Cara Membuat Work And Holiday Visa Australia Part 1: Mencari Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur

Sudah pada tahu dengan yang namanya dengan Work And Holiday Visa atau Visa Bekerja Dan Berlibur belum? Yah, mungkin belum terlalu banyak yang tahu juga ya. Soalnya saya juga baru tahu keberadaan visa ini tahun 2013. Menurut saya, visa yang satu ini adalah visa paling menyenangkan untuk masuk ke Australia dan berada disana selama satu tahun penuh untuk berlibur sambil bekerja. Enak kan jadinya? Bisa bersenang – senang liburan, pulang dari sana uang masih aman bahkan bisa bawa tambahan :D.

Program Bekerja dan Berlibur (Visa)/Work and Holiday mendorong pertukaran budaya dan hubungan person to person yang lebih erat dengan memungkinkan pemuda-pemudi Indonesia untuk menghabiskan liburan panjang serta dapat melakukan pekerjaan jangka pendek di Australia. Program Bekerja dan Berlibur merupakan hasil kerjasama yang erat antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia sejak tahun 2009. Pada awal berlakunya kesepakatan, pemerintah kedua negara menyepakati kuota untuk program ini berjumlah 100 (seratus) orang. Namun berdasarkan hasil kunjungan Presiden RI ke Australia pada bulan Juli 2012 silam, jumlah kuota untuk Program Bekerja dan Berlibur (Visa)/Work and Holiday berjumlah1000 (seribu) orang. – Dikutip dari web Immigrasi.

Tahapan pertama cara membuat Work And Holiday Visa Australia ini adalah dengan membuat surat rekomendasi Work And Holiday (Para pengejar visa WHV biasa menyebut surat ini dengan surat sakti atau Letter of Government Support), yang cuma bisa dilakukan di Imigrasi Pusat Indonesia yaitu Direktorat Jenderal Imigrasi yang berada di Jakarta. Alamatnya sendiri berada di bawah ini ya :

Direktorat Jenderal Imigrasi
Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Indonesia
Jl. H. R. Rasuna Said Kav.X-6 Kuningan-Jakarta Selatan
Call Center : 021 5224658 ext. 2702
Telefax : 021 5225038

Peta Lokasi

Proses awal cukup mudah sebenarnya, yang saya lakukan hanyalah mengisi form yang ada disini. Setelah itu saya tinggal menunggu untuk dipanggil wawancara. Disini adalah proses yang paling sederhana sekaligus mendebarkan. Karena dari proses daftar hingga dipanggil wawancara ke Direktorat Jendral Imigrasi indonesia memerlukan waktu sekitar 3 bulan atau bahkan lebih~ Yah, seenggaknya bisa untuk melatih kesabaran deh :D

(Baca Juga : Serunya Jadi Tukang Kue Di Australia)

Form yang harus di isi untuk mendaftar wawancara di Direktorat Jendral Imigrasi Pusat.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Form yang harus di isi untuk mendaftar wawancara di Direktorat Jendral Imigrasi Pusat.

Selama proses menunggu, yang saya lakukan adalah mempersiapkan dokumen yang ada, seperti mengisi dengan lengkap form identitas yang disediakan Dirjen Imigrasi Indonesia disini. Selain itu saya juga begitu rajin membuka alamat : http://www.imigrasi.go.id/index.php/en/layanan-publik/rekomendasi-work-and-holiday-visa#jadwal-wawancara. Kenapa harus rajin? Karena jadwal wawancara yang selalu hari senin itu biasanya keluar di akhir minggu (bisa kamis atau jumat).

Jadi, kalau tidak mau melewatkan jadwal wawancara harus rajin cek sendiri. Setelah selesai wawancara surat rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur Australia akan dikirim ke email yang digunakan waktu mendaftar. Bisa satu minggu – satu bulan setelah wawancara. Atau bisa juga dicek disini : http://www.imigrasi.go.id/index.php/en/layanan-publik/rekomendasi-work-and-holiday-visa#pengumuman.

Nah, sekarang masuk ke syarat membuat Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur ini ya. Ada syarat umum, dan syarat khusus. Tenang, syaratnya ini gak terlalu ribet kok, gak perlu harus melepas gelar Jomblo segala :D. Untuk syarat umum membuat surat rekomendasi visa bekerja dan berlibur Australia ini sebagai berikut :

1. Telah berusia 18 tahun atau belum berusia 30 tahun pada saat pengajuan permohonan surat rekomendasi. Yap, yang sudah berumur lebih dari 30 tidak boleh menggunakan visa ini. Karena memang visa ini ditujukan sebagai visa pertukaran budaya. Terutama untuk yang ingin banyak belajar dari pengalaman hidup sekaligus meningkatkan keahlian berbahasa Inggrisnya. O iya, untuk yang ingin mendaftar visa dan masih berumur 30 tahun mungkin bisa segera mendaftar sebelum masuk ke umur 31 deh :D.

2. Setidaknya memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan. Yang masih kuliah bisa juga dong mendaftar WHV atau Work And Holiday visa ini. Asal sudah pernah kuliah lebih dari 2 tahun. Bisa cuti kuliah gitu deh! Namun akan lebih enak lagi kalau sudah lulus, jadi enggak ada tanggungan ke orang tua atau semacamnya. Sekalian bisa buat cari pengalaman selama di Australia nanti.

3. Belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur sebelumnya. Yak! Visa ini hanya boleh diambil sekali seumur hidup! Tidak ada kesempatan kedua! Kuota pertahun cuma 1000 visa pula :|. Jadi sebisa mungkin diambil kalau ada kesempatan.

4. Memiliki paspor yang berlaku sekurang-kurangnya 12 bulan atau lebih. Karena masa tinggal di Australia dengan Work And Holiday Visa Australia ini adalah maksimal 12 bulan. Kalau kurang dari itu akan ribet deh mengurusnya.

5. Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris sekurang-kurangnya tingkat fungsional. Minimal bisa pede kalau berbicara bahasa inggris untuk bertahan hidup selama disana.

6. Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur. Meskipun sudah menikah masih bisa mencari visa ini, namun yang belum mempunyai anak. Saya juga pernah tahu ada pasangan suami istri yang bisa mendapatkan visa WHV, namun mendaftar terpisah.

7. Memiliki sejumlah dana seharga tiket pergi-pulang dan untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia. Pendek kata, harus punya tabungan aktif sebesar AUD 5000 untuk membuktikan kalau bisa bertahan hidup selama 3 bulan pertama di Australia. Bagaimana cara mendapatkan uang segitu? Ya tinggal bekerja keras, atau bisa menggunakan rekening orang tua kalau masih di support orang tua. Cara paling terakhir mungkin bisa pinjam sana sini. Karena dana sejumlah AUD 5000 ini hanya syarat saja. Namun karena biaya hidup di Australia lumayan mahal, minimal punya dana untuk bertahan hidup selama mencari pekerjaan setelah sampai di Australia nanti. Jangan bondo nekat alias bonek ya, bisa bisa di deportasi karena nggak bisa survive disana.

8. Surat Rekomendasi berlaku 1 (satu) bulan sejak tanggal dikeluarkan. Begitu surat sakti disetujui, segera daftar ke AVAC atau agensi yang mengurusi pembuatan visa bekerja dan berlibur Australia ini. *bagian ini akan saya bahas di tulisan selanjutnya*.

9. Permohonan Surat Rekomendasi tidak dapat diwakilkan. Dengan alasan apapun, surat rekomendasi dari Ditjen Imigrasi pusat ini harus dibuat sendiri. Tidak boleh diwakilkan.

Contoh Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur Australia yang sudah jadi.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Contoh Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur Australia yang sudah jadi.

Nah, diatas saya sebutkan syarat umumnya. Kemudian syarat khusus membuat surat rekomendasi visa bekerja dan berlibur Australia yaitu berupa dokumen yang harus dibawa ketika wawancara. Lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Form Identitas (download di sini).

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Akte Kelahiran.

4. Paspor yang bersangkutan dengan masa berlaku minimal 12 bulan.

5. Ijazah perguruan tinggi minimal Diploma III, atau Surat Keterangan sebagai mahasiswa aktif setidaknya 2 tahun, dilengkapi Kartu Mahasiwa (KTM) dari perguruan tinggi bersangkutan.

6. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris IELTS dengan minimal score 4.5 / atau lulusan perguruan tinggi yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. *Update terakhir, TOEFL dah gak bisa dipake, sekarang cuma bisa pake IELTS dengan minimum nilai 4.5* Goodluck belajar ujian IELTS buat WHV-nya ya!*

7. Surat keterangan / Jaminan Bank atas kepemilikan dana sejumlah AUD 5000 (lima ribu Dollar Australia) atau yang setara. Dalam hal ini saya melampirkan print rekening koran selama 3 bulan terakhir. Usahakan rekening adalah rekening aktif yang sehari – hari dipakai.

8. Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih.

Perlu Diperhatikan Untuk Kelancaran Wawancara :

1. Seluruh berkas asli dan fotokopi dilampirkan saat wawancara;
2. Berkas fotokopi dimasukkan dalam map warna biru dengan urutan seperti di atas;
3. Tidak dipungut biaya selama proses pengeluaran surat rekomendasi;
4. Sertifikat bahasa Inggris dalam bentuk prediction TIDAK DITERIMA.

Contact Person Atau Yang bisa Dihubungi Mengenai Surat Rekomendasi Work And Holiday Visa Australia

Afif Nurwilianto, Winda Arum Hapsari, Adytia Putra Ramdho dan Teguh Siswaji
Desk Work and Holiday Visa – Direktorat Lintas Batas dan Kerjasama Luar Negeri
Direktorat Jenderal Imigrasi
Gedung Ditjen Imigrasi Lt. 4
Jl. HR Rasuna Said Kav 8 – 9, Jakarta 12940
Telp.: 021 – 49553330; Fax: 021 – 5225033
Email: workandholiday[at]imigrasi.go.id
Website Resmi: http://www.imigrasi.go.id

Kira – kira diatas cara mencari surat rekomendasi visa bekerja dan berlibur Australia di Direktorat Jendral Imigrasi Pusat. Selain tulisan “Cara Membuat Work And Holiday Visa Australia Part 1: Mencari Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur” ini, saya nanti juga akan menuliskan bagaimana membuat Visa Bekerja dan Berlibur Australia di AVAC atau Australia Visa Application Center. Semoga tulisan ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan langsung berkomentar ya :)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

130 Responses

  1. Kak … kalo visa menuju hati nya bagaimana cara nya ??? hahaha

  2. karina says:

    bermanfaat banget bang fahmi
    ditunggu kelanjutannya

    aku harus les bahasa inggris nih kalo mau ikutan juga hmm
    gak punya sertifikat soalnya -__-

    • Rijal Fahmi says:

      Ayuk, kalau bisa ambil visa ini ambil aja :D buat pengalaman waktu masih muda deh :D kalau sertifikat bahasa inggris ambil toefl atau ielts sekalian jika ingin lanjut buat kuliah nanti :D

  3. Gara says:

    Wew bermanfaat sekali Mas. Terima kasih.
    Peminat tiap tahunnya banyak nggak, sih, Mas? Hehe…

  4. Informasi yang sangat bermanfaat :)

  5. Halim says:

    Udah baca yg kedua juga… Lengkap banget infonya, pasti tahun depan bakal banyak yg apply WHV tanpa repot tanya sana-sini :-) Good luck di negeri kangguru :-)

  6. Si Ochoy says:

    Hmmmm harus nunggu lulus dulu nih.. Sekalian mantepin bahasa Inggris

  7. Si Ochoy says:

    Hmmmm harus nunggu lulus dulu nih.. Sekalian mantepin bahasa Inggris

  8. jiaaahhhh kerennn mas…moga2 diterima yaaa… btw, istrimu ikutan jg ga?

  9. Wingga says:

    Mas fahmi kalau WHV itu khusus buat negara ausralia aja atau bisa negara lain? :D

  10. indahrasti says:

    aak ini lengkap! jadi pengen apply, haha! thanks mas :)

  11. Jimmy Kwok says:

    Terima Kasih Bang infonya. Saya mau nanya, WHV itu bisa didaftar kapan saja atau ada jadwalnya Bang? Trus, saya bisa cek online ga klo kuota 1000 org itu sudah full atau belum. Thanks.

    • Rijal Fahmi says:

      Daftar kapan saja selama kuota belom penuh, terus nggak bisa liat udah berapa yang daftar, kuota 1000 dah penuh atau belum :) Kalau ngeliat kinerja immigrasi indonesia sih, susah kuota 1000 penuh setahun.

  12. Una says:

    Mas nanya lagi hahaha.
    Itu toefl boleh ITP ngga sih? Yang 300ribuan hehehe. Aku baca blognya Mbak Linda dia TOEFLnya yang 1,75 juta soale…

  13. Sabrina says:

    Ada beberapa pertanyaan, tolong dijawab yaa
    Makasii

    1. Work and holiday visa biasanya dibuka bulan apa?
    2. Apakah surat penjamin (kerabat yang tinggal di Oz) bisa menjadi pengganti syarat rekening min AUD$ 5,000?
    3. Saya coba buka web imigrasi utk dpt letter tp sy gk bs donlot form nya, apakah karena kuota sudah memenuhi?

    Minta infonya ya, saya sudah telp ke imigrasi jg gk ada yang angkat :(

    • 1. Work and holiday visa dibuka sampai kuota habis, dan kuota reset tiap bulan juli sepertinya.
      2. Tidak bisa, harus ada dana segitu untuk membuktikan kalau bisa bertahan hidup selama tinggal disana di masa awal.
      3. Sepertinya memang web immigrasi indonesia untuk membuat letter of goverment support memang sedang bermasalah. Kalau sudah gini, biasanya akan lama sih :|

  14. Brilyan says:

    Sama kaya komen diatas, gimana niih, saya udah ada rencana dari januari dan punya duit jaminan sekitaran maret jadi ane hrs tgg 3 bulan biar cek korannya bisa dipake eh taunya skrg formnya gabisa di donlod :(((

  15. Whoholinday says:

    Permisi …
    mau tanya . untuk pengajuan jenis visa ini, passportnya belum E-passport bisa kah ?

  16. Heru says:

    kalau sertifikat toelfnya harus dari instansi or lembaga tertentu yg ditunjuk oleh pihak immigrasi? apply diAVAC nanti jg diminta Sertifikat toelfnya kah?

  17. Heru says:

    jdi harus dua ya? toelf ma ielts ? trus daftar toelf ma ieltsnya boleh di tempat kursus mana sjakah?

  18. Heru says:

    mas dulu pake toelf apa ielts? trus biaya toefl or ielts nya brpaan?

  19. Heru says:

    satu lagi mas, plis tolong dijawab, jd total berapa lama dri proses permohonan surat rekomendasi dirjen immigrasi sampai visanya keluar?

    apa mas skrng udah di australia?

    terima kasih sngat bermanfaat sekali blognya…

  20. ainy says:

    Salam kenal, mas Fahmi..
    saya mau tny, kalau misalnya nggak ada gelar diploma, nggak boleh apply whv ini ya? dan solusinya apa selain harus kuliah lagi?

    ditunggu balasannya ya.. thankssss

  21. mas terimakasih banyak sharingnya, sangat bermanfaat..

  22. Ulrike says:

    Kalau kita kelewatan jadwal wawancaranya gimana? Berarti kita harus mengulang lg pendaftarannya ya?

  23. Bayu says:

    thank banget nih…. tulisannya sangat bermanfaat.. any way saya masih di aussie tepatnya di brisbane tapi cuma stay 3 bulan,,, dan mau ngajuin VWH tapi gw masih bingung nih… dengan masalah sertifikat TOEFL dan kawan-kawannya, karena saya lulusan s1 B.inggris jadi gak pernah ikut tes untuk dapet sertifikat itu… terus itu dapat jadi kendala gak ya mas????

  24. Ulrike says:

    Hai. Saya mau nanya lagi ni. Kalau untuk tabungannya harus atas nama kita pribadi? Bagaimana bila atas nama orangtua? Terus untuk soal verifikasi dan wawancara apa ada sistem lulus atau tidaknya?

    • Kalau atas nama orang tua, sertain kaka sama surat kalau memang didukung oleh orang tua dananya :) wawancara yang nentuin dapet atau enggak letter of goverment support, yang asal syarat lengkap dan jujur nggak palsuin apapun pasti dapet (red : palsuin ijazah, rekening dll, selama ini yang gak lolos gitu). Kalau masalah visa lolos atau enggak, itu sepenuhnya hak australian embassy, jadi berdoa saja dapet :)

  25. Ulrike says:

    Terimakasih banyak. Tapi ada lagi pertanyaannya. Hehehe..
    Aku sempat dapat kabar klo banyaknya uang tabungan, semakin banyak semakin menjamin lolos wawancara. Apa itu betul? Terus kalau seandainya kita punya kakak kandung tinggal di australia, apa itu akan semakin memberikan peluang lolos yang lebih besar?
    Maaf ya kalau banyak nanya.

  26. Ami says:

    Hallo kak,

    Saya mau tanya.
    Berarti cara untuk mendapatkan visa WHV ini pertama kali saya registrasi di webnya di direktorat imigrasi ?
    Kemudian keluar jadwal wawancara, pas wawancara, berkas apa saja yang harus dibawa ya kak?
    semua berkas yang diperlukan juga untuk mengurus visanya ? apa cuma permohonan surat rekomendasi saja ?
    saya masih agak bingung. Makasih kak

    • Coba dibaca lagi dengan seksama, sepertinya itu semua sudah jelas kok. Karena kalau di tahap ini aja nggak paham, bagaimana cara bertahan hidup di australia nanti? Di negara orang jauh lebih susah, dan harus bisa mandiri loh :) semua berkas untuk wawancara kan sudah ada listnya itu :)

  27. Dessy manda says:

    Halo kak fahmi, mau tanya dong.. ini kan aq rencan juga mau apply WHV.. nah, nah aq dah tes toefl (tp yg itp) dapet nilai 467.. katanya kan minimalnya 450. Tp denger2 kok toefl itp per bulan agustus 2015 udah gak berlaku ya? Apa emang bener gitu? Thanks before..

  28. Ahmad sazali says:

    Mau nanyak juga ni mas,
    1. Bisa ndak pengurusan berkasnya dilakukan di kantor cabang kedutaan yang di bali saat ini ?
    2. mau mastiin juga mas, setau mas sampai saat ini bisa ndak kita apply tanpa sertifikat toefl atau ielts ? Soalnya sy juga lulusan s1 b.inggris
    oyaaa, blognya berguna banget mas buat sy yang memimpikan whv ini, thanks..

    • mau coba jawab ya :)

      1. semua pengurusan visa australia harus via AVAC sebagai kurir, nggak bisa langsung ke kedutaan :)
      2. kalau kuliahnya full english tiap harinya ada yang bilang bisa, tapi tetap lebih aman pake ielts :) karena harga visa yang lumayan mahal nggak bisa main – main deh :D

  29. bayoe says:

    Makasih untuk balasannya.. terus untuk ieltsnya sendiri minimal nilainya berapa?? Dan mohon infonya dong tesnya dimana ? Saya dari serang banten, dan biaya tesnya sendiri berapa?

  30. Deny Vandemor says:

    kalo formny ga bisa di download di web saya mau langsung ambil di Direktorat imigrasiny bisa ga? soalnya ga bisa bisa nih di download.

  31. Aditya Christianto says:

    Halo Kak Fahmi, Thank you untuk blog and informasi nya, sangat berguna!

    Anyway, saya mau nanya. Untuk persyaratan ijazah perguruan tinggi, minimal harus D3 kah? berarti D2 gak bisa ya? Karena saya dengar kabar simpang siur kalau D2 masih bisa, yang penting pernah mengikuti sekolah tinggi minimal selama 2 tahun. Minta tolong info nya ya kak.

    Thank you and regards,
    Aditya

  32. FitaSari says:

    Halo kak Fahmi,
    Terimakasih sekali infonya jelas dan menarik :)
    Tapi saya pengen tau nih, untuk proses ke AVAC nya apakah lancar dan mudah prosedurnya? Kontak nya ke mana ya kak?
    Terima kasih sebelumnya
    Salam

  33. feropi says:

    Hallo Kak Fahmi,
    tulisannya sangat bermanfaat sekali bagi kami- kami yang ingin mengajukan WHV. Daebakk…
    Sy juga lagi rencana mau apply visa ini, tapi masih nyiapin dokumen, bulan nov ini baru mau ikt test ielts, sebenarnya sy D3 nya jurusan bahasa inggris, sy pernah baca2 kalau bisa pake surat ket dr kampus kalau di kampus menggunakan pengantar bahasa inggris, tapi kyknya ribet lah mau minta surat keterangan segala,, juga belum tentu di terima.
    saya pertamanya mau suruh agen yang urus,,, tapi setelah ditanya-tanya 1 agen yg bilang kalau visa ini ga bisa di apply skrg harus tunggu bulan april 2016 baru buka,,, sy ga percaya setelah sy baca2 postingan blog2 yang bahas soal visa ini, jadi sy nekat dah cb apply sdr ga mau lewat agen, hehehehe….
    tapi ada 1 hal lagi nih yang bikin sy mikir,sy di kasi tau langsung sm tante sy yg lg di OZ skrg … kalau misalnya visa kita di tolak, kita langsung di blacklist sm OZ n nga boleh apply visa lagi selama beberapa tahun?? bener ga kak??

    • mana ada langsung di blacklist? Kecuali kamu melakukan kejahatan. enggak lah, nggak ada kayak gitu. Kalau mau apply WHV mending urus sendiri, jauh lebih murah. caranya gampang kok :) asal ikutin semua syaratnya, nggak pake cara illegal seperti malsuin dokumen dll, kemungkinan dapet visa gede :)

  34. Rosabel Andini says:

    hai kak Fahmi, makasih ya info nya. Berguna banget buat yang mau ngajuin Working Holiday Visa, kalau boleh tau buat dapat surat rekomendasi (surat sakti) nya harus di Jakarta ya kak? Soalnya lokasi saya ada di Bali. Thanks before :)

    • harus di jakarta :) nggak bisa nawar!!

      • Siap deh kak, makasi ya info nya. Dan untuk ke Australia nya kalau boleh tau kaka bikin asuransi nya di mana ya? Soal nya setau saya tanpa asuransi kita juga tidak bisa ke sana ya

        • aku nggak pake asuransi, eh belom beli sih~ tapi kalau buat apply visa nggak pake asuransi kemaren :)

          • nanya lagi ya kak, kan ini saya barusan mau registrasi untuk wawancara di imigrasi.go.id dan sudah diminta memasukkan nilai IELTS dan masa berlaku. Awalnya saya kira, bisa registrasi dulu dan selagi menunggu dipanggil untuk wawancara saya bisa melakukan tes IELTS karena saya hanya punya tes TOEFL. kemudian saya juga ingin bertanya, apa maksud dari kepemilikan dana yang ada di registrasi? Mohon maaf merepotkan dan terima kasih untuk jawabannya :)

          • masukin perkiraan aja dulu, asal nanti nilainya bisa dapat sesuai persyaratan nggak apa. kepemilikan dana itu maksudnya punya AUD 5000 nggak seperti persyaratan visa. Coba baca beberapa kali deh tulisanku kalau masih bingun, semuanya udah aku jelasin disitu kok :D

          • tya says:

            met malem kak,,kak sya tia,,kak kalo tabunganya yang aktif pakai tempat tante atau om at saudara bisa tidak ya kak?,terimkasih kak

          • kayaknya ngngak bisa deh, harus sodara yang ada dalam satu akte kelahiran. karena pembuktiannya nanti ya pake dokumen akte lahir itu buat AUD 5000 nya

  35. baik, makasih ya kak, responnya cepat banget dan sungguh menolong untuk pembuatan visa. God bless yah :D

  36. pink says:

    thnks kak Fahmi infonya…aku juga berencana untuk pengajuan tp tes tangga 21 november, Kak Fahmi saya sangat khawatir dengan test Ielts. saya rencana ambil yang general, menurt kak Fahmi untuk bisa dapat standar 4.5 apa susah? Thanks before

  37. Yeni says:

    Fahmi aku mau nanya kemaren kamu test Ilets dimana dan berapa biaya nya? terus klo untuk jadi aupair agusnya Ielts apa ya? yang biasa apa yg akademik?

    • Kemarin test ielts untuk visa WHV di IALF jakarta. Di kuningan itu :) Kalau bagusnya yang mana sama-sama bagus sih. Cuma kalau niat buat kuliah lagi, ambil yang akademik. Tapi kalau buat au pair atau kerja casual saja, mending ambil ielts yang general.

  38. Endang says:

    Sangat bermanfaat dan terima kasih. Good luck and enjoy Aussie yaaaa..

  39. Yana says:

    Kak Rijal Fahmi, tulisannya lengkap sekali loh, makasih ya! Termasuk untuk info pemanggilan wawancara surat rekomendasi yang nunggu 3 bulan itu haha. Apa teman-teman segelombang wawancara kakak juga selama itu? (sempat nanya kah?) Saya sih udah berminggu-minggu emang ga ada kabar, dan ga ada notif ke email pribadi bahwa pendaftaran online saat itu sukses (abis klik “simpan” cuma ada komen “data tersimpan…”, emang gitu ya waktu mas kemarin? Jadi was-was juga.

  40. Oh iya, mas Fahmi dan istri ini samaan ikut WHV kah? Atau bisa ikut aja asalkan salah satunya ikut WHV?

  41. Julia Robert says:

    Mas Rijal terima kasih karna senang berbagi atas informasinya ini, karena pengalaman sudah pernah menanyakan ke teman yang pernah mendapatkan visa WHV tetapi tidak direspon, jadi sekarang merasa benar2 beruntung ada orang seperti Mas Rijal senang berbagi informasi.

  42. Vhedherika says:

    wow, makasi pak infonya, saya mau buat ini, kira 2 biaya yang dibutuhkan berapa pak? terima kasih banyak :)

  43. tri says:

    trimakasih ya untuk infonya. saya baru ada rencana untuk apply nih. tapi apa benar skor toefl udah ga berlaku lagi? katanya sekarang harus pake ielts dengan standar skor 5,5, dan untuk sekali tes aja udah mahal banget… kalo ga lulus apes dong :(

  44. Linda S. says:

    Hai kak. Bagus banget ini informasi tentang WHV nya. Pengen banget nih ambil. Tapi masih bingung soal yang uang 5000 AUD di tabungan. Itu blh plek lgsg dikirim segitu ke rek kita atau mesti bertahap? Sangat ga ngerti nih :( mohon pencerahannya.

  45. Steven says:

    Permisi kak, mau tanya kalau kita sudah pernah kuliah disana dan dapat sertifikat, bisa untuk replacement ielts tidak?

    • Selvi says:

      Halo Steven.. mau nanya dong udah register buat recommendation letter nya belom ya? sy kuliah dan kerja di singapore udah 10 tahun.. mau tau juga apa masih perlu ambil IELTS atau TOEFL. Thank youu :)

  46. Tommy says:

    Thx kak , bermanfaat sekali, saya emank mau daftar visa woking holiday. Kira2 total biaya pembuatan surat rekomendasi imigrasi dengan visanyam kira2 mahal gk? Kalo test toefl smpai jutaan yah? Itu apa pasti lulus yah?

  47. Saiyasai says:

    Mas Fahmi, tanya yaa…

    Untuk yg uang jaminan AUD5000 itu hanya harus ready pas kita apply visa-nya kan ya? I mean, selama proses dari submit doc untuk surat dukungan pemerintah (waktu tunggu sekitar 3 bulan) kita bisa sambil nabung untuk penuhin tabungannya. Kira2 mereka akan ngecheck history tabungan kita ga ya? Kalau tiba2 ada AUD5000 di rekening kita padahal sblmnya blm pernah sampe segitu. Dan history tabungan ini ngaruh ga ya kira2 ke sbrp besar kans visa kita diterima?

    Thank you mas Fahmi.

  48. Beni says:

    Om, saya sudah coba registrasi untuk Rekomendasi Work and Holiday Visa tapi hanya menerima pesan di web-nya sudah berhasil ketika klik tombol ‘Simpan’. Apa memang tidak ada email respons atau konfirmasi dari pihak imigrasi kita ya? Jadi, cuma tunggu jadwal wawancara setelah registrasi? Bagian ini membuat saya h2c :D (Terima kasih sebelumnya)

  49. Anastasia says:

    Halo, websitenya bener” ngebantu nih,apalagi link Grup WHV Indonesia di facebook, terima kasih ya. Tapi ada 1 pertanyaannih, di persyaratannya kan seharusnya ada hasil IELTS tuh, kalau hasilnya lebih dari 2 tahun, apakah saya harus tes lagi atau bisa pake yang lama ? Mas dulu gimana? Makasih ya sebelumnya :)

  50. Ady Setyo says:

    Mau nanya, pengen sekali ke Aussie tp kalo usia udah 30 lebih solusinya gmn mas? Apa ada jenis visa yang lain? Terimakasih sebelumnya.

  51. niq says:

    hi mau tanya, mending registrasi dulu k k imigrasi atau tes ielts dulu ya? untuk tabungan yg senilai 5000AUD itu harus 3bln sblum registrasi atau gmn y? thx :)

  52. Imelda says:

    Hi Mas.. Mksh byk atas infonya sangat detil dan bermanfaat.
    Boleh saya tanya2 :

    1. Semisalkan mau berangkat September taun depan, kapan sebaiknya waktu untuk mulai mendaftar ?

    2. Dokumen yang dibawa ke AVAC ada disebutkan membawa kartu keluarga itu apakah perlu dibawa yang asli ?
    Karena saya pinginnya daftar bareng adik. Nah takutnya nanti hanya bisa dipakai oleh salah satu saja.

    3. Untuk IELTS GT itu apakah minim score 4.5 ? Dulu dah lama banget tahun 2009 pernah ambil yg academic overall 6.0. Sekarang dah jelek banget karena gak pernah dipakai. hehehe…

    Thanks a lot.
    Best Regards,

    Imelda.
    Email : [email protected]

  53. Eliza says:

    Hi Kak, mau tanya
    1. saya lulusan S1 luar negeri tapi lulus sudah 5 tahun lalu dan pulang ke Indonesia kalau ajukan tanpa IELTS bisa?
    2. sepertinya KTM saya sudah ga tau kemana hehe. Itu gimana ya?
    3. untuk rekening koran 3 bulan terakhir, apa dari bulan pertama sudah harus terkumpul AUD 5,000?

    Terima kasih.

    • 1. kurang tahu ya, coba bisa langsung ditanyain ke immi indonesia, atau kalau mau aman ya test ielts aja. Lulusan luar negeri cari 4.5 gampang deh pastinya :D
      2. Pake fotokopi ijazah~~ aku pake itu kemarin.
      3. Nah ini, ya kalau bisa natural 5000 AUD nya itu, ada yang bilang tiba-tiba ada AUD 5000 bisa lolos, tapi kalau mau aman ya pake rekening aktif yang sering dipake dan jumlahnya ada lebih dari 5000 AUD. Kalau aku kemarin sih gitu, dan ndak ada masalah sama sekali :)

  54. athiyya says:

    Tulisannya bermanfaat sekali.. 👍
    Mau tanya kalo utk kerjaannya kita sendiri yg cari ya? Cari dr indonesia ato pas sdh ada di aussie baru cari pekerjaannya?

  55. Fendy Heryanto says:

    Halo Mas Fahmi,
    Saya tertarik nih untuk ikut jejak mas Fahmi. Ada beberapa hal nih yang mau saya tanyain ke mas
    1. WHV mas ada stated “No Further Stay” gak?
    2. Kalau misalnya diakhir masa WHV kita mau perpanjang untuk tinggal di aussie ada caranya gak? tanpa harus pulang terlebih dahulu.
    Makasih ya mas

    • coba jawab ya :

      1. di visa saya ada “No Further Stay” jadi harus pulang dulu deh begitu visa habis. Tapi ada beberapa visa WHV temen-temen yang nggak ada tulisan itu. entah bedaya apa.

      2. Seperti yang pertama sih jawabannya, kalau gak ada tulisan itu ya bisa apply visa onshore dari dalam OZ

      • Fendy Heryanto says:

        Makasih mas atas jawabannya. Berarti kita tidak bakalan tahu ya apa alasan mengapa bisa dapat “No Further Stay” sama yang tidak dapat. Oh iya mas saya ada baca juga katanya kalau kita uda dapat WHV terus kerja disana dan dapat sponsor, WHV kita bisa di cancel dan diganti jadi visa lain ya?

  56. Deli says:

    Mas Fahmi, Hello..
    Mas, saya mau nanya..

    1. Apa yang membuat visa kita tidak granted kak?

    2. Saya kan lahir dan besar di Kalimantan sehingga kurang tahu, dimana bisa tes IELTS yang diterima oleh pihak Australia? Apakah semua tes IELTS (non prediktor) bisa diterima oleh pihak kedubes? Saya kesulitan pergi dari Kalimantan ke Jakarta karena tidak bisa izin dari tempat kerja.

    3. Saya kan di kontrak tempat saya kerja sampai 6 tahun kedepan.. semua ijazah saya ditahan bahkan saya fotokopiannya nggak punya. itu bagaimana verifikasi kalo saya memang sekolah di universitas?

    Terimakasih sharenya
    ^^
    Sangat memotivasi

    • hai hai, coba bantu jawab ya.

      1. Ini bingung mau jawab, soalnya kalau masalah visa itu di negara manapun hasilnya hanya tuhan sama petugas immigrasi negara bersangkutan yang tahu. Jadi nggak ada parameter pasti juga.

      2. Kemaren saya test di IALF jakarta, di kalimantan adanya cuma di pontianak kalau gak salah.

      3. Coba pinjam ke perusahaan buat fotokopi bisa ngak? Verifikasi ya pake ijazah atau Kartu mahasiswa yang masih aktif kayaknya. kurang tahu juga sih kalau kasusnya seperti ini. coba tanya ke immigrasi aja lebih jelas.

  57. Andy says:

    Halo mas fahmi. Ada beberapa pertanyaan yg ingin saya tanyakan.
    1. Butuh berapa kali saya harus ke jakarta utk apply visa ini? Kalau dari info mas diatas sudah pasti kita harus ke jakarta utk proses wawancara. Apakah setelah itu akan dipanggil lagi ke jkrta mas? Maklum saya dr medan mas.
    2. Apabila segala dokumen kita telah qualified dan diterima kerja disana, utk waktu kerjanya apakah ada dibatasi berapa jam per hari / per minggu nya mas?

    Mohon pencerahannya atas pertanyaan saya ini mas.
    Terima kasih :)

    • 1. Kalau di luar kota minimal sekali buat wawancara letter of goverment support di Immigrasi indonesia yang ada di jakarta. bisa dua kali kalau apply visanya gak pake kurir, datang ke avac jakarta.

      2. Kalau pake visa WHV batasannya cuma maksimal kerja di satu tempat selama 6 bulan maksimal. Jam kerja per minggu sih terserah, sekuatnya juga bisa. Tapi sayang banget kalau semuanya dipake buat kerja :) jangan lupa liburan biar nggak stress

  58. aghi says:

    Mas, mau tanya
    Ngurus visa dulu apa beli tiket dulu yaa? haha
    Trus tinggal disana dormitory, hostel, atau kyk nyewa apartement?

    Thanks

  59. Dhony firmansyah says:

    Hmmm. Info bagus tp sayang telat. Umurku wes >30.
    Bisa ga mas di atas 30 😢😢

  60. Ibnu says:

    Waduh TOEFL udah gak bisa :'( mau gak mau harus test lagi nih, btw nice share bro

  61. thi says:

    mas, mau nanya, kalo untuk form identitas yang buat dapetin jadwal wawancara itu diisi secara online di web imigrasi.go.id tab registrasi ya? kan barusan saya cek itu kuotanya udah full untuk periode 2016/2017, harus nunggu 1 juli 2017 baru full lagi kuotanya untuk periode 2017/2018. jadinya di tab itu isinya cuma pengumuman kuota full aja. atau bisa diajuin duluan sebelum 1 juli 2017 itu?

  62. Halo mas fahmi, saya mau nanya, untuk kepemilikan rekening harus atas nama yg berang kuran? Kalau atas nama orang tua bisa ga yah? Terimakasih sebelumnya :)

  63. Mas, kita disana cari kerja sendiri atau gimana?

  64. Mega Sari says:

    hai kak mau nanya, saya berminat untuk ikut WHV, tp saya masih belum ada persiapan sama sekali. nah, saat mendaftar di imigrasi. apakah sebaiknya daftar ketika persyaratan seperti IELTS harus terpenuhi dulu atau bisa sembari berjalan saat mendaftar di imigrasi? thanks

  65. Ana surbakti says:

    Hai mas mau tanya, WHV cuman setahun ya, kalau saya kuliah di aussie, sambil kerja bisa gak ya? Setelah tamat kerja mentap lama di aussie bisa gak ya? Dan itu harus pake visa apa ya. Soal nya sekalian saya mau lanjut s2 di aussie kalau bisa beasiswa

  66. Pengen apply ini sih kak, denger2 batasan umurnya udh diperpanjang sampe 35 tahun ya, bener ga sih? Pengen tapi terkendala umur wkwkwk. Klo tenaga sih masih setronglah

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: