Cuma Punya Sehari Di Seoul? Bisa Kemana Aja Sih?

Awalnya saya cuma merencanakan untuk berkunjung ke satu negara baru di tahun 2017 ini, New Zealand. Namun takdir ternyata berkata lain. Soalnya kemarin ada yang ngajakin untuk menjelajah beberapa kota di Korea Selatan dan membagikan ceritanya di travel blog catperku.com ini. Nggak bisa nolak dong saya?

Nah, salah satu kota yang saya datangi ini adalah Seoul, yang juga merupakan ibu kota negara Korea Selatan (Sekilat info: Seoul ini ternyata dibaca So-ul loh, bukan Seo-ul). Meski bukan penggemar berat Drama Korea, tentu saya tetap senang dengan perjalanan ini. Soalnya ada beberapa tempat di Seoul yang memang ingin saya datangi. Salah satunya adalah Sungai Cheonggyecheon.

Sebenarnya saya ingin sekali menjelajah kota ini. Namun kali ini saya hanya punya waktu sekita 24 jam disini. Jadi setelah menimbang, melihat dan tetap itinerary yang memutuskan, selama di Seoul saya hanya sempat melakukan beberapa hal dibawah ini.

Nah, mungkin untuk kalian yang juga punya waktu terbatas di Kota Seoul, bisa juga mengikuti apa yang saya lakukan ini. Meski sebenarnya masih belum puas keliling Seoul, tetapi saya harus berlapang dada. Mungkin ini berarti akan ada kesempatan kedua untuk menjelajah Seoul lebih lanjut lagi nanti.

Kunjungan ke Korea Selatan ini nggak direncanain, namun menyenangkan!
Kunjungan ke Korea Selatan ini nggak direncanain, namun menyenangkan!

Nah, simak ya kalau cuma punya sehari atau kurang dari 24 jam di Seoul? Bisa kemana saja sih?

1. Berburu Kuliner Khas Korea

Sarapan pagi Bulgog? Yay or nay?
Sarapan pagi Bulgog? Yay or nay?

Karena saya landing pagi hari waktu Seoul, jadi pertama kali yang di lakukan adalah berburu makanan. Kan nggak lucu jalan-jalan sambil nahan laper. Nah kebetulan di Bandara ini ada masakan khas Korea yang namanya Bulgogi. Langsung deh gak pake lama cobain si Bulgogi ini.

Memang dulu saya sempat cobain sekali waktu masih tinggal di Sydney, tetapi bakal rugi kalau nggak cobain lagi di negara asalnya. Dan, dari semua masakan korea yang saya coba selama disana, ternyata favorit saya ya cuma Bulgogi ini deh. Soalnya Bulgogi ini bumbunya lumayan kuat, seperti sebagian besar masakan Asia favorit saya.

Samgyetang, salah satu kuliner unik di Korea Selatan (1)
Samgyetang, salah satu kuliner unik di Korea Selatan yang sempat saya coba!

Selain Bulgogi ada juga kuliner Korea yang unik dan bisa ditemukan di Seoul. Namanya Samgyetang atau sup ayam khas negeri gingseng. Samgyetang ini adalah sup ayam yang menggunakan ayam utuh dan didalam ayam-nya diisi nasi, rempah-rempah, gingseng dan bahkan kurma.

Selain ayam, Gingseng dan Kurma adalah salah satu bahan dari kuliner Korea Selatan Samgyetang ini
Selain ayam, Gingseng dan Kurma adalah salah satu bahan dari kuliner Korea Selatan Samgyetang ini

Cara memakan makanan favorit orang Korea ketika musim panas ini pun unik, saya harus memakan daging ayamnya sedikit demi sedikit hingga habis. Hingga kemudian setelah terlihat isi bagian dalam, baru deh supnya diaduk untuk dimakan nasi dan kuah supnya. Kirain rasanya bakal aneh, eh ternyata lumayan enak sih!

2. Main ke K-Hub Style

Bisa cobain Hanbok, baju tradisional Korea secara gratis di K-Hub Style
Bisa cobain Hanbok, baju tradisional Korea secara gratis di K-Hub Style

Meskipun ini bukan tempat wisata, tetapi disinilah kalian akan menemukan banyak informasi tempat wisata. Nggak cuma di Seoul, tetapi beberapa tempat wisata yang menarik di seluruh Korea Selatan. Ada banyak brosur yang bisa diambil di K-Hub Style ini untuk panduan liburan berkeliling Korea Selatan. Bahkan infomasi tentang tempat beribadah untuk Muslim di korea juga ada.

Bukannya cobain Hanbok, saya malah iseng cobain virtual photo bareng artis Korea yang gak saya kenal ini
Bukannya cobain Hanbok, saya malah iseng cobain virtual photo bareng artis Korea yang gak saya kenal ini XD

Atau jika ingin mencoba Hanbok, baju tradisional Korea secara gratis juga bisa dilakukan disini. Pokoknya K-Hub Style ini adalah pusat informasi turis Korea Selatan yang lengkap deh. Jadi nggak ada salahnya untuk mampir kesini, mengumpulkan informasi tentang tempat wisata di Korea mana saja yang bakal dilihat nanti.

Di K-Hub Style Seoul ada banyak brosur informasi wisata Korea yang berguna seperti ini
Di K-Hub Style Seoul ada banyak brosur informasi wisata Korea yang berguna seperti ini

3. Berkunjung Ke Gyeongbokgung Palace

Dari informasi yang saya dapatkan, Istana Gyeongbokgung ini adalah sebuah istana yang dibangun oleh Dinasti Joseon, tepatnya tiga tahun setelah Dinasti Joseon didirikan. Atau tepatnya dibangun pada tahun 1395. Kalau di Indonesia mungkin Gyeongbokgung ini seperti Keraton Yogyakarta kali ya.

Terus, alasan kenapa harus (banget) mampir kesini, atau paling tidak foto bagian depannya, tempat ini adalah satu istana yang terbesar dari Lima Istana Agung di Korea Selatan. Istana yang lainnya sendiri adalah Istana Gyeonghuigung, Istana Deoksugung, Istana Changgyeonggung, Istana Changdeokgung. Selain itu pada masanya Gyeongbokgung berfungsi sebagai istana utama Dinasti Joseon. Jadi tempat ini adalah salah satu tempat bersejarah di Korea Selatan.

Berkunjung Ke Gyeongbokgung Palace adalah suatu keharusan kalau lagi ada di Seoul
Berkunjung Ke Gyeongbokgung Palace adalah suatu keharusan kalau lagi ada di Seoul

Pada masa pendudukan Jepang, beberapa bagian istana ini sempat hancur. Karena itu pemerintah Korea Selatan berupaya untuk membangun kembali dan memulihkan bangunan-bangunan yang hancur selama pendudukan Jepang sejak tahun 1990. Tujuannya tidak lain adalah untuk sepenuhnya mengembalikan Istana Gyeongbokgung ke bentuk aslinya dalam dua puluh tahun ke depan. Wah, kalau udah balik seperti aslinya, kira-kira bakal kayak apa ya? Jadi penasaran nih!

4. Main Air Di Sungai Cheonggyecheon

Sungai Cheonggyecheon ini adalah sungai bersih yang ada di pusat Kota Seoul
Sungai Cheonggyecheon ini adalah sungai bersih yang ada di pusat Kota Seoul

Saya pertama kali tahu keberadaan dari sungai yang berada di tengah kota Seoul ini dari sebuah porta berita. Sejak itu langsung deh memasukkan tempat ini sebagai salah satu destinasi wisata di Seoul yang harus saya kunjungi kalau ada kesempatan pergi ke Korea Selatan.

Makanya, kemarin meski cuaca kota Seoul sedang hujan sepanjang hari, saya belain untuk tetap pergi kesini. Kapan lagi kalau enggak, soalnya selama di Korea Selatan kemarin, Seoul hanya dapat jatah sehari. Sisanya saya harus menjelajah Pyeongchang, tempat diadakannya Winter Olympics tahun 2018 nanti.

Cheonggyecheon ini adalah sungai bersih sepanjang 11 km yang melintasi pusat kota Seoul. Saya sampai nggak percaya kalau sungainya beneran bersih seperti diberitakan. Padahal lokasinya beneran di pusat kota Seoul lho. Sama kayak Sungai Ciliwung di Jakarta, tetapi beda nasib. Makanya, kalau lagi liburan ke Seoul, wajib banget mampir kesini. Entah hanya untuk selfie, mengagumi atau main air disini.

5. Belanja! Belanja! Belanja!

Cuma punya waktu sehari di Seoul, jangan lupa belanja Kosmetik dan pernak pernik Korea
Cuma punya waktu sehari di Seoul, jangan lupa belanja Kosmetik dan pernak pernik Korea

Gosh, yang namanya orang Indonesia, kemanapun perginya belanja oleh-oleh itu wajib hukumnya ya. Bahkan kemarin ada salah satu member famtrip KTO ini yang belanjanya sampai sekoper karena setelah belanja dia dapet bonus koper baru. Saya sih juga ikutan belanja, soalnya ada titipan kosmetik untuk yang dirumah. Kalau buat saya sendiri, nggak beli apa-apa, karena ndak paham mau belanja apa kecuali snack dan kuliner disana.

Untuk tempat belanja di Seoul itu sebenarnya ada banyak. Untuk yang paling populer udah pasti di Myeong-dong ya. Cuma kemarin sama guide malah diajakin ke salah satu toko bebas pajak yang ada di dekat hotel dan salah satu toko di Good Morning City Mall. Saya sih ngikut saja, yang penting foto-foto Seoul yang saya harapkan sudah ada di kamera deh!

Salutnya, barang yang dijual di toko ini hampir semuanya Made In Korea
Salutnya, barang yang dijual di toko ini hampir semuanya Made In Korea

Nah, beberapa diatas adalah yang saya lakukan ketika saya hanya punya waktu selama kurang dari 24 jam di kota Seoul. Kalau kalian, kira-kira apa ya yang bakal dilakuin? Share dong di komentar :)

Yang Banyak Dicari

  • Nitip kosmetik di korea
  • pengalaman liburan ke seoul
  • pengalaman liburan korea 2017
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

17 Responses
  1. infoana

    mas admin, paling sedikit biaya untuk bisa pergi ke soul pulang pergi kira-kira membutuhkan berapa duit? untuk bisa berangkat kesana. dan total biaya kehiduapan.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: