Cara Membuat Work And Holiday Visa Australia Part 2 : Mengirim Dokumen Visa WHV Lewat AVAC

Sebelum membaca tulisan ini, pastikan sudah menyelesaikan tahapan pertama mencari Work And Holiday Visa Australia disini : “Cara Membuat Work And Holiday Visa Australia Part 1: Mencari Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur“. Seperti yang saya bilang sebelumnya, tahapan pertama adalah yang paling bikin keder, karena jadwal wawancara bisa muncul kapan saja tanpa pemberitahuan. Bahkan, ketika saya sedang tidak ada di Jakarta.

Namun, begitu tahapan pertama ini sudah terlewat semua akan terlihat lebih ringan. Setelah wawancara selesai, saya diberi sebuah tanda terima bahwa dokumen sudah diterima pihak pewawancara, dalam hal ini adalah staff dari Dirjen Immigrasi Pusat Indonesia.

Dalam kasus tertentu mungkin ada yang kelupaan atau ada satu dokumen tertinggal, biasanya Immigrasi pusat masih memberi kelonggaran untuk menyusulkan dokumen yang tertinggal tadi. Lama waktunya tidak ditentukan sih, tetapi saya sarankan secepatnya agar surat rekomendasi bisa segera diterbitkan. Kebetulan kemarin saya kelupaan membawa akta lahir, jadi saya harus menyusulkan akta tersebut satu minggu setelah wawancara, langsung ke lantai 14.

Selesai wawancara di Ditjen Immigrasi Pusat Indonesia akan menerima tanda terima seperti ini :)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selesai wawancara di Ditjen Immigrasi Pusat Indonesia akan menerima tanda terima seperti ini :)

Oke, anggap wawancara lancar, dan Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur sudah dikirim ke email masing – masing. Lantas apa proses selanjutnya? O iya, sebelum lanjut proses sebelumnya, perlu di ingat. Meskipun Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur ini adalah syarat utama untuk mendapatkan visa ini, tidak serta merta visa akan selalu granted. Karena seperti visa yang lainnya, hanya tuhan dan petugas Immigrasi yang tahu bagaimana seseorang bisa berhak mendapatkan visa.

Setelah proses di Immigrasi Pusat indonesia selesai, langkah selanjutnya adalah mengirimkan dokumen persyaratan visa ke AVAC. Eh, apa itu AVAC? AVAC ini adalah Australia Visa Application Centre, merupakan pusat pengajuan visa Australia. Karena kedutaan memang tidak menerima dokumen pengajuan visa secara langsung, kecuali lewat AVAC.

AVAC merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh PT VFS Services Indonesia yang berhubungan dengan visa, termasuk penerimaan dokumen-dokumen permohonan visa dan biayanya, dan untuk pengembalian hasil pengajuan visa kepada pemohon yang bersangkutan (Bila pemohon memiliki alamat surat elektronik (surel)/email, maka hasil pengajuan visa akan langsung dikirimkan ke alamat surel pemohon oleh Kedutaan Australia). Layanan dan operasional yang disediakan oleh AVAC adalah sesuai dengan standar peraturan layanan pelanggan yang dimiliki oleh Australian Government Department of Immigration and Border Protection (DIBP).
Harap dicatat bahwa seluruh permohonan akan diproses dan diputuskan oleh pejabat DIBP di Jakarta, sesuai dengan Peraturan DIBP yang sah.

Staff AVAC di Indonesia menyediakan informasi mengenai cara mengajukan permohonan visa, namun tidak berwenang untuk memberikan nasihat mengenai imigrasi dan tidak berhubungan sama sekali dalam penentuan hasil permohonan visa Australia.

Bagi pemohon yang hendak mengajukan permohonan visa diharapkan agar membaca informasi dalam menu-menu yang tersedia di situs ini dengan seksama. Panduan yang tersedia di situs ini dapat membantu Anda dalam mempersiapkan dokumen selengkap mungkin. – dikutip dari www.vfs-au-id.com

Lokasi kantor AVAC ini ada di Jakarta dan Bali dengan alamat sebagai berikut :

Jakarta
Kuningan City Lantai 2 No. L2-19
Jalan Prof. Dr.Satrio Kav.18
Setiabudi, Kuningan Jakarta – 12940 Indonesia
Hari dan Jam Kerja:
Senin – Jumat : 08.30 – 16.00

Bali
Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A
Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
Kedonganan, Kuta, Bali – 80361 Indonesia
Hari dan Jam Kerja:
Senin – Jumat : 08.30 – 16.00

Sudah jelas kan? Jangan sampai salah langsung datang ke Kedutaaan Besar Australia untuk mengirimkan dokumen pengajuan visa. Karena pasti ditolak :)

Setelah memasukkan dokumen yang diperlukan ke AVAC dan membayarnya, saya mendapatkan ini.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Setelah memasukkan dokumen yang diperlukan ke AVAC dan membayarnya, saya mendapatkan ini.

Total biaya plus charge karena bayar memakai kartu debet skitar 5 Jutaan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Total biaya plus charge karena bayar memakai kartu debet skitar 5 Jutaan.

Sebelum mengajukan visa bekerja dan berlibur Australia atau WHV, pastikan dokumen – dokumen dibawah ini ada terlebih dahulu. Meskipun ketika mengajukan di AVAC bakal diceklist satu persatu lagi, tetapi lebih baik semua dipersiapkan dahulu. Yang perlu disiapkan adalah Semua Dokumen Untuk Membuat Surat Rekomendasi Di Immigrasi Pusat Indonesia (Asli + 1 Copy) :

  1. Kartu Tanda Penduduk.
  2. Akte Kelahiran.
  3. Passport Asli Dan Fotocopy semua halaman yang ada stempelnya juga bagian depan dan belakang yang ada alamatnya.
  4. Ijasah Minimal D3 atau surat keterangan yang menerangkan sebagai mahasiswa aktif selama 2 tahun + KTM. Ijasah tidak perlu diterjemahkan kedalam Bahasa Inggris.
  5. Rekening Koran dan Surat Keterangan Bank (Bank Reference) yang menyatakan punya dana setara AUD 5000. Ada yang bilang surat keterangan bank tidak perlu, tetapi menurut saya akan lebih aman dan meyakinkan jika disertakan.
  6. Surat rekomendasi visa berkerja dan berlibur yang di email oleh Ditjen Immigrasi Pusat Indonesia. Tinggal di print berwarna saja plus satu copy.
  7. Kartu keluarga.
  8. Form 1208 pengajuan WHV yang bisa di download di website Kedutaan Besar Australia disini.
  9. Pas Foto dengan ukuran 45 mm X 35 mm. Disini saya menyiapkan 3 lembar. Foto saya lakukan di Jalan Sabang, Jakarta karena banyak yang merekomendasikan untuk foto visa di sekitar situ. Kemarin saya sempat bingung dengan warna latar belakang yang digunakan untuk Foto, namun akhirnya memilih warna putih dan tidak ada masalah. Sebelumnya saya sempat bingung karena ada juga yang bilang latar belakang foto adalah biru.

Kalau semua sudah siap, tinggal datang saja ke AVAC pagi hari agar tidak antri terlalu lama. Biaya visa sekitar IDR 5.000.000 bisa dibayar cash pake debet atau bahkan memakai credit card. Namun pembayaran non cash akan dikenakan charge sebesar 3 persen.

Contoh surat referensi bank atau bank reference yang saya gunakan untuk apply WHV.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Contoh surat referensi bank atau bank reference yang saya gunakan untuk apply WHV.

Foto visa yang saya gunakan dengan latar belakang putih.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Foto visa yang saya gunakan dengan latar belakang putih.

Meskipun hanya agensi, AVAC ini keamanannya ketat sekali. Masuk kedalam semua smartphone harus dimatikan. Jangan lupa ambil antrian, duduk lalu menunggu dipanggil saja sesuai antrian. Dokumen yang sudah disiapkan tadi akan dicek satu persatu oleh staff AVAC. Proses pengajuan visa WHV akan memerlukan waktu normal 90 Hari kerja. Namun pada kenyataaanya visa saya granted dalam kurun waktu kurang dari 1 Bulan. Jauh lebih cepat dari ketika menunggu jadwal wawancara pembuatan Surat Rekomendasi Visa Bekerja Dan Berlibur.

Nah! Terus, setelah dokumen selesai dimasukkan ke AVAC apa proses selanjutnya? Begini, setelah ini masih ada proses sedikit menunggu lagi. Yaitu menunggu yang namanya HAP ID dikirim oleh Kedutaan Besar Australia. HAP ID ini semacam Health Identifier ID untuk mendata kesehatan kita sebelum masuk ke Australia. (catatan : HAP ID hanya berlaku 7 hari, jadi setelah mendapat HAP ID usahakan langsung medcheck)

Setelah dokumen masuk ke AVAC, dan diterima embassy saya menerima email berisi HAP ID.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Setelah dokumen masuk ke AVAC, dan diterima embassy saya menerima email berisi HAP ID.

Segera lakukan medchek ke rumah sakit yang diakui kedutaan setelah menerima HAP ID. Karena hanya berlaku 7 hari sejak dikirim via email.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Segera lakukan medchek ke rumah sakit yang diakui kedutaan setelah menerima HAP ID. Karena hanya berlaku 7 hari sejak dikirim via email.

Begitu dikirim HAP ID oleh kedutaan berarti kita harus segera melakukan medical check. Tempat medical check sendiri hanya boleh di beberapa tempat yang ditunjuk oleh kedutaan. Listnya sebagai berikut dan list ini bisa diupdate kapan saja. Biasanya HAP ID dikirim bersamaan dengan list tempat medical check yang ditunjuk kedutaan.

List Rumah Sakit Yang Bisa Untuk Medcheck Visa WHV :

JAKARTA

Premier Bintaro Hospital
Dr Erlynda Taufik
Dr Meilandna Metawatiulli
Simangunsong
Dr Nathalia Wusis
Jl. MH Thamrin B3 No.1 Sektor 7
Bintaro Jaya Tangerang 15224
Tel: (021) 7455500, 7455600,
7455700
Fax: (021) 27625502

Premier Jatinegara Hospital
Dr Wiewik Setiawati Yussuwarto
Djuhadi
Dr Shinta Sugiharto Wata
Dr Jenly Hausjah
Jl. Raya Jatinegara Timur No.85-87
Jakarta 13310
Tel: (021) 2800888 ext 7890
Fax: (021) 2800755

Mitra Kemayoran Hospital
Dr Kurniawan Tjahajadi
Dr Dyah Widyarti
Jl. Landas Pacu Timur
Jakarta 10630
Monday – Friday Hrs: 08.00 – 14.00
Saturday Hrs:08.00 – 12.00
Tel: (021) 6545555,
6545888 ext 1002
Fax: (021) 6545959

B A L I

BIMC Hospital
Dr. Triari Laksmi
Dr. Putri Sadyarini
Jl. Bypass Ngurah Rai Kuta
BALI 80361
Tel: (0361) 761263
Fax: (0361) 764345

CENTRAL JAVA

St Elizabeth Hospital
Dr. Inge Hartini
Jl. Kawi No.1
Semarang 472056
Monday – Friday Hrs: 07.00 – 11.00
By appointment only
Tel: (024) 8310076 ext.
7406/7340
Fax: (024) 8413373

EAST JAVA

Premier Surabaya Hospital
(previously Surabaya International)
Dr Luiz Lumanau
Dr Victoria Kusumo
Jl. Nginden Intan Barat Block B
Surabaya 60118
Tel: (031) 5993211 ext 3028
Fax: (031) 5993214

SULAWESI

Stella Maris Hospital
Dr Thomas Soharto
Jl. Sombu Opu No. 273
Makassar Ujung Pandang
Hrs: 17.00 – 20.00
Tel: (0411) 873346, 871391
Fax: (0411) 859545
Hp: 0816252524

SUMATERA

Pramita Laboratory and Diagnostic Clinic
Dr. Hartono Taslim
Jl. P. Diponegoro No.37
Medan, North Sumatera 20152
Tel: (061) 4525925
Fax: (061) 4524992
Email for appointment:
[email protected]

Selesai Medcheck, segera kirimkan bukti medcheck agar lebih cepat proses pengajuan visanya.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selesai Medcheck, segera kirimkan bukti medcheck agar lebih cepat proses pengajuan visanya.

Medical Check yang dilakukan hanyalah rontgen atau Chest X-Ray. Prosesnya sebentar saja, sekitar 20 – 30 Menit. Kebetulan saya melakukan Medcheck di Mitra Kemayoran Hospital karena paling banyak direkomendasikan oleh teman – teman WHV-ers yang lain. Biayanya disini juga yang paling murah sih, IDR 155.000 :) Hasil medcheck akan langsung dikirim ke Kedutaan Besar Australia oleh pihak rumah sakit.

Saya mendapat CD hasil rontgen, dan tanda terima yang saya scan lalu saya kirimkan ke kedutaan. Banyak yang bilang tanda terima medcheck tidak perlu dikirim ke kedutaan, tetapi banyak yang mengamini dengan dikirimnya tanda terima medchek ke kedutaan visa WHV akan lebih cepat granted. Dan sepertinya memang benar sih, visa Bekerja dan Berlibur saya granted 7 hari setelah medchek :)). Tidak ada stempel atau apa, hanya sebuah email saya terima, yang menyatakan kalau passport saya sudah bisa digunakan untuk keluar masuk Australia dalam waktu satu tahun.

Tidak ada stempel atau apapun yang menghiasi passport. Hanya mendapat email notifikasi yang menyatakan Visa WHV Australia saya sudah granted :))
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tidak ada stempel atau apapun yang menghiasi passport. Hanya mendapat email notifikasi yang menyatakan Visa WHV Australia saya sudah granted :))

Di dalam email ada document yang berisi notification of Visa Grant.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Di dalam email ada document yang berisi notification of Visa Grant.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

147 Responses

  1. Kak … foto nyakok kayak gembong teroris sech hahaha #Kabur

  2. Gara says:

    Komplet benar. Terima kasih buat informasinya :)
    Ditunggu, cerita jalan-jalan (sambil kerja) di Australia-nya!
    Tapi biayanya lumayan mahal juga sih, ya… :hehe

    • Rijal Fahmi says:

      Ahahaa, semoga lancar ya sampai akhir tahun :D biaya masih lumayan ini, lagian katanya kalau sudah disana bisa balik modal :D entahlah, mari dicoba dulu~

  3. wooo….biaya visanya lumayan ya mas… :O untung lulus nih… selamaaaat ^o^… ga sabar baca cerita lanjutannya kalo udh dsana…

    • Rijal Fahmi says:

      Iya mayan, kemungkinan lulus gede sih karena kuota 1000 belum terpenuhi sama sekali~ dan semoga lancar sampe sana nanti :D

  4. titiw says:

    Temen2ku udah banyak yg WHV, aku baru mikir, kemana aja aku bertahun-tahun duluuuuuu Hahahahha.. *sedih udah gak bisa apply*

  5. Frank says:

    Bang rijal mau tanya kalo Kartu Keluarga itu keharusaN ya?? Kalo KK saya versi lama yg warna merah NIK nyaa masih blm sesuai KTP akan jadi masalah tidak? Thanks Before

  6. Frenky says:

    Hallo Rijal mau nanya tentang info ini -Rekening Koran dan Surat Keterangan Bank (Bank Reference) yang menyatakan punya dana setara AUD 5000.-
    itu maksud nya rekening bank nya engga masalah kan ya kalau dalam rupiah ( 50 juta ) ?
    Btw kapan cabut kesana nya? gw juga minat nih ikut WHV tapi masih belum PeDe, jadi pengen baca testimonial si bro Rijal dulu kalau dah disana haha :D

    • Rijal Fahmi says:

      Iyes, enggak masalah kalau uang 5000 AUD sebagai syarat visa WHV dalam rupiah. tinggal kaliin pake kurs terbaru aja lebihin dikit biar aman :) Kebetulan karena masih banyak kerjaan di Indonesia, saya berangkat baru akhir tahun ini. Sekalian pengen tahun baruan di Sydney :D Yang penting visanya dapet dulu dah~ mayan susah carinya eheheh

  7. Aenni says:

    Hallo Rijal saya masih dalam proses apply nih baru sampai AVAC tapi udah hampir 1 bln blm dpt HAP ID tidak tau nih kenapa padahal persyaratan sudah lengkap, minta sarannya boleh ga ya kalau saya telp ke pihak embassy-nya apa nunggu aja ya tapi ga ada kepastian :(

    • Rijal Fahmi says:

      Proses standarnya kan memang 90 hari kerja, boleh deg – deg an kalau lebih mendekati hari 90 belum juga apporove :) sabar saja dulu :D

  8. Aenni says:

    Thanks Rijal udah membesarkan semangat saya lg, tp sampai saya bales comment inipun masih blm dpt HAP ID jg, sementara tmn2 yg lain satu gelombang sdh pada dpt :(

  9. Aenni says:

    Hi Rijal, finally saya dpt HAP ID jg. Saya email AVAC utk make sure alamat email saya, dan AVAC kasih saya link untuk pengaduan gitu ke Embassy dan pihak Embassy ga lama email saya katanya sudah email HAP ID 17 Februari, tapi saya cek di spam ga ada sama sekali karena tiap hari saya cek dan refresh, akhirnya mereka resend email lagi deh hari Kamis lalu dan Sabtu kemarin langsung MCU di Kemayoran jg :) Sekarang tahap untuk menunggu granted atau ga nih masih was2 lg, semoga granted jg sih seperti kamu dan teman2 lain (aamiin).

    • Rijal Fahmi says:

      Waah, selamat ya! Pasti dapet kok, semangat terus :D karena perjuangan di OZ bakal lebih berat dari mencari visanya :D

  10. Aenni says:

    Hi Rijal, Finally kemaren visaku granted :) inysa Allah meluncur kesana Juli ;)

    • Rijal Fahmi says:

      Wah! Selamat! Saya baru akhir tahun ini berangkat, sekalian nunggu NYE di Sydney :D Sampai ketemu di OZ ya! :D

  11. Una says:

    Aku baru baca part 2 nyaaa.. nuwun Masss infonyaaa…
    Belum tahu sih mau daftar atau ngga *masih galau masa depan*
    Tapi kali kali mau daftar :D :D

  12. El says:

    Hi Rijal,

    Saya mau tanya mengenai dokumen yang harus dibawa saat apply visa tersebut:

    1. Rekening koran dan surat keterangan dari bank, surat keterangan bank yang asli sudah diambil pada saat saya wawancara, dan apakah saat mengajukan visa, saya harus membuat surat ini lagi ke bank?

    2. mengenai ukuran foto, apakah ukuran tersebut 4×3? atau memang harus ukuran 45mm x 35mm?

    3. kira2 ada dokumen tambahan lagi ga pada saat apply?

    dari kemarin saya tidak bisa membuka website avac tersebut, kira2 mas tau nomor telepon yang bisa dihubungi.

    Terima kasih

  13. El says:

    Hi Rijal,

    Terima kasih atas info-nya..

    Selain surat keterangan dari bank, bisa dibuktikan dengan dokumen tidak?

    Thank you

  14. Mulianto says:

    Hi Rijjal,

    Salam kenal, saya Mulianto.
    saya juga apply WHV ke OZ, sudah interview Ditjen Imigrasi 23 Maret kemarin. Sekarang lagi menunggu surat rekomendasi.

    Sharing donk. Ketika di AVAC ada ditanya tujuan ke Australia kan?
    Rijjal jawab apa? Kalau tujuan utama saya sih untuk bekerja.
    Namun jika kita jawab untuk bekerja kira2 ada problem ga ya?

    Terima kasih.

    • Rijal Fahmi says:

      eh di avac saya enggak ditanyain apa – apa kok, cuma cek list document aja di avac. Mungkin pada waktu dokumen udah masuk embassy biasany baru ada pertanyaan tambahan. kalau tujuan di australia aku jawab 3 kota perth, melb sama sydney. Memang ingin keliling 3 kota itu. tujuan utama si ya liburan sambil kerja :D jawab gitu aj, disananya mo ngapain kan terserah. asal nggak melanggar hukum setempat aja. Soalnya bawa nama indonesia kan disana.

  15. fara says:

    maaf saya mau tanya apa pengajuan terbuka kapanpun sepanjang tahun?saya banyak baca katanya dibuka bulan juli,tapi kalau quota belum habis masih bisa.kalau ijazah sy keluar sept tahun ini,apa sy bisa dft di tahun yang ini jg atau mesti nunggu juli tahun depan?makasih

  16. cee says:

    Hi Rijal… mau nanya, apa kita bisa cek sisa kouta WHV untuk tahun 2015? Kalo bisa cek dimana ya? kalo udah dapat surat rekomendasi and selama masih ada sisa kouta apa itu tandanya udah pasti dapat visa work holiday?

    • Rijal Fahmi says:

      Kalau imigrasi indonesia masih buka jadwal wawancara buat surat rekomendasi berarti kuotanya masih ada :D Kalau masih ada sisa kuota belum pasti juga dapat visanya~ karena semua yang memutuskan kan kedutaan besar Australia :D

  17. El says:

    Hi Rijal,

    kebetulan saya baru aja mendapatkan WHV juga, skrg saya sedang mencari informasi mengenai pekerjaan, akomodasi dan apa aja yang perlu dibawa. kira2 kalau untuk pertama kali lebih baik ke daerah mana dulu ya? kalau kita ingin mengetahui kota mana yang memiliki lowongan pekerjaan yang banyak dan kota mana yang memberikan rate upah yang tinggi, informasinya bisa tau dari mana ya?

    Terima kasih.

    El

    • Rijal Fahmi says:

      Common city itu katanya melbourne, terus kalau rate yang bagus kabarnya sih perth atau darwin. tapi kurang tahu juga detailnya :D banyakin riset di google aja, salah satu tool buat survive :D

  18. ve says:

    Hi Rijal! thanks sharingnya.. jelas bgt! tp ak ad prtnyaan nih.. kalau ak lulusan negeri pke b.inggris brarti udh ga perlu ielts lg kn? itu cm syarat dr sutat rekomendasi apa di avac bisa lolos juga? soalnya kan ieltsku udh expired.. jd ak bngung.. kira2 ap ak hrs ielts lg? ditanyain ga di pngajuan visanya? thx

  19. leonita says:

    Hi rijal, thanks banget infonya
    mau nanya, biaya visa itu dibayarkan setelah pasti dapat visanya, atau lulus ga lulus tetap harus bayar dulu baru nanti ketahuan hasilnya ya?

  20. Suzy Kristianto says:

    Hi Rijal ..

    Thank you udah membuatku semangat membaca blogmu ini …aku berenca untuk Holiday and Work di Australia , sudah ada host family yg mau menanggung biayaku disana … nah pertanyaanku adalah :

    1. Apakah harus memiliki setifikat Bahasa Inggris sepert Toefl ?
    2. Jika di Rekening Bank tidak ada saldo sebanyak itu, dan hanga rekomendasi dr host family menerangkan dengan detail biaya di tanggung semua , apakah bisa ?

    Mohon pencerahannya .. Terima kasih -Suzy-

    • coba jawab pertanyaannya ya :)

      1. Toefl, Ielts, dan sertifikat bahasa inggris lainnya wajib, kecuali perkuliahan dilakukan dalam bahasa inggris seperti misalnya lulusan president university :)
      2. Kalau rekening ini sepertinya syarat mutlak visa WHV :)

  21. Suzy Kristianto says:

    Terima kasih telah menjawab pertanyaanku sebelumnya … nahhh kali ini pernyaannya :D :

    1. Apakah kedutaan Australia menyediakan test toelf dan semacamnya ?

    2. Berapa lama untuk selesai sampai visa di approve ?

    Thank You …

    • coba jawab lagi ya :)

      1. saya kemaren pake ielts dan test di IALF *bisa googling mengenai ini, dan ada websitenya kok :)
      2. Ini bisa bervariasi tiap orang. saya kemarin sekitar 4 bulan, dari awal daftar di imigrasi indonesia buat dapet letter of goverment support sampai granted visanya :)

  22. Suzy Kristianto says:

    Sekali lagi yaa tnya ……

    1. Nah ada kedutaan australia pnya nilai khusus ga untk test toefl dan semacamnya ? Mksdnya nilainya minimal brp gtu ?

    Aku punya wkt 6 bulan untuk ngurus semua nya . Mulai dari test sampai apply dan embel2nya … semoga berhasil …

    Makasih yaaaaa

    • Sebenarnya kalau mau riset dan baca lebih detail, semua persyaratan jelas ada di website immigrasi indonesia mengenai persyaratan ielts atau toefl. Untuk visa WHV, syarat IELTS minimal 4,5 dan toefl minimal 450. Banyak riset dan baca, karena itu adalah salah satu skill basic untuk survival di australia. *kata teman – teman yang sudah pergi kesana gitu sih*

  23. Yosef says:

    WIh mantap mas. Saya juga lagi berencana apply. Tapi masih “galau” mas. Nanti coba saya ikutin tahap2nya… semoga bisa ke aussie juga.

    Thanks for sharing mas. Good Job!

  24. Asti says:

    Salam kenal Mas Rijal :)

    Pertama2 saya mau bilang terimakasih udh share pengalamannya dan sumpah ini tulisan beda dari tulisan tentang WHV lainnya yang saya temui sejauh ini soalnya Mas RIjal nyantumin Bank Reference itu. Selama ini saya stuck sama kalimat “fotocopy buku tabungan 3 bulan terakhir” yang bikin parno karena jujur aja saya gak se-makmur itu :p

    Nah, pertanyaan saya sebenernya cuma mau mastiin aja sih, Bank Reference itu beneran bisa jadi bukti yang sah buat apply WHV? Selain itu apa ada berkas lainnya yang bisa dipakai sebagai bukti deposit 5000 AUS$?

    Trus ada lagi nih, maap banyak nanya hehe. Mas Rijal pake bukti bookingan return flight ke Indonesia dan bukti apply asuransi juga ga?

    Makasi :)

    • Saya kemarin nggak cuma bank reference saja, tetapi juga bukti rekening koran. bank reference kemarin saya pake untuk menguatkan kalau saya memang benar punya dana yang cukup untuk di australia, selain juga memperlihatkan rekening koran. Jadi kurang lebih fungsi bank reference itu adalah untuk mendukung keaslian rekening koran gitu :) kalau visa WHV australia, nggak perlu booking return flight, asuransi juga enggak wajib. Mungkin belinya pas di australia saja nanti :) Kira kira begitu, semoga bermanfaat.

  25. Heru says:

    Mas sebelumnya banyak travel ya? pernah dapat visa UK, Schengen, or USA. apa stamp dan visa yg banyak dipassport jd pertimbangan ya?

    Asuransi gak diminta pihak avac ya?

  26. Heru says:

    mas kalo sy mo apply utk awal lg. maksud sy periode baru, bulan july or august?

  27. Melinda says:

    Hi Fahmi. Saya mau tanya… apakah passport akan di ambil sama kedutaan Australia saat apply WHV? Ataukah akan di kembalikan ke kita?

    • Dipinjem doang, dilihat terus dibalikin deh :D enggak pake ditahan kok~ pemberitahuan diterima visa australia juga via email. Mereka sudah pake e-visa jadi enggak ada stempelnya gitu~ kayak visa jepang misalnya :D

  28. Mulianto says:

    Hai bro Rijal. WHV saya baru granted hari ini 13 July.
    Rencana saya ke OZ di bulan Oktober.
    Btw, bole minta sharing kamu gmna proses berangkat di bandara?
    Kalau di benak saya sih :
    Pesen Tiket -> check in bandara + bawa pasor & visa granted -> terbang !
    atau ada prosedur lain yang harus dipenuhin terlebih dahulu?
    tq.

  29. Bayu says:

    hi, mas selamat yah,, welcome to aussie, mas masih punya berkas form yang duu mas gunakan untuk aply VWH ? tolong kirim ke email saya please. saya mau ajukan VWH juga, biar semoga bisa di terima dan bernasib baik seperti mas. dan lebih mempermudah saya untuk mengisi form tersebut tolong ya mas,,, terimakasih.

  30. arinda agusti says:

    Hai mas!

    Infonya ngebantu Banget nih. Btw aku juga Mau apply tahun Ini Untuk WHV Ini. aku read Semua testimoni yang Ada di blog ini. Dan ada pertanyaan : apply visa itu dibayar pas visanya bener2 udah jadi atau pas daftar?
    dan Mas rijal jawab : sayangnya pas awal daftar. Lulus ga lulus uang ga Balik.

    Jadi pas kita daftar itu, lgs bayar ?5jut?? atau Gmna?

    Thank you for answering my question :)

  31. arinda agusti says:

    oh jadi pas dateng ke direktorat itu selain ngisi form, juga Langsung bayar 5 juta ya? kalo udah approved ga usah bayar lagi kan?

  32. maria tsukino says:

    hi ..
    sangat membantu bgt nich info nya. saya ada pertanyaan:
    1.klo cman lulusan diploma satu masih bisa apply tidak ya ?
    2. kebetulan saya sedang bekerja di luar Indonesia untuk surat rekomendasi nya bisa di dapet dari mana ya selain dr dirjen imigrasi Indonesia

  33. Kevin says:

    halo mau tanya ya mas,klo dulu pembuktian memilik kemampua bahasa inggris fungsional, mas pakai IELTS, TOEFL atau TOEIC ya?

  34. Heru says:

    Halo Mas, dua hari yg lalu sy udah register di immi web, trus cara cek kalo utk tau ada panggilan wawancara bwt saya gmn? soalnya jadwal wawancara stuck di tgl 6 july..abis itu g ada file baru lg..

  35. Felicia says:

    Hi, mau nanya itu surat Government Support ada masa berlakunya ga? Soalny g mau berangkat Maret 2016, apa seharusnya saya minta Surat Govenment Support dulu sekarang?
    Thanks!

  36. Yohan says:

    Hi Rijall, pasti udah sampe di oz ya sekarang ini.

    Saya sudah lama ingin sekali kesana dan terlalu lama mengulur waktu dan ini kan di persyaratannya belum berusia 30 tahun.

    Nah, kebetulan banget di bulan oktober ini saya akan berulang tahun ke 30, apakah masih bisa mengajukan surat rekomendasi visa bekerja dan berlibur di pihak imigrasi indonesia apabila saya mengajukannya pada bulan april 2016. Beneran jadi pusing deh kepepet waktunya. Karena saya sedang mempersiapkan dokumen ielts/toefl sebagai salah satu syaratnya.

    Mohon informasinya ya apabila masih memungkinkan harus gerak cepat nih saya. Entah kenapa masih ragu2 takut ditolak oleh pihak imigrasinya gegara batas umur :(

    Sukses selalu disanaaa :)

  37. Riris says:

    Super sekali blognya Mas, q mau tny donk untuk dokumen2 persyaratan buat dapet letter of goverment support (ktp, akte kahir, kk, ijazah,dll) itu hrs bawa aslinya gt ya?? Trus untuk fotocopy dokumen2 itu hrs legalisir atau gak??
    Ditunggu jwbnnya ya mas..makasi

  38. Ratih says:

    Mas rijal waktu mengurus surat pernyataan dr bank langsung jd kah?? Pada hari it jg?

  39. taufiq lezzo says:

    Mas…bro… ada batasan umur g?… umur sy… 29 years old…

  40. Jacky says:

    mas fahmi,gini loh,saya baru mau regis di bagian imigrasi buat dapet surat sakti itu,tapi saya dari manado,apa aku harus langsung ke jakarta dulu ya,taktutnya klo surat rekomendasinya keluar saya masih di manado,

  41. dara says:

    Hi ka fahmi, situs daftar online utk buat surat rekomendasi kok tidak bisa yah? Apakah bisa bantu?

    Lalu jika saya hanya menggunakan TOEFL paper based test bisa ga ya? Atau hrs IELTS? Krn aturan di dirjen tidak jelas. Mohon bantuannya. Trm ksh..

  42. Roro says:

    Ka fahmi..
    Jadi kalo lulusan smk ga bisa ngajuin whv ya?
    Please rep yah ka
    Thanks

  43. Halo kak Fahmi, makasih ya info nya, berguna banget.
    cuma mau nanya dong ka, buat dapetin surat rekomendasi nya saya harus ke Jakarta ya?
    berhubung lokasi saya di Bali dan saya ingin mengajukan visa working holiday dari Bali.
    Terima kasih

  44. Iqbal says:

    Jadi sekarang udah di Oz om? dimananya?

  45. Jenius Antariksa says:

    fahmi berangkat desember nanti ? rencana ke state mana nih??hehehe kali bisa barengan hahaha.. saya ngikutin blog ini dari awal sampe akhir nih mas sampe akhirnya sampai tahap rontgen. doain ya mggu depan sudah beres hehehe

  46. raditio says:

    halo mas,mau tanya..

    wawancara yang di imigrasi itu ditanya apa aja?
    oya,kan saya Mapala(mahasiswa paling lama) di kampus hehe,syukurnya udah kerja juga sih,nah itu ga masalah kan ya untuk surat keterangan kuliahnya (kan disebutin minimal 2 tahun) nah saya uda lebi dari 4 taun kuliahnya hehehe
    lalu untuk proses di AVAC apakah ada wawancara dari pihak embassy atau avac?

    terimakasih.

    • Nggak masalah, kan yang penting udah kuliah lebih dari dua tahun? kalau wawancara yang pasti ada dari imigrasi indonesia, terus kalau dari pihak australian embassy, ada kemungkinan wawancara tambahan, meski nggak selalu sih :)

  47. Kak fahmi utk sertifikat. Hrs dua yaitu IELTS dan TOEFL kah? Atau boleh pilih hanya salah 1 ? Thx

  48. Kak punya contact utk pengaduan ke embassy gt ga? Thx

  49. Veronika says:

    Mas fahmi, saya sudah dpt surat sakti tgl 6 kemaren, mohin bantu untuk pengajuan ke avacnya
    1. Apa referensi bank perlu surat bertandatangan pejabar bank? Kemaren di imigrasi cuma pake fotokopi buku rekening.
    2. Harus ke kantor avac langsung atau bisa apply di website nya. Adek kebetulan apply visa profesional worker ke aussie daftar avac via web, dokumennya di scan trus diupload gitu
    3. Pembayaran visa harus cash atau visa via credit card?
    Makasih sebelumnya mas

    Btw, sdh berangkat belum nih?

    • wah, saya kurang tahu kalau bisa online malah. Mungkin bisa langsung tanya pihak avac saja kalau ini. Apakah dokumen untuk pengajuan visa WHV bisa online. Kemarin saya soalnya datang langsung ke AVAC nih :) Sekarang saya sudah di australia, di Sydney tepatnya :)

  50. Aria says:

    Apakah bisa Score TOEFL di isi secara sembarang pada saat meminta surat referensi di Imigrasi jakarta. Sebab saya belum mengetahui Score TOEFL saya secara resmi. Rencana bulan depan sy akan melakukan Scoring. Mengingat wawancara di Imigrasi bisa menunggu selama 3bulan.
    Terimakasih

  51. ria says:

    Berati klo bkan anak kuliahan gak bisa applt WHV dong ….???!

  52. mantap informasinya mas fahmi. sekarang masih di aus kah? mau tanya kalo udah sampai aus kan kita masih keadaaan liburan kan ya, utk apply work nya gmn ya? cari sendiri atau sudah ada list rekomendasi? hatur nuhun

    • ya kalau dapet visa ini terserah, mau liburan saja, atau mau kerja saja asal sesuai peraturan visa. Kerja udah pasti cari sendiri, makanya, kalau cari informasi tentang visa sendirian aja nggak bisa, kemungkinan bakal kesulitan cari kerjaan yang pas selama di australia nanti.

  53. boni says:

    halo mas, aku mau nanya ni soal kondisi aku, untuk ke avacnya, rekening koran bsa di ganti buku rekening bank ngga? soalnya waktu ke avacnya sisa sebentar lg, kalo bikin rek koran butuh waktu lg.. ato ada cara untuk memperpanjang jangka waktu SRPI ngga mas? mohon banget2 jawabannya.. thx in advance

  54. Ardi kurniawan says:

    Mas mau minta saran ni. Saya rencana bln febuari ini ngurus whv. Skrg saldo blm mencukupi. Mengingat jadwal wawancara baru nongol kira2 3 bulan gitu, apakah untuk skrg gak mslh saya isi saldonya sembarangan dlu dipendaftarannya untuk mendapatkan surat sakti ? Trima kasih mas :)

  55. ardi kurniawan says:

    Mas, brrti pertama kita daftar dlu. Trus kpan kita baru boleh minta surat sakti mas ? Dan mintanya lngsng ke avac yah?

  56. Etha says:

    Mas mau tanya.. kira2 butuh berapa lama dr proses pengajuan ke avac hingga visa granted?

  57. eno says:

    mas wkt buat srt rekomendasi bank di bank bni biaya nya brp yaa mas? trus mesti bersurat dlu atau langsung aja ngomongke csnya. thanks in advance

  58. Rico Novian says:

    salam kenal mas fahmi, saya mau tanya bagaimana cara kita untuk tau bahwa kuota WHV itu masih ada atau sudah habis?? karena ada info juga bahwa hanya 1000 kuota saja. adakah cara untuk bisa cek kuota WHV?? terimakasih

  59. Rico Novian says:

    maaf ada tambahan pertanyaan mas, terbilang pada persyaratan pengajuan no.6 yg mengatakan “Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur. Pasangan suami istri masih bisa apply visa ini, tapi tidak bisa membawa anak-anaknya, lebih baik yang belum mempunyai anak.” nah saya memiliki 1 anak dan rencana hanya saya saja yg akan berangkat sendiri, apakah tidak masalah??

  60. anita says:

    minta line dong atau kontaknya thanks

  61. “Saya mendapat CD hasil rontgen, dan tanda terima yang saya scan lalu saya kirimkan ke kedutaan.”

    -> Mas kirimkan melalui apa? email? atau langsung ke kedutaan Australia di Kuningan ?, mohon pencerahannya.

  62. mely says:

    hai…
    blog nya sangat bermanfaat..
    trimkasih ya..
    ohya,aku mau tanya neh..misalnya visa kita sudah granted…trus mau berangkatnya sekitar 6 bulan lg..nah,apakah pada saat berangkat saldo di rek tabungan kita di cek lagi?
    soalnya saldo di tabungan pinjaman sih…jadi mesti saya balikin..kira2 sampai tahap avac aja ya saldo tabungan kita di cek?
    trim’s

  63. Dari dulu pengen banget ke Aussie. Apalagi temenku udah ngeduluin… Mudah-mudahan bisa ke sana dalam waktu dekat. Makasih tuk infonya.

  64. dodi says:

    Mas thanks ya info”nya. Sudah granted. Insya Allah Juni saya berangkat. Pls kalo bisa ketemuan mas di Sydney haha

  65. Wah, terima kasih sekali tulisan yang detil selengkap-lengkapnya sangat membantu khususnya bagi saya yang sedang mondar mandir mengurus VISA+SKRIPSI. Do’akan lancar kedua-duanya ya!

    Berlibur sambil bekerja? Mengapa tidak! *membayangkan sambil sumringah* hi hi

  66. Stefanus Ongko says:

    Wah Mas.. Mantap banget informasinya! Terima kasih ya. Bener2 membantu. Btw Mas, itu receipt med check nya d kirim ke kedutaan maksudnya by email atau balik lagi k AVAC?

  67. Rudy says:

    Mas, tenkyu banget informasi nya, lengkap banget..anyway sesuai pngalaman mas, berapa lama y jeda waktu setelah send document ke AVAC dgn keluarnya HAP ID? krn saya kan luar jkt, rencana kalau cm 2-3 hari, y skalian medcheck di rs jkt aja n skalian kirim tanda terima medcheck nya ke AVAC gt

  68. dante says:

    sebelum nya makasih mas udah share pengalamanya.
    say a punya beberapa pertanyaan di antaranya:
    1:apakah syarat 5000 aud nya harus mengendap di rekening kita selama 3bulan?
    2:bisakah syarat 5000 aud nya bisa di wakilkan oleh saudara selain orangtua ataupun kakak dan adik?
    3.durasi visa setahun di hitung dari pas dimana bisa granted,atau pas sudah sampai di aussie.

  69. Ahmad says:

    bang mau tanya, untuk cari kerjanya lebih baik lngsung cri disana atau udh mulai apply2 sblm wktunya berangkat?

  70. Ilafi says:

    Nah, iya, pertanyaannya hampir sama kaya yang di atas.
    Cari tempat untuk kerja sebaiknya dimulai sejak kapan?
    memungkinkan nggak sih kalau ingin cari pengalaman kerja di rumah sakit?

  71. Marcella Tasha says:

    Helloo from Wakatobi !! Sangat informatif, terima kasih. Tapi saya ada 1 pertanyaan, ada expired date ga untuk visa granted sampai ke jadwal terbangnya ke Australia ? Saya juga masih punya tanggung jawab kerjaan yang belum selesai soalnya. Terimakasih dan salam kenal ;)

  72. sisilia says:

    Estimate budget yang dibawa kira2 berapa ya?

  73. Guntur says:

    Hii mas Rizal, sya mau nimbrung tanya nih.
    Saya sudah 3thn jln d OZ pakai visa kerja 457, tp sya kerja d kapal.
    Skitar 1,5thn lg kn visa saya finish lalu sya pengen cari WHV seperti mas rizal krn gk pengen terikat sponsor perusahaan.
    Nah pertanyaan sya,” Ap WHV jg butuh sponsor dan kemungkinan untuk dpt WHV skrng ini masib terbuka lebar gk y?”

  74. jeff says:

    Halo Fahmi ,
    apa kah passport dan dokumen asli di tahan di AVAC hingga visa granted ?? atau cuma copy nya saja yang di tahan di AVAC ?

  75. ninoy graciano says:

    Hallo fahmi, makasih udah memotivasi aku. Aku adalah seorang pelaut ( pernah menginjakan kaki di hampir semua kotadi ausie ) . Aku tertarik utk apply WHV tapi pas lihat syarat harus punya ijazah min DIII aku berpikir lagi karna aku cuman punya ijazah SMA, pertanyaan aku apakah mungkin jika hanya melampirkan ijazah SMA ? Thanks

  76. Nik says:

    Mas, kl ke jepang ada jg ga ya Work n holiday, tq

  77. Nik says:

    Mas mau ikut nanya kl ke jepang ada ga Work n holiday, tq

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: