapat sebuah pelajaran bahwa ketika traveling ada seribu satu cara mencari dana untuk membiayai traveling kita. Kebetulan kemarin saya melihat ada yang mencari dana dengan cara “ngamen”.

Gini Cara Ngamen di Orchard Road!
Gini Cara Ngamen di Orchard Road!

(Baca Juga : Jalan – Jalan Dengan Sedikit Rencana!)

Tapi ngamen nya bukan yang  sembarangan loh! Enggak seperti di Indonesia yang ngamen-nya asal genjreng, gak niat ngamen tapi malah ganggu orang tidur! Haha! Kebetulan waktu jalan – jalan di Orchard Road, Singapore, saya melihat seorang dari jepang yang sedang traveling.

Dia mencari dana dengan melakukan pertunjukan seni, menunjukkan kelihaian bermain beberapa bola kristal dengan tangannya . Pertunjukan yang simpel, tapi menghibur, tempat ngamen-nya pun pas, ngamen di Orchard Road , yang mana memang pusat keramaian Singapore.

They are Travelling With Music
They are Traveling With Music
Pertunjukan simple, tapi menghibur banyak orang
Pertunjukan simple, tapi menghibur banyak orang

Lain halnya ketika saya sedang berjalan melewati Bugis Town, Singapore. saya juga melihat ada pasangan traveler yang juga dari jepang. Mereka  mendanai traveling mereka dengan memainkan musik. Dari banner yang saya lihat, mereka bernama Taku dan Yuki.

We Are Traveling With Music, adalah tagline mereka ketika melakukan pertunjukan. Mereka memainkan alat musik bernama Spacedrum dari Perancis, dan Didgeridoo alat musik dari Australia. Cara yang unik untuk menghibur sekaligus mendanai traveling.

(Baca Juga : Get Lost in Singapore and see this!)

Well, well, yang namanya traveling memang sangat mungkin, ada seribu satu macam cara untuk mendanai selama traveling. Skill adalah kata kuncinya, jadi sekedar mengasah ketajaman skill akan sangat membantu jika ingin mewujudkan traveling ke destinasi impian.

Saya sendiri mendanai traveling saya dengan menjual skill saya sebagai seorang programmer. Meskipun kadang harus berjibaku untuk mengumpulkan dananya. Hemm, ato saya harus mulai belajar maen gitar lagi yah? Biar bisa ngamen kalo kehabisan dana, Hehe! Apapun itu asal ada niat, dan mau kerja keras travelling bukan suatu hal yang mustahil!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
27 Responses
    1. byteeater

      gak apa, travelling di negeri sendiri dulu juga keren kok :D, biar gak bingung nanti kalo ditanya orang luar, indonesia itu kayak gimana? :)

  1. Gitajunn

    Biasanya banyak yg pengen travelling, tp terkendala dana dan waktu. Kalo misalkan “ngamen” kayak gitu sih kayaknya banyak yg masih malu2 kucing :) tp kalo mental udah oke, pasti brjln lancar :)

  2. selain “kemauan” yang dibutuhkan adalah “prioritas”

    karena sebenernya prioritas itulah yang berbeda-beda untuk tiap orang.. banyak kok yang secara keuangan danw aktu memungkinkan utk traveling tapi memilih untuk menghabiskan uangnya untuk belanja, investasi, ataupun pesta..

    ketika traveling ada di prioritas atas, segala cara bakal dilakuin untuk mewujudkannya kan? ;)

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      Yoiiih! Ada orang yang prioritasnya bukan traveling sih emang. meskipun secara financial mampu :D tapi tetep~ kalau mau, traveling itu mungkin ^^

  3. narta

    wah… kalo selalu percaya dengan apa yang kita ingin kan brrti masih ada banyak kemungkinan untuk terwujud ya :) bagus banget ini artikelnya ^^

  4. Woobwl

    Woaa keren kak :)
    banyak cara untuk meraih mimpi… terus percaya dan terus bermimpi
    tinggal niat dan usahanya nanti hehe
    thanks infonya kak :D

  5. Sabi

    Sebenarnya hal pertama yang wajib kita siapkan sebelum traveling ke tempat jauh tentu saja mental. Mental kita harus siap untuk “melepaskan” diri dari zona aman sehingga berani ambil tantangan travelling ke tempat asing. Saya pribadi sih pingin banget solo travelling yang sayangnya itu masih jadi wacana. Duh sedih deh :’)

  6. Adi

    Mantap sekali mas,,kebetulan saya juga hobi travelling namun untuk travelling ke luar negeri masih terkendala dana,,jadi saya cuma explore negeri tercinta kita ini saja sementara hehe,,

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: