Bergembira Di Pulau Untung Jawa, Wisata Pulau Asik Dekat Jakarta!

Bergembira Di Pulau Untung Jawa, Wisata Pulau Asik Dekat Jakarta!
5 (100%) 15 votes

Bergembira di Pulau Untung Jawa, pulau di Jakarta, asik untuk berwisata! Ya, enggak enaknya tinggal di Jakarta itu berarti saya harus rela tidak merasakan udara laut yang segar setiap hari, seperti ketika saya masih di Bali. Pun begitu saya harus bisa mengakali dong! Bagaimanapun, saya tidak ingin menjadi sakau karena lama tidak merasakan udara segar laut. Ironis memang, meskipun Kota Jakarta berada di dekat laut seperti Denpasar, tetapi udara didalamnya tidak sesegar udara yang ada disana. Coba kalau gak ada Pulau Untung Jawa, mungkin saya makin stres saja!

Beruntung Jakarta masih memiliki area laut yang didalamnya terdapat banyak pulau kecil, yaitu daerah Kepulauan Seribu. Karena keberadaannya itu paling enggak penduduk Jakarta seperti saya masih bisa merasakan sedikit kebebasan menikmati udara segar. Nah! Dari seribu pulau di Jakarta, Pulau Untung Jawa adalah pulau di Jakarta yang pertama kali saya kunjungi.

Memang sih ada yang bilang ada puluhan pulau lain di kepulauan seribu yang lebih menarik, tetapi Pulau Untung Jawa ini jaraknya dekat dengan tempat tinggal saya. Jadi enggak ada alasan untuk tidak mengunjunginya terlebih dahulu.

Pasir putih dan udara segar cukup untuk menambah tenaga menghadapi ribetnya Kota Jakarta :D Ini adalah salah satu pulau di Jakarta untuk wisata.
Pasir putih dan udara segar cukup untuk menambah tenaga menghadapi ribetnya Kota Jakarta :D Ini adalah salah satu pulau di Jakarta untuk wisata.

Pulau Untung Jawa adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. – Wikipedia

Ya! Pulau Untung Jawa ini sebenarnya merupakan salah satu pulau di Jakarta yang masuk ke kecamatan yang ada di Kepulauan Seribu, yang merupakan destinasi populer untuk sekedar refreshing penduduk Jakarta dan sekitarnya. Untuk pulau yang tidak terlalu besar, Untung Jawa lumayan ramai lho. Hal itu sudah terlihat sejak saya menginjakkan kaki disana. Tidak terhitung ada berapa perahu nelayan seperti yang sudah saya naiki, yang memuat puluhan orang bersandar di dermaga pulau ini.

Suasana yang ada di Pulau Untung Jawa ini sedikit mengingatkan saya dengan Gili Trawangan yang ada di perairan utara Lombok. Bedanya kalau disini kendaraan bermotor bisa bebas berlalu lalang. Tidak terhitung berapa kali saya mendengar klakson kendaraan bermotor dari arah belakang, ketika saya sedang berjalan ke sebuah pantai berpasir putih yang ada di belakang pulau. Seharusnya, apabila tidak ada kendaraan bermotor di Pulau Untung Jawa, mungkin suasananya bisa lebih menyenangkan lagi.

Benar tidak!? Siapa setuju!?

Tipikal jalanan di Pulau Untung Jawa, enak buat jalan kaki, tapi sayang banyak sepeda motor bersliweran.
Tipikal jalanan di Pulau Untung Jawa, enak buat jalan kaki, tapi sayang banyak sepeda motor bersliweran.

Konsentrasi keramaian Pulau Untung Jawa ada di bagian depan dan belakang pulau. Ada bermacam – macam aktifitas air seperti banana boat yang bisa dilakukan di bagian depan pulau. Selain itu, pada bagian depan ini saya banyak melihat anak kecil yang menggunakan pelampung sedang asik berenang. Sementara dibagian belakang Pulau Untung Jawa ada segaris pantai berpasir putih dengan lautnya yang tenang, yang cukup untuk mengobati rasa kangen saya dengan Bali.

O iya, kalau lagi tidak ingin berbasah – basah di air laut, atau sedang ingin bersantai, bisa menyewa tempat seharga Rp. 10.000 untuk duduk untuk bersantai. Tanyakan saja kepada penjual yang ada di dekat pantai, sekaligus membeli minuman atau jajanan jika kebetulan lupa membawa dari rumah. Selain itu, untuk yang kelaparan bisa mencari makanan di bagian depan pulau, di dekat dermaga. Disana ada banyak penjual makanan yang siap membebaskan perut dari kelaparan.

Pantai pasir putih yang ada dibelakang pulau lumayan lega untuk bermain air ataupun leyeh - leyeh di pasirnya.
Pantai pasir putih yang ada dibelakang pulau lumayan lega untuk bermain air ataupun leyeh – leyeh di pasirnya.

Penginapan dan Homestay juga bertebaran di Pulau Untung Jawa, meskipun sebenarnya pulau ini hanya berjarak kurang dari satu jam penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Pasir. Yah, dengan banyaknya penginapan dan homestay yang rata – rata fasilitasnya berupa kamar ber AC dan TV kabel tadi, mungkin bisa dimanfaatkan untuk yang ingin bermalam di Pulau Untung Jawa. Kalau saya sih cuma datang, leyeh – leyeh, sedikit kuliner, lalu pulang deh :) Yang lain mungkin berminat untuk bermalam?

Mau Tahu Suasana Di Pulau Untung Jawa!?

Kalau lagi cerah, bisa menikmati biru langit seperti ini. Keren kan? Siapa sangka pulau di Jakarta ini keren juga!
Kalau lagi cerah, bisa menikmati biru langit seperti ini. Keren kan? Siapa sangka pulau di Jakarta ini keren juga!
Hijaunya dedaunan yang ada di sisi timur Pulau Untung Jawa juga bisa bikin pikiran lebih segar.
Hijaunya dedaunan yang ada di sisi timur Pulau Untung Jawa juga bisa bikin pikiran lebih segar.
Bisa juga mengintip kehidupan nelayan yang ada di pulau ini.
Bisa juga mengintip kehidupan nelayan yang ada di pulau ini.
Masih ada yang mau menyia-nyiakan Indonesia? Pikirkan kembali! Tengok pulau di Jakarta ini dulu!
Masih ada yang mau menyia-nyiakan Indonesia? Pikirkan kembali! Tengok pulau di Jakarta ini dulu!
Sepertinya mata pencaharian sebagian penduduk pulau di Jakarta ini adalah nelayan ya? Ada banyak banget perahunya itu.
Sepertinya mata pencaharian sebagian penduduk pulau di Jakarta ini adalah nelayan ya? Ada banyak banget perahunya itu.
Jalanan asri dan teduh seperti inilah yang paling saya suka dari Pulau Untung Jawa. Di Jakarta, mana bisa?
Jalanan asri dan teduh seperti inilah yang paling saya suka dari Pulau Untung Jawa. Di Jakarta, mana bisa?
Dermaganya asik buat nyantai sore hari nih! Sayang saya enggak di pulau sampai sore hari, mungkin lain kali saya akan menginap barang semalam disini.
Dermaganya asik buat nyantai sore hari nih! Sayang saya enggak di pulau sampai sore hari, mungkin lain kali saya akan menginap barang semalam disini.
Saya enggak menyangka menemukan kuliner unik di Pulau Untung Jawa. Cuma kentang goreng biasa sih, tapi cara memasaknya unik!
Saya enggak menyangka menemukan kuliner unik di Pulau Untung Jawa. Cuma kentang goreng biasa sih, tapi cara memasaknya unik!
Ehh...! Rasanya juga enak siih :D
Ehh…! Rasanya juga enak siih :D
Pantai yang ada di dekat dermaga utama pulau di Jakarta ini ramainya seperti ini kalau sedang hari libur :D Seru kan?
Pantai yang ada di dekat dermaga utama pulau di Jakarta ini ramainya seperti ini kalau sedang hari libur :D Seru kan?
Cuma ya harus siap penuh - penuhan di kapal seperti ini kalau datang ke Pulau Untung Jawa ketika hari libur! Fun? Yes! Safety? Oh well... at least I can swim ^^
Cuma ya harus siap penuh – penuhan di kapal seperti ini kalau datang ke Pulau Untung Jawa ketika hari libur! Fun? Yes! Safety? Oh well… at least I can swim ^^
Asiiik! Pulang dari Pulau Untung Jawa dapat bonus bisa melihat formasi cantik para burung seperti ini ^^
Asiiik! Pulang dari Pulau Untung Jawa dapat bonus bisa melihat formasi cantik para burung seperti ini ^^

Cara Pergi Ke Pulau Untung Jawa?

Nah, karena ibu kota ini sebenarnya juga tidak terlalu jauh dengan laut, juga setelah dikompori oleh si pacar, jadinya saya memilih untuk menghabiskan liburan ke Pulau Untung Jawa.

Lha!? Untuk mencapai Pulau Untung Jawa, pulau di Jakarta yang masih merupakan bagian dari kepulauan seribu, saya harus menyeberangi Teluk Jakarta dong? Yup! Benar! Karena itu saya tidak menaruh harapan terlalu besar untuk melihat view cantik laut seperti selama ini :)

Memang sih saya sudah beberapa kali mendengar dan mendapatkan nasihat dari beberapa orang teman, kalau jangan membandingkan laut Jakarta dengan lautan tempat dimana saya menetap sebelumnya. Oke, karena itu saya juga sudah mempersiapkan mental dengan tidak berharap bisa melihat lautan biru seperti yang biasa saya lihat ketika liburan ke Bali dan Lombok. Toh saya hanya ingin mencari udara segar yang juga jarang saya dapatkan setiap hari ketika pulang dan pergi dari kantor.

Pantai yang penuh sampah tidak menyurutkan animo para turis yang akan menyeberang ke Pulau Untung Jawa
Pantai yang penuh sampah tidak menyurutkan animo para turis yang akan menyeberang ke Pulau Untung Jawa

Tanjung Pasir adalah sebuah tempat penyeberangan tanpa dermaga, yang berada di daerah Tangerang. Dari pelabuhan inilah ada banyak kapal nelayan yang bertenaga diesel, yang biasa berlalu – lalang menyeberangkan para turis untuk menuju Pulau Untung Jawa. Salah satunya adalah saya, si pacar dan dua orang teman yang juga berasal dari Jakarta.

Cari kapal ke Untung Jawa mas? Kapalnya sudah mau berangkat itu” Terdengar sayup – sayup para calo, merangkap sebagai marketing kapal menawari kami menyeberang ke Pulau Untung Jawa.

Untuk sebuah pelabuhan yang tidak mempunyai dermaga, memang Tanjung Pasir ini ramai sekali. Di tepi pantainya berjajar lebih dari 5 buah kapal nelayan yang siap menyeberang ke Untung Jawa, beberapa diantaranya bahkan dipenuhi oleh para turis yang membludak. Saya tidak kaget, karena memang hari libur, tentunya ada banyak warga Jakarta yang muak dengan polusinya, dan berlomba – lomba mencari udara segar.

Laut berwarna cokelat dan laut penuh sampah adalah kombinasi yang pas :)
Laut berwarna cokelat dan laut penuh sampah adalah kombinasi yang pas :)

Pantai yang penuh dengan sampah di Tanjung Pasir belum membuat saya kaget, tetapi lautan yang berwarna seperti susu cokelatlah membuat saya terkejut. Saya memang pernah melihat lautan yang tidak berwarna biru seperti ketika saya berlibur ke Pulau Samalona yang berada di Makassar. Tetapi melihat seluruh lautan yang berwarna kecoklatan seperti ini tidak bisa saya terima, bagaimana mungkin air laut ini bisa berwarna kecokelatan? Padahal warna biru adalah warna yang paling banyak diserap oleh air?

Sebenarnya itu adalah pertanyaan yang tidak perlu dijawab sih, karena bulan November adalah awal musim penghujan. Beberapa hari sebelum saya kesini Jakarta sudah diguyur hujan lebat selama beberapa kali. Tahu sendiri kan, bagaimana kualitasi air sungai ibu kota? Enggak ada yang bersih!

Penyebab yang paling mungkin hingga bisa air laut di Tanjung Pasir ini bisa berwarna kecokelatan adalah karena lumpur sungai yang terbawa hingga ke Teluk Jakarta. Kalau sudah begini bolehkah saya bilang ini semua salah Jakarta? Ah, saya tidak mau menyalahkan siapa – siapa, karena saya kan mau liburan ke Pulau Untung Jawa :)

Dear Jakartans, Masih Mau Melihat Laut Jakarta Semakin Cokelat?

Kapal nelayan yang masih kosong menunggu penumpang yang akan menyeberang
Kapal nelayan yang masih kosong menunggu penumpang yang akan menyeberang
Tanjung Pasir adalah sebuah pelabuhan tanpa dermaga yang selalu sibuk menyeberangkan turis ke Untung Jawa dikala hari libur.
Tanjung Pasir adalah sebuah pelabuhan tanpa dermaga yang selalu sibuk menyeberangkan turis ke Untung Jawa dikala hari libur.
Menyeberangi lautan yang berwarna kecoklatan adalah pengalaman pertama kali, setelah sering traveling kemana - mana. Well~~ Jakarta is surely shocking me!
Menyeberangi lautan yang berwarna kecoklatan adalah pengalaman pertama kali, setelah sering traveling kemana – mana. Well~~ Jakarta is surely shocking me!
Di Tanjung Pasir, berjajar kapal yang mengantre untuk dipenuhi para penumpang.
Di Tanjung Pasir, berjajar kapal yang mengantre untuk dipenuhi para penumpang.
Kapal sudah penuh capt!! Mari berlayar!
Kapal sudah penuh capt!! Mari berlayar!

Foto Liburan Ke Pulau Untung Jawa, Pulau Di Jakarta

Foto – foto ini saya ambil ketika berlibur ke Pulau Untung Jawa.  Pulau itu masih masuk area kepulauan seribu. Memang pulaunya tidak sebesar Bali, tetapi entah bagaimana pulau ini bisa menyegarkan pikiran saya sejenak. Paling tidak udaranya lebih segar dari pada udara Jakarta yang penuh dengan polusi.

These pictures was taken by me when I have a vacation to Untung Jawa island. That island was part of Kep Seribu sub-disctrict. It wasn’t big like Bali, but somehow it can refresh me a bit. At least those island fresh air is much better than Jakarta’s polluted air. Enjoy! ;)

Photograph By : Fahmi
Gear : Sony Nex F3 Lens Kit

Di Pulau Untung Jawa terdapat pantai dengan pasir yang putih, lumayan lah untuk mengobati rasa kangen sama pantai - pantai di Bali.
Di Pulau Untung Jawa terdapat pantai dengan pasir yang putih, lumayan lah untuk mengobati rasa kangen sama pantai – pantai di Bali.
Jalanan utama Pulau Untung Jawa sudah berupa paving block, jadi asik sekali jika berkeliling pulau ini dengan berjalan kaki.
Jalanan utama Pulau Untung Jawa sudah berupa paving block, jadi asik sekali jika berkeliling pulau ini dengan berjalan kaki.
Di sebuah sisi pulau ada juga dermaga yang digunakan untuk bersandar perahu nelayan sekitar sini.
Di sebuah sisi pulau ada juga dermaga yang digunakan untuk bersandar perahu nelayan sekitar sini.
Yang paling saya suka dari Pulau Untung Jawa adalah segarnya udara dan beberapa bagian pulau yang rindang. Tiduran dibawah pohon seperti ini sangat menyenangkan :D
Yang paling saya suka dari Pulau Untung Jawa adalah segarnya udara dan beberapa bagian pulau yang rindang. Tiduran dibawah pohon seperti ini sangat menyenangkan :D
Waktu saya iseng berkeliling pulau, kebetulan saya melihat seorang yang sedang memperbaiki kapalnya.
Waktu saya iseng berkeliling pulau, kebetulan saya melihat seorang yang sedang memperbaiki kapalnya.
Sepertinya perahu - perahu ini digunakan untuk mencari ikan ya? Lihat semuanya berbendera Indonesia.
Sepertinya perahu – perahu ini digunakan untuk mencari ikan ya? Lihat semuanya berbendera Indonesia.
Ada yang bisa menghitung berapa jumlah perahu yang ada disini?
Ada yang bisa menghitung berapa jumlah perahu yang ada disini?
Disini nih, kalau mau gegoleran sambil menikmati suasana sejuk dan udara segar Pulau Untung Jawa.
Disini nih, kalau mau gegoleran sambil menikmati suasana sejuk dan udara segar Pulau Untung Jawa.
Atau, kalau mau bermain di pantainya juga boleh kok :D
Atau, kalau mau bermain di pantainya juga boleh kok :D
Nongkrong di dermaga yang ada di Pulau Untung Jawa juga kelihatan asik deh :D
Nongkrong di dermaga yang ada di Pulau Untung Jawa juga kelihatan asik deh :D
Saya sih sudah sering makan kentang goreng yah. Tapi kalau kentang goreng yang cara masaknya seperti ini belom pernah deh :D
Saya sih sudah sering makan kentang goreng yah. Tapi kalau kentang goreng yang cara masaknya seperti ini belom pernah deh :D
Gak perlu takut nyasar di Pulau Untung Jawa, selain kecil, petunjuknya jelas sekali!
Gak perlu takut nyasar di Pulau Untung Jawa, selain kecil, petunjuknya jelas sekali!
Kentang goreng tertusuk! Eh! Enggak tau apakah namanya memang seperti itu :D
Kentang goreng tertusuk! Eh! Enggak tau apakah namanya memang seperti itu :D
Sementara di sisi lain Pulau Untung Jawa seramai ini! Saya kesana waktu liburan sih, jadi ya pasti ramai seperti ini. Sesekali melihat keramaian boleh kan?
Sementara di sisi lain Pulau Untung Jawa seramai ini! Saya kesana waktu liburan sih, jadi ya pasti ramai seperti ini. Sesekali melihat keramaian boleh kan?
Sayangnya transportasi menuju Pulau Untung Jawa ini agak kurang aman dan nyaman menurut saya. Lihat deh, ukuran kapalnya seberapa, yang naik berapa banyak?
Sayangnya transportasi menuju Pulau Untung Jawa ini agak kurang aman dan nyaman menurut saya. Lihat deh, ukuran kapalnya seberapa, yang naik berapa banyak?
Main ke Pulau Untung Jawa itu seruu, apalagi kalau pulangnya disambut sama sekawanan burung seperti ini! :D
Main ke Pulau Untung Jawa itu seruu, apalagi kalau pulangnya disambut sama sekawanan burung seperti ini! :D

PS : Selalu pegang teguh prinsip Ecotourism, jangan pernah merusak atau mengotori alam, Jaga Untuk Anak Cucu Kita. Belum tahu apa itu ecotourism? baca disini (Eco Traveling yaa, Bukan Ego Traveling!!!)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses
  1. dgp

    mau tanya dong ini pulau untung lokasi masih deket sama pulau pramuka, tidungkan? oh iya sebenernya kalau ke kepualauan seribu itu baiknya di bulan apa iya soalnya sayang banget yah kalau ke sana tapi cuaca engga mendukung. makasih :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: