Naik Perahu Di Danau Tazawa, Danau Terdalam Di Jepang!

Danau Tazawa adalah salah satu tempat wisata di dekat Kakunodate selain Dakigaeri Valley. Ini adalah salah satu tempat wisata di Semboku City yang saya rekomendasikan untuk kamu kunjungi kalau liburan kesini.

Karena selain memiliki pemandangan indah, ada beberapa hal menarik seputar danau ini. Tentu saja, kamu juga bisa berkeliling danau sambil menikmati keindahannya. Karena disini terdapat perahu yang memang disediakan untuk turis yang ingin menikmati suasana danau.

Hujan turun cukup deras sesaat setelah saya naik perahu yang masih bersandar di salah satu dermaga Danau Tazawa, Dermaga Shirahama. Perahu ini nantinya akan mengantarkan saya untuk berkeliling danau selama kurang lebih 40 menit.

Naik Perahu Di Danau Tazawa, Danau Terdalam Di Jepang!
Naik Perahu Di Danau Tazawa, Danau Terdalam Di Jepang!
Bagian dalam sightseeing boat untuk keliling Danau Tazawa.
Bagian dalam sightseeing boat untuk keliling Danau Tazawa.

Tarifnya adalah 1220 JPY per orang. Harga yang tidak terlalu mahal dibandingkan dengan pemandangan indah yang bakal saya lihat selama mengeliling danau. Bahkan ketika perahu belum bergerak pun saya sudah disambut oleh banyak ikan yang berenang di tepian danau ini.

 

 

Kalau di Indonesia, mungkin ikan tersebut sudah habis dipancing orang-orang ya. Disini, Ikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri, menghibur hati para pengunjung Danau Tazawa, termasuk saya. Pengunjung juga bisa memberi makan ikan-ikan di danau tersebut lho. Bisa membeli pakan ikan di atas kapal yang akan mengantarkan berkeliling danau ini. Harga pakan ikan tersebut hanya 100 JPY saja.

Mengenal Lebih Dekat Danau Tazawa

Patung Tatsuko ini juga menjadi ikon dari Danau Tazawa.
Patung Tatsuko ini juga menjadi ikon dari Danau Tazawa.

Danau Tazawa (田 沢 湖, Tazawako) ini berada tepat di selatan Taman Nasional Towada-Hachimantai. Danau ini adalah sebuah danau kaldera yang indah di Jepang. Kondisinuya masih sangat alami, jauh dari suasana keramaian perkotaan. Kalau kamu pengen tahu suasana pedesaan di Jepang seperti apa, kamu wajib mampir ke danau ini.

Danau ini disebutkan memiliki banyak kemiripan dengan Danau Towada, sebuah danau lain yang cukup populer di Jepang. Perbedaannya, Danau Towada adalah danau kaldera terbesar di Jepang, sementara itu Danau Tazawa adalah danau terdalam di Jepang dengan titik terdalam danau adalah 423 meter. Pun, kedua danau sama sama cantik. Keduanya menawarkan keindahan yang bisa dinikmati siapapun yang mengunjunginya.

Danau ini dikelilingi oleh pegunungan.
Danau ini dikelilingi oleh pegunungan.
Kalau cuaca cerah, sepertinya ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di dekat Dermaga Shirahama.
Kalau cuaca cerah, sepertinya ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan di dekat Dermaga Shirahama.
Ada banyak sekali ikan di danau ini lho.
Ada banyak sekali ikan di danau ini lho.

Danau Tazawa ini cukup unik, selain sebagai danau terdalam di Jepang, bentuknya juga hampir bulat sempurna. Sesuai dengan namanya, Tazawa atau Tapukopu dalam bahasa Ainu yang berarti bukit berbentuk lingkaran. Memang, dari atas ketinggian danau ini terlihat bulat. Selain itu, pemandangan di sekitar danau dari ketinggian juga terlihat indah.

Selain menikmati keindahan danau, terdapat beberapa tempat menarik disekitar danau. Misalnya pada bagian utara danau terdapet sebuah kuil yang bernama Goza no Ishi dengan gerbangnya yang berwarna merah. Ada juga landmark lain yang terkenal yaitu Patung Tatsuko yang memiliki legenda sendiri. Kira-kira legenda Tatsuko ini seperti apa ya?

Legenda Patung Tatsuko

Patung Tatsuko yang legendanya cukup terkenal.
Patung Tatsuko yang legendanya cukup terkenal.

Seperti yang saya ceritakan diatas, di tepi Danau Tazawa ini terdapat Patung Tatsuko yang memiliki legenda tersendiri. Kalian boleh percaya atau tidak pada kebenaran legenda ini. Namun yang pasti, cerita legenda si gadis cantik Tatsuko ini memberikan informasi yang menarik untuk pengunjung yang datang ke danau ini. Cerita legendanya kira-kira seperti ini :

Mengutip dari wikipedia, diceritakan kalau dahulu pada desa pinggir Danau Tazawa hidup seorang gadis yang sangat cantik. Orang mengenalnya dengan nama Tatsuko. Dia sadar kalau kecantikan yang dimilikinya itu tidak akan bertahan lama. Namun ia menginginkan kecantikan yang abadi. Sehingga selama 100 malam berturut-turut Tatsuko terus berdoa kepada Buddha agar diberi kecantikan abadi.

Ternyata, doanya pun terkabul. Disebutkan kalau Tatsuko disuruh untuk meminum air dari mata air yang berada di tengah gunung. Tatsuko kemudian mencari dan menemukan mata air tersebut, lalu meminumnya. Anehnya, semakin dia meminum air tersebut, dia malah semakin merasa haus. Hingga kemudian tanpa disadari tubuh Tatsuko berubah menjadi seekor naga. Begitu tahu kalau dia telah berubah menjadi naga, ia menyesal, lalu menceburkan diri ke dalam Danau Tawada dan hidup sebagai naga di danau dan tak pernah pulang kembali ke rumah.

Kalau cerah, tempat ini pasti makin indah.
Kalau cerah, tempat ini pasti makin indah.

Lama tak pulang, Ibu Tatsuko cemas dengan keberadaan putrinya. Sang ibu pergi mencarinya ke gunung, hingga kemudian berhasil bertemu dengan Tatsuko di tepi danau. Tatsuko awalnya menghampiri ibunya ketika masih dalam wujud seorang gadis, namun kemudian ia memperlihatkan ketika dia berubah menjadi seekor naga. Mengetahui hal tersebut, Ibunya menjadi sangat sedih dan melemparkan obor yang dipegangnya ke dalam air danau. Konon obor yang dilempar tersebut berubah menjadi ikan misterius yang disebut kunimasu.

Di daerah pesisir, sebelah utara Danau Tazawa terdapat danau bernama Hachirōgata. Di danau itu hidup seekor naga bernama Hachirotaroyang dulunya berwujud manusia. Ia tahu tentang keberadaan Tatsuko, dan pergi ke Danau Tazawa untuk menjumpainya. Hachirotaro lalu jatuh cinta kepada Tatsuko dan tinggal bersamanya di Danau Tazawa. Setelah kehilangan penghuninya, Danau Hachirōgata dari tahun ke tahun semakin dangkal. Sebaliknya setelah penghuninya bertambah, Danau Tazawa menjadi semakin dalam dan hangat sehingga tidak pernah membeku selama musim dingin.

Nah, kira-kira diatas adalah cerita dari legenda Patung Tatsuko. Saya tidak tahu dengan kebenarannya, namun mengenai Danau Tazawa yang tidak pernah membeku selama musim dingin adalah benar adanya. Untuk cerita lainnya, saya serahkan kepada kalian untuk menilainya. Kalian bisa juga berpendapat di kolom komentar di bawah ya.

Cara Pergi Ke Danau Tazawa

Pada puncak musim gugur, pemandangan di sekitar danau akan sangat indah.
Pada puncak musim gugur, pemandangan di sekitar danau akan sangat indah.

Berikut ini adalah cara untuk pergi ke Danau Tazawa. Cara paling mudah adalah naik kereta api ke Stasiun Tazawako yang berada tak jauh dari Kakunodate. Dari Tokyo kamu bisa naik Shinkansen Komachi. Dari Stasiun Tazawako kalian bisa naik bus sampai ke halte bs Tazawa-kohan yang lokasinya ada di timur danau. Waktu tempuh adalah sekiar 12-15 menit. Tarif bus dari Stasiun Tazawako ke Tazawa-kohan adalah JPY 360.

Tips Berkunjung Ke Danau Tazawa

Tori Gate Goza no Ishi di dekat danau.
Tori Gate Goza no Ishi di dekat danau.

Ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui sebelum berkunjung ke Danau Tazawa seperti :

  • Semua musim adalah waktu yang bagus untuk berkunjung ke danau ini, hanya saja ketika puncak musim gugur (Autumn), kalian akan bisa menikmati warna merah pegunungan yang mengelilingi danau ini.
  • Cara terbaik untuk menikmati keindahan danau ini adalah dengan naik perahu ( Sightseeing Boat ) dari Dermaga Shirahama.
  • Perhatikan ramalan cuaca, karena ketika hujan deras, pengalaman menikmati keindahan Danau Tazawa akan kurang maksimal.
  • Ada beberapa hotel di sekitar danau, jadi kalian bisa menginap di dekat danau.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
2 Responses

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: