Tarif Kereta Api Wisata Tenaga Uap Jaladara Steam Train di Solo

Bagaimana cara sewa, naik dan harga tiket atau tarif Kereta Api Wisata Tenaga Uap Sepur Kluthuk Jaladara Steam Train di tahun 2023 yang lewat Jalan Raya Solo? Selengkapnya baca tulisan di travel blog Indonesia catperku.com disini!

Saat berkunjung ke Jawa Tengah, jangan lupa jalan jalan mengunjungi Kota Solo dan mencoba pengalaman unik naik kereta wisata bertenaga uap Jaladara.

Terutama buat kamu yang ingin merasakan nuansa klasik dan bersejarah di masa kini.

Kereta Api Uap Jaladara atau Sepur Kluthuk Jaladara adalah salah satu daya tarik wisata yang unik di Jawa Tengah.

Kereta ini sudah beroperasi sejak 2009 dan melewati pusat kota Surakarta.

Video Naik Kereta Api Wisata Bertenaga Uap Jaladara (Steam Train Locomotive Jaladara, Sepur Kluthuk Jaladara Yang Lewat Di Jalan Raya Utama Solo Indonesia)

Kalau kamu penasaran pengalaman naik Kereta Api Uap Jaladara ini seperti apa, kamu bisa menonton video Sepur Kluthuk Jaladara dibawah ini deh.

Tonton saja sampai selesai, dan jangan lupa tinggalkan komentarmu mengenai kereta ini, like, share dan tentunya subscribe channel youtube.com/catperku ya.

 

Naik Kereta Api Uap Jaladara (Steam Train Locomotive Jaladara Solo Indonesia)

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Pengalaman Naik Kereta Api Bertenaga Uap Jaladara

Naik kereta api… tut … tut … tut
Siapa hendak turut
Ke Solo… Surakarta
Bolehlah naik dengan Jaladara
Ayo temanku lekas naik
Jaladaraku tak berhenti lama..

Tut tuut… dengan sedikit samar saya masih teringat suara berisik tetapi unik dari lokomotif Sepur klutuk Jalardara.

Karena itu dengan sedikit iseng saya modifikasi lagu “Naik Kereta Api” dengan sedikit penambahan Solo, Surakarta dan Jaladara untuk mengambarkan kegembiraan saya naik sepur klutuk Jaladara.

Lokomotif penggerak si Sepur Klutuk Jaladara.
Lokomotif penggerak si Sepur Klutuk Jaladara.

Iya, sudah lama memang saya mendengar keberadaan kereta api kuno ini.

Namun baru kemarin ketika sedang berada di Solo untuk meramaikan Grebeg Sudiro saya juga berkesempatan untuk mencoba kereta api legendaris ini.

Saya merasa sungguh beruntung bisa mencoba Sepur Klutuk Jaladara, karena kereta api ini tidak beroperasi setiap saat.

Memang saking mahalnya bahan bakar dari kereta api ini, jadinya tidak ada jadwal rutin kalau ingin mengendarainya kecuali menyewa seluruh gerbong.

Lewat tengah hari, saya sudah berada di Stasiun Purwosari, Solo yang digunakan sebagai tempat keberangkatan si Sepur Klutuk Jaladara.

Setelah berangkat dari Stasiun Purwosari, nantinya direncanakan kereta api akan berhenti di beberapa tempat ikonik solo seperti Loji Gandrung yang merupakan tempat tinggal Gubernur Solo, Taman Sriwedari dan Kampung Batik Kauman.

Sayangnya, si Sepur Klutuk Jaladara tadi berhentinya terlalu sebentar, jadi saya tidak terlalu banyak waktu untuk menikmati tempat – tempat tadi.

Sepanjang jalan Brigjen Slamet Riyadi, Jaladara yang bergerak karena uap berjalan dengan pelan.

Dengan elegan dia bergerak, hingga banyak pengguna jalan raya lain ikut memelankan kendaraanya demi mengamati si sepur klutuk yang jarang muncul ini.

Sepertinya kereta api ini juga cukup populer untuk orang yang tinggal di Solo.

Sepur klutuk Jaladara memang unik dan antik mulai dari rangkaian Sepur Klutuk Jaladara yang berupa lokomotif Uap seri C 1218, dan dua gerbong penumpang dengan desain jadul seri TR 144 dan TR Ambarawa.

Lokomotifnya sendiri adalah buatan Jerman pada tahun 1896 yang didatangkan langsung dari Ambarawa.

Para masinis ini yang mengendalikan si Jaladara, kereta api yang biasanya lewat di tepi jalan raya solo.
Para masinis ini yang mengendalikan si Jaladara.

Makanya saya begitu sumringah ketika didalam gerbong kereta.

Dua gerbong penumpang didesain dengan kondisi yang berbeda. Entah itu desain asli atau memang sengaja didesain sedemikian rupa sebagai kereta api wisata.

Gerbong pertama mirip dengan susunan kursi kereta ekonomi, semua kursi berhadap – hadapan.

Semua terbuat dari kayu, dan bisa diisi hingga 4 orang untuk tiap bagian. Sementara gerbong yang kedua didesain dengan diisi 6 kursi panjang, dengan ruang kosong dibagian tengah gerbong.

Sementara untuk lokomotifnya dibalut dengan cat dominan hitam dengan sedikit ornamen merah.

Bagian yang paling menarik dari Sepur Klutuk Jaladara ini adalah bagian lokomotifnya. Karena lokomotif uap seri C 1218 ini adalah salah satu lokomotif uap yang terkuat di dunia pada masanya.

Meskipun saya pernah naik kereta api super cepat Shinkansen, saya begitu bangga bisa menaiki lokomotif yang hanya berbahan bakar uap dengan desain yang jadul ini.

Dimana lagi saya bisa menaiki kereta uap yang melentasi tengah kota dengan elegan? Mungkin cuma Kota Solo ya?

Sayangnya karena biaya operasional Sepur Klutuk Jaladara sangat tinggi, maka kereta api ini hanya akan dijalankan jika jumlah minimal calon penumpang terpenuhi.

Kecuali jika ada yang mau menyewa seluruh rangkaian kereta. Berminat menyewa Sepur Klutuk Jaladara? Siapkan uang sekitar 3 jutaan ya.

Biaya itu nantinya akan dipergunakan dipergunakan untuk membiayai bahan bakar sekitar lima meter kubik kayu jati, 3 masinis serta 3 asisten masinis yang akan menyalakan kereta tersebut.

Dan selama perjalanan akan dihibur dengan live music tradisional juga welcome drink berupa jamu tradisional. Tertarik!? Jangan lupa ajak saya lagi ya ^^

Salah Satu Daya Tarik Wisata Populer Di Solo dan Sekitarnya

Ya, merasakan sensasi kecepatan santai dengan udara segar yang meniup lembut di wajah, dan pemandangan kota Solo yang indah, semua itu bisa kamu dapatkan saat naik kereta api uap Jaladara.

Kereta yang memiliki sejarah panjang ini telah menjadi daya tarik wisata yang populer di Jawa Tengah sejak diresmikan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo pada tahun 2009.

Selain berkunjung ke Keraton Kasunanan Solo, naik Sepur Kluthuk Jaladara bisa menjadi pengalaman wisata yang berbeda dan tak terlupakan.

Kamu akan melihat kota Solo dari sudut pandang yang berbeda, dan merasakan sensasi berwisata yang berbeda dari biasanya.

Satu rangkaian Steam Train Locomotive atau kereta api uap Jaladara terdiri dari satu lokomotif uap Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16 yang ditarik di belakangnya.

Rutenya melewati jalur utama di jalan raya kota Solo, melintasi rel yang membelah pusat kota.

Jadi, jika kamu ingin merasakan pengalaman wisata yang berbeda, cobalah naik kereta api uap Jaladara saat berkunjung ke Kota Solo.

Tidak hanya melihat kota Solo dari sudut pandang yang berbeda, kamu juga akan membawa pulang kenangan yang tak terlupakan dari wisata Jawa Tengah.

Pengalaman Naik Kereta Api Wisata Bertenaga Uap Jaladara (Steam Train Locomotive Jaladara, Sepur Kluthuk Jaladara Yang Lewat Di Jalan Raya Utama Solo Indonesia)
Lokomotif kereta api uap jaladara ini buatan Jerman yang dibuat pada tahun 1896.

Sejarah Kereta Api Wisata Bertenaga Uap Jaladara

Kereta Api Uap Jaladara memang kereta yang sangat istimewa dan unik.

Lokomotifnya sendiri merupakan lokomotif kuno buatan Jerman yang sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Meskipun sudah tua, kereta ini masih bisa berjalan dengan lancar dan mempesona.

Lokomotif Jaladara sendiri diambilkan dari Museum Palagan Ambarawa dan gerbong yang ditarik di belakangnya diambil dari Magelang dan Bandung.

Jika kamu tertarik untuk mencoba naik kereta api legendaris ini, jangan khawatir, pasti ada tempat duduk yang tersedia.

Kapasitas Kereta Wisata Jaladara atau Sepur Kluthuk Jaladara di Solo ini sendiri dapat membawa hingga 80 penumpang.

Kamu wajib mencoba naik Kereta Api Uap Jaladara ketika berkunjung ke Kota Solo.

Saat ini, sudah ada dua kereta uap yang beroperasi di rute unik ini.

Jalur Kereta Api Uap Jaladara melewati pusat kota Solo, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan cantik kota Solo dari sudut pandang yang berbeda.

Jadi, jika ingin merasakan pengalaman berwisata yang berbeda dan tak terlupakan, kamu harus mencoba naik Sepur Kluthuk Jaladara ini.

Tidak ada lagi kota lain di Indonesia yang memiliki kereta api bersejarah yang rutenya melewati dalam kota seperti Kereta Api Uap Jaladara ini.

Bisa Melayani Rombongan, Berapa Tarif Naik Kereta Api Wisata Bertenaga Uap Sepur Kluthuk Jaladara?

Tiket naik Kereta Wisata Jaladara dibanderol dengan harga yang berbeda-beda, tergantung pada domisili penumpang.

Bagi warga Kota Solo, tiketnya dibanderol dengan harga IDR 30.000, sedangkan untuk warga eks karesidenan Solo harga tiketnya sebesar Rp 100.000.

Sementara itu, untuk penumpang yang berasal dari luar eks karesidenan Solo, tiketnya akan lebih mahal yaitu sebesar IDR 200.000.

Bisa Melayani Rombongan, Berapa Tarif Naik Kereta Api Wisata Bertenaga Uap Jaladara?
Salah satu gerbong Kereta Api Uap Jaladara.

Untuk pengunjung yang ingin merasakan sensasi bersejarah naik kereta api uap Jaladara, ada juga opsi untuk menggunakan layanan carter dengan keberangkatan dari Stasiun Purwosari.

Biaya carter Sepur Kluthuk Jaladara sebesar Rp3.500.000,00 untuk satu trip selama tiga jam.

Tersedia juga beberapa pilihan paket menarik, seperti paket batik, paket kuliner, paket pernikahan, hingga paket VIP dengan tarif berkisar antara Rp9 juta hingga Rp25 juta.

Tarif ini sudah mencakup bahan bakar kayu jati serta biaya operasional masinis dan asisten masinis.

Untuk memesan tiket naik Kereta Api Jaladara, Anda dapat melakukan reservasi melalui kantor Dinas Perhubungan atau Dishub Kota Solo yang terletak di Jl. Menteri Supeno No.7 Manahan, Solo.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp (WA) 0856 4200 5156 atau 0896 3097 6114.

Dengan melakukan reservasi terlebih dahulu, Anda dapat memastikan ketersediaan tempat dan mempersiapkan diri untuk pengalaman unik naik kereta api wisata yang bersejarah ini.

Diharapkan pengoperasian kereta uap ini bisa membantu membangkitkan sektor pariwisata Kota Solo yang sempat terdampak pandemi.

Bagi wisatawan, naik kereta api uap Jaladara bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan selama liburan di Kota Solo.

Selain itu, dengan membayar tarif carter Sepur Kluthuk Jaladara, kamu juga turut mendukung pemeliharaan dan operasional kereta api yang telah menjadi bagian sejarah Indonesia.

Jadi, jika berkunjung ke Kota Solo, jangan lupa mencoba naik kereta api uap Jaladara dan merasakan sensasi bersejarah yang disajikan oleh Sepur Kluthuk Jaladara.

Tips Penting Untuk Diperhatikan

  1. Lakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa memastikan tempat duduk yang tersedia.
  2. Jangan lupa datang lebih awal, minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan agar tidak ketinggalan.
  3. Kenakan pakaian yang nyaman, karena perjalanan dengan kereta uap Jaladara memakan waktu sekitar 3 jam.
  4. Jangan lupa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen unik saat naik kereta uap ini.
  5. Jika memesan paket wisata, pastikan untuk mengetahui detail fasilitas dan jadwal yang disediakan.
  6. Bawa uang tunai atau kartu kredit untuk membeli makanan dan minuman di dalam kereta.
  7. Patuhi aturan keselamatan dan tata tertib yang berlaku, termasuk tidak boleh merokok di dalam kereta.
  8. Berikan tips atau pujian kepada masinis dan kru kereta jika merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
  9. Jangan terlalu asyik dengan pemandangan hingga lupa menikmati hidangan dan minuman yang disajikan di dalam kereta.
  10. Jadikan momen naik kereta uap Jaladara sebagai pengalaman wisata yang berbeda dan tak terlupakan.

Semoga informasi mengenai cara sewa, naik dan harga tiket atau tarif Kereta Api Wisata Tenaga Uap Sepur Kluthuk Jaladara Steam Train di tahun 2023 yang lewat Jalan Raya Solo ini bisa berguna ya!

 


Fahmi (catperku.com)

Fahmi (catperku.com)

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *