Masakan India Yang Penuh Cita Rasa

Sebagai orang Indonesia saya selalu suka dengan masakan yang berbumbu. Pun yang saya sukai tidak hanya masakan berbumbu dari Indonesia saja lho. Salah satunya adalah masakan dari barat yang sedikit mirip tapi berbeda. Iya, saya juga menyukai masakan khas dari India. Bahkan pernah saya jauh – jauh traveling ke Singapore, hanya karena kangen masakan India yang ada di Little India.

Tetapi sekarang saya bisa bergembira, karena tidak perlu jauh – jauh terbang kesana kemari hanya demi makan siang atau makan malam dengan masakan India. Sudah ada Signatures Restaurant Jakarta yang berlokasi di Hotel Indonesia Kempinski menyediakan masakan India yang penuh cita rasa tadi. Kebetulan saya dan istri sempat mencoba makan malam disana beberapa waktu yang lalu.

Rempah berwarna warni ini yang membuat masakan india penuh cita rasa.

Rempah berwarna warni ini yang membuat masakan india penuh cita rasa.

Signatures Restaurant Jakarta menyediakan buffet lunch atau dinner dengan satu area berisi semua masakan India yang penuh rempah itu. Mau makan yang mana tinggal dipili, semuanya asli masakan india lho! Karena semuanya dimasak langsung oleh Chef Ashwani Kumar Singh, seorang chef asli dari india. Dia adalah chef berpengalaman dengan pengalaman lebih dari 16 tahun memasak masakan India. Saya tidak ragu lagi dengan kualitas masakannya dong!

Di area masakan India, ketika saya akan mengambil makanan pilihan saya, aroma masakan India pun langsung tercium. Warna – warni bumbu dan rempah khas India juga tertata dengan rapi di sekitar makanan. Mulai dari merah, oranye hingga biji – bijian berwarna warni yang setelah saya coba terasa wangi seperti bunga. Semua seakan menguatkan cita rasanya, sekaligus membuat saya merasa sedang berada di India saja. Tentunya, minus Shah Rukh Khan, karena mungkin dia sedang main film, bukan sedang memasak seperti Chef Aswani Kumar Singh. Hehee!

Ini yang rasanya paling unik diantara masakan India lain di Signatures Restaurant Jakarta. Biji - bijian ini ketika dimakan rasanya seperti memakan bunga yang wangi. Tapi sayang saya tidak tahu ini apa namanya. Ada yang tahu kah?

Ini yang rasanya paling unik diantara masakan India lain di Signatures Restaurant Jakarta. Biji – bijian ini ketika dimakan rasanya seperti memakan bunga yang wangi. Tapi sayang saya tidak tahu ini apa namanya. Ada yang tahu kah?

Karena saya penasaran, akhirnya saya mencoba yang menurut saya paling aneh dahulu. Terutama di bagian dekat dimana rempah warna – warni tadi diletakkan. Pertama saya mencoba Pachdi, karena tertarik dengan penyajiannya yang unik. Pachdi ini bisa dibilang acar versi india, dengan bahan utama wortel dan lobak yang diaduk dalam yoghurt, garam masala mustard dan beberapa rempah lainnya. Pachdi rasanya seperti sayuran segar yang dicampur dengan bumbu rempah yang kuat dan agak asam. Buat vegetarian cocok sekali dimakan dengan nasi sebagai pelengkap.

Pachdi rasanya memang unik, namun agak kurang pas di lidah orang indonesia seperti saya. Kemudian, saya lantas melanjutkan mencoba yang sedikit berbumbu, dan gurih. Ghee Rice, Methi Matar Malai, Subz Pukhtan, Goan Prawn Curry yang tertata rapi memikat mata saya. Sepertinya makanan – makanan tadi bisa dimakan sekaligus dengan enak dalam satu piring. Saya pun lanjut mengambil satu per satu kedalam piring kosong saya.

Pachdi, semacam acar dari India

Pachdi, semacam acar dari India

Ghee Rice adalah nasi, yang dicampur dengan bermacam – macam rempah jadi rasanya gurih, dan lebih sedap dari nasi uduk yang biasa saya makan. Sedangkan Methi Matar Malai sering ditemui di menu makanan India Utara. Kombinasi daun fenugreek (kelabat) dan kacang hijau dimasak dalam krim dan susu. Saya kurang tahu Subz Pukhtan itu apa, tapi isinya adalah sayuran seperti wortel. Sementara Goan Prawn Curry kari dengan udang sebagai bahan utamanya.

Keempatnya lalu saya taruh didalam satu piring untuk disantap bersamaan. Sayur daging ditambah rasa kari yang khas begitu melengkapi. Ini dia rasa India yang selalu saya suka, penuh rempah sedikit pedas namun tetap terasa gurih di mulut. Saking enaknya, saya pun nambah seporsi lagi karena perut masih bisa menampung. *aslinya sih memang doyan*

Dari Kiri : Ghee Rice, Methi Matar Malai, Subz Pukhtan, Goan Prawn Curry.

Dari Kiri : Ghee Rice, Methi Matar Malai, Subz Pukhtan, Goan Prawn Curry.

Keempatnya akan menjadi enak jika disajikan dalam satu porsi :)

Keempatnya akan menjadi enak jika disajikan dalam satu porsi :)

Dari sekian banyak menu yang disajikan untuk makan malam, sebenarnya hanya sebagian kecil dari seluruh masakan khas India. Lain kali mungkin saya akan menyempatkan diri untuk mencoba menu makan siang di Signatures Restaurant Jakarta ini. Atau malah saya akan pergi langsung ke India sana, berkeliling dan mencoba apakah rasa di asalnya jauh lebih enak.

Doakan saya berkesempatan mengunjungi India ya! :)

Berfoto dengan bendera India dulu sebelum berkunjung ke negaranya :)

Berfoto dengan bendera India dulu sebelum berkunjung ke negaranya :)

Signatures Restaurant – Hotel Indonesia Kempinski

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta
Jl. MH Thamrin 1,10310 Jakarta
021 – 2358 3898
[email protected]

Lunch buffet IDR 248,000 ++
Dinner buffet IDR 268,000 ++
(includes all food and beverages)

Brunch buffet IDR 338.000++
(includes all food and beverages)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

15 Responses

  1. Zippy says:

    Makanan india emang berbumbu, rempah2nya kuat :D
    Saya sempat makan bubur ayam india di daerah radio dalam kalo gak salah.
    Tapi entah kenapa malah aneh rasanya, belum terbiasa kali ya. Hahhaha :lol:

    • Rijal Fahmi says:

      Eh iya kadang gitu sih, ada masakan yang agak aneh rasanya. tapi sejauh ini kari dari india itu yang paling aku suka :D sama nasinya itu, nasi biryani :D

  2. aku suka masakan india… tp kalo dicicip, beda2 ya rasanya di tiap negara ;p.. Makanan india di singapur ama malaysia rata2 enak dan sesuai lidah kita.. yg di Indonesiapun enak… tapi pernah nyicip masakan india, dimasak ama org india, di Ho chi minh, aku ga suka.. aneh bgt rasanya… :( bumbu terlalu tajem, trs ga pedes, trs lembek2 gimana gt ;p

    pernah juga nyicip masakan India di Jerman, dan bulgaria, rasa jg so-so bgt…cndrung ga suka lah..

    Tapi blm tau masakan india asli di negara asalnya sana ;) sama mas, belum kesampaian mw kesana ;p

    • Rijal Fahmi says:

      Kalau aku, paling enak sejauh ini cobain masakan india di singapore sama kari ala india yang di setia budi one jaksel :P

  3. Saya belum pernah nyobain Masakan India tapi jika terlihat dari gambar sepertinya masakan india banyak menggunakan santan. Sepertinya menarik untuk dicicipi, setidaknya pernah nyobain.

  4. Beby says:

    Aku lumayan sukak makanan India. Kebetulan di Medan ada Kampung Keling, kayak daerah orang India gitu. Nyicipin bayem kejunya endeus bener.. :D

  5. Semangat7x says:

    Gak kuat di kocek Kak Rijal Fahmi. Mahal Bingit, Saya belum pernah nyobain masakan India, tapi cuma sering nonton Bollywood…. Koe Mili Geeeeeyaaaaa, Siapa tau laperrrr…

  6. Hmmm … harum rempah-rempahnya seperti tercium sampai ke sini ….

  7. BaRT says:

    waaah jadi kangen India, harus nyobain nih saya …

  8. Josefine says:

    Wah masakan India memang kaya rempah, ya! Saya jadi ingin makan juga!

  9. tania says:

    Kalau diliat-liat penampaknnya mirip masakan khas Padang yaa…tapi mungkin cita rasanya berbeda. Jadi penasara pengen nyoba..

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: