Akhirnya Ikutan Tour Ke Hainan Pertama Kali! Ternyata Seperti Ini Toh Rasanya Ikut Tour Itu!

Rate this post

Kemarin saya sempat ikutan Tour ke Hainan. Kalau biasanya saya jalan sendiri, atau ikutan famtrip, kali ini saya mencoba jalan-jalan mengunjungi beberapa tempat wisata Hainan dengan ikutan tour. O iya, Tour Hainan ini yang ajakin H.I.S Travel Indonesia. Iya, ini sebenarnya adalah pekerjaan juga. Ada destinasi baru namanya Hainan yang perlu dikabarkan kepada khalayak netizen.

Sudah pernah dengar belum dengan yang namanya Hainan? Kalau belum ya sama, karena saya baru tahu Hainan setelah diajakin ini. Jadi Hainan ini adalah salah satu provinsi di China, namun bukan berada di China daratan. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari Vietnam, berada di utara perairan Vietnam, berbatasan langsung dengan Laut China Selatan. Nggak begitu jauh juga sih dari Kepulauan Natuna.

Selama Tour Hainan sangat menyenangkan. Selain destinasi yang dikunjungi memang menarik, tournya super selow. Sehari cuma dua destinasi saja. Padahal kalau jalan sendiri atau ikutan famtrip, sehari minimal 3 destinasi lho! Ganjalan saya ketika ikutan Tour Hainan ini hanya maskapai yang digunakan adalah Singa Udara.

 

 

Namun ternyata, nggak terlalu buruk juga. Karena pesawatnya charter sendiri. Jadi pas berangkat kemarin pesawatnya sepi banget, dan isinya cuma 18 orang. Penerbangan kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan ke Hainan jadi ngga begitu terasa. Dapat makan yang lumayan enak pula dari maskapai singa udara. Kalau mau tahu seperti apa pengalaman saya terbang dengan pesawat charter singa udara, bisa lihat video diatas ya. Jangan lupa juga subscribe channel youtube saya youtube.com/catperku.

Untuk pengalaman selama Tour Hainan, tidak ada masalah sedikitpun. Cuaca juga lagi bagus-bagusnya ketika saya pergi kesana. Jadinya pas untuk mengunjungi beberapa tempat wisata Hainan yang berupa pantai dan tempat terbuka itu. Selain pantai, tempat wisata hainan yang lainnya berupa wisata sejarah dan wisata belanja.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika ikut tour Hainan, selain mengunjungi beberapa tempat wisata Hainan tentunya!
Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan ketika ikut tour Hainan, selain mengunjungi beberapa tempat wisata Hainan tentunya!

Terus, kalau mengenai makanan halal nggak terlalu susah mencarinya. Untuk makanan selama tour Hainan kemarin juga makanan yang tidak mengandung babi. Selain itu, mencari makanan halal di Hainan juga nggak terlalu susah. Karena kemarin waktu berkunjung ke Kota Sanya, saya sempat mencoba warung makan Halal. Nah! Yang jelas kalau liburan ke Hainan, ini deh yang bisa kamu lakukan!

14 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Ikut Tour Hainan! Tempat Wisata Hainan Juga Oke Punya Lho!

 

1. Main Ke Haikou Movie Town

Haikou Movie Town ini adalah salah satu tempat wisata Hainan yang bisa kamu kunjungi. Tempat wisata di Hainan ini bukan kota beneran sih, tapi adalah kota buatan. Namun yang unik dari Haikou Movie Town ini adalah keberadaan sebuah kota yang dibuat mirip dengan suasana seperti tahun 1942! Tempat ini juga menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup fotogenik dan Instagramable di Haikou. Kamu tertarik mengunjungi Haikou Movie Town ini?

 

2. Mencoba Naik High Speed Train, Kereta Cepat China Yang Mirip Shinkansen!

Kemarin saya sempat mencoba naik China High Speed Railway Dari Wenchang to Boao! Sudah sejak lama saya ingin mencoba naik China High Speed Train atau dikenal juga dengan nama China High Speed Railway. Sementara itu bahasa indonesianya sih kereta cepat ya! Meski ini secara resmi bukan merupakan tempat wisata Hainan, namun untuk pengalaman yang berbeda, Kereta cepat China di Hainan ini menarik untuk dicoba.

Kabarnya Kereta Cepat China yang ini bakalan digunakan juga di Indonesia. Tahu kan kalau bakal dibuat jalur kereta cepat di Indonesia untuk rute Jakarta – Bandung. Kapan jadinya ya kira-kira? Ya jangan tanya saya, saya juga ndak tau soalnya. Daripada penasaran karena nunggu lama, saya cobain langsung deh naik Kereta Cepat China atau China High Speed Train yang ada di Pulau Hainan ini!

 

3. Berkunjung ke Desa Bali Di Hainan

Lho, ngapain jauh-jauh liburan ke Hainan malah ke Desa Bali? Memangnya ada Desa Bali di Hainan China? Itu BALI KW Super apa? Ya! Ini adalah salah satu tempat wisata di Hainan, dan ini bukan hoax, tipu-tipu atau click bait saja! Tapi memang ada tempat wisata di Hainan yang namanya Desa Bali. Suasanya agak mirip dengan Ubud, dan lokasinya di kota Xin Long di Hainan China. Pun, Desa Bali ini memang tidak 100 persen mirip aslinya. Tapi disini saya bisa melihat sebuah tempat yang mirip dengan Bali di China, lengkap dengan tari Balinya!

 

4. Main Ke Phoenix Hill, Sanya

Andalan dari tempat wisata Hainan adalah wisata alamnya. Selain pantai, ada yang namanya Sanya Phoenix Hill Park. Sanya Phoenix Hill Park ini adalah salah satu tempat wisata di Hainan yang sebaiknya kamu kunjungi. Pemandangan dari sini cakep banget. Mungkin karena itu, waktu ikut tur ke Hainan kemarin, ini adalah salah satu tempat wisata yang dikunjungi.

 

5. Belanja Padestrian Street

Ada beberapa tempat belanja di Hainan, China. Salah satu tempat belanja yang cukup ramai dan lengkap namanya adalah Padestrian Street di Kota Sanya. Mungkin tempat wisata Hainan ini adalah favorit semua turis, terutama turis dari Indonesia. Soalnya di Padestrian Street Sanya ini ada banyak hal yang bisa dibeli. Mulai dari pakaian, makanan, hingga barang-barang unik bisa ditemukan disini! Yakin deh, kalau kamu kesini pasti kalap buat belanja!

 

6. Mencoba Halal Food Di Kota Sanya, Hainan

Waktu ikut tour Hainan kemarin, ada yang nanya apakah cari makanan halal di Hainan China itu susah apa enggak sih? Ya memang makanan halal di Hainan China ini nggak sebanyak di Indonesia. Namun faktanya memang ada beberapa warung yang menjual makanan halal di Hainan. Seperti salah satu tempat makanan halal di Hainan China yang saya coba ini. Lokasinya berada tak jauh dari Hotel Haiton di Kota Sanya, Hainan. Jadi jangan takut susah cari makanan halal kalau ikut tour ke Hainan.

 

7. Main Ke Pantai Dadonghai

Salah satu daya tarik Wisata Hainan adalah pantai! Dan kemarin saya sempat mampir ke Pantai Dadonghai atau Dadonghai Beach. Ternyata pantai ini keren juga. Garis pantainya panjang, pasirnya putih dan halus. Sekilas agak mirip dengan Pantai Kuta! Iya nggak sih? Kalau menurut kamu bagaimana?

 

8. Berkunjung ke Nanshan Buddhism Cultural Park

Nanshan Culture Tourism Zone ini berada sekitar 40 KM di barat daya kota Sanya. Disebutkan kalau ada banyak sekali turis berkunjung kesini karena keindahan Gunung Nanshan. Selain itu disini juga ada patung Dewi Kwan Im setinggi 108 meter diatas permukaan laut yang menjadi daya tarik wisatawan juga para peziarah.

 

9. Jalan-Jalan Di Wennan Old Street

Ada Apa Sih Di Wennan Old Street atau Wenchang old Town Ini? Yang jelas ada tempat belanja, buat street photography atau cuma buat sekedar jalan-jalan sore hari menghabiskan waktu disini juga bisa. Kalau kamu ada kesempatan untuk main ke Hainan, jangan lupa untuk menyempatkan diri kesini ya. Karena Wennan Old Street ini adalah salah satu tempat wisata di Hainan yang tidak bisa kamu lewatkan! Rugi gak mampir kesini!

 

10. Blusukan di Haikou Arcade Street

Kalau liburan ke Hainan jangan lupa untuk mampir jalan-jalan ke Arcade Steet di Haikou. Tempat wisata Hainan ini punya banyak daya tarik. Seperti misalnya bisa melihat beberapa bangunan tua bersejarah, mencoba kedai kopi yang lezat, hingga sekedar jalan-jalan di Haikou Arcade Street. Kemarin waktu saya ikut Tour Hainan, ini adalah salah satu tempat wisata yang dikunjungi.

 

11. Jalan-Jalan Di Kota Lingshui

Sebenarnya kemarin hanya sekedar tansit di Kota Lingshui. Namun karena sepertinya kota ini menyenangkan, jadinya sempat jalan-jalan keluar deh. Sekalian cari makan karena kelaparan. Meski akhirnya gak jadi kulineran, malah mampir ke gerai makanan cepat saji dari amerika yang menjual burger.

Untuk kamu yang belum tahu, Kota Lingshui ini adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Hainan China. Ini juga merupana salah satu tujuan Wisata Hainan yang menarik lho! Apalagi suasana malam hari Kota Lingshui salah satu tujuan wisata Hainan ini lumayan asik! Kalau beruntung, kamu bisa ketemu pasar malam disini, seperti yang ada di travel vlog ini.

 

12. Mampir ke Hainan Traditional Cultural Museum for Li And Miao Nationalities

Jadi waktu main ke Hainan kemarin, sempet mampir ke Hainan Traditional Cultural Museum for Li And Miao Nationalities! Lalu bagian dalam museum ini seperti apa sih? Yah, kira-kira sih seperti di travel video yang ada dibawah ini. Terus kalau ikut tour Hainan, Hainan Traditional Cultural Museum for Li And Miao Nationalities ini akan menjadi salah tempat wisata Hainan yang akan dikunjungi.

 

13. Mengamati Berbagai Kendaraan Unik Di Hainan!

Nggak cuma mengunjungi beberapa tempat wisata Hainan saja, namun saya juga tertarik untuk mengamati beberapa kendaraan disana. Mulai dari merek terkenal, sampai entah merek apa saya temui disini! Namun yang pasti, dari sekian banyak kendaraan yang ada di Hainan, China, rata-rata sudah menggunakan listrik. Jadi ya yang namanya motor listrik, dan mobil listrik sudah lazim ditemui di Hainan, China! Karena itu, saya kemarin sempat mengabadikan beberapa kendaraan yang menurut saya unik ketika disana. Hasilnya ya seperti video ini.

 

14. Mengintip Keramaian Kota Haikou, Ibukota Provinsi Hainan

Berkunjung ke negara baru, saya selalu menyempatkan diri untuk melihatnya dengan berjalan kaki. Selain mengunjungi beberapa tempat wisata Hainan, berjalan kaki sambil mengenal lebih dekat sebuah negara atau kota adalah kegiatan yang menyenangkan. Dan waktu ikut Tour Hainan kemarin, saya menyempatkan diri untuk keliling Pusat Kota Haikou dengan berjalan kaki. Kira-kira seperti apa ya suasana Kota Haikou? Kamu bisa melihatnya di travel vlog singkat dibawah ini.

 

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
3 Responses
  1. GoTravelly.com

    Wah baru tahu tentang Hainan, ternyata letaknya di sekitaran Asia tenggara. Mungkin bisa mampir kesini waktu rencana roadtrip aSIA TENGGARA plus CHINA

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: