Cerita Liburan Ke Korea Selatan : Tips Jalan Jalan Ala Backpacker

K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024

Daftar Isi

Video Blog Liburan Seru ke Korea Selatan ala Catperku: K-Pop, Kuliner, dan Pesona Sakura

Trip jalan jalan jelajah tempat wisata Korea Selatan, apakah layak dicoba?

Sebenarnya semua tergantung pada minatmu, apakah kamu tertarik dengan berbagai hal yang berkaitan dengan Korea Selatan seperti K-Pop atau tidak.

Secara pribadi, saya merasa tempat wisata Korea Selatan cukup menarik, meski saya lebih suka mengunjungi tempat wisata di Jepang.

Akan tetapi, untuk memuaskan rasa ingin tahu, tidak ada salahnya mencoba liburan ke Korea Selatan dan menjelajahi beberapa destinasi wisata di sana.

Beberapa tempat wisata di Korea Selatan cukup menyenangkan untuk dikunjungi.

Contohnya, kamu bisa mulai dengan mengunjungi kota Seoul.

Bila suatu saat nanti ada kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di Korea Selatan, Seoul akan menjadi prioritas utama dalam daftar perjalanan saya!

 

Pengalaman Liburan Ke Korea Selatan Pertama Kali [ Wisata Korea Selatan ]

 

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Pengalaman Jalan Jalan Wisata Ke Korea Selatan, Apakah Bisa Dengan Gaya Backpacker Juga?

Korea Selatan memang menjadi destinasi yang menarik, terutama bagi para penggemar K-Pop dan drama Korea.

Tapi, jangan salah sangka, negeri ginseng ini juga punya banyak pesona lain yang bisa memikat hati.

Yuk, simak cerita pengalaman liburan seru ke Korea Selatan ala catperku.com disini.

Bisa ngapain aja sih sebenarnya liburan ke korea selatan itu?

Jangan Lupa Berburu Kuliner Khas Korea Selatan Favorit Kamu

Pengalaman Jalan Jalan Wisata Ke Korea Selatan - Berburu Kuliner Disana!

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan cita rasa kuliner khas Korea seperti kimchi, tteokbokki, atau samgyeopsal saat berkunjung ke negeri ginseng ini.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi untuk berburu kuliner khas Korea adalah Myeongdong dan Insadong.

Di sini, kamu bisa menemukan pusat kuliner yang menjual beragam makanan lezat yang dijamin akan menggoyang lidahmu.

Selain itu, jangan lewatkan juga street food yang menggoda selera dengan harga yang terjangkau.

Kehadiran berbagai hidangan khas Korea dengan bumbu-bumbu unik dan segar akan memuaskan perutmu setelah seharian berkeliling di sekitar kota Seoul.

Rasakanlah pengalaman tak terlupakan saat mencicipi kuliner khas Korea di Myeongdong atau Insadong!

Berkunjung ke Seoul, Main ke K-Hub Style

Bagi pecinta K-Pop, K-Hub Style adalah destinasi wajib yang harus dikunjungi saat berlibur ke Korea.

Di sini, kamu bisa menikmati berbagai konten Korea mulai dari K-Pop, K-Drama hingga K-Fashion.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba berfoto dengan mengenakan seragam hanbok, atau foto-foto ala idol Korea favoritmu.

Selain itu, kamu juga bisa membeli beragam merchandise K-Pop, seperti album, poster, dan barang-barang fan merchandise lainnya.

Bisa cobain Hanbok, baju tradisional Korea secara gratis di K-Hub Style
Bisa cobain Hanbok, baju tradisional Korea secara gratis di K-Hub Style

Jangan khawatir tentang bahasa, karena K-Hub Style juga dilengkapi dengan pemandu yang ramah dan bisa berbahasa Inggris untuk membantumu menikmati pengalaman berkesan di sini.

Selain itu, K-Hub Style juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti kafe dan toko cendera mata yang menjual beragam produk Korea.

Dengan suasana yang hangat dan ramah, K-Hub Style menjadi tempat yang cocok untuk berkumpul dengan teman-teman atau keluarga dan menikmati keindahan budaya Korea.

Berkunjung ke Gyeongbokgung Palace, Jelajahi Negeri Korea Di Masa Lalu Seperti Dalam Drama

Bagi kamu yang ingin belajar sejarah dan kebudayaan Korea, Gyeongbokgung Palace adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Istana kerajaan yang menjadi salah satu simbol sejarah dan kebudayaan Korea ini menawarkan pengalaman wisata yang tidak terlupakan.

Di sini, kamu bisa menyaksikan upacara pergantian penjaga istana yang dilakukan secara berkala dan dipenuhi dengan tarian dan musik tradisional Korea.

Berkunjung Ke Gyeongbokgung Palace adalah suatu keharusan kalau lagi ada di Seoul
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Selain itu, kamu bisa berkeliling di sekitar istana untuk menikmati keindahan arsitektur dan bangunan-bangunan kuno yang megah.

Jangan lupa untuk berkunjung ke National Palace Museum of Korea yang terletak di dalam kompleks istana untuk melihat koleksi artefak bersejarah Korea, seperti pakaian tradisional, perhiasan, dan peralatan rumah tangga.

Gyeongbokgung Palace pasti akan memberikan pengalaman wisata yang mendalam bagi kamu yang mencari destinasi wisata sejarah dan kebudayaan Korea yang kaya.

Main Air Sambil Jalan Jalan di Bantaran Sungai Cheonggyecheon Seoul

Sungai Cheonggyecheon, yang terletak di tengah kota Seoul, menawarkan suasana yang tenang dan santai bagi para wisatawan yang ingin melepas penat dari kepenatan kota metropolitan.

Kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang sungai yang dihiasi dengan lampu-lampu warna-warni, duduk-duduk di pinggir untuk menikmati pemandangan, atau bahkan merendam kaki di air segar sungai.

Tidak hanya menawarkan suasana yang nyaman, Sungai Cheonggyecheon juga menjadi saksi sejarah kota Seoul.

Dulu, sungai ini menjadi tempat pembuangan sampah dan kotoran industri.

Sungai Cheonggyecheon ini adalah sungai bersih yang ada di pusat Kota Seoul!

Namun, setelah melalui proyek restorasi yang dilakukan pada tahun 2005, Sungai Cheonggyecheon berubah menjadi destinasi wisata yang menarik dengan jalur bersepeda, taman, dan jembatan yang menghubungkan berbagai daerah di kota Seoul.

Tidak heran jika Sungai Cheonggyecheon menjadi tempat yang populer di kalangan wisatawan lokal dan internasional.

Selain dapat menikmati suasana santai di tengah kota, kamu juga dapat menikmati sejarah kota Seoul yang kaya dan beragam.

Biarpun Liburan Ala Backpacker Ke Korea Selatan, Jangan Lupa Belanja! Belanja! Belanja!

Merasa kurang lengkap rasanya bila berkunjung ke Korea Selatan tanpa membeli oleh-oleh khasnya.

Jangan lewatkan kesempatanmu untuk berbelanja di beberapa pusat perbelanjaan terbesar di Korea Selatan seperti Dongdaemun, Namdaemun, atau Hongdae.

Di sini, kamu bisa menemukan berbagai produk kecantikan terbaru yang terkenal dengan kualitasnya, pakaian trendi, dan aksesoris yang unik dengan harga terjangkau.

Dongdaemun dikenal sebagai pusat perbelanjaan malam yang menyediakan berbagai macam produk fashion, kosmetik, dan aksesoris.

Salutnya, barang yang dijual di toko ini hampir semuanya Made In Korea

Sedangkan Namdaemun, yang merupakan pasar tradisional tertua di Korea Selatan, menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti makanan, baju, dan aksesoris dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, Hongdae juga menjadi tempat yang sangat menarik untuk dijadikan destinasi belanja.

Selain banyaknya toko-toko kecil yang menjual produk-produk unik, di sini juga ada banyak penjual street food yang menjajakan makanan dan minuman khas Korea dengan harga yang terjangkau.

Dengan demikian, jangan lupa untuk menyiapkan budget yang cukup sebelum berbelanja di Korea Selatan!

Nonton Ice Hockey Di Korea Selatan

Kalau di Indonesia ada salju, apakah permainan ini bisa populer?
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!
Bagi para penggemar olahraga, Korea Selatan menawarkan pengalaman menyaksikan pertandingan ice hockey yang tak terlupakan.

Kamu bisa datang ke stadion dan merasakan atmosfer seru serta menegangkan dari pertandingan tersebut.

Korea Selatan memiliki beberapa tim ice hockey terkenal yang berkompetisi di liga Korea.

Beberapa stadion terkenal seperti Mokdong Ice Rink dan Kwandong Hockey Center menjadi tempat diadakannya pertandingan penting yang dihadiri oleh penggemar setia ice hockey.

Selain menonton pertandingan, Kamu juga bisa membeli merchandise atau pernak-pernik ice hockey di toko souvenir di stadion.

Penggemar olahraga dan wisatawan yang ingin merasakan pengalaman unik di Korea Selatan, menonton pertandingan ice hockey adalah salah satu pilihan yang tepat.

Main di Bandara Incheon International Airport

Maksimalkan pengalaman liburanmu dengan menjelajahi semua yang ditawarkan Bandara Incheon International Airport.

Tidak hanya sebagai pusat transit internasional, bandara ini juga memiliki fasilitas yang lengkap dan menarik untuk dinikmati.

Kamu bisa menghabiskan waktu dengan bermain di zona hiburan, seperti ruang bermain anak, arcade game, dan virtual reality.

Jangan lewatkan juga untuk menonton pertunjukan budaya Korea yang diadakan di berbagai area di bandara.

 

Incheon Airport Korea Selatan [ South Korea Airport Video ]

 

Untuk memuaskan hasrat belanja, ada beragam toko dan duty-free yang menjual produk-produk terkenal Korea, seperti kosmetik, makanan ringan, hingga fashion item.

Dalam hal kuliner, Bandara Incheon juga memiliki banyak pilihan, dari makanan cepat saji hingga restoran yang menyajikan masakan Korea yang autentik.

Kamu juga bisa mengunjungi pusat kebugaran atau spa untuk bersantai sejenak sebelum kembali ke rumah.

Dengan segala fasilitas yang ditawarkan, pastikan kamu menyempatkan waktu untuk menikmati pengalaman di Bandara Incheon International Airport sebelum pulang dari Korea Selatan.

Jalan Jalan Liburan Ala Backpacker Ke Korea Selatan di Musim Semi, Jangan Lupa Melihat Bunga Sakura!

Pengalaman Jalan Jalan Wisata Ke Korea Selatan - Melihat Bunga Sakura di Korea Selatan!

Mengunjungi Korea Selatan di musim semi adalah kesempatan yang tepat untuk menikmati keindahan bunga sakura yang sedang mekar.

Tidak hanya memikat pengunjung dengan keindahan bunga yang berwarna pink dan putih, tetapi juga memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Yeouido Park, taman yang terkenal di Seoul untuk menyaksikan bunga sakura mekar.

Selain itu, Seokchon Lake Park juga merupakan pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan bunga sakura.

Kedua taman ini menyediakan beragam fasilitas untuk pengunjung, seperti tempat duduk, kios makanan, dan toilet umum.

Selain menikmati keindahan bunga sakura, kamu juga bisa melakukan piknik di sini bersama keluarga atau teman.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen berhargamu di sini dan jadikan liburanmu di Korea Selatan semakin berkesan dengan keindahan bunga sakura yang mempesona.

14 Travel Tips Penting Sebelum Jalan Jalan Liburan Ala Backpacker Ke Korea Pertama Kali

Mempersiapkan liburan ke Korea Selatan dengan anggaran terbatas? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu merencanakan liburan ala backpacker ke negeri ginseng dengan lancar dan menyenangkan.

Pesan Tiket Pesawat Murah Jauh Jauh Hari

Jika kamu berencana untuk berlibur, pastikan untuk memesan tiket pesawat jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau.

Cari promo-promo menarik di situs maskapai atau lewat aplikasi agen pemesanan tiket online seperti Traveloka, Tiket.com, atau Expedia.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan pameran wisata yang sering diadakan di berbagai kota.

Di sana, biasanya banyak maskapai penerbangan yang memberikan promo-promo menarik, seperti diskon harga tiket, cashback, atau free baggage allowance.

Tidak hanya itu, memesan tiket pesawat jauh-jauh hari juga memberikan keuntungan dalam hal fleksibilitas jadwal.

Kamu bisa memilih jadwal penerbangan yang lebih sesuai dengan rencana liburanmu, dan lebih memudahkan dalam mencari akomodasi di destinasi yang akan dikunjungi.

Jangan lupa untuk memperhatikan detail dan syarat promo yang berlaku sebelum memesan tiket pesawat.

Pastikan juga untuk membaca aturan dan ketentuan maskapai terkait refund atau reschedule tiket, agar kamu bisa menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan saat perjalananmu.

Pilih Penginapan yang Murah, Kalau Perlu Menginaplah di Hostel

Korea Selatan memiliki banyak penginapan murah dengan fasilitas dan kenyamanan yang baik.

Harga sewa bisa berkisar antara Rp200.000 hingga Rp250.000 per malam.

Penginapan yang terjangkau menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menghemat anggaran perjalanan ke Korea Selatan.

Kamu bisa memilih hostel atau guesthouse yang biasanya menawarkan harga sewa kamar yang lebih terjangkau.

Selain itu, hostel juga menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menjalin pertemanan dengan wisatawan lain dari berbagai negara.

Banyak hostel yang menawarkan fasilitas kamar tidur bersama atau dormitory room dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kamar pribadi.

Meski harga terjangkau, hostel di Korea Selatan menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi bersih, AC, dan WiFi gratis.

Beberapa hostel bahkan dilengkapi dengan dapur umum, ruang tamu, dan kamar mandi bersama yang dapat kamu gunakan.

Pilihan penginapan yang murah dan nyaman tentunya akan membantu kamu menghemat biaya perjalanan dan memberikan pengalaman menginap yang unik selama berlibur di Korea Selatan.

K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Travel Tips, Jalan Jalan Hemat Ala Backpacker Ke Korea Seltan, Kunjungi Tempat Wisata Gratis

Bagi para backpacker yang ingin berkunjung ke Korea Selatan, tips traveling hemat adalah dengan mengunjungi destinasi wisata gratis.

Salah satu destinasi wisata yang gratis namun tidak kalah menarik adalah Namsan Tower, yang menawarkan pemandangan indah kota Seoul dari ketinggian.

Kamu juga bisa mengunjungi Love Lock yang terkenal dan menaruh gembok cinta di sana.

Selain itu, banyak juga taman kota yang menawarkan pemandangan yang indah, seperti Taman Seoul Forest, Taman Olympic, atau Taman Han River.

Kamu bisa piknik atau berolahraga di sana tanpa perlu membayar tiket masuk.

Jika ingin belajar sejarah dan budaya Korea Selatan, kamu bisa mengunjungi Museum Nasional Korea atau Istana Gyeongbokgung yang memungkinkan kamu untuk menikmati upacara pergantian penjaga istana secara gratis.

Jangan lupa juga untuk mencicipi street food yang tersedia di jalanan kota. Selain lezat, harga street food relatif murah dan bisa menjadi alternatif untuk menyantap makanan saat perjalanan.

Memilih akomodasi seperti hostel atau guesthouse dengan fasilitas yang cukup juga bisa menjadi pilihan yang ekonomis.

Kamu bisa membagi kamar dengan traveler lain atau memilih dormitory dengan harga yang lebih terjangkau.

Berkunjung pada Waktu yang Tepat, Jangan Sampai Salam Musim

Ketika merencanakan liburan ke Korea Selatan, penting untuk mempertimbangkan waktu yang tepat untuk berkunjung.

Musim semi dan gugur adalah waktu yang paling populer di Korea Selatan, karena cuaca sejuk dan bunga sakura atau daun berubah warna yang indah bisa dinikmati.

Musim panas bisa menjadi pilihan jika kamu ingin menikmati keindahan pantai dan berbagai festival musim panas yang meriah.

Namun, perlu diingat bahwa musim panas bisa sangat panas dan lembap di Korea Selatan, jadi pastikan kamu membawa pakaian yang nyaman dan mempersiapkan diri dengan baik.

Sementara itu, musim dingin menawarkan pemandangan salju yang cantik dan aktivitas olahraga musim dingin seperti ski atau snowboarding.

Namun, cuaca sangat dingin dan berangin, jadi kamu harus membawa pakaian yang hangat dan perlengkapan yang sesuai.

Untuk menghindari harga tiket pesawat dan penginapan yang mahal, hindari musim liburan atau festival besar seperti musim panas dan tahun baru Imlek.

Jika ingin lebih hemat, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat wisata gratis seperti Namsan Tower, Cheonggyecheon Stream, atau Seoul Forest yang menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang tenang tanpa biaya yang mahal.

Berkunjung pada Waktu yang Tepat, Jangan Sampai Salam Musim
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Pahami Sistem Subway di Korea Selatan Untuk Efektivitas Waktu

Transportasi umum yang efektif di Korea Selatan adalah sistem subway, yang dapat membantu wisatawan untuk bepergian ke tempat-tempat wisata dengan mudah dan hemat waktu.

Untuk mengoptimalkan perjalanan, pastikan kamu paham dengan sistem subway yang ada.

Cari informasi mengenai tujuan wisatamu dan jalur kereta apa yang harus kamu gunakan.

Pastikan juga kamu membawa peta subway atau menggunakan aplikasi mobile yang dapat membantumu untuk mengetahui jalur kereta dan waktu kedatangan kereta.

Selain itu, perhatikan waktu operasional subway, karena biasanya sistem subway di Korea Selatan beroperasi mulai pukul 05.30 hingga 24.00.

Jangan sampai kamu ketinggalan kereta di malam hari atau terlambat untuk berangkat.

Jika kamu merasa bingung dengan sistem subway, jangan ragu untuk meminta bantuan pada petugas stasiun.

Mereka ramah dan siap membantu kamu untuk menentukan jalur terbaik dan memberikan informasi seputar transportasi umum di Korea Selatan.

Dengan memahami sistem subway di Korea Selatan, kamu bisa menghemat waktu dan biaya perjalananmu, serta bisa menikmati liburanmu dengan lebih efisien.

Daftar Asuransi Perjalanan Untuk Hadapi Kejadian Tidak Terduga

Perjalanan ke luar negeri bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan, namun kejadian yang tak terduga seperti sakit atau kecelakaan bisa mengganggu liburanmu.

Oleh karena itu, penting untuk memiliki asuransi perjalanan untuk mengantisipasi risiko yang mungkin terjadi.

Sebelum berangkat, carilah penyedia asuransi perjalanan yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Pastikan untuk membaca dengan cermat ketentuan dan ketentuan polis, serta jangan ragu untuk bertanya kepada penyedia asuransi jika ada hal yang belum jelas.

Beberapa manfaat asuransi perjalanan yang bisa kamu dapatkan adalah perlindungan terhadap kecelakaan, sakit, atau pencurian.

Beberapa polis juga mencakup evakuasi medis atau repatriasi jenazah jika diperlukan.

Asuransi perjalanan juga bisa memberikan perlindungan terhadap pembatalan atau penundaan perjalanan, serta kehilangan bagasi.

Pastikan untuk membawa kartu asuransi dan nomor telepon darurat penyedia asuransi saat bepergian.

Jangan ragu untuk menghubungi penyedia asuransi jika ada kejadian tak terduga yang terjadi.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, kamu bisa menjalani liburan dengan tenang dan bebas dari kekhawatiran yang berlebihan.

Mengecek Syarat Perjalanan Terbaru, Agar Perjalanan Lancar

Sebelum memulai perjalanan ke Korea Selatan, pastikan untuk memeriksa persyaratan perjalanan terbaru agar perjalananmu berjalan lancar.

Beberapa hal yang perlu diperiksa adalah bukti tes PCR atau vaksin Covid-19 yang mungkin diperlukan oleh pihak maskapai atau pemerintah Korea Selatan, visa jika diperlukan, dan paspor yang masih berlaku.

Setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda-beda tergantung pada situasi pandemi yang sedang berlangsung.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperbarui informasi terbaru dari pemerintah dan maskapai penerbangan.

Pastikan kamu memahami persyaratan yang diberlakukan dan menyiapkan dokumen yang diperlukan agar tidak mengalami kendala di bandara.

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada menemukan bahwa dokumen yang kamu butuhkan tidak lengkap atau tidak valid saat akan melakukan perjalanan.

Dengan memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan perjalanan, kamu dapat melakukan perjalanan ke Korea Selatan dengan aman dan tenang.

Kenali Musim di Korea Selatan, Biar Tidak Salah Kostum
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Kenali Musim di Korea Selatan, Biar Tidak Salah Kostum

Saat berencana liburan ke Korea Selatan, penting untuk memperhatikan musim yang sedang berlangsung.

Setiap musim memiliki keindahannya masing-masing dan mempengaruhi aktivitas yang bisa dilakukan serta pakaian yang harus dipersiapkan.

Jika berkunjung pada musim panas, pastikan untuk membawa pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Kamu juga bisa menikmati kegiatan outdoor seperti hiking di pegunungan, berenang di pantai, atau berkunjung ke taman bermain air.

Sementara itu, jika kamu datang pada musim dingin, persiapkan pakaian yang hangat seperti jaket tebal, syal, dan topi.

Kamu bisa menikmati keindahan salju dan aktivitas winter sports seperti skiing atau snowboarding.

Bagi yang berkunjung di musim semi, kamu bisa menyaksikan bunga sakura yang bermekaran di taman-taman kota.

Pakaian yang cocok untuk musim semi adalah jaket tipis atau sweater.

Sedangkan untuk musim gugur, kamu bisa menikmati keindahan dedaunan yang berubah warna.

Persiapkan pakaian yang nyaman seperti jaket tipis dan celana panjang.

Dengan memperhatikan musim saat berkunjung, kamu bisa mempersiapkan pakaian dan aktivitas yang sesuai untuk liburan yang lebih menyenangkan.

Tentukan Anggaran Wisata Adalah Tips Penting Jalan Jalan Ala Backpacker Ke Korea Selatan

Bagi seorang backpacker yang ingin liburan ke Korea Selatan, menentukan dan menyiapkan anggaran menjadi hal yang sangat penting.

Anggaran yang disesuaikan dengan tujuan wisata budaya Korea atau wisata ala K-Pop dapat membantu backpacker memperkirakan biaya yang dibutuhkan selama liburan.

Cari tahu harga tiket pesawat, penginapan, transportasi, makanan, dan harga tiket masuk objek wisata.

Perhatikan juga kebijakan pembatalan atau pengembalian uang jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Selain itu, ada juga beberapa cara untuk menghemat pengeluaran selama liburan.

Cari tahu tempat-tempat wisata gratis atau destinasi wisata yang tidak terlalu populer tetapi tidak kalah menariknya.

Manfaatkan fasilitas transportasi umum seperti subway yang sangat efisien dan dapat membantu backpacker menghemat pengeluaran.

Selain itu, perhatikan juga waktu berkunjung ke Korea Selatan. Pastikan memilih waktu yang tepat sesuai dengan preferensi liburanmu.

Misalnya musim semi dan gugur yang populer bagi wisatawan atau musim dingin yang cocok bagi yang ingin merasakan salju.

Dengan menyiapkan anggaran yang sesuai, menghemat pengeluaran, dan memilih waktu yang tepat, backpacker bisa merencanakan liburan yang menyenangkan dan terjangkau ke Korea Selatan.

Tentukan Anggaran Wisata Adalah Tips Penting Jalan Jalan Ala Backpacker Ke Korea Selatan
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Travel Ke Korea Selatan Atur Perjalanan Sendiri atau Bersama Travel Agent, Sesuaikan Dengan Gaya Jalan Jalanmu?

Travel ke Korea Selatan dapat diatur sendiri atau melalui agen perjalanan.

Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, tergantung pada preferensi dan kemampuanmu.

Mengatur perjalanan sendiri memungkinkanmu untuk merancang rencana perjalanan yang lebih fleksibel dan sesuai dengan keinginanmu.

Kamu bisa memilih tempat-tempat wisata yang ingin kamu kunjungi dan memilih penginapan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, kamu juga bisa menghemat biaya dengan memilih transportasi dan tempat makan yang lebih murah.

Namun, mengatur perjalanan sendiri juga memerlukan persiapan yang lebih matang dan lebih banyak waktu.

Kamu harus mempelajari lebih banyak informasi tentang tempat wisata, transportasi, bahasa, dan kebiasaan lokal.

Jika tidak hati-hati, kamu bisa mengalami kesulitan dalam menghadapi masalah yang mungkin muncul selama perjalanan.

Sementara itu, menggunakan jasa agen perjalanan bisa menghemat waktu dan tenaga dalam merencanakan perjalanan.

Agen perjalanan biasanya sudah memiliki paket tour yang terstruktur dengan rapi dan sudah termasuk transportasi, penginapan, makan, dan tiket masuk ke tempat wisata.

Kamu hanya perlu membayar biaya tour dan tidak perlu repot-repot mencari informasi sendiri.

Namun, menggunakan jasa agen perjalanan juga bisa lebih mahal dan kurang fleksibel.

Kamu mungkin tidak bisa memilih tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi dan juga bisa diharuskan untuk bergabung dengan orang lain dalam rombongan tour.

Oleh karena itu, pertimbangkan kebutuhan dan kemampuanmu serta preferensi gaya jalan-jalanmu sebelum memutuskan apakah akan mengatur perjalanan sendiri atau menggunakan jasa agen perjalanan.

Cari Tahu Transportasi Umum dan Aturan Setempat Agar Tidak Nyasar

Untuk menjelajahi Korea Selatan dengan nyaman, kamu perlu mengetahui sistem transportasi umum di sana.

Akses transportasi publik di Korea Selatan sangat mudah, karena terdapat banyak opsi yang tersedia, seperti subway, bus, taksi, dan kereta.

Subway adalah pilihan yang paling efisien dan murah untuk bergerak di kota-kota besar di Korea Selatan.

Pastikan kamu mencari informasi terkait rute dan jadwal kereta yang ingin digunakan dan memilih jalur sesuai dengan tujuan wisata yang ingin dikunjungi.

Selain itu, kamu juga perlu mematuhi aturan setempat, seperti menyerahkan tempat duduk bagi orang tua atau wanita hamil, serta tidak makan atau minum di dalam transportasi umum.

Jika kamu ingin menggunakan taksi, pastikan kamu mengetahui harga estimasi dan rute yang akan ditempuh, serta menyalakan meteran taksi agar harga tidak membengkak.

Untuk bus, kamu perlu membeli tiket terlebih dahulu sebelum masuk dan mengetahui jalur yang akan dilalui.

Dengan mengetahui sistem transportasi umum dan aturan setempat, kamu bisa menghindari kesalahan dalam bergerak dan tidak akan nyasar saat menjelajahi Korea Selatan.

Siapkan Makanan Praktis dan Barang Bawaan Penunjang Traveling Ala Backpacker Ke Korea Selatan

Jika kamu berencana backpacking ke Korea Selatan, ada baiknya untuk mempersiapkan barang bawaan yang tepat.

Siapkan makanan praktis seperti kaleng atau makanan kering yang tahan lama untuk perjalanan jauh, terutama jika kamu berencana untuk menjelajahi tempat-tempat yang jauh dari kota.

Selain itu, pastikan kamu membawa barang bawaan yang sesuai dengan musim.

Korea Selatan memiliki empat musim yang berbeda, jadi pastikan kamu membawa pakaian yang sesuai dengan musim tersebut.

Misalnya, jika kamu berkunjung di musim dingin, pastikan kamu membawa jaket tebal dan pakaian hangat lainnya.

Selain itu, bawa barang penunjang seperti power bank, adaptor, dan kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama perjalananmu.

Jangan lupa juga untuk membawa tas yang nyaman dan tidak terlalu berat untuk membawa semua barang bawaanmu.

Dengan mempersiapkan barang bawaan yang tepat, kamu akan merasa lebih nyaman selama perjalananmu dan dapat menikmati liburanmu di Korea Selatan dengan lebih baik.

Pelajari Kosa Kata Dasar Bahasa Korea Untuk Permudah Komunikasi Selama Disana
K-Pop, kuliner, dan pesona bunga sakura, cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024!

Pelajari Kosa Kata Dasar Bahasa Korea Untuk Permudah Komunikasi Selama Liburan Ala Backpacker Di Korea Selatan

Memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa Korea akan sangat membantu kamu saat berlibur di Korea Selatan.

Meskipun di beberapa tempat wisata mungkin ada orang yang bisa berbahasa Inggris, belajar kosa kata dasar seperti menyapa, melakukan transaksi jual-beli, menanyakan alamat atau tempat makan, dan menemukan toilet akan sangat berguna selama perjalananmu.

Kamu bisa belajar bahasa Korea dengan mengikuti kelas atau kursus, atau bahkan mencari aplikasi belajar bahasa Korea yang dapat diunduh di ponselmu.

Mempraktikkan bahasa Korea dengan penduduk lokal juga akan meningkatkan kemampuanmu berbahasa Korea dan memudahkan komunikasimu selama di sana.

Selain itu, pastikan untuk selalu membawa kamus atau aplikasi penerjemah selama perjalananmu, terutama jika kamu belum terlalu lancar berbahasa Korea.

Hal ini akan membantumu memahami informasi penting seperti nama stasiun atau tempat wisata yang ingin kamu kunjungi.

Dengan mempelajari bahasa Korea, perjalananmu ke Korea Selatan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Siapkan Anggaran Khusus Untuk Belanja Agar Tidak Over Budget

Jika kamu ingin belanja selama liburan di Korea Selatan, sebaiknya tentukan anggaran dan tempat yang ingin kamu kunjungi.

Bagi para penggemar Kpop, kamu mungkin ingin mengunjungi toko-toko resmi yang menjual berbagai pernak-pernik idola Kpop, seperti SM Store.

Meskipun harganya mungkin tidak jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia, kamu bisa menemukan barang-barang baru yang belum tersedia di luar Korea.

Selain itu, kamu bisa berbelanja di Myeongdong dan Hongdae, yang merupakan surganya para pecinta kosmetik dan fesyen.

Kedua tempat ini menawarkan berbagai kuliner lokal, pakaian murah, dan kosmetik yang menjadi salah satu keunggulan Korea Selatan.

Oleh-oleh favorit yang bisa kamu beli untuk teman-teman adalah baju-baju Korea yang lucu dan unik.

Dengan mengikuti 14 travel tips penting ini, kamu akan lebih siap untuk menjalani liburan ala backpacker ke Korea Selatan yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Selamat merencanakan perjalananmu dan semoga tips ini bermanfaat!

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 5 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 5 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel
Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 5 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Pernah membayangkan liburan hemat ke Negeri Ginseng, Korea Selatan?

Travel blog Indonesia catperku.com kali ini akan memberikan contoh itinerary untuk menghabiskan waktu 5 hari di Korea Selatan dengan gaya backpacker yang hemat.

Jangan khawatir, meski hemat, liburanmu tetap akan seru dan tak terlupakan!

Hari 1: Tiba di Seoul dan Jelajahi Hongdae

  1. Tiba di Bandara Incheon dan gunakan transportasi publik menuju hostel atau guesthouse yang telah kamu pesan sebelumnya.
  2. Setelah check-in, rehat sejenak dan bersiaplah untuk menjelajahi Hongdae, tempat yang terkenal dengan kehidupan malam dan kafe-kafe unik. Jangan lupa untuk mampir ke Trick Eye Museum dan mencicipi jajanan kaki lima khas Korea.

Hari 2: Wisata Budaya dan Sejarah di Seoul

  1. Mulailah hari dengan mengunjungi Gyeongbokgung Palace, istana yang menjadi ikon Korea Selatan.
  2. Setelah itu, jalan-jalan di Bukchon Hanok Village, kawasan dengan rumah-rumah tradisional Korea yang menawan.
  3. Lanjutkan perjalananmu ke Insadong, tempat berbagai galeri seni dan toko oleh-oleh unik.
  4. Akhiri hari dengan menikmati makan malam di Namsan Tower, sambil menikmati pemandangan malam kota Seoul yang memukau.

Hari 3: Shopping dan Namsan Tower

  1. Habiskan pagi hingga sore di Myeongdong, pusat perbelanjaan di Seoul. Temukan berbagai produk kosmetik dan pakaian dengan harga murah.
  2. Setelah lelah berbelanja, lanjutkan ke Namsan Tower untuk menyaksikan pemandangan kota Seoul dari ketinggian. Jangan lupa mengunci gembok cinta sebagai kenangan.

Hari 4: Jelajahi Gangnam dan COEX Mall

  1. Kunjungi Gangnam, kawasan yang terkenal berkat lagu “Gangnam Style” oleh PSY.
  2. Mampir ke Starfield Library di dalam COEX Mall dan nikmati suasana perpustakaan yang instagramable.
  3. Sebelum kembali ke penginapan, sempatkan makan malam di restoran Korea BBQ yang ada di sekitar Gangnam.

Hari 5: Berkunjung ke Nami Island

  1. Bangun pagi dan siap-siap untuk menghabiskan waktu di Nami Island, pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya.
  2. Sewa sepeda untuk berkeliling pulau atau nikmati jalan-jalan santai sambil mengabadikan momen di spot-spot cantik.
  3. Setelah puas berkeliling Nami Island, kembali ke Seoul dan bersiap untuk kembali ke tanah air.

Itinerary liburan hemat 5 hari ini akan memberikanmu pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Dengan perencanaan yang matang dan hemat, kamu tetap bisa menikmati keindahan Korea Selatan tanpa menguras kantong. Selamat berlibur!

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 7 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 7 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel
Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 7 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Siapa bilang liburan ke Korea Selatan harus mahal? Catperku.com akan membantu kamu merencanakan liburan hemat 7 hari 6 malam yang tak terlupakan ke Korea Selatan.

Dalam perjalanan ini, kamu akan menjelajahi dua destinasi utama: Pulau Jeju dan Seoul. Yuk, simak itinerary dan estimasi biayanya!

Hari 1: Tiba di Pulau Jeju

  1. Tiba di Pulau Jeju dan langsung check-in di Hotel.
  2. Makan siang di dekat bandara, kemudian istirahat sejenak di hotel.
  3. Sore hari, jelajahi Jeju Aewol Rosy Festival Theme Parks.

Hari 2: Eksplor Pantai dan Air Terjun Pulau Jeju

  1. Setelah sarapan, kunjungi Cheonjeyeon Waterfalls.
  2. Siang hari, berkunjung ke Teddy Bear Museum.
  3. Menjelang sore, nikmati pemandangan sunset di Jungmun Saekdal Beach.

Hari 3: Jelajahi Taman Bermain dan Alam Pulau Jeju

  1. Kunjungi Hwajowon/Flower Bird Park setelah sarapan.
  2. Lanjutkan perjalanan ke 9.81 Park Jeju.
  3. Malam hari, mengunjungi Sumokwon Theme Park.

Hari 4: Menuju Seoul

  1. Setelah sarapan dan check-out, terbang ke Seoul.
  2. Check-in di YaKorea Hostel Dongdaemun.
  3. Sore hari, berjalan-jalan di Itaewon Street.

Hari 5: Menjelajahi Seoul

  1. Kunjungi Eungbongsan Palgakjeong setelah sarapan.
  2. Siang hari, berkunjung ke Leeum Museum of Art.
  3. Sore hari, bersenang-senang di Grand Hyatt Seoul Ice Rink.
  4. Malam hari, menikmati pemandangan Banpo Bridge.

Hari 6: Berwisata Belanja di Seoul

  1. Setelah sarapan, berbelanja di Namdaemun Market.
  2. Lanjutkan berbelanja di Hongdae Street.
  3. Malam hari, kunjungi Myeong-Dong Walking Street.

Hari 7: Persiapan untuk Pulang

  1. Sarapan dan check-out dari hotel.
  2. Terbang kembali ke Indonesia.

Estimasi Perkiraan Biaya Liburan Ala Backpacker Ke Korea Selatan Selama 7 hari

  • Tiket masuk 9.81 Park Jeju IDR 360.000
  • Tiket masuk Cheonjeyeon Waterfalls IDR 35.000
  • Tiket masuk Teddy Bear Museum IDR 130.000
  • Tiket masuk Jeju Aewol Rosy Festival Theme Parks IDR 150.000
  • Biaya Penginapan 6 malam ( 400.000 per malam ) : IDR 2.400.000
  • Biaya Makan ( 500.000 per hari ) : IDR 3.500.000
  • Biaya Transportasi Selama Di Korea ( 200.000 per hari ) : IDR 1.400.000

Estimasi biaya untuk liburan hemat 7 hari ini adalah sekitar 7.975.000 tanpa tiket pesawat.

Jika mencakup tiket pesawat, akomodasi, makan, transportasi, dan tiket masuk tempat wisata, estimasinya antara Rp 14.000.000 hingga Rp 18.000.000 tergantung harga tiket pesawat.

Selamat menikmati liburan hemat ke Korea Selatan dengan Catperku.com!

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 11 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 11 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel
Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 11 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Korea Selatan, negeri ginseng yang terkenal akan drama, K-Pop, dan berbagai destinasi wisatanya, menjadi impian banyak orang untuk dikunjungi.

Catperku.com akan membantu kamu merancang itinerary liburan hemat selama 11 hari 10 malam yang seru dan tak terlupakan.

Dalam perjalanan ini, kamu akan menjelajahi tiga destinasi utama: Pulau Jeju, Busan, dan Seoul.

Mari simak itinerary dan estimasi biayanya!

Hari 1: Tiba di Pulau Jeju

  1. Tiba di Pulau Jeju dan langsung check-in di Hotel Cozy Jeju.
  2. Makan siang di dekat bandara, kemudian istirahat sejenak di hotel.
  3. Sore hari, jelajahi Jeju Aewol Rosy Festival Theme Parks.

Hari 2-4: Eksplorasi Pulau Jeju

  1. Kunjungi Cheonjeyeon Waterfalls, Teddy Bear Museum, dan Jungmun Saekdal Beach.
  2. Jelajahi Hwajowon/Flower Bird Park, 9.81 Park Jeju, dan Sumokwon Theme Park.
  3. Nikmati keindahan Pantai Hyeopjae, Hallim Park, dan Sanbangsan Mountain Temple.

Hari 5: Menuju Busan

  1. Terbang ke Busan dan check-in di Dynamic Guesthouse Busan.
  2. Makan siang di dekat hotel, lalu beristirahat.
  3. Sore hari, jelajahi Haeundae Beach dan Dongbaek Island.

Hari 6-7: Eksplorasi Busan

  1. Kunjungi Taejongdae Park, Gamcheon Culture Village, dan Jagalchi Fish Market.
  2. Jelajahi Haedong Yonggungsa Temple, Gwangalli Beach, dan Busan Cinema Center.

Hari 8: Menuju Seoul

  1. Terbang ke Seoul dan check-in di YaKorea Hostel Dongdaemun.
  2. Sore hari, berjalan-jalan di Itaewon Street.

Hari 9-10: Menjelajahi Seoul

  1. Kunjungi Gyeongbokgung Palace, Bukchon Hanok Village, dan Insadong.
  2. Jelajahi Namsan Tower, Myeong-Dong Walking Street, dan Namdaemun Market.
  3. Kunjungi War Memorial of Korea, Gangnam District, dan Banpo Bridge.

Hari 11: Persiapan untuk Pulang

  1. Sarapan dan check-out dari hotel.
  2. Terbang kembali ke Indonesia.

Estimasi Perkiraan Biaya Liburan Ala Backpacker Ke Korea Selatan Selama 11 hari

Estimasi biaya untuk liburan hemat 11 hari ini adalah sekitar IDR 20.000.000 hingga IDR 22.000.000.

Anggaran ini mencakup tiket pesawat, akomodasi, makan, transportasi, dan tiket masuk tempat wisata.

Selamat menikmati liburan hemat ke Korea Selatan bersama Catperku.com!

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 14 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 14 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel
Contoh Itinerary Liburan Hemat Ke Korea Selatan 14 Hari Ala Backpacker Tanpa Travel

Siap-siap menjelajahi negeri ginseng, Korea Selatan, dengan itinerary hemat selama 14 hari 13 malam dari Catperku.com.

Dalam perjalanan ini, kamu akan mengunjungi empat destinasi utama: Pulau Jeju, Busan, Daegu, dan Seoul.

Berikut ini rincian itinerary dan estimasi biayanya untuk liburan hemat kamu!

Hari 1: Tiba di Pulau Jeju

  1. Tiba di Pulau Jeju dan langsung check-in di Hotel Cozy Jeju.
  2. Makan siang di dekat bandara, kemudian istirahat sejenak di hotel.
  3. Sore hari, jelajahi Jeju Aewol Rosy Festival Theme Parks.

Hari 2-4: Eksplorasi Pulau Jeju

  1. Kunjungi Cheonjeyeon Waterfalls, Teddy Bear Museum, dan Jungmun Saekdal Beach.
  2. Jelajahi Hwajowon/Flower Bird Park, 9.81 Park Jeju, dan Sumokwon Theme Park.
  3. Nikmati keindahan Pantai Hyeopjae, Hallim Park, dan Sanbangsan Mountain Temple.

Hari 5: Menuju Busan

  1. Terbang ke Busan dan check-in di Dynamic Guesthouse Busan.
  2. Makan siang di dekat hotel, lalu beristirahat.
  3. Sore hari, jelajahi Haeundae Beach dan Dongbaek Island.

Hari 6-8: Eksplorasi Busan

  1. Kunjungi Taejongdae Park, Gamcheon Culture Village, dan Jagalchi Fish Market.
  2. Jelajahi Haedong Yonggungsa Temple, Gwangalli Beach, dan Busan Cinema Center.
  3. Nikmati suasana kota tua di Nampo-dong dan berbelanja di Lotte Department Store Gwangbok.

Hari 9: Menuju Daegu

  1. Naik kereta menuju Daegu dan check-in di Guesthouse Daegu.
  2. Makan siang di dekat hotel, lalu beristirahat.
  3. Sore hari, jelajahi Daegu Modern History Street dan Seomun Market.

Hari 10-11: Eksplorasi Daegu

  1. Kunjungi E-World Theme Park dan 83 Tower.
  2. Jelajahi Bullo-dong Ancient Tomb Park, Donghwasa Temple, dan Palgongsan Mountain.

Hari 12: Menuju Seoul

  1. Naik kereta ke Seoul dan check-in di YaKorea Hostel Dongdaemun.
  2. Sore hari, berjalan-jalan di Itaewon Street.

Hari 13-14: Menjelajahi Seoul

  1. Kunjungi Gyeongbokgung Palace, Bukchon Hanok Village, dan Insadong.
  2. Jelajahi Namsan Tower, Myeong-Dong Walking Street, dan Namdaemun Market.
  3. Kunjungi War Memorial of Korea, Gangnam District, dan Banpo Bridge.

Estimasi Perkiraan Biaya Liburan Ala Backpacker Ke Korea Selatan Selama 14 hari

Estimasi biaya untuk liburan hemat 14 hari ini adalah sekitar IDR 24.000.000 hingga IDR 26.000.000.

Anggaran ini mencakup tiket pesawat, akomodasi, makan, transportasi, dan tiket masuk tempat wisata.

Selamat menikmati liburan hemat ke Korea Selatan bersama Catperku.com!

***

Dengan berbagai pengalaman menarik yang ditawarkan, liburan ke Korea Selatan memang patut dicoba.

Mulai dari mengeksplorasi budaya, sejarah, hingga berburu kuliner khas Korea, pastinya akan membuat liburanmu semakin berkesan dan seru.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke negeri ginseng ini dan nikmati segala keunikan yang ditawarkan. Selamat berlibur!

Nah, semoga cerita seru liburan ke Korea Selatan selama beberapa hari beserta travel itinerary juga tips jalan jalan ala backpacker di tahun 2024 diatas bisa berguna buat kamu!


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *