Panduan Berwisata Ke Kakunonate Di Jepang

Sebenarnya saya sudah pernah berkunjung ke Kakunodate yang termasuk dalam kawasan Semboku City ketika pertamakali main ke Jepang. Kakunodate sangat berkesan buat saya, karena ini adalah salah satu desa samurai di Jepang yang sisa-sisa masa kejayaannya masih terlihat. Tentu saja selain hal itu, ada bebeberapa hal dari Kakunodate yang membuat saya tertarik.

Karena itu, tak perlu berpikir panjang untuk melakukan kunjungan kedua ke Kakunodate. Karena memang ada beberapa hal yang masih terlewat untuk saya kunjungi. Selain itu saya juga akan berkunjung ke beberapa tempat wisata di sekitar Kakunodate seperti pergi ke Danau Tazawa, trekking di Gunung Akita-Komagatake dan main ke Dakigaeri Valley.

Kakunodate ini sebenarnya adalah bekas kota yang banyak ditinggali para Samurai. Disebutkan kalau juga pernah ada sebuah kastil berdiri di Kakunodate, meski sekarang kastil tersebtu sudah tidak ada. Namun, untuk rumah para Samurai tersebut sampai sekarang masih bisa terlihat dengan jelas.

Kakunodate, Rumah Para Samurai Dan Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Bunga Sakura

Kakunodate, Rumah Para Samurai Dan Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Bunga Sakura.
Kakunodate, Rumah Para Samurai Dan Tempat Terbaik Menikmati Keindahan Bunga Sakura.

Konon Kakunodate ini tak banyak berubah sejak tahun 1620, terutama bangunan rumah para samurai yang masih berdiri tegak selama ratusan tahun. Terutama untuk area rumah para pedagang dan rumah para samurai yang masih asli sejak berdiri. Beberapa rumah samurai yang ada di Kakunodate tersebut bisa dimasuki dengan gratis, dan beberapa harus membayar beberapa ratus YEN saja.

Tidak cuma itu, Kakunodate ini juga merupakan salah satu tempat melihat bunga sakura terbaik di Jepang. Itulah yang membuat saya berkunjung ke Kakunodate pada musim semi tahun 2013. Sayang pada waktu itu saya kurang beruntung. Bunga Sakura di Kakunodate belum sepenuhnya mekar, jadi saya belum bisa menikmati keindahan Sakura di Kakunodate sepenuhnya.

Cara Pergi Ke Kakunodate

Ada beberapa cara untuk pergi ke Kakunodate. Mulai dengan naik Kereta Shinkansen, hingga dengan naik pesawat domestik. Tinggal dipilih sesuai kebutuhan. Namun saran saya kalau kamu punya JR Pass, sebaiknya kamu pergi ke Kakunodate dengan menggunakan Shinkansen saja.

Kamu bisa pergi ke Kakunodate dengan Shinkansen Komachi dalam waktu 3 jam-an.
Kamu bisa pergi ke Kakunodate dengan Shinkansen Komachi dalam waktu 3 jam-an.

Pergi Ke Kakunodate Naik Pesawat

Kalau kamu pergi ke Kakunodate dengan naik pesawat, bandara terdekat berada di Kota Akita. Kamu bisa terbang ke Akita dengan menggunakan penerbangan domestik. Dari Tokyo, kamu bisa terbang ke Akita dari Bandara Haneda. Lalu dari bandara Akita kamu bisa pergi ke Kakunodate dengan mobil sewaan.

Pergi Ke Kakunodate Naik Shinkansen

Cara termudah untuk pergi ke Kakunodate adalah dengan naik Shinkansen. Apalag Shinkansen untuk ke Kakunodate itu dicover dengan JR Pass. Jadi ya kalau kamu punya JR Pass bisa gratis naik Shinkansen dari Tokyo ke Kakunodate. Namun kalau kamu beli tiket sendiri, untuk sekali jalan harga tiketnya sekitar 16.000 JPY. Dari Tokyo ke Kakunodate naik Shinkansen Komachi akan menempuh waktu sekitar 3 jam 10 menit.

Daftar Tempat Wisata Di Kakunodate

Ada beberapa tempat wisata di Kakunodate yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi seperti :

1. Bukeyashiki Street / Jalan Bukeyashiki

Di jalan inilah dimana terdapat beberapa rumah samurai yang masih bertahan dan berumur ratusan tahun. Para samurai tersebut memang sudah tidak ada lagi, hanya tersisa keturunannya saja. Namun disini masih terdapat beberapa rumah samurai yang berdiri tegak, yang memperlihatkan kejayaan para samurai pada masanya.

Bukeyashiki Street atau Jalan Bukeyashiki ini juga cakep buat berburu foto!
Bukeyashiki Street atau Jalan Bukeyashiki ini juga cakep buat berburu foto!

Jalan Bukeyashiki ini bisa dijangkau dengan berjalan kaki sekitar 2o menit dari Stasiun JR Kakunodate, atau bisa juga naik taksi selama beberapa menit. Disana kamu bisa melihat beberapa rumah para samurai seperti :

Rumah Samurai Aoyagi ( Aoyagi House )

Rumah Samurai Aoyagi (Aoyagi-ke) ini adalah kompleks beberapa bangunan yang berisi koleksi museum, restoran, dan toko-toko suvenir. Didalamnya terdapat informasi menarik dalam bahasa Inggris dan Jepang tentang tradisi samurai, gaya hidup, dan juga sejarah Jepang di Kakunodate. Ini adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi, terutama buat kamu yang tertarik dengan sejarah Samurai di Kakunodate.

Tiket Masuk : 500 JPY

Rumah Samurai Ishiguro ( Ishiguro House )

Area yang terbuka untuk umum di Rumah Samurau Ishiguro ini jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Rumah Samurai Aoyagi. Hal itu karena sebagian besar keturunan keluarga samurai tersebut masih tinggal di bagian lain rumah. Koleksi baju zirah samurai dan hal terkait dengan zaman samurai masih bisa ditemukan disini.

Tiket Masuk : JPY 400

Paling asik sih sewa kimono lalu jalan kaki keliling Bukeyashiki Street atau Jalan Bukeyashiki di Kakunodate.
Paling asik sih sewa kimono lalu jalan kaki keliling Bukeyashiki Street atau Jalan Bukeyashiki di Kakunodate.

Rumah Samurai Odano ( Odano House )

Rumah Samurai Odano ini memiliki taman terbuka, yang bisa diintip pengunjungnya. Namun, untuk memasuki rumah tidak diperbolehkan.

Rumah Samurai Kawarada ( Kawarada House )

Melalui jalan kecil rumah Samurai Kawarada ini terhubung ke Rumah Samurai Odano. Pengunjung tidak bisa masuk ke dalam Rumah Samurai Kawarada, namun pintu rumah ini dibuka dengan lebar, jadi pengunjung tetap bisa melongok dan mengagumi keindahan bagian dalam rumahnya.

Rumah Samurai Iwahashi ( Iwahashi House )

Pada sepanjang Bukeyashiki Street atau Jalan Bukeyashiki inilah terdapat beberapa rumah para samurai.
Pada sepanjang Bukeyashiki Street atau Jalan Bukeyashiki inilah terdapat beberapa rumah para samurai.

Rumah Samurai Iwahashi adalah contoj dari sebuah rumah samurai kelas menengah. Rumah ini jauh lebih kecil dan sedikit lebih sederhana, baik dalam bagian desain juga gaya. Kamu tidak bisa memasuki bagian dalam rumah ini, tapi bisa melihatnya dari bagian luar.

Rumah Samurai Matsumoto (Matsumoto House)

Rumah Samurai Matsumoto ini juga memperlihatkan bagaimana kondisi rumah para samurai di Jepang ketika Zaman Edo. Untuk menikmati keunikan arsitektur rumah ini dari luar gratis, tapi pengunjung tidak bisa memasuki bagian dalam rumahnya.

2. Museum Omura

Museum yang tediri dari satu kamar ini memamerkan berbagai pilihan kerajinan tangan terbuat dari kaca. Karya-karya seniman Prancis, Rene Lalique, banyak dipamerkan di koleksi museum ini.

Kakunodate adalah salah satu tujuan wisata bersejarah di Jepang.
Kakunodate adalah salah satu tujuan wisata bersejarah di Jepang.

3. Museum Denshokan

Museum Denshokan ini berisi tentanng informasi sejarah Kakunodate dan sejarah pembuatan kerajinan tradisional. Kerajinan Kakunodate yang paling menonjol adalah pengerjaan kulit kayu ceri (kabazaiku). Kerajinan pengerjaan kulit kayu ceri tersebut biasanya untuk membuat tabung teh, piring, dan perabot besar.

4. Bunga Sakura Di Sepanjang Bantaran Sungai Hinokai

Sebenarnya waktu terbaik berkunjung ke Kakunodate adalah ketika musim semi tiba. Daya tarik wisata Kakunodate ketika musim semi ini adalah jejeran pohon sakura yang membentang di bantara Sungai Hinokai. Lokasinya tak terlalu jauh dari Jalan Bukeyashiki, dan bantaran Sungai Hinokai ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat Sakura di Jepang. Ya kira-kira cakepnya seperti jejeran Bunga Sakura di Kitakami deh!

Kuliner Di Kakunodate

Ada beberapa kuliner yang bisa kamu coba di Kakunodate. Salah satu yang terkenal disini adalah Hinai Chicken atau Ayam Hinai yang merupakan menu spesial dari Kakunodate adan perfektu Akita.

Hinai Jidori

Hinai Jidori adalah ayam lokal yang dikembangbiakkan di perfektur akita. Jenis makanan yang dibuat dari Hinai Jidori ini ada beberapa macam, tapi kemarin saya sempat mencoba menu Hinai Jidori dengan telur dan Hinai Chicken Udon.

Salah satu menu Hinai Chicken dengan telur.
Salah satu menu Hinai Chicken dengan telur.
Hinai Chicken Udon, salah satu menu makanan di Kakunodate.
Hinai Chicken Udon, salah satu menu makanan di Kakunodate.

Tempura Udon

Makanan khas jepang berupa mie udon dengan set tempura yang merupakan gorengan ala Jepang.

Tenpura Udon di Kakunodate. Katanya sih ini menu yang terkenal disini, dan wajib dicoba. Tentu saja ini ramah muslim karena bahannya dari tumbuhan dan seafood.
Tenpura Udon di Kakunodate. Katanya sih ini menu yang terkenal disini, dan wajib dicoba. Tentu saja ini ramah muslim karena bahannya dari tumbuhan dan seafood.

Mie Soba Di Sobakiri Chousuke

Sebagai penggemar soba, Mie Soba di Sobakiri Chousuke ini adalah mie soba terbaik yang pernah saya coba di Jepang.

Mie Soba Di Sobakiri Chousuke.
Mie Soba Di Sobakiri Chousuke.

Tempat Wisata Dekat Kakunodate

Ada beberapa tempat wisata di dekat kakunodate yang juga bisa dikunjungi. Tempat wisata tersebut berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Kakunodate. Misalnya :

1. Danau Tazawa

Kamu bisa berkunjung ke Danau Tazawa ketika main ke Kakunodate.
Kamu bisa berkunjung ke Danau Tazawa ketika main ke Kakunodate.

Ini adalah danau kaldera terdalam di Jepang yang berada di Semboku City. Danau ini dikelilingi kawasan pegunungan yang indah dan memiliki suasana yang sejuk. Kamu bisa berkunjung ke Danau Tazawa dan menikmatinya dengan naik perahu.

2. Nyuto Onsen

Di Nyuto Onsen ini terdapat beberapa penginapan atau ryokan ala Jepang dengan fasilitas Onsen.
Di Nyuto Onsen ini terdapat beberapa penginapan atau ryokan ala Jepang dengan fasilitas Onsen.

Onsen adalah kawasan wisata dengan banyak pemandian air panas khas Jepang. Sementara itu Nyuto Onsen adalah salah satu tempat wisata tersebut yang cukup terkenal buat orang Jepang Sendiri. Terdapat beberapa hotel ala Jepang atau Ryokan untuk menginap disana. Tentunya kamu juga bisa merasakan pengalaman berendam di Onsen ala Jepang.

3. Gunung Akita-Omagatake

Gunung Akita-Omagatake ini lumayan asik buat trekking!
Gunung Akita-Omagatake ini lumayan asik buat trekking!

Buat yang suka trekking dan naik gunung seperti saya, wajib banget mampir ke Gunung Omagatake. Gunung ini juga dikenal sebagai “Flower Mountain” karena ketika musim bunga tiba, akan terdapat banyak sekali bunga di area ini. Gunung Ini juga bisa dinikmati pada musim apapun.

4. Dakigaeri Valley

Dakigaeri Valley ini adalah salah satu spot menikmati suasana autumn yang berada tak juh dari Kakunodate.
Dakigaeri Valley ini adalah salah satu spot menikmati suasana autumn yang berada tak juh dari Kakunodate.

Dakigaeri Valley ini adalah sebuah lembah yang berada tak jauh dari Kakunodate. Pada puncak musim gugur, sekitar lembah ini akan berwarna kemerah-merahan. Diluar musim itu pun tempat ini juga merupakan destinasi yang asik untuk trekking!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
2 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: