Photo Story : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Yang Berbeda Di Malam Hari Dari Pananjakan View Point

Kemarin adalah kali ke-enam saya berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Apakah saya bosan? Jelas enggak! Karena masih ada banyak sekali yang bisa di eksplore di taman nasional paling keren se-Jawa Timur ini! Bahkan, di Pananjakan view point yang selalu penuh sesak sekalipun!

Jika ingin membaca tulisan saya tentang bromo yang lain, bisa coba buka link dibawah ini.

Well, selalu ada cara untuk menikmati Pananjakan yang biasanya penuh sesak. Misalnya dengan datang ke Pananjakan viewpoint jauh lebih awal seperti saya. Dari penginapan, saya dan teman yang lainnya berangkat jam 1 dini hari, dan sampai di Pananjakan jam 2 dini hari.

Ketika saya sampai disana, hanya ada satu warung yang buka, sementara yang lain masih tutup. Tempat parkirpun masih gelap gulita, smartphone pun akhirnya difungsikan sebagai penerangan. Setelah mengisi perut yang sedikit kelaparan, saya mulai berjalan menuju Pananjakan view point.

Tidak perlu waktu yang lama dari tempat parkir jeep 4×4 menuju view point Pananjakan. Dengan gesit saya segera memasang Kamera kesayangan Sony Nex F3 pada tripod, dan mulai mengabadikan kegelapan malam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kira-kira seperti ini lah hasilnya, Taman Nasiona Bromo Tengger Semeru dalam kegelapan malam dengan kamera mirrorless standar dengan lensa ala-ala!

Pananjakan Viewpoint jam 2 dini hari, nggak ada manusia, minimum polusi cahaya
Pananjakan Viewpoint jam 2 dini hari, hampir nggak ada manusia, minimum polusi cahaya
Pose dengan background bintang-bintang diatas langit TNBTS
Pose dengan background bintang-bintang diatas langit TNBTS
Gunung Bromo dengan latar belakang ribuan bintang di langit
Gunung Bromo dengan latar belakang ribuan bintang di langit
Niatnya pose keren, tapi ternyata susah juga biar nggak blur
Niatnya pose keren, tapi ternyata susah juga biar nggak blur
Gunung Bromo di kegelapan malam
Gunung Bromo di kegelapan malam
Pesawat ruang angkasa? bukan ini langit di atas Pananjakan viewpoint kok!
Pesawat ruang angkasa? bukan ini langit di atas Pananjakan view point kok!
Menjelang sunrise, viewpoint Pananjakan mulai dipenuhi manusia
Menjelang sunrise, Pananjakan View Point mulai dipenuhi manusia
Setelah pagi datang, beginilah penampakan Bromo
Setelah pagi datang, beginilah penampakan Bromo

Perjalanan ini disponsori penuh oleh Kementerian Pariwisata Indonesia (indonesia.travel). Kalian bisa melihat foto-foto perjalanan ini di akun social media seperti Twitter @catperku dan Instagram @catperku dengan hashtag #PesonaIndonesia #SaptaNusantara #INATopBucketList

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
38 Responses
  1. Keren kang!!! WOOOW! Btw, untuk berpose diam selama beberapa puluh detik emang susah. Tapi aku bisa sih. Kae pas motret milky way wis tak buktikno. HAHAHAHA.

    Senajan untune garing. HAHAHAH

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: