Pengalaman Perpanjang Masa Berlaku Passport Indonesia Di Sydney

Nggak nyangka kalau masa berlaku passport saya sudah hampir habis. Passport yang saya bikin sendiri di Immigrasi Bali tanpa bantuan calo atau semacamnya itu akan habis masa berlakunya pada 19 April 2017 nanti. Berarti per 17 Oktober 2016 kemarin masa berlaku akan berada di bawah 6 bulan.

Itu berarti, saya nggak akan bisa apply visa negara lain dong! Apalagi saya ada rencana untuk apply visa New Zealand (udah granted sih pas nulis ini, nanti pengalamannya juga bakal di share. Tapi kalau GAK MALES yaa~). Yang pasti, daripada nunggu passport expired, lebih baik saya perpanjang masa berlakunya.

Tapi, ada beberapa pertanyaan yang mengganjal sih.

“Saya lagi di Australia, apa saya harus pulang ke Indonesia dulu cuma untuk memperpanjang passport?”

Untungnya enggak, setelah googling sana sini, meski status visa WHV saya hanya berlaku selama setahun (dan hampir expired), saya bisa memperpanjang masa berlaku passport di konsulat Indonesia.

“Lalu di konsulat mana saya harus memper panjang passport Indonesia saya?”

Karena alamat legal saya di Sydney (alamat yang tercatat secara resmi, misal di buku tabungan) saya bisa memperpanjang masa berlaku pasport di KJRI Sydney yang berada di Maroubra. Alamat lengkapnya ada disini: 236-238 Maroubra Road, Maroubra, NSW 2035, Sydney, Australia.

Perlu diingat, tiap Konsulat Indonesia yang ada di Australia itu mempunyai wilayah kerja masing-masing. Sementara itu KJRI Sydney ini hanya melayani wilayah kerja New South Wales, Queensland, dan South Australia. Jadi kalau di luar area itu, nggak bisa memperpajang pasport di KJRI Sydney.

Desain passport RI yang baru lebih keren dari yang lama euy!

Desain passport RI yang baru lebih keren dari yang lama euy!

Syarat Memperpanjang Masa Berlaku Passport Indonesia Itu Apa Sih?

Baik di Indonesia atau di KJRI syaratnya nggak beda jauh, cuma ada beberapa persyaratan yang menyesuaikan.

Syarat Memperpanjang Passport Di KJRI Sydney

  • Mengisi Formulir Permohonan paspor yang tersedia diloket pelayanan Keimigrasian di KJRI Sydney atau dapat diunduh di www.kemlu.go.id/sydney.
  • Melampirkan paspor RI/SPRI lama (dengan masa berlaku kurang dari 6 bln). Print di halaman yang ada informasi biodata dan nomor passport.
  • Melampirkan (pilih salah satu) fotokopi akte kelahiran (apabila dikeluarkan oleh pemerintah di luar negara Indonesia maka wajib dilegalisasi oleh perwakilan RI setempat), atau ijazah yang tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, atau akte pernikahan yang tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, atau surat baptis yang tercantum nama lengkap, tempat dan tanggal lahir . Ijazah, akte pernikahan, atau surat baptis harus dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia. Catatan : Akte kelahiran /pernikahan/Ijazah/Surat Baptis bukan yang diterjemahkan ke dalam bahasa asing, harus yang berbahasa Indonesia. Nama, tempat, dan tanggal lahir di paspor RI  wajib sama dengan yang tertulis di akte yang dilampirkan. Dalam hal ini, saya melampirkan Akta lahir yang selalu ada di archive online saya, tinggal print saja.
  • Melampirkan Bukti ijin tinggal (visa yang masih berlaku  atau VEVO – Visa Entitlement Verification Online  telepon di 1800 040 070). Tujuannya buat membuktikan kalau visa (WHV) saya masih valid, jadi saya benar-benar legal di Australia. Daripada telepon, saya lebih seneng cek secara online saja di Vevo Check Online gak pake ribet
  • Melampirkan bukti domisili yang masih berlaku (pilih satu SIM, atau bank statement, atau rekening listrik, atau rekening air, atau rekening telepon). Awalnya saya pikir bukti domisili ini ya KTP indonesia, ternyata bukan. Jadi saya memakai bank statement dari akun bank yang saya pakai selama di Australia. Di statement harus ada informasi alamat tinggal selama di Australia.
  • Melampirkan pasfoto untuk paspor terbaru berwarna latar belakang putih, wajah jelas tidak tertutup rambut dan harus tampak kedua telinga dan tidak menggunakan kacamata, ukuran foto 3×4 cm atau 4×6 (passport size) sebanyak 2 lembar (foto terbaru 3 bulan terakhir). Kebetulan saya mau apply visa New Zealand, jadi sekali foto buat passport dan visa. Saya foto di Office Works yang ada di Sydney. Langsung jadi, gak pake lama.
  • Membayar biaya permohonan sebesar A$ 40,- nggak bisa cash, bisa pake kartu kredit atau EFT POS. Memang biaya passport agak sedikit lebih mahal kalau di konversi ke rupiah, tapi mengingat efisiensi prosesnya, nggak begitu mahal. Karena nggak ribet, dan antrian gak terlalu panjang. Kalau di Indonesia, biayanya IDR 355.000 kalau nggak salah.
  • Apabila penggantian paspor untuk anak yang berumur dibawah 18 tahun dan belum menikah lihat persyaratan paspor di paspor biasa anak.
  • Bagi pemohon yang ingin melakukan perubahan atau penambahan nama harus melampirkan Surat Keputusan Penetapan Pengadilan Di Indonesia yang telah diberikan Kutipan/Legalisasi dalam Akte Kelahiran Indonesia. Sesuai dengan Undang-undang RI No.23 Tahun 2006 Tentang Administrasi Kependudukan, Bagian Kesembilan Paragraf 1, Pasal 52. (UU NO 23 Tahun 2006)

Catatan:

  • KJRI Sydney hanya melayani pembuatan paspor RI kepada warga negara Indonesia yang berada di wilayah kerja New South Wales, Queensland, dan South Australia.
  • Bagi pemohon Paspor RI/SPRI yang berdomisili di wilayah NSW, pengajuan dapat dilakukan dengan datang langsung ke KJRI Sydney dengan membawa semua persyaratan lengkap yang telah ditentukan pada setiap jam kerja.
  • Bagi pemohon Paspor RI/SPRI yang berdomisili di QUEENSLAND dan SOUTH AUSTRALIA dapat mengajukan permohonan melalui pos dengan melampirkan semua persyaratan lengkap dan amplop balasan. Disarankan amplop balasan adalah amplop registered atau platinum registered. Pengajuan dapat dilakukan melalui jasa kurir yang dianggap aman oleh pemohon.
  • Setiap pemohon Paspor RI/SPRI wajib mengisi formulir permohonan paspor RI/SPRI lengkap dengan huruf cetak.
  • Permohonan yang dinyatakan lengkap akan diproses dalam waktu 4 (empat) hari kerja.
  • Permohonan yang dinyatakan tidak lengkap, baik dalam pengisian formulir permohonan maupun  syarat-syarat lainnya akan ditolak dan tidak akan diproses.
  • Biaya permohonan harus dalam salah satu bentuk berikut, MONEY ORDER, BANK CHEQUE, atau EFTPOS. Pembayaran menggunakan Money Order ditujukan kepada Consulate General of the Republic of Indonesia Sydney.
  • Pembayaran biaya permohonan dalam bentuk TUNAI dan PERSONAL CHEQUE tidak akan diterima.
  • Apabila terjadi kerusakan/kehilangan/keterlambatan selama dalam proses pengiriman paspor melalui pos bukan menjadi tanggung jawab KJRI Sydney.
  • Pengajuan permohonan Paspor RI melalui POS wajib memberikan amplop balasan. Disarankan amplop balasan adalah amplop registered atau platinum registered agar dapat dilakukan pengecekan terhadap proses pengiriman kembali kepada pemohon. Jika KJRI Sydney sudah melakukan pengiriman kembali Paspor RI yang sudah diperpanjang, namun pemohon belum menerima, mohon agar melaporkan ke kantor pos terdekat untuk menanyakan mengenai dokumen tersebut berdasarkan nomor registrasi amplop.
  • Setiap permohonan dokumen keimigrasian WAJIB difotokopi masing-masing dokumen persyaratan terlampir untuk setiap pemohon. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap silahkan kirimkan email ke [email protected]
  • Passport yang lama bakal ditarik sama KJRI Sydney (peraturan baru katanya), kecuali ada alasan yang logis atau masih ada visa berlaku di passport lama. Jika alasannya disetujui, nanti perlu mengisi semacam formulir agar passport lama dikembalikan.

Jam Pelayanan Perpanjang Masa Berlaku Passport di KJRI Sydney, di Maroubra:

Senin – Kamis:
Pengajuan Passport : 09.00 AM – 12.15 PM
Pengambilan Passport : 02.15 PM – 03.30 PM

Jumat :
Pengajuan Passport : 09.00 AM – 12.00 PM
Pengambilan Passport : 02.30 PM – 04.00 PM

Nggak pake ribet, nggak pake calo, passport baru saya jadi dalam 4 hari kerja.

Passpor baru udah jadi, yang lama digunting.

Passpor baru udah jadi, yang lama digunting.

Issuing officenya nih, yang penting~ Sydney!! Semoga bisa stay permanently disini suatu saat nanti :D

Issuing officenya nih, yang penting~ Sydney!! Semoga bisa stay permanently disini suatu saat nanti :D

Sumber informasi dengan sedikit tambahan informasi dari pengalamanan sendiri: http://www.kemlu.go.id/sydney/id/arsip/lembar-informasi/Pages/paspor-biasa-habis-masa-berlaku.aspx

Passport Kan Udah Ganti Baru Nih, Nah Visa WHV Yang Ada Di Passport Lama Gimana Dong?

Beruntung visa Australia itu sudah elektronik, jadi mau ganti passport pun nggak masalah. Tinggal lapor lagi ke pihak imigrasi Australia via email atau datang langsung agar data visa diupdate dengan data passport terbaru. Untuk kasus visa WHV, saya tinggal isi form 939 lalu dikirim ke pihak imigrasi.

Form 939 ini memang digunakan untuk keperluan update perubahan alamat tempat tinggal terbaru, atau data passport terbaru. Formnya bisa download disini. Bisa di download, isi terus di kasih ke imigrasi Australia yang terdekat atau paling gampang tinggal bales email granted leter visa WHV dengan melampirkan form 939 ini beserta scan passport terbaru.

10 Responses

  1. cepet ya emang kl ngerjain di KBRI, manalah sepi juga, cuman masih blm ada yang versi elektronik, sebel :(

  2. jadi bakalan stay di NZ kak? ditunggu nih tips2 buat apply visa NZ nyaa :)

  3. Bai RUindra says:

    Rupanya bisa ya, kepo banget kelihatan belum pernah ke luar negeri hehehe

  4. Gw pikir kalo perpanjang di sydney, gambar lembaran paspor nya bukan badak lagi tapi segala macam ttg sydney #LaluDigampar

  5. Informasi yg bagus, terutama untuk WNI yg sedang di Sydney sana !

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: