Melihat Dengan Penasaran Si Anggrek Liar Kandangan Asli Kalimantan!

Orchidaceae, adalah nama latin dari satu bunga yang kemudian lebih dikenal dengan Anggrek. Bunga angrek ini terkenal dengan anggota jenisnya yang banya, dan tersebar di berbagai belahan dunia, terutama di daerah tropis di Asia. Bunga Anggrek ini bahkan juga digunakan sebagai bunga nasional oleh beberapa negara, salah satunya adalah Singapura dan Indonesia sendiri.

Nggak heran juga, kalau dalam ekspedisi Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure menjadikan Bunga Anggrek sebagai wonders ke-tiga yang layak untuk dikunjungi. Apalagi di Kalimantan, terdapat kawasan Pegunungan Meratus yang merupakan habitat tumbuhnya beberapa jenis tanaman Anggrek Hutan liar. Dan, dari informasi yang sering saya dengar, tanaman Anggrek, terutama Anggrek Hutan ini adalah salah satu tanaman yang banyak diburu di Kalimantan.

Melihat Dengan Penasaran Si Anggrek Hutan Asli Kalimantan!
Melihat Dengan Penasaran Si Anggrek Hutan Asli Kalimantan!

Memang tanaman Anggrek ini tersebar luas di daerah yang bermusim tropis basah seperti Indonesia, terutama di Kalimantan. Kebanyakan tanaman Anggrek ini juga hidup sebagai epifit, atau dengan menumpang pada tumbuhan lainnya sebagai parasit. Terutama untuk tanaman Anggrek yang berasal dari daerah tropika. Sementara Anggrek di daerah beriklim sedang biasanya hidup di tanah dan membentuk umbi sebagai cara beradaptasi terhadap musim dingin.

Pegunungan Meratus sendiri adalah gunung panjang habitat hidup tanaman Anggrek yang membentang dari arah barat hingga ke bagian timur pulau Kalimantan. Gunungnya memang tak setinggi pengunungan yang ada di Jawa, namun disebutkan luas dan panjangnya membentang melalui tiga Provinsi di Kalimantan sekaligus.

Perbukitan seperti ini salah satu tempat hidup Anggrek liar
Perbukitan seperti ini salah satu tempat hidup Anggrek liar

Yaitu membentang dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Dan Kandangan yang merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibukota kabupaten Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, juga termasuk dari rangkaian pegunungan itu.

Kandangan ini merupakan tujuan untuk melihat wonders ketiga dimana terdapat area yang bisa ditemukan tanaman anggrek yang bisa tumbuh secara liar. Bahkan untuk melihatnya secara langsung nggak perlu lagi untuk masuk dan blusukan ke dalam hutan.

Namun sayang, itu berarti tumbuhan Anggrek di Kandangan sebagian besar nggak bakal lolos dari tangan-tangan jahil, dan usil para pemburu tanaman anggrek. Apalagi harga tanaman anggrek ini bisa diperdagangkan dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Tanaman Anggrek liar di Kandangan yang belum mekar
Tanaman Anggrek liar di Kandangan yang belum mekar

Ini juga yang menyebabkan saya nggak bisa melihat langsung tumbuhan Anggrek yang sedang mekar di alam liar Kandangan. “Kemarin sih masih ada, tetapi sepertinya suda ada yang mengambil mas. Jadi yang ada ya yang masih belum mekar” Ujar pemandu lokal yang memandu saya dan tim Terios 7 Wonders lain mencari tanaman Anggrek liar di Kandangan.

Miris memang, manusia sepertinya semakin serakah, apapun asal bisa dijadikan uang, bakal diambil dari alam. Masih banyak yang berpikir yang penting dapat uang, peduli amat dengan masa depan. Padahal, bagaimana jika kedepannya nanti tanaman anggrek di Kandangan tiba-tiba punah? Mereka akan kebingungan juga kan?

Tim Terios 7 Wonders begitu antusias untuk melihat tanaman Aggrek di Penangkaran dari dekat
Tim Terios 7 Wonders begitu antusias untuk melihat tanaman Aggrek di Penangkaran dari dekat

Namun, nggak berhasil melihat Anggrek liar yang sedang mekar di habitatnya bukan berarti saya nggak bisa melihat Anggrek yang sedang mekar sama sekali. Karena di Kandangan juga terdapat konservasi anggrek untuk tetap melestarikan keberlangsungan berbagai jenis tanaman Anggrek ini.

Yah, paling enggak, meski nggak bisa melihat Anggrek yang sedang mekar di alam liar, paling enggak bisa melihat berbagai jenis anggrek yang sedang mekar dengan warna-warni yang menawan di penangkarang anggrek yang ada di Kandangan. Itu sudah lebih dari cukup untuk menyatakan kalau ekspedisi pencarian wonders ke-tiga Borneo sudah selesai! Perjalanan pun bisa dilanjutkan ke Amuntai, untuk melihat wonders selanjutnya yaitu Kerbau Rawa!

Beberapa Jenis Anggrek Yang Ada Di Penangkaran :

Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (8) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (7) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (6) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (5) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (4) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (3) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (2) Anggrek hutan Kalimantan di penangkaran yang ada di Kandangan (1)

Siapa yang suka koleksi Anggrek? Kira-kira ada yang tahu nggak sih, foto-foto diatas anggrek jenis apa saja? Ayo, kasih tau saya yang nilai biologinya waktu SMA dulu nggak bagus-bagus amat XD

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
23 Responses
  1. Muhammad Akbar

    Waktu ke Kandangan gak sempat liat bunga anggrek ini cuma ngeliat kantung semar.
    Gak nyobain dari bambu rakit di Loksado? Lokasinya sudah dekat tuh.

      1. zullie29

        Mas, bisa minta bibit anggreknya? Mo sy plihara. Kebetulan sy suka anggrek. Rencana mo bikin kebun anggrek mini di rumah…

  2. Dzulfikar

    Jadi inget nenek gw klo ngomongin soal anggrek. Tiap abis cuci beras, air cuciannya selalu disimpan buat nyiramin anggrek anggreknya. Klo sudah keluar bunganya indah banget….

  3. Hafidh Frian

    Keren nian nih bunga anggreknya. Tapi kalau nyari langsung di alam habitatnya mungkin agak susah ya sekarang? Kalo dipenangkaran sama aja kayak main di Cihideung, Lembang. Hadeh. Miris.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: