7 Kegiatan Seru Di Pulau Maratua Ala Catperku!

Rate this post

Pulau Maratua adalah salah satu pulau terbaik yang dimiliki oleh Kepulauan Derawan. Pulau yang ini terkenal dengan keindahannya, pasir pantai yang putih lengkap dengan air laut yang berwarna biru toska. Semua itu bisa dinikmati dengan menyenangkan ketika liburan ke Pulau maratua.

Untuk mencapai lokasi Pulau Maratua, saya hanya tinggal naik speed boat dari Pelabuhan Tanjung Redeb di Berau selama kurang lebih 3 Jam perjalanan laut. Nah, di Pulau Maratua ini ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan. Karena itu, nggak perlu takut mati bosan kalau liburan kesini.

Kira-kira kalian bisa melakukan kegiatan-kegiatan ini agar liburan ke Pulau Maratua menjadi lebih seru. Ini dia 7 kegiatan seru di Pulau Maratua Ala Catperku!

1. Berenang Tanpa Ragu, Mengejar Ikan Lucu

Mau berenang bareng mereka? Gampang, tinggar renang dikit di Pulau Maratua, pasti langsung ketemu!
Mau berenang bareng mereka? Gampang, tinggar renang dikit di Pulau Maratua, pasti langsung ketemu!

Ini yang paling saya suka kalau liburan ke Pulau Maratua! Saya nggak perlu lagi repot naik perahu atau speed boat lagi kalau cuma sekedar ingin berenang dengan ikan-ikan lucu. Kemarin, kebetulan saya menginap di Maratua Paradise Resort. Jadi, makin gampang lagi deh! Saya tinggal nyebur ke dekat dermaga dan… voila!! Ikan-ikan lucu sudah bertebaran dimana-mana!

2. Menginap Di Maratua Paradise Resort

Water Villa di Maratua Paradise Resort
Water Villa di Maratua Paradise Resort

Nah, ini nih, salah satu yang seru kalau lagi liburan ke Pulau Maratua! Menginap di Maratua Paradise Resort! Harganya lumayan sih, IDR 900.000 per malam, per/orang. Tetapi pengalaman menginap diatas laut langsung itu loh yang bikin seneng!

Soalnya, selama ini saya tahu kalau mau menginap di atas laut itu biasanya harus pergi dulu ke Maldives. Tapi, ternyata nggak perlu jauh-jauh juga ada. Iya, suasana menginap di Maratua Paradise Resort ini sebelas dua belas dengan di Maldives! Well, mungkin malah jauh lebih baik sih :D

3. Snorkeling Di Sekitar Pulau Maratua

Yang suka Snorkeling, bisa cobain snorkeling di sekitar Pulau Maratua.
Yang suka Snorkeling, bisa cobain snorkeling di sekitar Pulau Maratua.

Pulau maratua juga merupakan tempat yang seru untuk snorkeling loh! Yang jelas ikannya banyak, coralnya juga bagus-bagus, dan… airnya super jernih! Otomatis visibility air untuk kegiatan snorkeling pasti bagus banget kan? Snorkeling di Pulau Maratua bisa dilakukan di sekitar Maratua Paradise Resort, atau di beberapa titik snorkeling yang lainnya :D

4. Berkunjung Ke Gua Haji Mangku, Dan Selamat Termanggu

Nyebur aja di Gua Haji Mangku, pasti seru!
Nyebur aja di Gua Haji Mangku, pasti seru!

Yak! Gua Haji Mangku! Gua yang satu ini sepertinya akan sangat saya rekomendasikan untuk kalian yang lagi liburan ke Kepulauan Derawan, khususnya ke Pulau Maratua. Mungkin belum banyak yang tahu dengan keberadaan Gua Haji Mangku, namun belakangan ini nama gua ini mulai melejit.

Gua Haji Mangku ini tergenang dengan air, yang ketika langit sedang cerah warna airnya akan terlihat begitu biru. Air di Gua Haji Mangku bisa dipakai untuk berenang, dan airnya sangat segar. Buat yang berani, bisa juga loncat dari bibir gua langsung ke air yang ada di bawah!

(Baca Juga : Gua Haji Mangku, Pelipur Lara Kegagalan Berkunjung Ke Labuan Cermin)

5. Naik Sepeda Atau Sepeda Motor Keliling Pulau Maratua

Naik sepeda motor keliling pulau, siapa tau ketemu sama mereka.
Naik sepeda motor keliling pulau, siapa tau ketemu sama mereka.

Sebagai salah satu pulau terluar Indonesia, Maratua ini fasilitasnya cukup lengkap. Memang pulau ini nggak terlalu besar ukurannya. Yah, luasnya sih “cuma” sekitar 384 km2, cukuplah buat berkeliling pulau dengan sepeda motor. Pulau ini juga berpenghuni, lengkap dengan jalanan beraspal (sebagian) dan beberapa bagian masih berupa jalanan berbatu. Berkeliling Pulau Maratua, berinteraksi dengan penduduk setempat bisa menjadi kegiatan menarik ketika ingin kegiatan liburan yang berbeda.

6. Foto-Foto Seru Di Jembatan Teluk Pea

Jembatan Teluk Pea, Pulau Maratua finish point ekspedisi setelah menempuh jarak 2058 KM, juga tempat yang fotogenik! :D
Jembatan Teluk Pea, Pulau Maratua finish point ekspedisi setelah menempuh jarak 2058 KM, juga tempat yang fotogenik! :D

Jembatan Teluk Pea yang ada di ini memang salah satu tempat di Pulau Maratua cukup fotogenik dan instagram-able. Karena itu tempat ini kemarin dipilih sebagai titik akhir perjalanan Terios 7 Wonders Borneo Wild Adventure. Nggak cuma sebagai tempat finish ekspedisi, foto session Terios si Sahabat Petualang juga dilakukan di Jembatan Teluk Pea. Mungkin ada yang mau foto-foto disini juga? Yuks!

7. Bersantai Di Dermaga Kayu Maratua Paradise Resort

Selalu suka berada di dermaga ini~
Selalu suka berada di dermaga ini~

Selain kamar, dermaga Maratua Paradise Resort adalah tempat favorit saya selama liburan di Maratua. Bukan karena apa, soalnya dari sini saya bisa menikmati pemandangan cantik disekitar pulau.

Mulai dari kapal-kapal nelayan yang bersliweran, suasana sunset yang menenangkan, hingga melihat air laut berwarna biru toska yang berujung di garis cakrawala. Pokoknya, dermaga ini adalah tempat paling menyenangkan untuk bersantai sambil melamun deh! Hehe!

(Baca Juga : Danau Kakaban Di Pulau Kakaban, Sang Primadona Kepulauan Derawan!)

Tonton Juga Video Terios 7 Wonders : Borneo Wild Adventure Di Youtube Ini Ya!

Jadi kamu mau main ke Pulau Maratua sekarang? Jangan lupa subscribe akun youtube saya di youtube.com/catperku ya!

 

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
69 Responses
  1. Rifqy Faiza Rahman

    Penasaran nih sama Maratua. Bisa jadi kalau saya kapan-kapan ke sana, saya akan usul nambah 1-2 kegiatan seru buat dimasukin di tulisan ini hehehehe

  2. printe

    wihh travel nya terlihat sangat menyenangkan mas , dari tempat dan lokasinya sepertinya masih asing sekali di kunjungi oleh wisatawan , saya jadi ingin sekali mengunjungi pulau maratua ini

  3. rohan

    indonesia memang luar biasa, jika dilihat sekilas, tidak nyangka bahwa gambar-gambar tersebut adanya di Indonesia, i love Indonesia, terima kasih mas sudah bagi informasi tentang hal ini :)

  4. Pujiaman

    Sepertinya, abang yang berdiri di bagian depan boat, terobsesi dari Film TITANIC, dimana saat Jack dan Rose berpeluk mesra sambil berhalusinasi terbang tinggi ke angkasa…
    Wkwkwkwkwkw

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: