Cicipi Kuliner Wajib Malaysia Ini Ketika Traveling Kesana!

Kuliner Malaysia wajib coba waktu liburan ke Malaysia itu apa saja? Simak baik-baik deh tulisan ini! Tak dapat dipungkiri lagi, aneka kuliner khas yang berada di suatu negara, kerap menarik para wisatawan untuk mencicipinya. Terlebih, jika kuliner tersebut memiliki cita rasa yang unik dan tak biasa di lidah.

Seperti halnya Malaysia, yang merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang memiliki beragam kuliner unik nan lezat. Jika berkunjung ke negara serumpun dengan Indonesia ini, tentunya akan membutuhkan tempat penginapan atau hotel untuk beristirahat sebelum mulai berpetualang mencicipi aneka kuliner lezat di berbagai tempat.

Untungnya tidak terlalu sulit mencari pusat-pusat penginapan dan hotel di Kuala Lumpur. Tempatnya juga cukup mudah ditemukan dan jumlahnya juga cukup banyak, mulai dari hotel berbintang yang mewah hingga hotel bertarif murah di daerah Kuala Lumpur. Ada baiknya kadang saya harus mencari informasi lengkapnya di website OTA atau Online Travel Agent. Karena selain bisa merangkum semua hotel di satu tempat, layanan ini juga biasanya mempunyai informasi tentang tempat-tempat wisata dan kuliner yang wajib untuk dikunjungi.

Nah, sekarang kalau sudah menemukan tempat penginapan lokasi dan yang harganya pas dikantong, sekarang saatnya saya bergegas melakukan wisata kulinernya ya. Dan kira – kira berikut adalah beberapa kuliner Penang favorit yang wajib dicoba selama berada disana.

Berikut Ini Adalah Kuliner Malaysia Wajib Coba Ketika Liburan Disana!

Mulai dari nasi lemak hingga mie laksa, ini adalah beberapa kuliner Malaysia wajib coba ketika kalian liburan kesana!

1. Nasi Lemak

Seporsi nasi lemak yang biasanya juga untuk bekal. Nasi Lemak ini juga merupakan Kuliner Malaysia wajib coba. Karena salah satu makanan khas dari Malaysia.
Seporsi nasi lemak yang biasanya juga untuk bekal. Nasi Lemak ini juga merupakan Kuliner Malaysia wajib coba. Karena salah satu makanan khas dari Malaysia.

Inilah kuliner paling popular di Malaysia. Nasi lemak, menu yang sebenarnya tak jauh berbeda dengan nasi uduk asli Indonesia. Sepotong ayam goreng, telur ayam rebus, ikan teri kacang, mentimun beserta sambel menjadi paket dalam penyajiannya. Yang jelas kuliner Malaysia ini enak!

Nasi lemak sendiri menjadi menu yang paling diingat para wisatawan jika berkunjung ke negara federasi ini. Hal tersebut dikarenakan menu satu ini dapat juga ditemui di negara tetangga seperti Singapura dan Brunei Darusallam.
Dalam pengolahannya, beras yang sudah dibersihkan di rendam santan kelapa untuk kemudian dikukus hingga matang. Untuk menambahkan aroma wangi masakan, batang sereh, jahe atau daun pandan turut dimasukan selama proses pengukusan.

Nama nasi lemak berasal dari bahasa Melayu yang berarti lamak. Kata tersebut memiliki arti yakni rasa dan tekstur gurih yang berminyak karena dihasilkan oleh santan kelapa. Penasaran ingin mencobanya ? silahkan datang ke restoran Nasi Lemak Antarabangsa yang terletak di Jalan Raja Muda Muda, Kampung Baru, 50200 Kuala Lumpur. Uniknya, sang pemilik restoran ini merupakan orang indonesia kelahiran Sumatera bernama Normi Tanduh.

2. Nasi Kandar

Coba saja makan Nasi Kandar, pasti ketagihan!
Coba saja makan Nasi Kandar, pasti ketagihan!

Kuliner khas lainnya yang patut teman – teman cicipi selama berada di Malaysia ialah, nasi kandar. Dalam bahasa Melayu, kandar sendiri berarti kayu atau bambu. Namun begitu, Anda tak akan menemukan kayu atau bambu dalam proses penyajiannya. Sebaliknya, menu satu ini umumnya terdiri dari nasi putih, ayam goreng kari dan kari kepiting. Ya, bumbu kari begitu dominan dalam satu porsi nasi kari.

Kuliner lezat satu ini banyak ditemukan di warung pinggir jalan hingga restoran. Kebanyakan yang menjualnya merupakan pedagang keturunan India. Namun belakang, penduduk lokal setempat pun tak mau ketinggalan menjajakan menu yang lzim disantap pada jam makan siang.

3. Laksa

Laksa untuk para pecinta mie dan makanan berkuah.
Laksa untuk para pecinta mie dan makanan berkuah.

Jika teman – teman pecinta mie, sepatutnya mencoba menu ini. Laksa, sup mie berkuah yang memiliki rasa asam nan pedas. Tak hanya itu, irisan ikan makarel, selada, mentimun, nanas hingga cabai menjadi menu komplit kuliner yang berasal dari Penang ini.

Saat langit lidah menyantap menu satu ini, selain rasa pedas dan asam, rasa gurih bakal menyempurnakan lidah teman – teman. Rasa gurih sendiri di dapat dari santan kelapa serta rempah-rempah tradisional yang dipadukan saat proses memasaknya.

4. Nasi Daun Pisang

Sesuai namanya, Nasi Daun Pisang disajikan diatas daun pisang.
Sesuai namanya, Nasi Daun Pisang disajikan diatas daun pisang.

Kuliner terakhir yang wajib teman -teman coba ketika berada di Malaysia ialah nasi daun pisang. Sesuai namanya, menu ini disajikan diatas daun pisang sebagai pengganti piring. Penggunaan daun pisang sendiri lantaran beragam lauk-pauk yang disajikan seperti ikan goreng, daging sapi, rendang ayam hingga sayur mayur.

Bumbu kare yang terbuat dari bahan ikan atau ayam menjadi pelengkapnya. Bumbu ini biasanya disiram diatas nasi putih, namun tak jarang siraman bumbu tersebut dilakukan diatas lauk pauknya. Nah, apakah ini kuliner Malaysia favorit kalian?

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
IkutiĀ travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakanĀ kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
17 Responses
  1. Muhammad Akbar

    Kuliner Malaysia dan Indonesia tidak terlalu jauh beda yah, namanya boleh beda tapi kalau dari segi rasa sepertinya mungkin sama.

  2. ihhhhh, itu nasi kandar menggodaaaaa *Garukin Tembok

    kalo ke KL udh g ada yg lain selain wisata kuliner deh :D walopun mnrtku msh lebih enak masakan di penang, tp KL boleh jugalah :D apalagi yg di jalan Alor tuh…beuhhh surgaaaa ^o^

    1. Rijal Fahmi

      hahaaa, iya kalau nggak kuliner emang rada bingung mau ngapain lagi. kecuali buat yang doyan ke museum atau liat bangunan – bangunan tua :D

  3. Diarysivika

    nasi ayam cheemeng ngga termasuk ya? Kyknya terkenal deh, dan pernah coba enak. Kalo referensi nasi kandar yang enak dimana?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: