Seharian Bersenang-Senang Di Pahawang!

Pulau Pahawang ini mungkin adalah salah satu destinasi liburan favorit penduduk jakarta setelah Pulau Untung Jawa atau pulau di kepulauan seribu yang lain, selain lokasi Pulau Pahawang yang nggak terlalu jauh, ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Pahawang. Selain itu tentunya, pemandangan di sekitar Pulau Pahawang begitu menyegarkan mata.

Sebelum pergi ke sini saya hanya banyak mendengar ajakan untuk ikutan Open Trip ke Pulau Pahawang. Beberapa kali sempat ingin mengiyakan ajakan tadi, karena selain dekat dari Jakarta, sebenarnya saya memang cukup penasaran dengan keberadaan Pahawang. Namun, ternyata sudah ada yang mengajak saya untuk menjelajah Pahawang terlebih dahulu.

Iya, Pulau Pahawang ini adalah salah satu destinasi andalan di Lampung yang banyak menarik pengunjung, dan sekarang juga mulai gencar dipromosikan. Secara administratif Pahawang ini berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau utamanya sendiri ada dua, yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Selamat datang di Pulau Pahawang!
Selamat datang di Pulau Pahawang!

Selain dua pulau utama tadi, ada beberapa destinasi utama yang bisa dikunjungi disini. Seperti misalnya Pulau Kelagian juga Tanjung Putus. Kebetulan kemarin saya hanya sempat mengunjungi Pulau Kelagian, Pulau Pahawang Besar, Pahawang Kecil, juga sempat mencoba snorkeling di sekitar perairan Pahawang. Tidak lupa saya juga menyempatkan diri makan siang di Pulau Pahawang besar dengan menu ikan bakar yang sangat endeusss!

Perjalanan menuju Pahawang tidak terlalu sulit. Perjalanan dimulai dari pusat kota dengan menuju Pelabuhan Ketapang di Lampung. Sekilas namanya terdengar begitu familiar, karena namanya memang mirip dengan pelabuhan yang ada di Banyuwangi, namun pelabuhan ini berbeda loh. Pelabuhan Ketapang Lampung ini adalah tempat dimana ada banyak kapal nelayan yang akan mengantarkan para turis menuju Pulau Pahawang.

Perahu yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian
Perahu yang digunakan untuk menyeberang ke Pulau Pahawang dan Pulau Kelagian

(Baca Juga : Pantai Pandawa, Pantai Di Bali Yang Tidak Biasa!)

Sunset kece terlihat dari Pelabuhan Ketapang, Lampung
Sunset kece terlihat dari Pelabuhan Ketapang, Lampung

Dari Pelabuhan Ketapang Lampung, tujuan pertama adalah Pulau Kelagian Kecil yang hanya berjarak sekitar 45 menit – 1 jam perjalanan laut saja. Sebenarnya Pulau Kelagian kecil ini adalah spot yang asik buat snorkeling, namun karena cuaca lagi bagus, saya lebih tertarik untuk mengabadikan banyak foto saja.

Pasir Pulau Kelagian Kecil yang begitu putih bersih sehalus bedak bayi, ditambah langit biru cerah plus gradasi air laut yang memukau begitu menggoda shutter untuk dipencet berkali-kali. Sayang banget kalau nggak diabadikan, karena kalau cuma snorkeling saya bisa melakukan di titik selanjutnya.

Pulau Kelagian Kecil ini ukurannya nggak terlalu besar, mungkin hanya perlu belasan menit saja jika saya mengelilingi seluruh pulau ini. Fasilitas yang ada di Pulau Kelagian Kecil pun cukup terbatas. Hanya terdapat beberapa bale-bale di dekat pantai utama yang dipergunakan untuk lari dari sengatan terik matahari. Selebihnya hanyalah tanah kosong dengan pepohonan di bagian tengahnya.

Pantai Pulau Kelagian yang sangat Instagramable
Pantai Pulau Kelagian yang sangat Instagramable

Pada salah satu sudut Pulau Kelagian Kecil ini terdapat sebuah kamar mandi tanpa air untuk berganti pakaian saja. Tidak ada penginapan disini, namun menurut saya ini adalah tempat yang sempurna untuk camping barang satu atau dua malam. Semoga saja ide camping di Kelagian Kecil ini bisa terwujud pada kunjungan selanjutnya.

Setelah puas narsis di Kelagian Kecil, tujuan selanjutnya adalah Snorkeling disekitar perairan Pulau Pahawang. Disini saya baru nyebur dan beberapa kali mengabadikan keindahan bawah laut Pahawang. Sayangnya, visibility air laut sedang kurang bagus.

Pulau Kelagian, Pulau pertama yang dikunjungi langsung memberikan pemandangan gradasi yang keren seperti ini
Pulau Kelagian, Pulau pertama yang dikunjungi langsung memberikan pemandangan gradasi yang keren seperti ini

(Baca Juga : Nusa Lembongan Pulau Tropis Asik Buat Liburan, Enggak Bikin Pusing!)

Seharian bersenang senang di Pahawang itu sangat kurang!
Seharian bersenang senang di Pahawang itu sangat kurang!

Berdasarkan informasi dari pemandu kami, beberapa hari belakangan Lampung sering hujan, jadi itu berpengaruh terhadap visibiliti air laut. Lesson learned! Next time main-main ke Pahawang sebaiknya pada musim kemarau saja agar mendapatkan visibility terbaik ketika snorkeling.

Pun begitu saya tetap menikmati keindahan bawah laut sekitar Pulau Pahawang. Saya juga menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar tulisan “I Love You Pahawang” yang sudah tidak utuh, berada di kedalaman 2 meter. Semoga next trip tulisan ini diperbaiki deh. Karena spotnya cukup asik buat underwater selfie, lalu dipamerin di social media deh~

Semoga papan buat foto underwater selfie ini segera dibenerin
Semoga papan buat foto underwater selfie ini segera dibenerin

(Baca Juga : Snorkeling Di Pulau Menjangan Yuk!)

Bersantai sambil mengapung ria setelah snorkeling
Bersantai sambil mengapung ria setelah snorkeling

Sebenarnya masih ada banyak spot snorkeling di Pahawang yang bisa dinikmati. Karena Pahawang ini adalah salah satu destinasi snorkeling yang menarik di Lampung. Namun, karena perut sudah mulai keroncongan, jadi kegiatan snorkeling disudahi dulu. Tujuan selanjutnya adalah makan siang sekaligus jelajah di Pulau Pahawang Besar.

Pulau Pahawang besar ini berada tak jauh dari tempat snorkeling, hanya sekitar 20 menitan saja naik perahu. Berbeda dengan Pulau Kelagian, di Pahawang Besar sudah terdapat dermaga yang lebih layak untuk perahu bersandar.

Pahawang Besar adalah sebuah pulau yang berpenghuni. Terdapat beberapa dusun yang ditinggali oleh lebih dari seribu jiwa. Namun begitu, tidak terlihat kepadatan di Pulau Pahawang Besar ini. Dari dekat dermaga hanya terlihat beberapa rumah penduduk yang beberapa diantaranya merangkap sebagai guest house untuk para turis yang berkunjung ke Pahawang.

Guest house yang ada di Pulau Pahawang Besar
Guest house yang ada di Pulau Pahawang Besar
Kalian juga bisa coba hammocking di Pahawang Besar
Kalian juga bisa coba hammocking di Pahawang Besar

Saya memang tidak sempat mencoba menginap di salah satu guest house di Pulau Pahawang, namun saya dan teman-teman yang lainnya sempat makan siang di halaman depan salah satu penduduk Pulau Pahawang. Makan siang yang disediakan pun sebenarnya cukup sederhana, makanan khas penduduk pulau kecil seperti Pahawang.

Berbagai jenis ikan bakar, sayur asem lengkap dengan sambal kecap dan dabu-dabu endeus nan enak melengkapi makan siang yang menyenangkan di Pahawang. Entah saya sudah kelaparan karena snorkeling, atau memang menu makan siang kali ini memang enak. Saya sampai nambah dua kali sebelum akhirnya mengakhiri dengan tegukan kelapa muda asli Pahawang yang segar. Slurrrp!!

Makan siang sederhana tapi luar biasa di Pahawang Besar
Makan siang sederhana tapi luar biasa di Pahawang Besar

Percaya deh, dari pada bawa makanan sendiri dari Lampung, mending kalau lagi main ke Pulau Pahawang, lebih baik kalian pesen makanan dari warga lokal setempat! Selain makan siang kalian akan lebih nikmat, kalian juga bisa membantu perekonomian masyarakat setempat yang tinggal di Pahawang.

Usai makan siang, perjalanan pun dilanjutkan. Tujuan selanjutnya adalah mengunjungi budidaya Ikan Kerapu milik warga setempat. Disini ada ribuan ikan yang dibudidayakan untuk diambil manfaat ekonominya. Uniknya budidaya ikan Kerapu di Pahawang ini semuanya berada di tengah laut, di sebuah Bagan apung.

Pemeliharaan ikan tidak berada di kolam, tetapi tetap berada di air laut yang disekat dengan jaring. Next time main ke Pahawang, mungkin saya akan coba menginap disini, meski cuma semalam deh! Kayaknya asik banget gitu, nginep di Bagan Apung sambil mancing :D

Mengingat hari yang semakin sore, saya dan tim #PesonaIndonesia kembali melanjutkan ke destinasi selanjutnya. Yaitu Gusung Pasir yang berada di dekat Pulau Pahawang Kecil. Sayang, kita datang terlalu sore, jadi Gusung Pasir yang berada di dekat Pulau Pahawang Kecil sudah tidak nampak. Namun, saya tidak kecewa dengan hal itu.

Berjalan diatas air~ Eh bukan! Ini sebenarnya Gusung Pasir didekat Pahawang Kecil yang sudah terendam pasang air laut
Berjalan diatas air~ Eh bukan! Ini sebenarnya Gusung Pasir didekat Pahawang Kecil yang sudah terendam pasang air laut

Soalnya, Gusung Pasir yang terendam air laut itu ternyata tidak dalam. Saya masih bisa berjalan melewatinya, sehingga menimbulkan efek kalau saya seperti terlihat sedang berjalan diatas laut. Pun aslinya saya sedang berjalan diatas Gusung Pasir dengan kedalaman kurang dari satu meter.

Gusung Pasir yang ada di Pulau Pahawang kecil adalah destinasi terakhir  jelajah beberapa pulau di Lampung bersama Indonesia.Travel. Iya, Lampung ini ternyate mempunyai beberapa pulau yang menyenangkan untuk dijelajahi seperti Pulau Pahawang Besar, Pahawang Kecil dan Pulau Kelagian. Tentu saja nggak cuma keindahannya saja yang menarik, tetapi suasananya bisa menenangkan hati siapapun yang sedang berlibur ke pulau ini.

Menikmati Pahawang Kecil yang begitu syahdu
Menikmati Pahawang Kecil yang begitu syahdu

Tips Liburan Ke Pulau Pahawang Di Lampung

  1. Persiapkan perlengkapan snorkeling atau perlengkapan berenang jika ingin melakukan kegiatan snorkeling disekitar perairan Pahawang.
  2. Meskipun memungkinkan liburan ke Pahawang dalam one day trip, namun akan lebih menyenangkan kalau menginap di guest house yang ada di Pahawang Besar. Menikmati suasana tenang, jauh dari hiruk pikuk keramaian kota pasti akan menyenangkan.
  3. Penginapan atau guest house hanya ada di Pulau Pahawang Besar, jadi jika ingin menginap, ke Pahawang Besar saja. Tempat snorkeling, Gusung Pasir, dan beberapa daya tarik lain bisa ditempuh dengan perahu dalam waktu yang tidak lama dari Pahawang Besar.
  4. Sempatkan mampir ke Gusung Pasir yang ada di dekat Pulau Pahawang Kecil. Gusung pasir ini sebenarnya adalah sebuah jembatan alami yang, kemudian banyak dikenal dengan Tanjung Putus. Ketika air laut sedang surut, Gusung Pasir Tanjung Putus akan terlihat menghubungkan antara Pulau Tanjung Putus dengan Pulau Pahawang Kecil.
Dermaga Pelabuhan Ketapang, Lampung dikala senja
Dermaga Pelabuhan Ketapang, Lampung dikala senja

Jadi siapa yang udah pernah liburan ke Pulau Pahawang? Bagaimana menurut kalian? Coba bagiin pengalaman singkat kalian di komentar :)

Perjalanan ini disponsori penuh oleh Kementerian Pariwisata Indonesia (indonesia.travel). Kalian bisa melihat foto-foto perjalanan ini di akun social media seperti Twitter @catperku dan Instagram @catperku dengan hashtag #PesonaIndonesia #SaptaNusantara #INATopBucketList

Yang Banyak Dicari

  • backpacker ke pulau pahawang lampung
  • backpacker ke pahawang
  • makan ikan bakar di pantai pahawang lampung
  • pengalaman pulau pahawang
  • review pantai pagawang
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
55 Responses
  1. wah mantaap mas :)

    kemarin aku juga habis nenda disana, cuma mau nginep ke kelagian kecil gag boleh ama warga, ajdi akhirnya nenda di kelagian aja. lumayan emang tempatnya, alhamdulilah juga cerah disana :)

    suka sekali dengan kelagian kala senja dan pagi, tenang bawaaannya. kecuali musik dangdut yang menggema :D

  2. Baru banget tadi pagi ada di tv. Tapi pas nonton, gak ngiler ingin kesini karena seleb yang diajak liburan nya ga asik gitu bawain acaranya. Aku malah ngiler pas baca tulisan ini hehehe

  3. Gara

    Wah senjanya keren sekali Mas, saya pengen suatu hari nanti bisa menginap di pantai, pasang tenda terus malam-malam ke pesisir melihat bintang sambil merasakan hangatnya pasir dan sejuknya air laut ditambah angin malam, keren banget pastinya ya. Termasuk dan tidak terbatas pada ikan bakar yang enak banget itu. Saya suka ikan!

  4. Keren bangett! AKu yg gak begitu suka sama pantai (anak gunung soale HAHAHA), jadi pingin ke sanaaa…

    Fotomu mbok upload opo onone yo kang? Aku malah seneng sih, lightinge natural..

  5. bang,rencana kami mau backpakeran ke lampung dari jogja di bulan februari besok. setelah baca artikel ini kayaknya asik juga untuk dikunjungi. boleh gak bang kirimin rincian biaya perjalananya ke email saya. makasih :)

  6. Yoan Christian Situmeang

    Keren bang.
    Mau nanya dong bang.
    Sewa kapalnya per hari ya? Kisaran harga brapaan bang?
    Mohon infonya dong bang. heheh

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: