Keliling Jepang Dengan Japan Rail Pass

Jepang adalah salah satu negara yang memanfaatkan kereta api sebagai transportasi utama untuk bepergian. Karena itu sangat lazim di negara ini stasiun kereta selalu dipenuhi oleh lautan manusia, karena sistem kereta api Jepang adalah salah satu yang tercanggih dan teraman di dunia.

Sayangnya hal itu dikompensasi dengan harga tiket yang selangit bahkan untuk sekali jalan saja, apalagi untuk ukuran penduduk negara berkembang seperti saya. Sekedar contoh saja, biaya total yang harus dikeluarkan untuk tiket dari Tokyo ke Hakodate untuk sekali jalan adalah 19,340 YEN (hampir IDR 2000.000). Sebuah harga yang bisa bikin kere mendadak untuk yang traveling ala backpacker.

Untungnya di Jepang ada suatu kartu namanya Japan Rail Pass yang merupakan kartu sakti untuk bisa digunakan mengelilingi setiap sudut jepang, dengan kereta api milik Japan Railway Grup. Okeeyy… keliling jepang hanya dengan sebuah kartu saja!? Terdengar menarik buat para traveler yang ingin backpacking ke Jepang. Apalagi buat yang ingin merasakan naik kereta super cepat Jepang yang biasa disebut dengan Shinkansen. Jadi, apa si sebenarnya Japan Raill Pass ini?

(Baca Juga : Huru – Hara Pengalaman Membuat Visa Jepang!)

Japan Rail Pass! Kartu Sakti Untuk Keliling Jepang!

Japar Rail Pass kunci utama untuk keliling Jepang dengan fleksibel
Japar Rail Pass kunci utama untuk keliling Jepang dengan fleksibel
Japan Rail Pass yang asli, didapatkan setelah menukarkan vouchernya
Japan Rail Pass yang asli, didapatkan setelah menukarkan vouchernya. Punya saya ini harganya 45100 Yen.

(Baca Juga : 12 Kereta Api Yang Wajib Dinaiki Di Jepang)

Tentang Japan Rail Pass

Japan Rail Pass biasanya dikenal dengan kependekan JR Pass, yang bisa dibilang sebuah tiket universal untuk naik semua kereta Japan Railway Group secara tidak terbatas pada jangka waktu yang telah ditentukan. Jangka waktu tadi ditentukan oleh pemegang kartu ketika mengambil kartunya di dalam jepang.

Jangka waktu yang ada adalah 7 Hari, 14 Hari, atau 21 Hari naik kereta di Jepang secara tidak terbatas. Kartu sakti ini hanya bisa dibeli dari luar Jepang, karena tidak dijual sama sekali di Jepang. Jenis kartu yang ada adalah ordinary (semacam kelas ekonomi) dan green car (semacam kelas bisnis).

Tabel Harga  Japan Rail Pass

Tipe Ordinary Green Car
7 Hari 28.300 Yen 37.800 Yen
14 hari 45.100 Yen 61.200 Yen
21 hari 57.700 Yen 79.600 Yen

(Baca Juga : Naik Kereta Wisata Di Jepang Utara)

Penggunaan Dan Validitas Japan Rail Pass

Japan Rail Pass ini bisa digunakan pada hampir seluruh jaringan kereta di Jepang, seperti :

  • Semua jalur kereta api yang dioperasikan oleh Japan Railways di seluruh Jepang, termasuk kereta Shinkansen, limited express, express, rapid dan kerta lokal yang berhenti di tiap stasiun.
  • Tokyo Monorail dari dan ke Haneda Airport, sangat berguna untuk yang landing di Haneda.
  • JR Ferry ke Miyajima.

Meskipun bisa digunakan pada hampir seluruh kerta api yang beroperasi di Jepang, kartu sakti ini tidak boleh dipakai pada beberapa jalur dan kereta api Shinkansen seperti :

  • Kereta api Nozomi dan Mizuho, yang merupakan Shinkansen tercepat pada jalur Tokaido, pengguna Japan Rail Pass akan tetap dikenakan biaya penuh jika ingin naik kereta ini. Jangan khawatir, meskipun begitu pengguna kartu JR Pass masih bisa naik Shinkansen lain, seperti Shinkansen Komachi dan Hayate yang mempunyai kecepatan maksimal hingga 300 KM/Jam.
  • Kereta api malam jarak jauh, jika ingin naik pengguna kartu akan dikenakan biaya tambahan.

O iya, penting untuk diperhatikan!! Japan Rail Pass yang telah ditukarkan dan dicetak tidak bisa dikembalikan atau dicetak ulang! Jadi jangan sampai Japan Rail Pass ini hilang Ya! Anggap kartu ini seperti passport yang jika hilang perjalanan di Jepang akan berakhir, dan akan sangat merepotkan, atau bisa juga disimpan bersamaan dengan passport agar lebih aman.

Kereta Shinkansen Hayate yang mempunyai kecepatan maksimal 300 KM per jam bisa dinaiki dengan gratis jika mempunyai Japan Rail Pass!
Kereta Shinkansen Hayate yang mempunyai kecepatan maksimal 300 KM per jam bisa dinaiki dengan gratis jika mempunyai Japan Rail Pass!

Dimanakah Tempat Membeli Japan Rail Pass?

Ada banyak agen yang menjual Japan Rail Pass, termasuk di Indonesia, karena kemarin saya kurang begitu tahu agen yang menjual kartu ini di Indonesia, jadinya saya beli online yang ternyata agentnya berada di Perancis *kejauhan*. O iya, kartu ini hanya dijual di luar Jepang, jadi pastikan dulu membelinya sebelum memasuki negeri matahari terbit ya!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
28 Responses
  1. Sehari Bersama Doraemon Di Museum Fujiko F Fujio - @catperku

    […] Fujiko F Fujio ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Tokyo, Jika memiliki Japan Raill Pass, rute terbaik adalah dari Stasiun Tokyo tinggal naik saja kereta api ke arah Kota Kawasaki ( JR […]

  2. Jepang Dan Baseball! - @catperku

    […] doraemon, Baseball adalah salah satu alasan saya untuk mengunjungi Jepang. Apalagi kalau bukan karena salah satu mangaka favorit saya yang selalu menerbitkan komik dengan […]

  3. "Overpriced" Kuliner Jalan Sabang, Jakarta! - @catperku

    […] saya selalu berburu kuliner di setiap kota yang pernah saya singgahi. Contohnya saja ketika saya traveling ke Jepang, saya sempatkan singgah ke Nishiki Market meskipun hanya membeli beberapa jajanan dan banyak […]

  4. Langsung tertarik infonya karena kemarin baru beli JR Pass juga :)

    Sekadar info tambahan. Di Jakarta kita bisa beli JR Pass ini di JTB yang ada di Wisma KEIAI (dulu Kyoei Prince) 2nd Floor, JL Jenderal Sudirman Kav 3-4 Jakarta atau di Jalan Tour di gedung yang sama di Lantai 3.

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      iyaa, baru ngerti setelah balik dari jepang, kalau ternyata Japan Rail Pass bisa dibeli di Indonesia juga ==” tapi terlanjur impor dari paris -,- *makasih infonya* :D

  5. Mau Hemat Traveling Di Jepang? Menginaplah Di Warnet! - @catperku

    […] mengatur budget yang minim selama saya backpacking ke Jepang dalam 13 hari. Mulai dari membeli Japan Rail Pass biar saya bisa keliling jepang dengan murah dan efisien, tidur di Bandara Haneda pada hari pertama […]

    1. Rijal Fahmi

      kalau Tokyo – Osaka saja pasti bisa. Kalau jalur lain asalkan itu kereta masih punya Japan Rail Company, no problem :) ^^ kalau gak yakin, sebelum naik tanya aja kalau pake JR Pass perlu nambah biaya apa enggak.

  6. Ninin

    Mas Rijal, saya berencana ke Tokyo 13-24 Mei dengan 2 anak. Jadi mending beli JRP ya? Penggunaannya memang tak terbatas, artinya mau pake aja dan kapan aja? Misal saya mau naek shinkansen ke Osaka atau Kyoto at anytime sesuai dengan masa pake JRP? Thanks!

  7. Masih penasaran dengan JR Pass ini, jadi intinya ini semacam tiket terusan ya dan bisa naik turun sesukanya asalkan masih termasuk kereta yang disebut di atas?

  8. Mas fahmi nanya lg aku :D. Udh fix planning abis lahiran mw k jepang soalnya. Jr pass ini bisa utk k hokkaido ga sih? Trs mas, aku ada baca ttg jr hokkaido juga. Nah itu berarti kartu lain lg ya? Yg cm bisa dipake di hokkaido? Ato gmn ni? Beda ama jr pass td?

    1. Kalau JR pass bisa dipake nation wide, alias bisa dipakai di seluruh jepang. Ada juga beberapa kartu yang cuma bisa dipakai untuk area tertentu seperti JR East cuma bisa dipakai di beberapa area di jepang timur, dan JR Hokkaido ini juga sepertinya cuma bisa dipake di hokkaido saja :D

  9. Sati

    Coba di Indonesia ada kartu seperti.. mantab pastinya.. minimal kereta yang bisa menghubugkan ibu kota antar propinsi saja sudah cukup.. Beda negara dan geografis kali ya. Tidak terpikir oleh saya kalau jalur kereta ini di bangun untuk daerah-daerah di sumatra.. :)

  10. Kevin

    Hi, sepertinya untuk sekarang harga JR pass sudah naik sedikit ya, tapi kemarin saya beli di **** dapat harga lebih murah dibanding tour lain, semoga membantu.

    Thanks

  11. elisabetyas

    Hai Mas, infonya bagus dan berguna.
    Mau minta pendapatnya donk, jika pergi ke Toyama, lebih baik dari Tokyo atau Kyoto? Rencana perjalanan saya Tokyo-Osaka-Kyoto-Tateyama-Tokyo. Mohon pencerahannya yah. Thankiyu ????

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: