Jelajah 7 Destinasi Terbaik Negeri Seribu Sungai, Kalimantan!

Akhirnya, hari yang ditunggu – tunggu tiba! Tahun lalu, saya menjelajah Sulawesi bersama Terios yang ringkasan ceritanya bisa dibaca di The Adventure Of Amazing Celebes Heritage!. Kali ini saya beruntung, petualangan dengan Terios si sahabat petualang ini masih berlanjut.

Seharusnya, acara Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure ini adalah moment pertama kali saya berkunjung ke Kalimantan. Namun, karena ada beberapa pekerjaan, saya sempat curi start untuk berkunjung ke Pontianak, Kalimantan Barat sebulan sebelum acara ini. Pun begitu, saya tetap bersemangat ikut meramaikan acara ini!

Rute perjalanan Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure!
Rute perjalanan Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure!

Karena, kali ini sudah ada 7 destinasi terbaik di Kalimantan yang sudah menunggu saya. Dan semua destinasi yang akan saya kunjungi tidak jauh dari tema petualangan kali ini, yaitu “Borneo Wild Adventure”. Rute perjalanan kali ini jauh lebih pendek, atau sekitar 2000 KM saja. Jalur yang akan dilewati adalah Palangkaraya – Kruing – Pulau Kaget Dan Kandangan – Amuntai – Balikpapan – Samarinda – Samarida – Taman Nasional Kutai – Maratua selama 13 hari penuh.

Sudah sangat siap untuk menjamahi satu per satu destinasi terbaik Kalimantan bersama Daihatsu New Terios, Sahabat Petualang!
Sudah sangat siap untuk menjamahi satu per satu destinasi terbaik Kalimantan bersama Daihatsu New Terios, Sahabat Petualang!

Nah, buat kalian yang penasaran, ini dia tujuh destinasi terbaik dari daratan Kalimantan yang nggak bisa dilewatkan!

1. Melihat Lebih Dekat Orang Utan Di Taman Nasional Sebangau!

Orang Utan di Kalimantan nggak cuma di Tanjung Puting.
Orang Utan di Kalimantan nggak cuma di Tanjung Puting via putrinyanormal.com.

Taman Nasional Sebangau adalah destinasi terbaik kalimantan yang pertama saya kunjungi dalam Terios 7 Wonders ini. Setelah tahu keberadaan taman nasional yang satu ini, saya jadi tahu kalau untuk melihat orang utan di habitat aslinya nggak cuma bisa dilakukan di Tanjung Puting saja loh! Bener deh!

Karena ternyata juga ada Taman Nasional Sebangau yang berada di Kalimantan Tengah. Lokasi Taman Nasional Sebangau ini berada diantara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan. Atau secara administratif terletak di Kabupaten Katingan, Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Meskipun nggak pake lensa tele, cukup senang bisa mengabadikan Orang Utan di alam liar seperti di Taman Nasional Sebangau ini!
Meskipun nggak pake lensa tele, cukup senang bisa mengabadikan Orang Utan di alam liar seperti di Taman Nasional Sebangau ini!

Kali ini saya sangat beruntung, karena bisa melihat Orang Utan yang liar di rumah aslinya dari dekat di Taman Nasional Sebangau. Beruntung banget dong, dari 9000-an Orang Utan yang tersebar di Taman Nasional Ini bisa menemukan dua Orang Utan sekaligus! Julia dan Juliana, mereka Orang Utan yang merupakan ibu dan anak, penguasa Taman Nasional Sebangau yang saya temui pada salah satu destinasi terbaik Kalimantan ini.

Selain Orang Utan, Taman Nasional Sebangau yang luasnya sekitar 568.700 hektar ini juga memiliki banyak penghuni lain. Dari wikipedia, saya mendapatkan informasi ada sekitar 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54 spesies ular yang menjadikan Taman Nasional Sebangau sebagai rumah mereka. Cerita selengkapnya, tunggu cerita-cerita #Terios7Wonders di travel blog ini ya! (Baca Juga : Bertamu Ke Rumah Orang Utan Di Kalimantan, Taman Nasional Sebangau)

2. Kenalan Sama Bekantan Di Pulau Kaget

Bakalan kenalan sama Bekantan di Pulau Kaget!
Bakalan kenalan sama Bekantan di Pulau Kaget! via mapflofa.org

Dari yang selama ini saya tahu, Bekantan ini sering digunakan oleh negara tetangga untuk mempromosikan pariwisata mereka. Enggak heran, karena Bekantan adalah salah satu hewan yang banyak ditemui di Borneo. Salah satunya adalah di Kalimantan, Pulau Kaget yang merupakan salah satu destinasi terbaik di Kalimantan!

Iya, jadi nggak heran kalau Kalimantan juga punya Bekantan, namun sepertinya doi masih sedikit kalah pamor dengan Orang Utan meskipun Bekantan ini pernah digunakan sebagai ikon Dunia Fantasi, Ancol. Bekantan di Kalimantan sendiri bisa ditemukan di Pulau Kaget yang ada di Banjarmasin, di Hulu sungai Barito. (Baca Juga : Eh! Ternyata, Bekantan Pulau Kaget Itu Pemalu Loh! Errr, Benarkah Begitu?)

3. Melihat Dengan Penasaran Si Anggrek Hutan Asli Kalimantan!

Anggrek hutan kalimantan di penangkaran
Anggrek hutan kalimantan di penangkaran

Dulu di rumah nenek saya, terdapat sebuah tanaman anggrek yang katanya didapatkan dari hutan Kalimantan. Pun saya sering memperhatikan, saya tidak pernah memikirkan kalau akan memiliki kesempatan untuk menyaksikannya lagi langsung di tempat aslinya, di Kalimantan. Sekarang, Anggrek hutan itu sudah lama mati, namun saya beruntung karena akan bisa melihatnya lagi nanti :) (Baca Juga : Melihat Dengan Penasaran Si Anggrek Liar Kandangan Asli Kalimantan!)

4. Kalian Nggak Pernah Tahu Kan, Kerbau Di Amuntai Suka Berendam Di Rawa-Rawa?

Kerbau Rawa di Danau Panggang Amuntai.
Kerbau Rawa di Danau Panggang Amuntai.

Mungkin belum banyak yang tau tentang keberadaan kerbau yang suka berendam di rawa ini. Yah, saya juga baru tahu, keberadaan Kerbau Rawa di Amuntai ini karena ikut Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure! Tentu saya penasaran dong? Apalagi, ternyata nggak cuma saya saja yang suka berendam! #eh #loh

Dari info yang saya dapatkan, Kerbau Rawa dari Amuntai ini sebenarnya bukan kerbau liar. Tetapi sengaja diternakan oleh penduduk setempat. Setiap pagi hari mereka akan keluar kandangnya untuk mencari makanan berupa rumput di rawa. Uniknya, dikatakan kalau mereka ini bahkan pandai berenang hingga 1 km jauhnya. Saya sih belum percaya sebelum melihatnya langsung nanti. Apakah benar begitu? (Baca Juga : Unik! Enggan Di Kandang, Kerbau Rawa Danau Panggang Ini Lebih Suka Berenang!)

5. Berkunjung Ke Balikpapan, Rumah Penangkaran Para Predator!

Penangkaran buaya Tritip di Balikpapan, Kalimantan.
Penangkaran buaya Tritip di Balikpapan, Kalimantan.

Balikpapan ternyata nggak cuma dikenal dengan kota besar yang apik seperti yang sudah lama saya dengar. Karena Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure ini  saya jadi tahu kalau disana ada yang namanya Teritip sebuah pusat penangkaran bagi sejumlah besar buaya di Kalimantan Timur.

Dari informasi yang saya dapatkan, saat ini kira – kira ada sekitar 1.450 predator yang ada di tempat ini. Mulai dari jenis buaya muara (Crocodylus porosus), dua spesies buaya yang terancam punah yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) serta buaya supit (Tomistoma segellly). Sayangnya saya tidak menemukan informasi kalau buaya darat yang suka PHP juga dikandangkan disini. (Baca Juga : Teritip, Rumah Para Buaya Predator, Tak Jauh Dari Pusat Kota Balikpapan!)

6. Pelukan Yang Tak Sampai, Kayu Ulin Raksasa Taman Nasional Kutai

Kayu Ulin raksasa berumur 1000 tahun di Taman Nasional Kutai
Kayu Ulin raksasa berumur 1000 tahun di Taman Nasional Kutai

“Le, nanti lek ke kalimantan beli ulekan ya. Ulekan yang dari kayu ulin. Ibuk tau tuku pas biyen ke Kalimantan” Kalau diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia, kira-kira ibuk di kampung meminta saya untuk membeli “ulekan” atau alat untuk membuat sambal yang terbuat kayu ulin sebagai oleh-oleh ketika di Kalimantan nanti.

Iyak, itulah perkenalan pertama saya dengan si Kayu Ulin ini. Nah, karena saya penasaran, saya googling dong? Apa sih sebenarnya si Kayu Ulin itu? Dari hasil googling, ternyata malah membawa saya pada Kayu Ulin terbesar di Dunia yang ada di Sangkima. Entah seperti apa wujudnya, paling enggak saya sekarang sudah punya gambarana, kalau kayu ulin itu gunanya nggak hanya buat “ulekan” di dapur saja :D

7. Pembuktian, Apakah Derawan Memang Menawan?

Apakah akan seperti ini nanti? Saya buktikan dulu di derawan!
Apakah akan seperti ini nanti? Saya buktikan dulu di derawan! (sumber)

“Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.” Kata Indonesia.Travel disini.

Nuff said! Buat saya, Derawan berarti saya nanti bisa berenang dengan Ubur-ubur yang nggak menyengat, dan menikmati suasana laut biru toska Maratua. Bagian ini nih yang bikin makin nggak sabar untuk menginjakkan kaki disana! Yah, semoga semuanya lancar sampai hari terakhir Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure! (Baca Juga : Nggak Perlu Banyak Mikir! 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkan Kalian Untuk Segera Liburan Ke Kepulauan Derawan!)

Tim Bloggers di Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure! Ada yang bisa tebak difoto ini siapa saja? Coba sebutin satu-satu di komentar :D
Tim Bloggers di Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure! Ada yang bisa tebak difoto ini siapa saja? Coba sebutin satu-satu di komentar :D

Video Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • Sungai di kalimantan tu
  • review menjelajah alam borneo
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
170 Responses
  1. Bang, nanti klo sudah sampai di penangkaran buaya, bagi2 ceritanya ya? tentang bagaimana mereka bisa mengisiasi penangkaran tersebut. pengelolaannya, dsb. buat bahan di aceh singkil bang :)

  2. Nah, ini juga baru tau saya tentang kerbau berendam itu. Gak ada buayanya kah? Saya taunya daerah Amuntai itu terkenal dengan itik Alabio.
    Berenang sama ubur-ubur itu kayaknya sesuatu banget. Mau dong…

  3. Nah ini :-D
    Banyak banget list-nya, yang ada dipikiranku itu Derawan, Orangutan, lalu naik klotok (sampan) heeee. Nggak kebayang kayu Ulin segitu besarnya. Kalau dibuat papan rumah, pasti bagus dan kuat :-D

  4. Gara

    Selamat jalan, semoga selamat sampai di tujuan dan mengabadikan semuanya dengan baik :)). Pasti akan jadi cerita yang sangat menyenangkan, bisa bercengkrama dengan semua hewan-hewan itu. Pun dengangan pengalaman-pengalaman unik yang menanti selama di sana :hehe. Ditunggu ceritanya, sembari saya berdoa supaya dalam waktu dekat saya juga bisa menjejakkan kaki di pulau terbesar di Indonesia itu :hehe.

    1. Terimakasih mas gara :) Semoga lancar sampai pulang nih, meski sebagian daerah kalimantan rada penuh dengan kabut asap! Semoga mas gara juga bisa mampir ke Kalimantan, biar sekalian bisa bercerita kalau Indonesia itu nggak cuma jakarta saja :D

  5. Gurih sekali mas fahmi trip Borneo nya apalagi sama mas cumi.hhe Bisa ketemu satwa endemik Pulau Kalimantan lagi walaupun dikategorikan dalam status konservasi “Terancam” semoga aja bekantan masih bisa banyak di lihat sama wisatawan lokal maupun mancanegara.

  6. Wah… ternyata mas pernah ke Wakatobi (Tomia/Kampung Halaman Saya) waktu Jelajah Sulawesi Bersama Daihatsu Terios tahun lalu.

    Hhhmmm… Kalimantan, masih membuat saya penasaran. Sampai sekarang hanya bisa mendengar cerita dari teman-teman yang pernah kesana.

    1. Wah, mas arif kampungnya di tomia ya? Keren banget mas kampungnya XD Saya boleh kan main-main lagi kesana? Kalimantan keren, tapi hutannya mulai ilang mas, miris sih :| semoga bisa menyaksikan langsung ke kalimantan deh mas :D

  7. Saya punya impian lama untuk jadi seorang traveling.., namun sampai sekarang belum kesampaian juga. Tentunya Kalimantan mempunyai sensasi yang berbeda dan bisa memberikan pengalaman traveling yang seru ya mas :)

  8. Waaahh mantebs ya Kalimantan Mas,,, saya baru tahu tentang binatang bekantan yang ada di pulau kaget,,, iya saya juga baru tahu ya mengenai kerbau yang suka berendam di rawa, pengalamannya seru mas… Siiippp :)

  9. dennese ariyanto

    Liat bekantan di daerah balikpapan juga bisa, di daerah koservasi mangrove, ( teluk balikpapan ) di tempat kerja saya setiap hari dapat bertemu bekantan, daerah delta mahakam, wilayah beroperasinya kegiatan explor migas, total e&p indonesie.

  10. Alvian Rahardjo

    Kalimantan memang keren! terutama untuk Derawan, top bgt!
    Semoga potensinya bisa dioptimalkan sehingga bisa digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: