Pantai Selong Belanak : Eat, Surf, and Fun!

Dua kali berkunjung ke Pantai Selong Belanak tidak lantas membuat saya bosan dengan pantai yang ada di Lombok Selatan ini, bahkan kunjungan kedua ini membuat saya semakin ingin kembali lagi ke pantai ini. Betapa tidak, lebih dari satu tahun dari kunjungan pertama saya ke Pantai Selong Belanak, sepertinya pantai ini semakin asik saja untuk dijadikan sebagai salah satu destinasi terbaik di Lombok.

Memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan jika datang ke Pantai Selong Belanak dari arah Mataram, tetapi hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja jika datang dari arah Kuta, Lombok Selatan. Akses jalan dari kedua arah tadi sudah sangat baik, tidak seperti beberapa tahun lalu yang masih berupa jalan setengah rusak, sekarang ini aspal hitam yang keras sudah menghiasi di sepanjang jalan menuju pantai ini.

Dengan akses yang begitu mudah, pantai ini sepertinya semakin populer saja dari hari ke hari. Dengan tidak adanya tiket masuk (masuk ke pantai gratis!), tetapi hanya membayar tarif parkir sebesar Rp. 3000 (Data Tahun 2013), tentunya makin banyak dong, yang mau sekedar berlibur dan bersenang senang di Pantai Selong Belanak. Kemarin, waktu saya berkunjung ada banyak bule yang sengaja datang ke pantai ini, entah untuk sekedar bersantai, atau yang sedang belajar menunggang ombak.

(Baca Juga : Pantai Nyasar, Errr, Eh, Bukan Pantai Cemara Namanya)

Surfing, Bersenang – Senang, Makan Seafood Di Pantai Selong Belanak!

Pantai Selong Belanak cocok untuk pemula yang ingin belajar surfing
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pantai Selong Belanak cocok untuk pemula yang ingin belajar surfing

Ombak pantai ini tidak terlalu besar, cocok untuk pemula.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ombak pantai ini tidak terlalu besar, cocok untuk pemula.

Ya! Pantai Selong Belanak sekarang ini, sudah mulai populer sebagai tempat untuk berlatih surfing! Memang karakteristik pantai yang landai, dengan ombak yang tidak terlalu besar cukup mendukung untuk dijadikan sebagai tempat berlatih surfing. Pantai ini mirip dengan Pantai Kuta yang ada di Bali. Bedanya, Pantai Selong Belanak, 100 persen lebih bersih, dan lebih sepi!

Sayangnya di pantai ini tidak ada yang menyewakan papan surfing. Satu – satunya penyewaan papan surfing terdekat ada di daerah Kuta, Lombok Selatan yang berjarak 30 menit dari pantai ini. Akhirnya saya pun urung mencoba kehebatan ombak di Pantai Selong Belanak.

Tidak bisa bermain surfing di pantai ini tidak lantas membuat saya kecewa, karena bermain pasir sehalus tepung dan air laut yang berwarna biru toska di pantai ini pun menyenangkan juga. Jarang – jarang loh, ada pantai dengan pasir yang begitu halus seperti di Pantai Selong Belanak. Bahkan, Bali yang namanya sudah mendunia pun tidak punya pantai dengan pasir yang seperti ini.

Nah, dengan kondisi seperti itu, jangan kaget jika kombinasi bermain pasir dan air laut di pantai ini bisa membuat lupa daratan. Kalau saya sih, ingetnya daratan waktu lapar doang, hehee! Ngomongin lapar, jangan takut kalau bakal enggak bisa makan di pantai ini!

(Baca Juga : Enjoy Tanjung Aan)

Meskipun jauh dari pusat kota dan keramaian, di Pantai Selong Belanak sudah ada warung makan juga lho! Rata – rata mereka menjual nasi campur dan kelapa muda segar sebagai minumannya. Di tempat ini juga ada penduduk lokal yang menjual seafood hasil tangkapan mereka.

Seafood tadi pun tidak dimasak dengan bumbu spesial, cara memasaknya dibakar saja, dan dimakan dengan sambal pedas. Meskipun begitu, jangan diragukan rasanya ya! Memakan seafood di tepi Pantai Selong Belanak lah yang selalu membuat saya kangen untuk kembali berkunjung ke tempat ini.

Cumi dan ikan tengiri bakar seperti ini bisa didapatkan dengan harga Rp 25.000 di Pantai Selong Belanak. Paling enak di makan dengan sambal dan kecap, plus kelapa muda sebagai minumannya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cumi dan ikan tengiri bakar seperti ini bisa didapatkan dengan harga Rp 25.000 di Pantai Selong Belanak. Paling enak di makan dengan sambal dan kecap, plus kelapa muda sebagai minumannya

(Baca Juga : Pantai Tangsi, Pantai Pink Dengan Latar Belakang Gunung Rinjani)

Peta Jalur Ke Pantai Selong Belanak, Dari Mataram Dan Kuta, Lombok Selatan

Penginapan Atau Hotel Di Dekat Pantai Selong Belanak

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

9 Responses

  1. Cumi MzToro says:

    Beberapa kali ke lombok tapi belum kesampean kesini, kata jasa rental mobil kalo jalanan menuju selong belanak ini ancur total jd mereka ngak mau nganterin hahaha.

    Beneran ngaksech ???

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      sekarang udah endak ancur kok mas cumi~~ mulus dah sekarang,, pantat bayi aja kalah~~ aspal item~~ (data terakhir maret 2013) baik dari arah kuta, lombok atau mataram. buruan kesini deh, mumpung jalanya belum ancur lage :3

  2. jense07 says:

    untuk homestay di daerah sana apa ya gan??
    info dan CP-nya dong…

    thankss

  1. June 7, 2013

    […] utama saya di Lombok kali ini adalah Senggigi! Yak Sengigigi yang ada di Lombok Utara! Bukan Lombok selatan atau Lombok Timur lagi Ya! Nah! Ketika mendengar Senggigi, dalam imajinasi pasti terlintas gambaran […]

  2. October 11, 2013

    […] yang berbentuk homestay yang mirip seperti di Jalan Poppies, Kuta, Bali. O iya, secara kebetulan di Lombok Selatan namanya juga Kuta, tetapi dibacanya […]

  3. November 7, 2013

    […] Pantai Selong Belanak, primadona yang ada di Lombok Selatan […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: