12 Kereta Api Yang Wajib Dinaiki Di Jepang

Ada ribuan kilometer totalnya, jalur kereta api yang ada di Jepang. Jenis kereta apinya pun tentu ada bermacam – macam. Mulai dari Shinkansen yang super cepat, dan hanya berhenti di beberapa stasiun besar, kereta reguler yang selalu berhenti di tiap stasiun, hingga beberapa kereta unik seperti tram yang ada di beberapa kota. Dan inilah beberapa kereta yang pernah saya coba ketika berkeliling jepang selama 13 hari.

1. Shinkansen Komachi/Super Komachi ( こまち )

Shinkansen Komachi yang super cepat. Sumber foto dari Google Images, karena saya enggak sempat mangambil fotonya dari luar :|
Shinkansen Komachi yang super cepat. Sumber foto dari Google Images, karena saya enggak sempat mangambil fotonya dari luar :|

Saya mulai dari yang tercepat yaitu Shinkansen Komachi dan variannya Super Komachi yang kecepatan operasionalnya hingga 300 KM/Jam, dan kecepatan maksimalnya bisa sampai 320 KM/jam. Saya sempat merasakan kecepatan maksimal dari Super Komachi ketika saya ke Jepang di waktu Golden Week. Super Komachi sendiri melayani rute Tokyo – Akita, namun saya hanya naik di sebagian jalurnya saja, yaitu dari Morioka – Kakunodate.

Tokyo - Akita yang berjarak kurang sekitar 662 KM bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 4 jam dengan Super Komachi.
Tokyo – Akita yang berjarak kurang sekitar 662 KM bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 4 jam dengan Super Komachi.

2. Shinkansen Hayate ( はやて )

Si kece Shinkansen Hayate yang sedang tidak beroperasi
Si kece Shinkansen Hayate yang sedang tidak beroperasi

Yang ini adalah shinkansen favorit saya karena desainnya yang keren. Bagian depannya mengerucut seperti peluru, dan warna dasarnya adalah hijau. Saya naik kereta Shinkansen Hayate dari Shin-Aomori sampai Tokyo, setelah menghabiskan waktu tiga hari dua malam di Hakodate. O iya kecepatan maksimal Shinkansen Hayate adalah 275 KM/Jam, karena itu dari Shin-Aomori menuju Tokyo yang jaraknya 700 an km bisa ditempuh dengan waktu 230 menit saja.

Shin-Aomori - Tokyo jaraknya 713,7 Km hanya 230 menit saja!!
Shin-Aomori – Tokyo jaraknya 713,7 Km hanya 230 menit saja!!

3. Shinkansen Hikari ( ひかり )

Shinkansen Hikari yang melayani jalur Tokaido, dengan rute Tokyo - Shin-Osaka
Shinkansen Hikari yang melayani jalur Tokaido, dengan rute Tokyo – Shin-Osaka

Shinkansen Hikari merupakan salah satu armada kereta api super cepat yang berada di tokaido line. Jalur yang dilayani adalah dari Tokyo hingga Shin-Osaka, namun saya hanya pernah mencoba naik shinkansen yang satu ini dari Tokyo hingga Kyoto saja. Yang saya suka dari Shinkansen Hikari daripada yang lain adalah dengan adanya stop contact di dalam kereta. Jadinya saya bisa ngecharge gadget – gadget saya yang kehabisan tenaga :D

Wow! Dari Tokyo hingga Osaka cuma 184 menit saja!
Wow! Dari Tokyo hingga Osaka cuma 184 menit saja!

4. Shinkansen Yamabiko ( やまびこ )

Si cepat Shinkansen Yamabiko yang melayani di rute Tohoku Line
Si cepat Shinkansen Yamabiko yang melayani di rute Tohoku Line

Sebenarnya Shinkansen Yamabiko melayani rute jalur Tohoku, dari Tokyo hingga Morioka, namun saya hanya sempat merasakan naik kereta ini dari Kitakami menuju Morioka saja. Kereta ini juga merupakan salah satu kereta super cepat yang dimiliki oleh Jepang. Kecepatan maksimalnya saja 240 KM/Jam. Keren Bukan?

Shinkansen Yamabiko cuma memerlukan waktu 190 menit untuk menempuh jarak 535,3 km dari Tokyo - Morioka
Shinkansen Yamabiko cuma memerlukan waktu 190 menit untuk menempuh jarak 535,3 km dari Tokyo – Morioka

5. Shinkansen Kodama ( こだま)

Shinkansen Kodama yang juga melayani rute tokaido
Shinkansen Kodama yang juga melayani rute tokaido

Shinkansen Kodama melayani jalur yang sama dengan Shinkansen Hikari, yaitu rute Tokaido Line. Bedanya, Shinkansen Kodama memiliki titik pemberhentian yang jumlahnya lebih banyak dari pada Shinkansen Hikari, jadinya waktu tempuh akan sedikit lebih lama jika naik shinkansen yang satu ini. Meskipun begitu, bedanya cuma beberapa menit saja loh, enggak terlalu lama. Jadi mau naik yang mana saja enggak banyak berbeda, pastikan saja kereta yang akan dinaiki berhenti di stasiun tujuan kita.

Perbandingan waktu tempuh Shinkansen Hikari dan Shinkansen Kodama. Kyoto - Tokyo memerlukan waktu 164 menit dengan Hikari, dan 218 menit dengan Kodama.
Perbandingan waktu tempuh Shinkansen Hikari dan Shinkansen Kodama. Kyoto – Tokyo memerlukan waktu 164 menit dengan Hikari, dan 218 menit dengan Kodama.

6. Rapid Resort Shirakami ( リゾートしらかみ )

Kereta yang wajib dicoba untuk dinaiki ketika traveling ke Jepang, Rapid Resort Shirakami
Kereta yang wajib dicoba untuk dinaiki ketika traveling ke Jepang, Rapid Resort Shirakami

Kereta yang satu ini memang bukan kereta super cepat seperti shinkansen. tetapi ini adalah salah satu dari beberapa kereta api spesial yang ada di Jepang. Kenapa spesial? Karena jalur yang ditempuh adalah melewati tepi laut jepang dan lereng Gunung Shirakami yang merupakan UNESCO World Heritage.

Rapid Resort Shirakami termasuk kereta yang cukup populer di Jepang
Rapid Resort Shirakami termasuk kereta yang cukup populer di Jepang

7. Limited Express Tsugaru ( つがる )

Limited Express Tsugaru yang "menyeberangi" sebuah selat
Limited Express Tsugaru yang “menyeberangi” sebuah selat

Pernah kepikir enggak kenapa kereta ini dinamakan Tsugaru? Saya juga baru tahu setelah naik kereta ini kok. Kereta ini adalah salah satu kereta antar pulau yang ada di jepang. Kereta ini menyeberangkan orang dari pulau utama Jepang Honshu ke Pulau Hokkaido, melewati Selat Tsugaru. Weits!! Meskipun saya bilang kerta ini “menyeberang”, bukan berarti kereta ini menyeberang, mengapung dilaut ya. Tetapi kereta ini melewati terowongan bawah tanah yang berada di bawah Selat Tsugaru, yaitu yang bernama Seikan Tunnel.

8. Limited Express Super Hakucho ( 白鳥 )

Limited Express Super Hakucho (Kanan)
Limited Express Super Hakucho (Kanan)

Kereta express pertama yang saya naiki untuk menyeberang antar pulau di Jepang. Melayani jalur Aomori – Hakodate, kereta yang satu ini juga melewati Seikan Tunnel seperti kereta sekelasnya, Limited Express Tsugaru.

9. Reguler Train

Salah satu regular train di Jepang
Salah satu regular train di Jepang

Regular train adalah kereta api yang bakal berhenti di setiap stasiun, sekecil apapun stasiun-nya. Kecepatan jelajahnya juga tidak terlalu tinggi, sekitar 80 KM/Jam. Tarifnya biasanya tidak mahal, cocok untuk liburan ala backpacker ke Jepang. Selalu dengarkan nama stasiun selanjutnya dimana kereta akan berhenti, karena rata – rata stasiun kereta kecil sedikit sekali informasinya yang berbahasa inggris. Salah sedikit, kemungkinan nyasar akan semakin besar, kecuali bisa berbahasa Jepang secara lancar :D

10. Tram

Salah satu Tram yang ada di Kota Toyama
Salah satu Tram yang ada di Kota Toyama

Dulu ketika Jakarta masih bernama batavia, sebenarnya juga ada transportasi yang bernama Tram, namun sekarang sudah enggak ada lagi. Nah, baru ketika saya traveling ke Jepang, saya bisa mencoba moda transportasi yang bernama tram ini. Dua kota yang saya ketahui memiliki transportasi tram adalah Toyama dan Hakodate.

11. Tokyo Monorail

Monorail yang melayani jalur Hamamatsucho - Bandara Internasional Haneda
Monorail yang melayani jalur Hamamatsucho – Bandara Internasional Haneda

Transportasi inilah yang selalu di idam – idamkan untuk direalisasikan di Jakarta. Memang enak sih, bakal bebas macet seperti yang pernah saya coba di Tokyo, menuju bandara internasional Haneda.

12. Cable Car

Cable car di Bijodaira, Gunung Tateyama
Cable car di Bijodaira, Gunung Tateyama

Harusnya yang satu ini enggak masuk kategori kereta ya? Tetapi karena masih berjalan melewati rel, jadinya saya masukkan saja hehee. Cable car yang pernah saya coba adalah ketika menaiki Gunung Tateyama :D

Train In Japan Video, Kereta Api Di Jepang Yang Pernah Saya Coba!

Terus berapa biaya untuk naik sebagian besar kereta tadi? Yah, cukup menggunakan yang namanya Japan Rail Pass sudah bisa naik semua kereta Shinkansen, Limited express dan Regular train hanya dengan menunjukkan kartu saja :D

Ps : Kecuali yang di watermark, beberapa sumber foto dari screenshot www.hyperdia.com, dan Google Images

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
16 Responses
  1. wow luar biasa :D
    Jepang memang sangat memanjakan rakyatnya ya. Kapan ya teknologi transporatsi Indonesia bisa secanggih disana. Ckck, benar-benar tata kelolanya dirancang bagus sekali. Kalau kereta Commuter Line di kita itu termasuk bekas kereta jepang jenis yang mana ya? Hehe.
    Oh ya, kenapa kelihatannya tidak banyak orang memanfaatkan Cable Car?

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      semoga indonesia bisa cepet mengadopsi teknologi jepang :D. kalau comuter line yang di kita itu bekas kereta reguler, soalnya kalau shinkansen beda lebar jalurnya. terus kalau cable car cuma ada di beberapa tempat aja, buat wisata sih tujuan utamanya :D

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      yang aku tahu kalau di tokyo cuma transit dari bandara haneda sampai ke jalur stasiun reguler. yang sistemya rapid transit cuma reguler train sama subway tuh :D

  2. adit

    alhdulilah udahpernah naik max toki,azusa ,N700 nozomi ,eE5 hayabusa, dan lagi ngidam E6 super komachi… agam udah pernah keodaiba aqua city naik monorail yuri kamome ?
    pemandangan bagus gan bisa liat pantai buatan, rainbow bridge dan bangunan exotic disekitar odaiba …

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      waaah keren! seneng banget emang naik kereta di jepang itu :D unik! ke odaiba sih pernah, tapi saya gak naik monorail yuri kamome :| saya jalan kakai dari shinbasi – odaiba, lewat walking pathnya rainbow bridge karena pengen menghemat :D lumayan capeek, tapi sensasi nyeberang rainbow bridge jalan kaki seru banget! XD

      1. Adi

        Halooo mau nanya dong. Kalo dari tokyo mau ke narita naek apaan ya? JR pass saya bakal habis sehari sebelum pulang jadi bingung naek apa. Heheh makasih balasannya yaaa

  3. Irfan Setiawan

    bisa mengetahui jadwal kereta di jepang itu dari aplikasi di smartphone, jadwal yg tertera di stasiun atau dapat smacam selebaran ka? :D

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      ada website namanya hyperpedia untuk cek jadwal keberangkatan kereta :D kalau gak salah ada mobile apps nya. Kalau saya kemarin ga pake liat jadwal, karena gak ada itinerary tetap. go show ke stasiun aja, liat apa kereta yang ada :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: