Pantai Tegalwangi, Dengan Matahari Terbenamnya Yang Seksi

Pantai Tegalwangi, atau ada juga yang menyebut Tanjung Tegalwangi hingga bahkan pantai tersembunyi di Bali. Yang manapun sebutannya, pantai ini adalah salah satu pantai tersembunyi di Bali yang baru saya temukan lagi. Tentunya setelah saya bertemu dengan Pantai Penyu yang berada di Pulau Serangan.

Saya menyebutnya Bali’s Hidden Beach Expedition. Sebenarnya ini adalah ide yang muncul di kepala saya, untuk menghabiskan weekend 24 – 25 Desember 2011 plus cuti bersama paksa tanggal 26 desember 2011 dulu. Maklum, karyawan kantoran itu ya harus tunduk dengan daulat kantor.

Kalau boleh sih sebenarnya enggak usah cuti, mending ditabung deh buat nanti kalau mau traveling somewhere outside Bali :D. tetapi mau bagimana lagi, dari pada menganggur di kost lebih baik eksplore Pulau Bali, terutama Bali bagian selatan. Karena, selain paling dekat dengan kost,  duit yang diperlukan juga gak terlalu banyak apalagi tanggal tua gini. Hehehe…

Yang Jelas, Pantai Tegalwangi, Is Another Bali’s Wonderful Beach!

Penasaran dengan nama pantai ini, lantas saya mencarinya di internet. Ada yang menyebutkan kalau nama pantai ini berasal dari kata Tegal dan Wangi. Untuk kata Tegal artinya adalah kebun atau perkebunan dan untuk kata Wangi sendiri itu berarti harum. Jadi, Tegalwangi ini kalau diartikan secara harfiah adalah kebun yang berbau harum. Mungkinkah karena namanya, pantai ini jadi tempat yang populer untuk foto pre wedding di Bali?

Sunset di Pantai Tegalwangi memang seksi
Sunset di Pantai Tegalwangi memang seksi

(Baca Juga : Pantai Balangan, Pantai Penuh Pohon Kelapa di Bali)

Anyway semenjak perjalanan pertama saya traveling solo ke Pulau Dewata tahun 2009 lalu, saya semakin ketagihan sama yang namanya traveling, dan exploring semua tempat yang baru. Apalagi sekarang saya dapat kesempatan bekerja di Pulau Dewata.

Jadinya sekarang saya punya kesempatan lebih banyak untuk meng-explore semua tempat wisata di Pulau Bali dan membagikan catatan perjalananya. Sebelum akhirnya saya pindah atau bosan dengan pulau ini. tetapi apakah mungkin saya bosan? Di Bali everyday is holiday gitu  :P

Sunset di pantai tersembunyi di Bali ini memang gak bisa dilewatkan
Sunset di pantai tersembunyi di Bali ini memang gak bisa dilewatkan

Bali’s Hidden Beach Expedition, salah satu tema dari explorasi Pulau Dewata ini, dan Pantai Tegalwangi merupakan salah satu pantai yang menurut saya tergolong tersembunyi. Karena masih sedikit orang yang mengetahui. Apalagi ketika saya berkunjung ke Pantai Tegalwangi ini, hanya beberapa bule dan wisatawan lokal saja yang sedang menikmati keindahan Pantai Tegalwangi.

Bandingkan dengan Pantai Kuta atau Pantai Sanur? Meskipun sepi keindahan pantai ini tidak kalah dengan kedua pantai yang saya sebutkan tadi. Memang sebagai salah satu pantai tersembunyi di Bali, pantai ini memiliki daya tariknya sendiri. Entah buat turis yang suka dengan suasana sepi di Bali, atau para fotografer yang ingin mendapatkan latar foto pre-wedding yang keren.

Paling asik menikmatinya dari puncak bukit yang berada tak jauh disebelah pantai
Paling asik menikmatinya dari puncak bukit yang berada tak jauh disebelah pantai

Lokasi pantai ini berada di bawah tebing, jadi akan memaksa untuk sedikit ber-olah raga jika ingin dapat menikmati pasir putih Pantai Tegalwangi. Tetapi menurut saya sih masih lumayan daripada terakhir kali saya pergi ke Pantai Nyang Nyang yang jalan turunnya bisa bikin dengkul manyun, dan nafas ngos – ngosan :D

Pun, begitu menyentuh pasir putih halus Pantai Tegalwangi, rasa capek dari menuruni bukit akan langsung hilang. Pemandangan indah tebing yang hampir membentuk goa karena hantaman ombak, akan menyihir anda, dan membuat mata anda tak berpaling darinya.

Pantai Tegalwangi ini juga cocok bagi kalian yang suka berenang di pantai. Ketika saya berkunjung ke pantai dengan sunset yang menawan ini, saya melihat ada berapa pengunjung yang sedang berenang. Namun saya harap kalian berhati – hati karena selain tidak ada penjaga pantai, pantai ini termasuk bagian laut selatan Indonesia yang terkenal ganas gelombang lautnya.

(Baca Juga : Pantai Bias Tugel, Dan Reuni Dadakan Dengan Teman lama)

ini adalah pantai favorit para pemburu senja dan wedding fotografer
ini adalah pantai favorit para pemburu senja dan wedding fotografer

Pasir yang putih, pantai yang nyaman mungkin sudah banyak pantai yang memilikinya. Namun bagaimana dengan pemandangan matahari terbenam yang indah? Tidak semua pantai memilikinya bukan? Pantai Tegalwangi termasuk salah satu pantai yang beruntung, karena memiliki salah satu pantai dengan pemandangan matahari terbenam terbaik di Pulau Bali ini.

Masih ingat tebing yang saya sebutkan tadi? Meskipun sebenarnya sunset dapat kita nikmati dari bawah, tetapi pemandangan terbaik akan kita dapatkan dari atas tebing tadi. Pemandangan sunset disisi kiri, dan rangkaian Gunung Batur, Gunung Agung, di sisi kanan. Berapa tempat di Bali yang memiliki pemandangan seperti ini? Jadi jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi Pantai Tegalwangi ini ketika berkunjung ke Bali :).

(Baca Juga : Yuk, Berburu Sunrise Di Pantai Sanur!)

Cara Menuju Pantai Tegalwangi

Siapa yang gak mau pergi kesini
Siapa yang gak mau pergi kesini

Ada banyak cara menuju Pantai Tegalwangi. Entah dengan sepeda motor atau dengan kendaraan roda empat. Acuan paling gampang adalah jika berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. Soalnya pasti hampir semua orang tahu lokasi bandara di Bali ini bukan?

Dari sini perjalanan untuk menuju ke pantai kurang lebih akan menempu waktu sekitar 40 menit perjalanan, denga asumsi kondisi jalanan lancar. Kendaraan apa saja bisa digunakan hingga ke tempat parkir yang berada di dekat Pura Tegalwangi.

Arahkan saja kendaran menuju ke arah Hotel Ayana atau Ayana Resort. Baru dari situ belok kekanan ke arah Pura Tegalwangi. Setelah ketemu Hotel Ayana, pantai ini nggak jauh lagi kok. Tinggal ikuti saja papan penunjuk jalan menuju pantai.

Penanda paling gampang lokasi Pantai Tegalwangi adalah keberadaan Pura Tegalwangi. Dari situ pantai akan terlihat jelas dari dari atas bukit. Bahkan tempat parkirnya pun tak jauh dari pantai. Kalau masih bingung, bisa menggunakan petunjuk lokasi yang ada di peta yang ada dibawah ya.

Tips Berkunjung Ke Pantai Tegalwangi

Suasana Pantai Tegalwagi di siang hari
Suasana Pantai Tegalwagi di siang hari
  • Meski waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah sore hari menjelang matahari terbenam, namun berkunjung kesini waktu siang hari nggak ada ruginya juga. Biasanya siang hari jauh lebih sepi karena belum banyak yang datang.
  • Siapkan sunblock karena pantai ini panas sekali. Sehingga kulit tidak akan terbakar meski berlama-lama di pantai ini.
  • Sebaiknya datang bersama teman agar bermain di pantai atau menunggu sunset di pantai ini lebih menyenangkan.
  • Karena tidak ada tangga khusus menuju ke bagian pantai, sebaiknya berhati-hati ketika turun dan naik dari arah tebik ke Pantai Tegalwangi. Sebaiknya menggunakan sendal atau sepatu yang layak untuk naik turun tebing tadi.
  • Jangan tinggalkan sampah di pantai ini karena masih banyak teman lainnya yang ingin menikmati keindahan pantai. Kan kasihan kalau datang kesini dan pantainya ternyata kotor.

Fakta Tentang Pantai Tegalwangi :

  1. Pantai Tegalwangi berada di dekat Pura Segara Tegalwangi, Desa Adat Jimbaran.
  2. Pantai Tegalwangi cocok digunakan sebagai tempat foto Pre-Wedding, bahkan ketika saya berkunjung saya melihat ada pasangan yang sedang melakukan foto Pre-Wedding.
  3. Tidak dipungut biaya apapun di Pantai Tegalwangi ini, GRATIS bahkan untuk parkir sekalipun.
  4. Ada beberapa spot untuk memancing, cocok bagi yang hobi memancing.

Lokasi Pantai Tegalwangi

Untuk cara menuju Pantai Tegal Wangi sudah dijelaskan pada petunjuk yang disebutkan diatas. Namun untuk yang punya smartphone atau GPS bisa menggunakan lokasi pantai tegal wangi di Google Maps yang ada dibawah ini:


Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
11 Responses
  1. Kawah Putih Ciwidey, Romanticly Dangerous!

    […] tempat ini cakep sekali untuk di gunakan sebagai tempat foto pre-wedding. Bayangkan uniknya hasil foto pre-wedding di kawah yang masih aktif dengan latar belakang asap kawah yang mengepul. Terdengar menarik bukan? […]

  2. 5 Pantai Dengan Pemandangan Sunset Terbaik Di Bali

    […] Pantai Tegalwangi sebenarnya lebih terkenal dikalangan para fotografer pre-wedding, kenapa? Karena ketika saya main – main ke pantai ini selalu saja lihat ada yang sedang foto pre-wedding, haha! Sebagai satu – satunya hidden beach dengan pemandangan sunset yang cantik, Pantai Tegalwangi memang menarik minat para pasangan untuk melakukan pre-wedding di pantai ini. Saya sih juga mau, pre-wedding disini, tapi nikah sama siapa dan kapan? *doh! Pemandangan cantik sunset Pantai Tegalwangi dari atas tebing layak  mendapatkan posisi ke 4 Pantai Dengan Pemandangan Sunset Terbaik Di Bali versi catperku. […]

  3. Pasir, Sunset Dan Humanisme pantai Kuta, Sisi Lain Dari Pantai Kuta

    […] Mengintip Matahari Terbenam di Pantai Tegalwangi […]

  4. Blograma Nnoart

    Tahun lalu sudah hampir sampai ke Pantai Tegalwangi sendirian dengan sepeda motor, padahal rencananya mau ke Pantai Jimbaran Bay. Gara-gara salah jalan di persimpangan, malah hampir nyasar ke Pantai Tegalwangi. Mungkin karena nama pantainya terlalu ‘biasa’ jadi saya anggap pantai ini biasa saja. Kenyataannya cukup keren, tidak jauh beda dengan pantai-pantai lainnya di Kuta Selatan.

  5. Saya lagi riset tentang Pantai Tegal Wangi dan malah jatuh ke blog ini :D

    Hampir semua orang bilang ini spot yang bagus buat prewedding. Bahkan foto-foto di website lain ngambil foto dari halaman ini dengan gaya penuturan yang mirip :)

    Saya kuatir kalau tempat ini disebut banyak orang sebagai tempat prewedding, semua calon pengantin bakalan berduyun-duyun kemari dan jadi photobomb semua :)) Sepertinya kepala desa Jimbaran mesti mulai merekrut penjaga pantai deh supaya tempat ini nggak terlalu rame dan semua pengunjung bisa menikmati pantai dengan happy.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: