Nggak Perlu Banyak Mikir! 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkan Kalian Untuk Segera Liburan Ke Kepulauan Derawan!

Rate this post

Tujuh Wonders di Borneo telah dijelajahi, dan Seluruh Tim Terios 7 Wonders akhirnya sampai juga ke Pulau Derawan. Salah satu dari tujuh New Terios yang digeber menjelajah Borneo, sejauh 2058 KM pun akhirnya bersandar di Jembatan Teluk Pea, Pulau Maratua, Kepulauan Derawan. Ini juga menandakan kalau ekspedisi #Terios7Wonders Borneo Wild Adventure sudah berakhir.

Ekspedisi selesai, itu berarti semua tim ekspedisi bisa liburan di Kepulauan Derawan dan menjelajahi wonders ke tujuh yang paling menyenangkan. Iya, Kepulauan Derawan adalah pulau yang banyak menyimpan pesona keindahan alam luar biasa! Saya yakin, nggak ada yang nggak suka liburan ke Kepulauan Derawan, termasuk saya tentunya.

Akhirnya Terios bersandar di Jembatan Teluk Pea, Pulau Maratua setelah menempuh jarak 2058 KM!
Akhirnya Terios bersandar di Jembatan Teluk Pea, Pulau Maratua setelah menempuh jarak 2058 KM!

Untuk yang belum tahu, Kepulauan Derawan ini adalah sebuah kepulauan yang masih termasuk di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Daya tarik utama dari Kepulauan Derawan adalah wisata bahari yang menawan, terutama kehidupan bawah lautnya. Namun, nggak cuma itu saja, panorama lansekap beberapa pulau di Kepulauan Derawan juga begitu menawan. Karena itu, nggak salah kalau tempat ini adalah salah satu top destinasi di Indonesia.

Nggak percaya? 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkan Kalian Untuk Segera Liburan Ke Pulau Derawan!

Air di sekeliling Maratua Paradise begitu jernih seperti ini!
Air di sekeliling Maratua Paradise begitu jernih seperti ini!

Yah, kalau kalian nggak percaya, coba deh datang sendiri. Kalau belum yakin buat datang kesini, 5 alasan ini bisa meyakinkan kalian untuk segera liburan ke Kepulauan Derawan!

1. Di Kepulauan Derawan Kalian Bisa Menginap Di Atas Laut, Di Maratua Paradise Resort

Danau Kakaban ini ternyata super luas!! Dan, ubur-ubur bisa ditemukan di bagian tengah!
Danau Kakaban ini ternyata super luas!! Dan, ubur-ubur bisa ditemukan di bagian tengah!

Maratua Paradise Resort ini adalah tempat yang sangat asik untuk berlibur. Pun cuaca di Kalimantan kurang begitu bagus, tetap saja laut di sekitar Maratua Paradise Resort ini berwarna biru toska yang cukup menggoda.

Maratua Paradise Resort ini berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan yang bisa ditempuh dengan perjalanan speed boat sekitar 3 jam dari Berau, Kalimantan Timur. Penginapan di Maratua Paradise Resort, ini unik, nggak seperti resort pada umumnya.

Pasir putih yang menggoda siapapun untuk menceburkan diri ke laut sekitar Pulau Maratua.
Pasir putih yang menggoda siapapun untuk menceburkan diri ke laut sekitar Pulau Maratua.

Di Maratua Paradise Resprt terdapat penginapan yang namanya, Water Villa dimana penginapan tadi dibangun di atas air laut dengan dermaga yang memanjang hingga ke pantai berpasir putih. Kebetulan saya menginap di water villa, dengan ratusan ikan berenang bebas dibawahnya. Yakin nggak mau main ke Derawan?

2. Di Kepulauan Derawan Kalian Bisa Melihat Dari Dekat Rumah Para Penyu Bertelur Di Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki, juga merupakan tempat konservasi penyu di Kepulauan Derawan.Pulau Sangalaki, juga merupakan tempat konservasi penyu di Kepulauan Derawan.
Pulau Sangalaki, juga merupakan tempat konservasi penyu di Kepulauan Derawan.

Pulau Sangalaki adalah salah satu pulau dari Kepulauan Derawan yang menawan. Pulau ini bisa ditempuh kira-kira selama satu jam perjalanan dari Pulau Maratua. Sebelum merapat ke pantainya yang berpasir putih, terlihat dermaga yang memanjang dari kejauhan. Ini juga salah satu ciri paling mudah untuk mengenali Pulau Sangalaki dari jauh.

Konon kabarnya kalau Pulau Sangalaki ini adalah salah satu tempat terbaik diving di Indonesia selain Raja Ampat. Ya, saya sih kurang tahu pasti, karena saya belum pernah diving disekitar pulau ini. Namun saya yakin, kehidupan bawah laut sekitar pulau ini adalah… surga! Selain itu, Pulau Sangalaki ini juga merupakan rumah para penyu untuk bertelur.

Pasir Putih Pulau Sangalaki yang begitu menggoda :D
Pasir Putih Pulau Sangalaki yang begitu menggoda :D

Penyu Sisik dan Penyu Hijau adalah dua dari banyak jenis penyu di dunia yang menjadikan Pulau Sangalaki sebagai rumah untuk bertelur. Jadi, nggak heran lagi kalau ketika berjalan-jalan di sekitar pulau akan melihat banyak cekungan di pasir. Bisa jadi salah satu dari cekungan tadi adalah sarang penyu bertelur. Weits, jangan diganggu atau dirusak ya! Karena penyu adalah binatang lucu yang perlu dilindungi!

3. Di Kepulauan Derawan Kalian Bisa Berenang Dengan Ubur-Ubur Danau Kakaban Yang Enggak Menyengat

Seneng banget akhirnya bisa ketemu sama Ubur-Ubur Danau Kakaban!
Seneng banget akhirnya bisa ketemu sama Ubur-Ubur Danau Kakaban!

Di laut lepas, mungkin Ubur-ubur dianggap sebagai binatang yang berbahaya dengan sengatannya. Namun, tidak dengan Ubur-ubur yang ada di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan! Iya, di Pulau Kakaban terdapat Danau Kakaban, danau air asin yang merupakan tempat tinggal Ubur-ubur yang sudah tidak bisa menyengat lagi.

Danau Kakaban ini ternyata super luas!! Dan, ubur-ubur bisa ditemukan di bagian tengah!
Danau Kakaban ini ternyata super luas!! Dan, ubur-ubur bisa ditemukan di bagian tengah!

Jadinya berenang dengan mereka adalah sangat aman. Bahkan, mereka ini terlihat sangat lucu ketika sedang berenang di dalam air. Seakan, mereka ini malah mengajak saya berlomba berenang, mengikuti mereka kesana-kemari. Namun, saya harus tetap berhati-hati ketika berenang disana, agar tidak menyakiti Ubur-ubur Danau Kakaban yang lucu itu!

4. Di Kepulauan Derawan Kalian Bisa Berenang Sambil Dikelilingi Ikan-Ikan

Buat ngeliat ikan-ikan seperti ini, ngak pake menyelam! Tingal celupin Go Pro saja!
Buat ngeliat ikan-ikan seperti ini, ngak pake menyelam! Tingal celupin Go Pro saja!

Ada banyak pulau di Kepulauan Derawan, dan kalau nggak salah jumlahnya ada 31 pulau dengan beberapa pulau utama yang terkenal seperti Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Derawan, dan Pulau Sangalaki. Tiap pulau juga punya kelebihan masing-masing.

Misalnya, Pulau Sangalaki terkenal sebagai rumah para penyu bertelur, Pulau Kakaban terkenal dengan Ubur-ubur yang enggak bisa menyengat lagi, Pulau Maratua terkenal dengan Maratua Paradise Resortnya, dan masih banyak lagi lainnya.

Nggak Perlu Banyak Mikir! 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkan Kalian Untuk Segera liburan ke Pulau Derawan!
Nggak Perlu Banyak Mikir! 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkan Kalian Untuk Segera liburan ke Pulau Derawan!

Namun, meskipun tiap pulau punya kelebihan sendiri, yang pasti adalah; Di Kepulauan Derawan kalian bisa berenang dengan ikan secara bebas. Bukan Ikan yan ada di kolam, atau ikan di Akuarium! Disini saya bisa berenang dengan mereka langsung di alam liarnya!

5. Di Kepulauan Derawan Kalian Bisa Mengunjungi Gua Haji Mangku, Lalu Berenang-Menyelam Lucu!

Gua Haji Mangku ini airnya segar sekali, dan enak untuk berenang
Gua Haji Mangku ini airnya segar sekali, dan enak untuk berenang :D

Haji Mangku Cave atau juga populer dengan nama Gua Haji Mangku. Namanya diambil dari penemunya Bapak Haji Mangku, seorang penduduk dari Pulau Maratua. Itu informasi yang saya dapatkan dari guide yang mengantarkan saya berkunjung ke Gua ini. Letaknya masih berada di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan!

Iya, Ternyata Maratua nggak hanya punya Maratua Paradise Resort saja. Tetapi pulau yang satu ini memang menyimpan banyak keindahan yang tak terduga! Gua Haji Mangku ini mulai dikunjungi turis pada tahun 2000-an.

Jernih dan beningnya air Gua Haji Mangku terlihat dari atas gua.
Jernih dan beningnya air Gua Haji Mangku terlihat dari atas gua.

Dan, untuk menuju kesini, hanya perlu naik perahu dari Maratua Paradise Resort selama sekitar 15 menit, lalu dilanjutkan trekking ringan selama kurang dari 10 menit barulah bisa bertemu dengan Gua Haji Mangku ini.

***

Bener kan? Nggak perlu banyak mikir lagi! 5 Alasan ini pasti bisa meyakinkan kalian untuk segera liburan ke Kepulauan Derawan! Jadi, siapa yang punya rencana liburan ke Derawan?

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
60 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: