Terpukau Tekapo Dibuai Pukaki, Dua Danau Cantik Di New Zealand

Hari pertama setelah landing di Christcurch lebih banyak dihabiskan untuk berburu perlengkapan camping dan menyelesaikan sewa mobil. Meski sempat terjadi sedikit drama, pada saat pengambilan mobil sewaan, namun semuanya bisa dibereskan dengan lancar. Pun begitu hari pertama di New Zealand bisa dibilang adalah hari yang kurang produktif (untuk berburu destinasi ciamik New Zealand).

Apalagi kalau bukan karena cuaca di New Zealand yang labil tak karuan itu. Kalau awan datang, bisa hujan seharian itu. Beruntung, definisi cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu, dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dalam jangka waktu yang singkat. Jadi kalau nemu cuaca buruk pada destinasi tujuan, tinggal diganti saja dengan destinasi yang cuacanya sedang cerah.

Awalnya tujuan pada hari itu adalah Castle Hill, sebuah bukit dengan formasi bebatuan yang ciamik, cocok untuk berburu foto. Namun karena menurut perkiraan cuaca, area Castle Hill ini akan selalu hujan selama beberapa hari kedepan, jadilah destinasi langsung diganti ke area yang lebih cerah.

Untuk itu Danau Tekapo dan Danau Pukaki menjadi prioritas tempat yang harus kami kunjungi pada hari itu. Paling tidak di area Danau Pukaki dan Danau Tekapo ini akan dalam kondisi cerah pada hari itu. Selain itu berdasarkan ramalan cuaca dalam beberapa jam dan beberapa hari kedepan, pada dua destinasi wisata New Zealand itu akan diramalkan cerah.

Mau cobain paddle boarding di Danau Pukaki gak?
Mau cobain paddle boarding di Danau Pukaki gak?

Akhirnya selama di New Zealand aplikasi ramalan cuaca untuk memprediksi cuaca kota setempat sering digunakan. Mengingat kondisi cuaca di New Zealand jauh lebih labil dari mood ABG, aplikasi prakiraan cuaca menjadi lebih penting dari GPS. Meski kadang nggak akurasinya nggak sampai 100 persen, mempunyai aplikasi untuk melihat kondisi cuaca ketika road trip di New Zealand ini sangat bermanfaat .

Terpukau Danau Tekapo

Danau Tekapo dipilih untuk dikunjungi pertama karena memang berada paling dekat dengan beberapa destinasi setelahnya seperti Mt John Observatory, padang Bunga Lupin yang tak sengaja saya temukan di perjalanan, juga Lake Alexandrina yang merupakan campground tepi danau tempat menginap nanti.

Nggak ada dalam rencana, tapi padang Bunga Lupin ini adalah kejutan menyenangkan lho!
Nggak ada dalam rencana, tapi padang Bunga Lupin ini adalah kejutan menyenangkan lho!

Danau Tekapo ini sebenarnya adalah danau terbesar kedua dari tiga danau yang berada pada posisi sejajar daari utara hingga ke selatan di sepanjang tepi utara Cekungan Mackenzie. Dua danau yang lainnya adalah Danau Pukaki dan Danau Ohau. Untuk lokasinya sendiri berada di Pulau Selatan (South Island Selandia Baru).

Tak banyak kata yang bisa saya ucapkan ketika melihat Danau Tekapo ini untuk pertamakali. Kecuali hanya tercengang, dan terus mengagumi ciptaan tuhan Yang Maha Esa. Jujur ini danau hasil lelehan glacier pertama yang saya lihat di New Zealand secara langsung. Meski pernah melihat fotonya di internet, saya nggak menyangka kalau aslinya jauh lebih indah. Speechless!

Salah satu danau di New Zealand yang gak bisa kalian lewatkan
Salah satu danau di New Zealand yang gak bisa kalian lewatkan

Tanpa dikomando, saya pun segera mengeluarkan kamera dan mencari lokasi juga sudut yang tepat untuk mengabadikan kecantikan Danau Tekapo ini. Mumpung waktu saya datang kesana sedang sepi, tidak terlalu banyak turis. Padahal ini lagi liburan musim panas lho. Gak mau rugi, entah berapa ratus kali shutter saya pencet, saya lupa.

Hasilnya, beberapa foto dibawah ini deh :)

Danau Tekapo, tempat sempurna untuk merenung
Danau Tekapo, tempat sempurna untuk merenung
Tempat yang sempurna untuk foto ala ala
Tempat yang sempurna untuk foto ala ala
Danau ini dikelilingi pegunungan alpen yang dibalut es
Danau ini dikelilingi pegunungan alpen yang dibalut es
Danau Tekapo ini bening banget gilak!
Danau Tekapo ini bening banget gilak!

Dibuai Danau Pukaki

Danau Pukaki adalah danau glacier kedua yang saya kunjungi selama road trip di New Zealand. Awalnya tak ada rencana untuk menginap di sekitar danau ini. Namun setelah mengetahui betapa kerennya danau ini, plus ada camping ground gratis didekatnya, tak perlu banyak pertimbangan untuk memutuskan menginap di camping ground ini. Apalagi lokasi danau berada tak jauh dari Danau Tekapo.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada tiga danau besar yang berdekatan disini. Salah satunya ya Danau Pukaki ini, yang juga merupakan danau terbesar dari ketiganya. Danau Pukaki ini juga merupakan danau glacer yang telah terkenal dengan air yang berwarna biru susu, ditambah dengan latar belakang Mount Cook yang bersalju. Pun kalau dari jauh airnya terlihat berwarna biru susu, uniknya setelah diamati dari dekat ternyata lumayan jernih lho. Ketika musim panas, Danau Pukaki ini juga asik untuk berenang.

Jangan salah, meski musim panas air Danau Pukaki ini sedingin air es
Jangan salah, meski musim panas air Danau Pukaki ini sedingin air es

Kemarin saya sempat mencoba untuk berenang dan merasakan sensasi berbeda berenang di air lelehan gunung es. Karena air di Danau Pukaki ini merupakan lelehan gunung es, jangan tanya berapa suhunya ya. Yang jelas berada di kisaran satu digit derajat celcius. Kalau di Indonesia mungkin seperti berenang di bak mandi yang sudah dimasuki balok es terlebih dahulu.

Gak cuma asik untuk berenang saja sih, ditepi danau ini juga sering dimanfaatkan untuk piknik dan berjemur di terik matahari New Zealand yang tidak terlalu banyak itu. Tetapi jangan sampai lupa untuk menggunakan sun block ya. Meski kelihatannya tidak terlalu terik, tapi sengatan matahari New Zealand cukup ampuh membakar kulit.

Dua hari kemudian, saya baru sadar kalau sebagian besar wajah saya terbakar matahari
Dua hari kemudian, saya baru sadar kalau sebagian besar wajah saya terbakar matahari

Saya pun kemarin menjadi salah satu korbannya, akibat terlalu pede dengan telah terbiasa pada matahari tropis, saya gak pakai sunblock ketika berjemur. Akibatnya, dua hari kemudian sebagian besar wajah saya gosong, lalu dilanjutkan mengelupas dan berganti kulit seperti ular. Kalau saja saya memakai sunblock, hal itu pasti tidak perlu terjadi.

Sementara itu beberapa foto Danau Pukaki…

Danau sempurna yang pernah saya kunjungi
Danau sempurna yang pernah saya kunjungi
Tak perlu waktu lama untuk memutuskan camping disini
Tak perlu waktu lama untuk memutuskan camping disini
Selain camping biasanya orang berkunjung kesini untuk kayaking dan paddle boarding
Selain camping biasanya orang berkunjung kesini untuk kayaking dan paddle boarding

Cara Menuju Ke Danau Tekapo Dan Danau Pukaki

Dari arah Christchurch, Danau Tekapo akan terlihat pertama kali
Dari arah Christchurch, Danau Tekapo akan terlihat pertama kali

Kecuali kalian memang sengaja ingin nyasar, kalian memerlukan panduan cara menuju Danau Tekapo dan Danau Pukaki dari kota terdekatnya, Christchurc. Dari Christchurch, kalian tinggal berkendara ke selatan melewati State Highway 1 ke arah Timaru. Begitu sudah melewati Ashburton, kalian akan melihat tanda petunjuk menuju Mount Cook (Aoraki) dan Geraldine. Arahkan kendaraan ke arah State Highway 79, menuju ke Geraldine.

Lanjutkan mengemudi di State Highway 79 sampai kalian mencapai Fairlie. Baru setelah sampai di Fairlie, ambillah State Highway 8 ke Mount Cook dan Tekapo. O iya, meskipun sebenarnya ada rute lain yang bisa kalian tempuh untuk sampai ke Danau Tekapo, rute ini bisa dibilang adalah rute berkendara terpendek dari Christchurch ke Danau Tekapo.

Sementara itu Danau Pukaki bisa dicapai dengan meneruskan berkendara di State Highway 8. Kalian akan dengan mudah mengenali lokasi Danau Pukaki dari jalan ini. Atau jika bingung, tentunya kalian bisa mencari lokasi Danau Tekapo Dan Danau Pukaki di Google Maps yang ada disini.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

19 Responses
  1. Dyah

    Wah, keren banget! Tapi kalau wisata ke New Zealand perlu sewa mobil ya. (Harus nyari temen bareng yang punya SIM internasional dulu nih.)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: