Senggigi Unjuk Gigi!

Senggigi Unjuk Gigi!
5 (100%) 10 votes

Jadi ceritanya, setelah tiga kali traveling ke lombok dan selalu menghindari Senggigi karena menurut saya kurang menantang dan terlalu turis banget, saya akhirnya tetap menjejakkan kaki di senggigi! Coba tebak, di tempat sini asik apa enggak!?

Ternyata, tempat yang menjadi tujuan utama turis ketika traveling ke Lombok ini asik juga lho! Meskipun tempatnya cenderung “turis banget” tetapi suasanaya masih lebih menyenangkan dari pada Kuta, Bali. Iya Kuta yang ada di Bali sekarang ini cenderung lebih semrawut dan amburadul! #SaveKutaBali aja deh!

Sedikit Cerita Dari Senggigi Yang Menarik Hati!

Traveling kali ini style saya enggak terlalu gembel – gembel banget, karena selain ada sponsor tiket gratis dari Garuda Indonesia si maskapai idola, saya mendapatkan diskon menginap di The Jayakarta Lombok Beach Resort! *backpacker gak harus melulu kere dong* Menyenangkannya lagi, kamar standar yang saya pesan lewat Agoda ternyata habis, jadinya kamar pesanan saya di upgrade ke tipe deluxe dengan gratis, tanpa tambahan biaya apapun!!

Lucky me, traveling ke lombok kali ini adalah karena beberapa waktu lalu saya menang kompetisi menulis dengan tema  “Journey Of Love”. Lomba ini diselenggarakan oleh kompasiana dan disponsori oleh Garuda Indonesia, Steak Hotel By Holly Cow, juga Kemenparekraf. Sayang cuma dapet tiket pesawat gratis saja siih, harusnya all inn dong! Termasuk akomodasi transportasi tuh, nangung! Hehe! *still thanks to them for the free tickets*

(Baca Juga : Pantai Selong Belanak, Pasir Putihnya Lombok Selatan)

Love Journey To Senggigi :D
Love Journey To Senggigi :D

Tujuan utama saya di Lombok kali ini adalah Senggigi! Yak Sengigigi yang ada di Lombok Utara! Bukan Lombok selatan atau Lombok Timur lagi Ya!

Nah! Biasanya ketika mendengar Senggigi, dalam imajinasi pasti terlintas gambaran Pantai Senggigi. Padahal sebenarnya wilayah Senggigi ini dibentuk oleh beberapa daerah yang berdekatan, dengan banyak pantai yang bertebaran di daerah itu loh! Jadi nggak cuma berupa pantai aja, tapi lokasinya memang luas~

Setelah tahu kalau Senggigi ini bukan berarti Pantai Senggigi saja, saya pun lebih bersemangat! Itu berarti ada banyak tempat yang bisa saya jelajahi. Terutama beberapa area utama yang ada di sekitarnya seperti Mangsit yang berada di bagian utara Senggigi, yang juga merupakan pintu utama menuju Tiga Gili dan Gunung Rinjani.

Kerangdangan yaitu sebuah pantai sepi yang cakep, dan asik buat berfoto diri. Senggigi sendiri adalah sebagai pusat konsentrasi hotel, restoran dan kehidupan malam. Dan yang terakhir Batu Bolong di sebelah selatan Senggigi, terkenal dengan Pura Batu Bolongnya, mirip seperti Mangsit yang merupakan tempat dimana hotel dan penginapan bertebaran di tepi pantai.

(Baca Juga : Tips Dan Trik Backpacking Ke Lombok)

Sebagai salah satu destinasi utama Lombok, Senggigi enggak jauh – jauh dari pantai eksotis disekitarnya! Saya bilang eksotis karena mayoritas pantai yang ada disekitar sini adalah pantai berpasir hitam, dan pantai  berpasir hitam yang sedikit tercampur pasir putih seperti Pantai Kerangdangan. Ternyata setelah mengunjunginya, Pantai Kerangdangan ini adalah salah satu pantai favorit saya di lombok utara loh!

Karena view pantai ini mintak ampun kecenya! Mata langsung adem ketika liat pemandangan Pantai Kerangdangan. Ibaratnya, seperti liat pacar pertama kali setelah menjalani LDR lebih dari dua bulan! *ups!* Beranjak dari pantai, Senggigi juga memiliki sisi lain yang lumayan seru untuk di eksplore!

Apakah itu? Kehidupan malamnya! Entah yang seperti di Legian, Bali *party, dugem, dll* atau kehidupan malam dipinggir jalan khas anak nongkrong! Asik juga loh sesekali nongkrong di Lombok itu. * apalagi nongkrong sambil ngopi dan makan jagung bakar*

Nih! Si kece pantai Kerangdangan
Nih! Si kece pantai Kerangdangan

Disini ada banyak cafe dan bar yang bertebaran, meskipun tidak seramai dan segila Kuta, Bali. Paling tidak, kehidupan malam Senggigi bisa mengobati kerinduan akan sebuah night life untuk para party goers. Sayang saya bukan tipe party goers atau dugemers, jadinya lebih memilih nongkrong di kelokan yang berada di tepi pantai sambil menikmati malam minggu.

Untuk yang belum tahu, tiap kelokan di Senggigi ini selalu ramai sekali dengan orang lokal. Biasanya mereka sekedar nongkrong sambil ngopi, ngobrol bareng teman dan pacar atau hanya ingin makan jagung bakar di kegelapan sambil ngobrol romantis seperti saya :D. *uwoooooo… mau kayak gitu tiap malam minggu!*

(Baca Juga : #Backpackmoon : To Pa-Pa-Paradise!)

Sebagai traveler pemburu kuliner, tentunya kuliner di area Senggigi juga tidak luput dari eksplorasi saya dong! Ditempat ini ada banyak sekali pilihan makanan yang bisa di coba. Mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal ada! Mulai dari yang ala asia sampai yang ala barat juga ada!

Jadi, jangan khawatir dan takut kelaparan disini ya! Tinggal milih mau makan apa! Kemarin, saya sempat mencoba dinner dengan seporsi besar kepiting laut!  Yah, karena lokasinya cukup dekat dengan laut, bawaanya pengen makan seafood saja deh!

Seporsi besar Kepiting laut favorit saya!
Seporsi besar Kepiting laut favorit saya!

Yang terakhir, buat para shoppaholic atau penggila belanja oleh -oleh, kalian bisa mampir ke Art Market. Entah buat teman, keluarga, pacar, ataupun selingkuhan, bebas! Yang jelas di Senggigi ini ada satu tempat khusus untuk memuaskan hasrat berbelanja. Yah, meskipun bukan mall, yang namanya art market di senggigi cukup menarik untuk dijadikan tempat menghabiskan uang. Pasalnya, di tempat itu dijual macam – macam oleh oleh khas lombok yang harganya cukup manusiawi deh.

Apalagi, kalau cuma liat – liat aja enggak pake bayar, foto – foto narsis juga! Tetapi, ada baiknya berbagi rejeki dengan membeli oleh – oleh di art market ini, paling tidak dengan membeli oleh oleh, kita ikut mendukung kemajuan pariwisata ditempat ini.

Naaah! Seru bukan!? Traveling ke Senggigi pun bisa menjadi pilihan ketika Bali sudah penuh sesak dengan turisme masal. Apalagi jarak tempat ini dari Bandara Internasional Lombok, Praya itu tidak terlalu jauh. Atau jarak tempuhnya hanya kurang dari dua jam perjalanan saja! Pack your backpack and kunjungi Sengigi yah! :D

Belanja oleh - oleh di Senggigi? Kesini saja!
Belanja oleh – oleh di Senggigi? Kesini saja!

(Baca Juga : Hei Kalian, 7 Alasan Ini Akan Meyakinkan Kalian Kalau Lombok Adalah Destinasi Liburan Favoritmu Selanjutnya!)

Rekomendasi Tempat Menginap Atau Hotel Di Senggigi

Keterangan : Sebelum (—) berarti hotel berbintang *kali aja mau splurge*, setelahnya adalah hotel budget untuk para backpacker :D

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
8 Responses
  1. Trip Keliling Lombok (@kelilinglombok)

    ralat ya kak. :D

    senggigi sepertinya masih di lombok barat
    trs yg bener itu pantai kerandangan,
    dan poto “Nih! Si kece pantai Kerangdangan” itu sebenarnya pantai setangi/stangi
    :)

    btw next time ke lombok kasih tau kita ya kak, sapa tau kami bs anter. #bukanjanji #halah :D

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      iyaa, maaf sepertinya salah info nih saya :D kalau pantai itu pantai setangi ya :D sip sip nanti dibenerin, aseeek, ada guide kalau maen2 ke lombok nantii~~ xixixi

  2. erssy

    Aq dah ready go to senggigi nihh… 19-21 feb besok… jd backpacker juga… info donk, transport mulai dr bandara ampe kebun villas resort. Plus apa aja yg gak boleh aq lewati sepanjang perjalanan nya…. help help… hehhe.. tx

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      wah, kurang tahu nih resortnya dimana, cuma ada damri dari bandara sampe senggigi. dan setelah mataram damri dari bandara lombok praya cenderung sepi, coba bilang ke supirnya minta di anterin atau lewat resort itu enggak :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: