14 Kuliner Unik Penang Yang Bikin Saya Mupeng!

Berlibur ke Penang terutama ke George Town biasanya akan banyak menghabiskan waktu menikmati street art, dan menikmati bangunan tua yang banyak bertebaran disini. Tetapi jangan sampai kelupaan, kalau Penang ini juga salah satu tempat terbaik berburu kuliner di asia tenggara, selain Indonesia tentunya :P. Berburu kuliner adalah harus hukumnya!

Apalagi untuk orang Indonesia seperti saya yang selalu suka dengan masakan berbumbu. Penang adalah salah satu tempat yang pas untuk mencicipi makanan baru tetapi masih cocok dengan selera lidah indonesia. Percaya atau enggak, saya menemui banyak kuliner unik Penang yang ternyata cocok dengan lidah saya. Pun beberapa rasanya agak unik sih.

Nah, kira – kira 14 kuliner unik Penang ini mungkin bisa dicobain, ketika nanti ada kesempatan untuk berkunjung ke Penang, Malaysia ini. Ini dia 14 kuliner unik penang buat panduan teman – teman berburu kuliner disana, cobain yak! :)

1. Penang Ice Kachang

Penang Ice Kachang yang seger :9
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Penang Ice Kachang yang seger :9

Penang Ice Kachang ini lebih mirip dengan es serut yang ada di Indonesia, tetapi menurut saya isinya lebih bervariasi. Selain itu citra rasa root ber yang ada di Ice Kachang membuat rasanya menjadi unik dan wajib banget dicoba!

2. Penang Asam Lhaksa

Penang Asam Lhaksa satu dari 14 Kuliner Unik Penang Yang Bikin Saya Mupeng!!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Penang Asam Lhaksa satu dari 14 Kuliner Unik Penang Yang Bikin Saya Mupeng!!

Laksa adalah makanan dengan bahan utama mie dengan ditaruh bumbu kuah khusus hasil kebudayaan Peranakan, yang juga digabung dengan elemen Tionghoa dan Melayu. Sementara Penang Asam Laksa sebenarnya mirip dengan kebanyakan Laksa, hanya saja rasa kuahnya lebih asam daripada yang di tempat lainnya. Rasa asam inilah yang membuat Penang Asam Laksa menjadi unik untuk dicicipi selama di Penang.

3. Penang Ice Cendol

Mirip es cendol yang ada di Indonesia sih :P
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mirip es cendol yang ada di Indonesia sih :P

Komposisinya hampir mirip dengan es cendol di Indonesia, tetapi tambahan kacang merah yang besar membuat Penang Ice Cendol sedikit berbeda dengan es cendol yang sering saya beli di rumah saya yang ada di Blitar. Di Blitar es cendol lebih dikenal dengan es dawet dengan campuran serabi. Well, ke Penang yang panas itu, cobain Penang Ice Cendol bisa mendinginkan kepala deh :)

4. Murtabah

Murtobah ini lebih terasa sayurannya :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Murtobah ini lebih terasa sayurannya :D

Murtabah kedengaran nama makanan yang baru kan? Padahal ini mirip banget dengan martabak yang ada di Indonesia. Sama – sama enak, tetapi Murtabah ini rasanya sedikit unik dengan campuran bawang bombay di dalamnya. Paling tidak, seperti itulah rasa Murtabah yang saya makan di resto Hameediyah.

5. Nasi Kandar

Nasi Kandar ini salah satu makanan yang wajib dicoba selama di Penang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nasi Kandar ini salah satu makanan yang wajib dicoba selama di Penang

Nasi Kandar dari Pulau Pinang, Malaysia (Penang) sebenarnya adalah nasi putih yang dimakan dengan berbagai jenis masakan kari. Yah meski variasinya mungkin bisa bermacam – macam. Seperti yang saya coba adalah berbahan dasar nasi biryani yang mirip nasi kuning ditambahi dengan kuah kari. Biasanya sih yang menjual Nasi Kandar ini adalah para pedagang Malaysia keturunan India atau Tamil.

6. Mango Kerabu

Sedikit asam tetapi seger!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sedikit asam tetapi seger!

Manggo Kerabu adalah salah satu masakan khas malaysia yang berbahan dasar mangga muda. Mirip sambal mangga, yang dicampur kacang, tetapi yang ini pedasnya tidak terlalu nenang, jadi buat saya lebih enak disantap langsung seperti salad :D

7. Ban Chang Kuih

Mirip banget dengan martabak manis di Indonesia kan bentuknya?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mirip banget dengan martabak manis di Indonesia kan bentuknya?

Kalau kalian suka sama martabak manis, berarti kalian wajib mencoba Ban Chang Kuih yang ada di Penang ini. Bisa dibilang sih ini salah satu variasi martabak manis yang ada di negara tetangga :D Enak kok!

8. Putu Mayam

Putu Mayam ini enak banget! Sumpah!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Putu Mayam ini enak banget! Sumpah!

Putu mayam adalah makanan Tamil, tetapi populer di Malaysia, Singapore bahkan Indonesia juga. Rasanya mirip banget denan putu bambu, tetapi yang ini bentuknya mirip mie. Teksturnya lembut, tipis lebih enak jika dinikmati dengan gula sebagai pelengkapnya.

9. Onde – Onde

Onde - onde Penang ini kalau di Indonesia lebih terkenal dengan nama Klepon. (Foto atas)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Onde – onde Penang ini kalau di Indonesia lebih terkenal dengan nama Klepon. (Foto atas)

Ya, jauh – jauh ke Penang saya akan menyarankan untuk mencoba onde – onde! Weiits, disini onde – onde itu berbeda dengan di Indonesia. Karena yang dinamakan Onde – onde di Penang ini sebenarnya adalah “klepon” kalau di Indonesia. Rasanya sama persis, tetapi namanya yang berbeda menjadikan salah satu list makanan yang disarankan untuk dicoba selama di Penang.

10. Penang Otak – Otak

Otak - otak versi direbus :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Otak – otak versi direbus :D

Di Jakarta yang namanya otak – otak itu biasanya dibakar atau digoreng kan? Nah kalau Penang Otak – otak ini malah dimasak dengan cara direbus. Rasanya lebih berasa ikan, mungkin karena cara memasaknya yang direbus ya?

11. Char Koay Kak

Char Koay Kak dicemil enak, buat sarapan juga oke :)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Char Koay Kak dicemil enak, buat sarapan juga oke :)

Char Koay Kak (Fried Rice Cake) ini bisa dimakan sebagai cemilan, tetapi banyak juga yang memakannya untuk sarapan. Sepert saya contohnya. Entah bahannya apa, yang jelas rasanya unik. Masakan ini cukup populer di Penang, Malaysia.

12. Pulut Tai Tai

Pulut Tai Tai yang foto bawah.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pulut Tai Tai yang foto bawah.

Ada yang mengenalnya dengan Pulut Tatai, meskipun sebenarnya ini adalah makanan yang sama. Terbuat dari beras ketan. Yang membuat Pulut Tai Tai ini unik adalah rona warna biru akibat sebagian beras ketan dicampur dengan pewarna alami biru dari bunga kupu – kupu kacang atau bungan telang. Rasannya manis, dan akan lebih enak dimakan bersamaan dengan teh hangat deh :) (cara buatnya disini nih )

13. Chi Cong Fun

Sausnya agak unik nih :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sausnya agak unik nih :D

Chi Cong Fun adalah hidangan khas Kanton yang berasal dari Cina selatan termasuk Hong Kong. Biasanya Chi Cong Fun ini disajikan baik sebagai camilan, makanan kecil atau berbagai dim sum. Bentuknya berupa gulungan tipis yang terbuat dari strip macam fen shake (bihun) yang diiris kecil – kecil.

14. Nasi Ulam

Ada yang pernah cobain Nasi Ulam? Enak kan yak XD
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ada yang pernah cobain Nasi Ulam? Enak kan yak XD

Nasi Ulam adalah hidangan nasi dicampur dengan berbagai bumbu, terutama daun pegagan (Centella asiatica) atau kadang diganti dengan kemangi (lemon basil), sayuran, rempah-rempah dan disertai dengan berbagai lauk. Hidangan ini adalah adalah masakan khas Melayu dengan banyak variasi dan umumnya ditemukan di Malaysia, Indonesia dan Thailand selatan.

Nasi ulam di Malaysia sendiri terdiri dari nasi dingin yang dimasak yang dicampur dengan bumbu iris seperti daun kaduk (daun pinang liar), pucuk gajus (tunas daun jambu), bawang dll Kerisik (ditumbuk kelapa panggang) dan rempah-rempah lainnya juga ditambahkan. Kadang-kadang ikan goreng diparut dicampur didalamnya.

***

Nah, dari 14 Kuliner Unik Penang Yang Bikin Saya Mupeng ini kira – kira teman – teman pengen cobain yang mana kalau ada kesempatan liburan ke Penang?!

PS: Kegiatan mencicipi kuliner di Penang ini bisa terjadi karena diajak #Jalan2Makan oleh @TuneHotels dan @TuneHotelsID. Kalau mau coba tur kuliner seperti ini di Penang, kalian bisa coba pesan dimarih ~> Tune Hotels Concierge :) 

 

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

11 Responses

  1. 4 tahun kuliah di Penang, alhamdulillah udh nyobain 12 di antaranya :D.. No 10 dan 13 doang tuh yg aku blm icip2.. Memang Penang juara deh ama kulinernya ^o^… kaya bumbu kyk kuliner Sumatra.. kalo nasi kandar, favoritku ttp nasi kandar PELITA, yg untungnya depan Universitas Saisn Malaysia ada :) Jgn lupa nyobain aneka sop nya di sana.. Gilaaaaa, maknyusss bgtttt. Apalagi sop lidahnya.. Slurpp..

    Nasi lemak di terminal bus komtar jg ajib lah…

    jd kgn bgt ama penang.. biasanya tiap thn aku slalu balik ksana…Tapi blkangan sibuk ama kntor -__-

    • Rijal Fahmi says:

      Waaah! Udah pernah tinggal di penang lama ya? Enak dong bisa kulineran mulu~ Hayo kalau kangen balik kesana lagi :D Aku juga kangen, padahal baru dari sana :|

  2. ndop says:

    Oh, aku lihat foto2 liburan di penang itu gak tertarik ke sana sama sekali. Tapi setelah lihat foto makanannya, WUih pingin ke sana! haahahaha

    • Rijal Fahmi says:

      Eh iya, penang kalau buat yang nggak terlalu suka sama arsitektur pasti ngebosenin. Tapi paling enggak suka sama makanannya deh, pasti betah ehehe :D

  3. Aaaaaahhh, salah satu penyesalan terbesarku tentang Penang adalah bahwa saat itu aku nggak sempet kulineran!!! Terlalu fokus dengan destinasi karena waktu yang sempit. Cuma cobain Nasi Kandar saat malam pertama, Es Lilin, dan Laksa di Terminal Butterworth.

    Satu sisi pengen ke Penang lagi, sementara di satu sisi lainnya pengen memprioritaskan ke negara-negara baru. Semoga ada gratisan ke Penang :(

  4. Gw jatuh hati dengan penang karna makanan nya, kalo tata kota dan wisata nya TIDAk hehehe. Beberapa kali ke penang karna nganterin temen berobat kesana dan selalu puas dengan makanan2 yg di sajikan :-)

  5. Beby says:

    Curry-mee ngga sukak, Bang? Enak loh ituuuu :D

  6. Ndaru says:

    wuih yummy sekali kuliner ini.. wajib dicoba nih cita rasanya.. nyammmm…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: