Panduan Wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park - GWK Bali

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, atau GWK, adalah destinasi wisata budaya yang terletak di bagian selatan Bali.

Saya bertanya-tanya seperti apa bagian dalam taman wisata ini. Saya pertama kali mengunjungi GWK Bali pada tahun 2009, ketika taman wisata ini masih belum sepenuhnya selesai.

Setelah 10 tahun lebih berlalu, Saya kembali mengunjungi Garuda Wisnu Kencana Bali. Apakah sekarang taman wisata ini semakin bagus?

Daftar Isi

Sejarah Patung GWK di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali

Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali terletak di Bukit (Kapur) Ungasan dan dibuat oleh seorang seniman Bali, I Nyoman Nuarta.

Menurut situs Kemdikbud, ide untuk membangun patung ini sudah ada sejak tahun 1980-an, namun butuh waktu delapan tahun bagi Nyoman Nuarta untuk memperkenalkan ide tersebut kepada masyarakat.

Tidak mudah bagi Nyoman Nuarta untuk meyakinkan masyarakat karena banyak permasalahan dan pandangan negatif yang menganggap proyek ini hanya akan menghambur-hamburkan uang tanpa tujuan yang jelas.

Namun, bagi Nyoman Nuarta, patung ini memiliki tujuan yang jelas, yaitu mewujudkan kawasan wisata baru di Bali yang menunjukkan nilai budaya bangsa dan mementaskan aneka seni nusantara dan dunia.

Panduan Wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park - GWK Bali

Ide pembangunan patung GWK ini disetujui oleh Presiden Soeharto pada tahun 1990 dan pembangunan dimulai pada 8 Juni 1997.

Namun, imbas krisis moneter pada 1997-1998 membuat pembangunan patung ini terhenti sementara waktu.

Setelah hampir 28 tahun, pembangunan patung GWK dilanjutkan kembali pada tahun 2013 dan akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2018.

Dengan sejarah pembangunan yang panjang dan melewati banyak tantangan, patung Garuda Wisnu Kencana di Bali menjadi sebuah landmark yang megah dan menjadi daya tarik wisata Bali yang menarik.

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) menjadi kebanggaan Indonesia karena diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 22 September 2018.

Menurut Jokowi, patung GWK Bali adalah mahakarya anak bangsa. Patung tersebut menjadi salah satu patung tembaga terbesar di dunia.

Bahkan, The Straits Times menobatkan patung GWK Bali sebagai patung tembaga terbesar di dunia dengan tinggi 121 meter.

Patung GWK juga menjadi yang tertinggi keempat di dunia setelah Patung Vallabhbhai Patel di India (182 meter) sebagai peringkat pertama, Sang Buddha di Tiongkok (153 meter) dan Mynmar (130 meter).

Tak hanya menjadi kebanggaan bangsa Indonesia, patung GWK juga menjadi destinasi utama pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyambut kedatangan tamu-tamu delegasi G20 yang datang di Kawasan Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana.

Tampaknya, patung GWK akan terus menjadi ikon dan destinasi wisata yang populer bagi wisatawan yang datang ke Bali.

Dimana Lokasi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ( GWK ) Ini?

GWK terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, sekitar 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali.

Saat kamu mengunjungi taman ini, kamu akan disambut dengan patung megah Garuda Wisnu Kencana tertinggi di Bali yang melambangkan sosok Dewa Wisnu menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 121 meter.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Tidak hanya patung Garuda Wisnu Kencana yang mengesankan, di kawasan ini juga terdapat Plaza Garuda, di mana kamu bisa melihat patung kepala Garuda setinggi 18 meter.

Di belakang Plaza Wisnu terdapat Lotus Pond, sebuah lorong besar dengan pilar-pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka.

Pemandangan pilar batu kapur kolosal dan monumental di Lotus Pond menciptakan suasana seni lansekap yang sangat eksotis.

Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat yang sempurna untuk mengadakan acara besar, baik yang berskala nasional maupun internasional.

Rute dan Cara Pergi Menuju GWK / Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali, jangan khawatir tentang cara menuju ke sana.

Dikutip dari sebuah online travel agency, rute perjalanan ke GWK Bali sangatlah mudah sebagai berikut.

Cara Pergi Ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali Dari Bandara Ngurah Rai dan Sekitar Kuta

Objek wisata yang terletak di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali, 80364, dapat dicapai dari Bandara Ngurah Rai dalam waktu sekitar 30 menit atau setidaknya melalui perjalanan sejauh 12 km saja.

Kamu cukup mengikuti jalan rute By Pass Ngurah Rai, lalu masuk ke Jalan Raya Uluwatu, dan teruskan perjalanan hingga sampai ke jalan dekat Garuda Wisnu Kencana di Ungasan.

Cara Pergi Ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali Dari Terminal Bus Mengwi

Bagi kamu yang memulai perjalanan dari Terminal Bus Mengwi, jarak yang harus ditempuh cukup jauh yakni mencapai 34 km dengan estimasi waktu sekitar 1 jam.

Tapi tenang, kamu tetap bisa mencapainya dengan mudah. Kamu dapat mengikuti Jalan Raya Denpasar – Gilimanuk, lalu masuk ke Jalan Raya Sempidi, Imam Bonjol, dan hingga ke jalan raya Uluwatu.

Kemudian, kamu cukup belok kiri dan terus mengikuti jalur tersebut hingga sampai ke lokasi tujuan.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir tentang rute perjalanan untuk menuju GWK Bali, karena rutenya cukup mudah untuk diikuti. Selamat berwisata!

Spot Wisata Yang Ada Di Dalam Area Kawasan Wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ( GWK )

Spot Wisata Yang Ada Di Dalam Area Kawasan Wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ( GWK )

GWK Cultural Park adalah taman wisata budaya yang dimiliki oleh PT. Alam Sutera Realty Tbk. yang menawarkan berbagai tempat rekreasi yang menarik, antara lain:

Amphitheatre

Amphitheatre adalah tempat luar ruangan untuk pertunjukan khusus dengan akustik yang dirancang dengan baik.

Setiap sore, kamu bisa menikmati pertunjukan tari kecak yang terkenal dan gratis, yang dimulai sekitar pukul 18.30 hingga 19.30 WITA.

Bahkan, tarian kecak ini dapat dikolaborasikan dengan tarian daerah lainnya.

Plaza Wisnu Plaza GWK Bali

Wisnu merupakan titik tertinggi di GWK yang memamerkan patung Dewa Wisnu setinggi 23 meter.

Dengan lokasinya yang tinggi, kamu bisa menikmati panorama sekitarnya yang memukau.

Patung Wisnu, yang merupakan titik pusat dari Plaza Wisnu, dikelilingi oleh air mancur dan sumber mata air suci yang tak pernah kering bahkan di musim kemarau.

Di area Plaza Wisnu juga terdapat Parahyangan Somaka Giri, sebuah tempat suci yang disucikan oleh masyarakat sekitar dan dipercaya dapat menyembuhkan bermacam penyakit dengan kekuatan magis yang kuat.

Lotus Pond

Lotus Pond adalah area outdoor terbesar di GWK dan di Bali, yang sangat cocok untuk mengadakan acara outdoor skala besar.

Di sini, GWK sering dipercaya untuk mengadakan acara nasional maupun internasional seperti konser musik, pertemuan internasional, dan pesta besar.

Lotus Pond memiliki pilar batu kapur kolosal dan monumental di sisi-sisinya, dengan patung megah Garuda di latar belakang.

Lotus Pond berasal dari bunga teratai, yang merupakan simbol utama keindahan, kemakmuran, dan kesuburan.

Hampir semua dewa dari agama Hindu yang duduk di atas teratai atau membawa bunga teratai, dan Wisnu selalu membawa bunga teratai di tangannya.

Teratai melambangkan kehidupan manusia dan kosmos, di mana akar teratai yang tenggelam dalam lumpur melambangkan kehidupan material, tangkai teratai yang melewati air melambangkan eksistensi di dunia astral, dan bunga teratai yang mengambang di atas air dan membuka ke langit melambangkan kehidupan spiritual.

 

Balinese Dance And Ceremony At Garuda Wisnu Kencana Cultural Park [ Wisata Bali ]

 

Street Theater

Street Theater adalah titik awal dan akhir kunjungan ke Taman Budaya GWK.

Kamu bisa menemukan banyak toko dan restoran di satu tempat.

Di Kencana Souvenirs kamu bisa membeli oleh-oleh Bali dan merchandise GWK yang khusus.

Bahkan, kamu juga bisa menemukan spa Bali dan produk aromaterapi.

Jangan lewatkan untuk mencoba pijat refleksi kaki Bali setelah berjalan-jalan.

Kamu bisa mencicipi makanan yang enak dengan harga yang terjangkau di pengadilan makanan kita, Makanan Teater, dan restoran terbaru kami, The Beranda dengan paket all you can eat.

Di sini, kamu juga bisa menikmati berbagai pertunjukan Bali, seperti Barong, Rindik, dan Parade.

Bali Parade

Bali Parade adalah pertunjukkan di mana beberapa penari dan pemain musik membawa alat musik serta mengelilingi area GWK.

Parade ini menunjukkan bagaimana persiapan masyarakat Bali sebelum melakukan sembahyang.

Di sini, para penari membawa beberapa sesajen yang biasa disuguhkan saat sembahyang.

Tepat di depan patung Dewa Wisnu, para penari ini mulai melakukan pertunjukan tari.

Indraloka Garden

Indraloka Garden adalah taman yang diberi nama Indraloka karena pandangan panorama yang indah.

Tempat ini sangat cocok untuk mengadakan pesta kecil hingga menengah, pengumpulan, dan upacara pernikahan.

Kamu bisa melihat pemandangan Bali yang indah dari atas Indraloka Garden.

Tirta Amertha Tirta

Amertha merupakan gerbang masuk utama untuk memasuki kawasan GWK Cultural Park.

Di lokasi ini terdapat miniatur patung Garuda Wisnu Kencana yang dihiasi dengan air mancur.

Lokasi Tirta Amertha juga menjadi salah satu spot foto favorit para pengunjung sebelum memasuki kawasan.

Di sebelah timur, terdapat dinding besar yang dihiasi dengan lukisan mural bergambar kisah Ramayana.

Sedangkan di sisi barat, terdapat Kencana Souvenir Shop, tempat kamu dapat memilih berbagai oleh-oleh dan cendera mata untuk dibawa pulang.

Tirta Agung Tirta

Agung adalah ruang luar yang sempurna untuk acara menengah.

Lokasinya yang berdekatan dengan loket tiket Plaza Bhagawan sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk drop off dan parkir kendaraan pengunjung.

Video Bagian Dalam Garuda Wisnu Kencana Cultural Park ( GWK Bali ) itu Seperti Apa Ya?

Keinginan untuk mengetahui lebih dalam tentang Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali seperti apa bagian dalamnya, pasti ada pada dirimu juga, kan?

Saya punya pengalaman pertama kali mengunjungi GWK Bali pada tahun 2009, namun belum sepenuhnya terbentuk.

Setelah lebih dari 10 tahun kemudian, saya kembali mengunjungi Garuda Wisnu Kencana Bali.

Apakah sekarang lebih bagus dan memukau? Yuk, kita simak bersama!

Garuda Wisnu Kencana Cultural Park Bali itu Seperti Apa Bagian Dalamnya? [ Wisata Bali ]

My Instagram : instagram.com/catperku
My Youtube : youtube.com/@catperku

Harga Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali Di Tahun 2024

Kamu ingin menikmati keindahan GWK Bali? Jangan lupa untuk membayar tiket masuk yang juga bisa dibeli secara online disini ya.

Harga tiket GWK Bali tergantung dari fasilitas dan layanan yang ingin kamu nikmati, mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 400.000.

Namun, ada beberapa trik yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan harga yang lebih murah atau bahkan mendapatkan diskon dari harga tiket aslinya.

Yuk, berburu promo tiket GWK Bali!

Harga Paket Tiket Ultimate Bundling Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali

IDR 375.000 / tiket

Paket bundling lengkap untuk menikmati GWK Cultural Park tanpa ribet!

Satu tiket untuk semua pengalaman wisatamu di Bali’s Most Favorite Tourist Destination.

Tiket ini termasuk

  • 1 tiket masuk ke GWK Cultural Park
  • Gratis menonton film animasi “The Adventure of Garuda Cilik” di Garuna Sineloka Mini Cinema
  • Fantasi Garuda – Tur Panduan ke Lantai 23 Patung Garuda Wisnu Kencana untuk 1 orang – berdasarkan jadwal yang dipilih
  • 1 Minuman penyegar di Restoran Jendela Bali Akses gratis ke ASANA Artseum (Bali’s First Thematic Photo Studio)
  • Gratis menikmati 15 pertunjukan budaya (mulai dari 11.00)

Harga Tiket Masuk Reguler Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali

IDR 125.000 / tiket

Satu tiket untuk menikmati seluruh hari!

Tiket ini termasuk

  • 1 tiket masuk ke GWK Cultural Park (anak / dewasa / lanjut usia)
  • Gratis menonton film animasi “The Adventure of Garuda Cilik” di Garuda Sineloka Mini Cinema
  • Akses gratis ke ASANA Artseum (Bali’s First Thematic Photo Studio)
  • 1 Minuman penyegar di Restoran Jendela Bali
  • Gratis menikmati 15 pertunjukan budaya (mulai dari 11.00)

Tarif naik Buggy Shuttle Service di GWK Bali!

Dengan harga hanya IDR 40,000 per tiket, kamu bisa langsung menuju ke Patung Garuda Wisnu Kencana tanpa perlu repot lagi.

Ini rute yang hanya satu arah, jadi kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk berkeliling taman budaya yang menawan ini.

Jangan lupa klik tombol Lihat Detail sebelum membeli tiket ya, agar kamu tahu rutenya sebelum memulai perjalanan.

Tiket ini sudah termasuk satu rute Plaza Bhagawan ke Festival Park.

Namun, perlu diingat bahwa Buggy Shuttle Service ini dijual terpisah dari tiket masuk ke GWK Bali.

Jangan sampai kamu salah paham dan membeli tiket ini tanpa memiliki tiket masuk ke taman budaya yang keren ini.

Yuk, jangan lewatkan keseruan berkeliling GWK Bali dengan Buggy Shuttle Service!

Daya Tarik Wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali

Daya Tarik Wisata Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali

GWK Bali menawarkan berbagai daya tarik yang akan membuat pengunjung terpesona. Berikut adalah beberapa daya tarik yang dapat kamu temukan di sana:

Pertunjukan Tari Kecak Bali yang ikonik di Amphitheater

Pertunjukan tari kecak Bali yang diadakan di amphitheater adalah salah satu daya tarik utama di GWK Bali.

Tari kecak ini adalah tarian tradisional Bali yang dilakukan oleh puluhan pria dengan latar belakang pemandangan patung Garuda Wisnu Kencana yang megah.

Melihat Pertunjukan Joged Bumbung di Street Theater

Di samping pertunjukan tari kecak, GWK Bali juga menawarkan pertunjukan joged bumbung di street theater.

Joged bumbung adalah tarian yang melibatkan penari wanita yang menari di atas alat musik tradisional Bali yang disebut bumbung.

Menikmati Pertunjukan Tari Legong di Jendela Bali

Jendela Bali adalah gedung teater di GWK Bali yang menawarkan pertunjukan tari legong.

Tarian legong merupakan tarian klasik Bali yang dianggap sebagai tarian paling anggun dan elegan di Bali.

Menonton Penampilan film Animasi di Bioskop Garuda GWK Bali

Bioskop Garuda di GWK Bali menawarkan pengalaman menonton film animasi yang menakjubkan.

Film animasi ini mengambil tema dari cerita rakyat dan mitologi Bali.

Menyantap kuliner di Beranda Resto

Beranda adalah restoran baru di GWK Bali yang menawarkan menu all-you-can-eat dengan harga yang terjangkau.

Kamu bisa menikmati makanan lezat dan pemandangan yang menakjubkan dari restoran ini.

Explore Dengan Naik Segway melalui Lotus Pond GWK Bali

Lotus Pond di GWK Bali menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan banyaknya teratai yang tumbuh di atasnya.

Kamu bisa bersantai sambil naik Segway di sekitar kolam ini.

Berbelanja, Shopping Sampai Bosan di Kencana Souvenir

Kencana Souvenir adalah toko suvenir di GWK Bali yang menjual berbagai macam oleh-oleh dan cendera mata khas Bali.

Kamu bisa membeli berbagai macam produk unik dan menarik di sini.

Berdandan dan berburu foto instagramable dengan Pakaian Adat Bali di Studio Foto GWK

Studio Foto di GWK Bali menawarkan pengalaman berdandan dengan pakaian adat Bali dan berfoto di dalam studio yang menakjubkan.

Kamu bisa membawa pulang foto-foto yang cantik dan mengenang pengalamanmu di GWK Bali.

Menyaksikan Keseruan Event DWP Pada Waktu Tertentu

DWP (Djakarta Warehouse Project) adalah salah satu festival musik elektronik terbesar di Asia yang diselenggarakan di GWK Bali setiap tahunnya.

Kamu bisa merasakan keseruan dari festival musik yang memukau ini.

Melihat Patung GWK yang megah di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Tentu saja, daya tarik utama di GWK Bali adalah patung Garuda Wisnu Kencana yang megah.

Jadwal Berbagai Pertunjukan Di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali Terbaru Tahun 2024

Kamu bisa melihat patung ini dari dekat dan merasakan keajaibannya secara langsung.

GWK Bali menawarkan serangkaian pertunjukan yang menarik dan menghibur setiap harinya.

Pengunjung dapat menikmati jadwal pertunjukan sebagai berikut:

Welcome to Bali!

Lokasi di Amphitheater, dimulai pukul 11:00 WITA.

Pertunjukan ini memperkenalkan keunikan budaya Bali yang menampilkan tarian tradisional dan musik khas Bali.

The Enchanting Beauty

Lokasi di Amphitheater, dimulai pukul 12:00 WITA.

Pertunjukan ini menampilkan tarian yang memukau dan indah dengan latar belakang patung Garuda Wisnu Kencana.

The Colors of Bali

Lokasi di Amphitheater, dimulai pukul 13:00 WITA.

Pertunjukan ini menampilkan keindahan warna-warni kebudayaan Bali dengan koreografi yang menakjubkan.

The Enchanting Beauty II

Lokasi di Amphitheater, dimulai pukul 14:00 WITA.

Pertunjukan ini merupakan versi kedua dari The Enchanting Beauty dengan tarian dan koreografi yang berbeda.

The Mythical Moves

Lokasi di Amphitheater, dimulai pukul 15:00 WITA.

Pertunjukan ini menampilkan tarian yang berasal dari legenda-legenda Bali yang penuh dengan unsur mistis.

Rhythm of The Roots

Lokasi di Lotus Pond, dimulai pukul 17:00 WITA.

Pertunjukan ini menampilkan tarian dan musik Bali yang dilakukan di atas perahu tradisional.

The First Collaboration of Kecak Dance and Ogoh-Ogoh

Lokasi di Lotus Pond, dimulai pukul 18:00 WITA.

Pertunjukan ini merupakan kolaborasi antara tarian Kecak dan Ogoh-Ogoh yang memberikan pengalaman pertunjukan yang unik dan spektakuler.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan dan keunikan budaya Bali melalui pertunjukan-pertunjukan menarik di Garuda Wisnu Kencana Cultural Park alias GWK Bali.


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *