Tidak “Puas” Kalau Belum Ke Pantai Kuta!

Pantai Kuta, siapa yang tidak kenal dengan Pantai Kuta? Saya kira, tidak ada seorang pun pembaca blog saya yang tidak tahu dengan keberadaan pantai yang satu ini. Pantai yang selalu dipenuhi oleh lautan manusia, entah siang atau malam. Memang pantai ini merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan yang datang ke Bali.

Entah yang bergaya backpacker atau wisatawan dengan style flashpacker sekali pun. Semuanya tumpah ruah disini. Pantai Kuta ini juga merupakan pantai favorit saya dong! Selain tempat yang asik buat cuci mata dan pikiran, ada banyak kenangan manis disini.

Percaya atau enggak, berkunjung ke Bali tanpa menyambangi Pantai Kuta itu bagaikan makan nasi tanpa sayur dan lauk yang kurang garam. Hambar, tak begitu berasa. Makanya siapapun yang liburan ke Bali untuk pertama kali, wajib hukumnya untuk datang ke Pantai Kuta ini.

Pantai Kuta merupakan salah satu pantai di Bali yang memiliki garis pantai cukup panjang. Atau malah paling panjang ya? Entah, saya tidak pernah mengukurnya; Saya tidak permah tahu dengan pasti berapa panjangnya.

Baik ketika surut atau pasang, pantai kuta selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk Jogging sore hari
Baik ketika surut atau pasang, pantai kuta selalu menjadi tempat yang menyenangkan untuk Jogging sore hari

Biasanya ketika sedang jogging di sepanjang garis Pantai Kuta, saya menghabiskan waktu sekitar 15 menit dari ujung ke ujung. Dengan catatan, itu lari dengan kecepatan konstan ya. Nggak pake istirahat!

Sssst! Jangan bilang siapa – siapa juga, kalau pantai ini juga merupakan pantai dengan pemandangan terbaik untuk jogging di Bali! Terutama buat para cowok nih! *If you know what i mean* Hehe!

Menemukan Pantai Kuta enggak perlu pake GPS atau ribet tanya – tanya. Sambil merem pun bisa ketemu kok! Tapi, saya enggak menyarankan mencari pantai ini sambil merem ya! Normalnya hanya memerlukan sekitar sepuluh menit jalan kaki dari rumah para backpacker dari seluruh dunia yang menyambangi Pulau Bali. Yaitu Jalan Poppies I dan Poppies II.

Pantai ini adalah salah satu yang terpopuler di Bali
Pantai ini adalah salah satu yang terpopuler di Bali

Jika jalanan tidak macet, dan gak pake nyasar ke mana – mana, cuma memerlukan sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor dari pusat pemerintahan Bali, yaitu Denpasar. Pantai Kuta juga cukup dekat loh dengan Bandara Internasional Ngurah Rai.

Kasarnya, habis landing langsung lari ke Pantai Kuta juga bisa. Tapi awas ketabrak pesawat yang lagi taxi atau take off ya :D. Saking dekatnya, saya sering datang ke pantai cuma untuk bengong melihat bule berjemur. Bhhh! Bukan, tapi melihat kesibukan pesawat yang sedang take off dan landing :D

Dengan keuntungan lokasi pantai yang paling strategis, Pantai Kuta juga merupakan pantai dengan pilihan kegiatan paling banyak. Jadi sebenarnya datang ke Pantai Kuta ini tidak hanya melulu bermain air laut saja. Ada banyak sekali pilihan kegiatan yang bisa dilakukan mulai dari pagi hari hingga malam hari.

Seperti berjemur sambil curi – curi padang, surfing beneran atau cuma sok bisa surfing, bermain bola voli, sepak bola, bermain tenis pantai, hingga sekedar duduk dan bengong seharian cari kenalan, terus pacarin deh! Hehe! *Well, it is happen to me :p*

Pantai Kuta adalah tempat surfing yang sempurna untuk pemula
Pantai Kuta adalah tempat surfing yang sempurna untuk pemula

Datang kesini pagi hari, permainan voli pantai adalah hal yang sering saya temui. Biasanya saya melihat permainan ini ketika menelusuri Pantai Kuta bagian utara. Di tempat itu ada lapangan yang sering digunakan orang untuk bermain voli pantai. Dulu sih yang sering memakai adalah klub voli pantai kantor lama saya. Tetapi saya gak pernah ikut main, soalnya voli pantai bukan style saya untuk menikmati area kuta. Kalau cuma melihat saya suka sih.

Beranjak siang, ketika panas matahari mulai menyengat, pantai malah semakin ramai. Iya, ramai dengan bule. Jangan kaget kalau banyak bule yang bergelimpangan di pasir pantai ya. Mereka bukan pingsan atau sekedar tiduran. Tetapi mereka adalah manusia yang rela datang dari jauh, ribuan kilometer dari negaranya hanya untuk sekedar bergelimpangan.

Mendapatkan sinar matahari tropis yang eksotis. Orang bule kan senang sekali menghitamkan kulitnya. katanya biar lebih eksotis gitu… Kalau saya sih pasti ogah, kalau sudah hitam pasti lama baliknya. Balik jadi cokelat, bukan putih. Hehe!

Biasanya surfer pemula banyak berlatih di tempat ini
Biasanya surfer pemula banyak berlatih di tempat ini

Sedikit ke tengah laut pemandangannya akan berbeda lagi. Disitu banyak manusia – manusia yang senang sekali bermain dengan ombak. Istilah kerennya surfer! Kalau saya, panggil saja surfer abal – abal! Iya, saya sudah beberapa kali latihan, tetap saja hingga keluar dari Pulau Bali, saya baru bisa berdiri sekali diatas surfboard. Itupun hanya beberapa detik saja! Hih!

Jadi, ini sebenarnya hanyalah kamuflase, seolah – olah saya adalah penunggang ombak professional. Padahal aslinya…

Pantai Kuta selalu menjadi tujuan favorit para penunggang ombak *pemula* dari seluruh dunia. Pun banyak juga penunggang ombak profesional yang masih doyan main – main disini. Para pemula kebanyakan adalah orang yang sok bisa belajar surfing secara otodidak seperti saya. Atau… Yang sedikit berduit biasanya ikut sekolah surfing yang menyediakan pelatihan secara professional. Kalau ada dana lebih, ada banyak kok sekolah surfing di sekitar Kuta.

Karena pasirnya halus, pantai ini tempat bermain favorit untuk anak-anak
Karena pasirnya halus, pantai ini tempat bermain favorit untuk anak-anak

Tinggal pilih saja, mau keluar duit lebih atau rajin berlatih dari siang hingga sore hari. Menurut saya, orang baru bisa surfing ketika kulitnya yang berwarna putih mulus, sudah berubah menjadi hitam legam! Saya ogaaah! *kekeuh*

Pantai Kuta tidak pernah sepi, makin sore makin seru! Sore hari biasanya adalah waktunya wisatawan lokal datang ke Pantai Kuta. Jumlahnya pun gak maen – maen! Sekali datang bisa sampai sepuluh ribu orang lebih! Errr, saya asal ngitung saja sih itu, gak pernah menghitung secara tepat; buat apa coba?

Sementara pemandangan matahari terbenam di Pantai Kuta adalah primadona. Andalan dari perusahaan pariwisata yang menjual paket tour ke Bali. Saya sendiri pasti enggak mau ambil paket tour, kalau tidak ada itinerary untuk menikmati pemandangan matahari terbendam di Pantai Kuta yang tidak ada duanya itu. Iya, tidak ada duanya, memang pantai Kuta ada di mana lagi sih?

Pantai Kuta, Selalu Punya Sunset Yang Magis!

Blue hour di Pantai Kuta ini memang magis!
Blue hour di Pantai Kuta ini memang magis!

Daya tarik magis pantai ini belum berhenti sampai situ saja, meskipun matahari sudah kembali ke peraduan. Entah datangnya dari mana, malam hari Pantai Kuta sering bikin iri para jomblowan, jomblowati.

Sesudah gelap pantai ini dipenuhi para pasangan baik muda – mudi atau tua – tua keladi. Semuanya datang kesini berharap bisa berbagi kebersamaan dibawah bintang – bintang, ditemani dentuman musik dari seberang Jalan Raya Pantai Kuta.

Tentu tidak ketinggalan jomblowan seperti saya, yang sering  galau ikut meramaikan Pantai Kuta (red: dulu jomblo, sekarang tapi udah enggak ya! :p). Sejak perkenalan pertama dengan pantai ini beberapa tahun lalu, tidak pernah sedikitpun terpikir kata “bosan” dengan tempat ini.

Kalau kangen sih… sering. Padahal, kalau saya ingat – ingat lagi, saya sering kesini hanya untuk bengong, lirik kanan – kiri siapa tahu ada yang bisa saja ajak kenalan, dan mungkin saya pacari. *uhuk*

Karena semuanya itu, tidak salah lagi kalau Pantai Kuta itu sering saya sebut the icon of Bali. Salah satu eksistensi, perwujudan dari Bali yang mendunia. Pantai ini tidak pernah sepi, kecuali kalau pas hari raya nyepi. Tidak salah lagi, siapapun yang sedang traveling ke Bali, harus mampir kesini! Paling tidak sekali, Okey!? :D

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • Foto cuci mata di pantai
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
8 Responses
  1. Kakak … pantai kuta itu dimana ?? aku tak tau #melenggos. Setiap ke bali selalu mampir sejenak hanya untuk melonggok keramaian disana. Kadang kalo malam suka nongkrong di Flapjack sambil ngeliatin orang mondar mandir

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      :O memang beda kasta~ aku seringnya dulu nongkrong di circle K sambil liatin bule – bule unyu, atau abege2 centil #eh tapi pantai yang ini memang destinasi asik buat nyantai :D

  2. Anthony Lie

    Hi, numpang tanya nih gan…
    tau lokasi kos2an yg murah ngga di bali, yang lokasinya aman dan harganya pas buat anak kos2an…
    soalnya ada rencana buat kerja di bali menjelang akhir tahun ini…
    makasih y buat infonya…

  3. Ahh, aku pernah ke Bali sekali doang pas tour SMA.. Pas di Kuta, bener2 kecewa.. Waaktu kesana, banyak sampah di pinggir pantai, kayak sampah kiriman gitu.. alhasil disana pada bengong2 doang bingung mau ngapain soalnya kotor gitu pantainya :(. Udah lama banget sih pas Desember 2011 hahaha. Aku sempet foto tuh disana, pake gaya nulis di pasir pantai gitu gunain kayu, lihat hasil fotonya, eh malah temenku ngomong fotoku itu kayak pemulung lagi ungutin sampah -___-”
    Aaaaa pengen liat Kuta yang kayak di tipi2, bersih nggak ada sampahnya :(

    Yana Fajriyana | @yannafa

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      mungkin kamu kesana pas musim badai ya :| kadang memang gitu, kalau lagi musim badai banyak sampah dari sungai yang terbawa ke laut. nah akhirnya sampah tadi kadang sampai ke pantai kuta :( sayang sekali ya? makanya jangan buang sampah sembarangan, bisa bikin laut kotor juga :|

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: