Gampangnya Apply Visa New Zealand Online Dari Australia

Apply visa New Zealand dari Australia bisa nggak ya? Itu pertanyaan yang harus saya temukan jawabanya beberapa bulan lalu, ketika memutuskan untuk traveling ke New Zealand setelah visa WHV saya berakhir di bulan Desember 2016 nanti. Iya, masalah apply visa ini memang selalu berhasil bikin galau gundah-gulana.

Apalagi sebagai pemegang passport hijau Indonesia, kadang ribetnya apply visa negara lain memang nggak bisa dihindari. Nasib, passport hijau memang gak se-powerfull negara tetangga seperti Malaysia, Singapura atau bahkan Philippine. Contoh paling gampang adalah ketika apply visa Jepang dengan peraturan regionalnya. Itu berarti untuk mendapatkan visa Jepang, saya harus ke Surabaya.

“Nah, apply visa turis New Zealand gimana dong?”

Setelah googling sana-sini, apply visa New Zealand dari Australia untuk passport Indonesia ini ternyata mungkin, dan nggak terlalu ribet. Bahkan, meskipun  saya pemegang passport hijau, saya bisa apply visa New Zealand secara online. Lega rasanya begitu tahu informasi ini. Itu berarti saya nggak perlu buang waktu, karena saya bisa apply dari laptop saya sendiri. Nggak perlu ijin kerja, jadi saya tidak kehilangan jam kerja di tempat kerja yang dibayar $$ itu~

Cant wait to explore New Zealand! photo from IG New Zealand Tourism

Cant wait to explore New Zealand! photo from IG New Zealand Tourism

Langkah Pertama Apply Visa Turis New Zealand : Cari Informasi Visa

Seperti biasa, saya mengawalinya dengan googling. Karena tanpa googling, niscaya nggak banyak dapat informasi yang akurat. Dari pencarian itu, kemudian saya menemukan website immigrasi New Zealand www.immigration.govt.nz yang begitu user friendly. Website Immigrasi Australia pun kalah user friendlynya, apalagi immigrasi RI yang desainnya terkesan acak-kadut dan kadang bikin bingung.

Oke lanjut,

Dari website Imigrasi New Zealand tersebut, saya menemukan beberapa pilihan visitor visa disini. Sebelum lakukan perubahan, kira-kira seperti ini penampilannya.

Tinggal isi beberapa informasi untuk mendapatkan jenis visa New Zealand untuk turis seperti saya

Tinggal isi beberapa informasi untuk mendapatkan jenis visa New Zealand untuk turis seperti saya.

Karena saya mau berada di New Zealand kurang dari 3 bulan dengan tujuan liburan, saya isi datanya seperti ini, lalu klik “Display Option

Saya isi datanya seperti ini untuk liburan kurang dari 3 bulan.

Saya isi datanya seperti ini untuk liburan kurang dari 3 bulan.

Dari data yang saya isi tersebut, saya diberi saran untuk apply “Visitor Visa” atau “Grup Visitor Visa”. Sudah jelas, saya pasti apply “Visitor Visa” dong! Soalnya pilihan yang lain adalah untuk yang liburan ke New Zealand dengan tur. Beberapa point penting tentang “Visitor Visa” atau visa turis New Zealand ini adalah:

  • Dengan visa ini saya bisa liburan di New Zealand sampai 9 bulan. Cuma kayaknya sebulan disana udah bisa bikin rekening kritis bin kanker.
  • Bisa belajar di New Zealand hingga 3 bulan. Kali ada yang mau belajar ternak sapi disini :D

Saya sih nggak mau pusingin yang lain, soalnya tujuan utama saya di New Zealand nanti mau liburaaan~ Setelah menghabiskan bulan-bulan terakhir WHV saya dengan banyak bekerja. Selanjutnya, tinggal klik “View Details” di bagian kolom visitor visa agar halaman proses aplikasi visa terbuka.

Klik cek Apply Now, untuk proses selanjutnya.

Klik cek Apply Now, untuk proses selanjutnya.

Sebelum saya bisa kirim aplikasi visa New Zealand secara online, ternyata saya harus daftar dulu di sistem online Pemerintahan New Zealand yang namanya Real Me (atau login kalau sudah pernah daftar). Penjelasan singkatnya, Real Me ini adalah:

“Real Me is a secure online ID that allows you to login to a wide range of New Zealand Government services using a single username and password.”

Daftar atau login akun Real Me sebelum kirim aplikasi visa

Daftar atau login akun Real Me sebelum kirim aplikasi visa.

Dan, setelah daftar akun Real Me disini saya baru bisa login dan submit aplikasi visa turis New Zealand secara online deh.

Tinggal login kalau sudah punya akun (kiri), atau daftar dulu kalau belum punya(kanan). Daftar akun Real Me gak pake bayar. Apply visa New Zealan ntar baru bayar.

Tinggal login kalau sudah punya akun (kiri), atau daftar dulu kalau belum punya(kanan). Daftar akun Real Me gak pake bayar. Apply visa New Zealan ntar baru bayar.

Proses Apply Visa New Zealand Secara Online

Setelah daftar akun Real Me dan login, halaman awal adalah seperti ini.

User interface halaman untuk daftar Visa New Zealand secara Online.

User interface halaman untuk daftar Visa New Zealand secara Online.

Kalau baru daftar, pasti list aplikasi visa belum ada. Namun, pada gambar diatas, saya sudah buat aplikasi Visitor Visa, jadi sudah ada datanya.

Lalu selanjutnya apa?

Jadi begini, ketika klik bagian “Create New Visitor Visa Application” saya dibawa ke halaman yang harus saya isi datanya. Isi saja dengan jujur apa adanya, nggak perlu dibuat buat.  Perlu diperhatikan, tanda asterisk berwarna merah berarti wajib diisi.

Form yang harus diisi ketika apply visa Turis New Zealand secara Online. Ada banyak banget, jadi persiapkan persyaratan yang diperlukan ya.

Ada banyak form yang harus diisi ketika apply visa Turis New Zealand secara Online. Iya, ada banyak banget, jadi persiapkan persyaratan yang diperlukan ya.

Kelihatannya memang ada banyak banget data yang harus diisi, tetapi kalau dibaca dengan seksama, nggak ada yang ribet. Pastikan saja dipersiapkan syarat mutlak apply visa turis New Zealand seperti ini:

  1. Foto terbaru, biasanya sih kurang dari 3 bulan. Untuk aplikasi paper perlu dua foto berukuran 3×4. Untuk apply visa New Zealan online seperti ini, saya pakai foto yang sama untuk perpanjang passport di KJRI Sydney. Dimensinya adalah 300×400 Piksel.
  2. Passport, halaman yang ada biodata dan informasi passportnya ya.
  3. KTP. Opsional sih, tetapi menurut saya ini untuk pembuktian kalau bakal pulang ke Indonesia setelah masa visa habis karena punya alamat tetap di Indonesia. Jadi biar mereka lebih percaya aja kalau kita nggak akan jadi illegal disana.
  4. Bukti Keuangan, saya pake bank Statement. Ada temen yang pake bank statement yang ada transaksinya. Tetapi saya cuma pake statement yang ada alamat tempat tinggal dan jumlah dana yang ada di akun saya. Untuk jumlahnya, standar dari pihak imigrasi New Zealand adalah NZD 1000 per bulan untuk yang belum ada akomodasi. Atau NZD 400 jika sudah ada bukti akomodasi. Tapi, sekali lagi, makin banyak makin meyakinkan :D
  5. Tiket Pulang Pergi dari dan Ke New Zealand. Karena saya sudah punya tiket PP, jadi saya lampirkan. Tapi pada dasarnya, kalau dananya meyakinkan misalnya lebih dari 10 ribu AUD, nggak lampirin ini pun kayaknya tembus juga visanya. *ada temen yang gitu, punya tiket pergi saja tapi tetep granted visanya*
  6. Dokumen status imigrasi di negara lain (pake VEVO untuk status visa WHV Australia saya). Ini sebenarnya opsional, apalagi untuk yang apply dari Indonesia. Cuma, karena status visa WHV Australia saya masih aktif, ya saya lampirin aja biar lebih meyakinkan.
  7. Kartu Kredit! Bukan buat syarat visa sih, tapi lebih buat bayar visa nantinya. Mau gimana lagi, daftar online cuma bisa dibayar pake kartu kredit saja, gak bisa transfer atau cash.

Catatan: Semua dokumen harus dalam PDF ya, soalnya sistem online mereka cuma terima tipe file PDF saja.

Dokumen-dokumen yang saya lampirkan untuk appy visa New Zealand secara online. Paling bawah adalah granted letter atau invormasi kalau visa New Zealand saya sudah disetujui.

Dokumen-dokumen yang saya lampirkan untuk appy visa New Zealand secara online. Paling bawah adalah granted letter atau invormasi kalau visa New Zealand saya sudah disetujui.

Yap cuma itu saja yang saya lampirkan untuk apply visa New Zealand sendiri lewat online. Lalu udah? Gitu aja terus selesai!? Ya maunya sih gitu, tetapi ternyata masih ada satu proses lagi setelah proses aplikasi visa New Zealand secara online ini selesai. V-E-R-I-F-I-K-A-S-I!

Iya, proses terakhir adalah verifikasi passport! Saya sempet enggak percaya kalau yang kayak gini bisa disebut apply secara online~Karena proses verifikasi passport untuk apply visa New Zealand ini harus offline, kasih lihat secara fisik passportnya dan… harus bayar lagi AUD 29 atau yang setara, tergantung tempat verifikasinya.

Pun begitu, minimal saya sudah isi dan kirim dokumen syarat visa New Zealand. Jadi saya tinggal datang langsung ke NZAVAC terdekat. Proses verifikasi ini cuma sekitar 10 menit. Makanya, waktu isi alamat tempat tinggal yang bener, karena sistem bakal kasih NZAVAC terdekat dari tempat tinggal. Kalau nggak bisa datang, verifikasinya dengan kirim passport asli ke NZAVAC yang dikasih tau sistem online tadi.

Dalam hal ini, karena saya lagi tinggal di Sydney, jadi saya verifikasi passport di alamat ini:

New Zealand Visa Application Centre – Sydney
Level 6
66 Hunter Street
Sydney – 2000
New South Wales
Australia

Kalau yang apply visa New Zealand online dari Indonesia, verifikasi visa seharusnya di NZAVAC Jakarta dan Bali di alamat ini:

NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE – JAKARTA
Kuningan City Mall 2nd Floor No. L2-19
Jl Prof. Dr. Satrio Kav. 18
Setiabudi, Kuningan, Jakarta 12940 Indonesia

NEW ZEALAND VISA APPLICATION CENTRE – BALI
Benoa Square Lantai. 3 No. 7-9.3/A
Jl. Bypass I Gusti Ngurah Rai No. 21A
Kedonganan, Kuta, Bali 80361 Indonesia

Selain bayar AUD 29 untuk verifikasi passport, ada biaya visa New Zealand sebesar 165 NZD. Totalnya sekitar 195 NZD deh!

Selain bayar AUD 29 untuk verifikasi passport, ada biaya visa New Zealand sebesar 165 NZD. Totalnya sekitar 195 NZD deh!

Batas waktu untuk verifikasi passport setelah kirim aplikasi online adalah 20 hari. Lebih dari batas yang diberikan proses aplikasi akan dibatalkan, dan duit bayar visa yang 165 NZD itu bakal hangus! Tapi setelah semuanya selesai…. Bukan sulap bukan sihir, setelah daftar dan verifikasi, visa saya granted dalam 5 hari terhitung dari tanggal saya apply visa turis New Zealand secara online. Lebih cepet dari ketika saya apply visa WHV Australia dulu

Visa New Zealand modelnya visa elektronik seperti Visa Australia. Jadi nggak ada bukti visiknya di passport. Akhirnya granted dalam 5 hari, dapat ijin stay selama 3 bulan! Padahal sih, paling cuma kepake sebulan saja itu :D

Visa New Zealand modelnya visa elektronik seperti Visa Australia. Jadi nggak ada bukti visiknya di passport. Akhirnya granted dalam 5 hari, dapat ijin stay selama 3 bulan! Padahal sih, paling cuma kepake sebulan saja itu :D

New Zealand, I’m coming!! :D

FAQ Apply Visa Turis New Zealand Secara Online

Apakah apply visa New Zealand Online bisa dari Indonesia?

Saya sih apply visa dari Australia, tetapi berdasarkan sistem Imigrasi New Zealand, bisa juga apply online dari Indonesia. Yang berbeda, mungkin cuma tempat verifikasi passportnya saja. Kalau apply dari Indonesia, mungkin verifikasi pasport akan di Bali atau Jakarta.

Biaya Visa Turis New Zealand Berapa?

Kemarin saya bayar NZD 165 untuk biaya visitor visa New Zealand. Lalu ada tambahan sekitar 29 AUD untuk bayar proses verifikasi visa di NZAVAC. Jadi totalnya sekitar 195 NZD deh. Untuk lebih pasti dan update, cek biaya visa New Zealand disini deh.

Perlu itinerary perjalanan yang detail nggak buat apply visa turis New Zealand?

Kalau sudah jelas mau kemana, ngapain, berapa lama ada baiknya di lampirkan pada saat kirim aplikasi. Kalau serba nggak jelas, mau kemana, ngapain, berapa lama kayak saya nggak pake itinerary perjalanan yang detail juga ngak apa sih

Perlu Surat Cuti kantor? Kartu Keluarga? Akta Lahir? Soalnya ada yang bilang kalau dokumen itu juga perlu dilampirkan?

Saya juga sempat baca dari beberapa website yang menginformasikan kalau perlu beberapa dokumen yang disebutkan itu. Namun setelah melihat di sistem online apply visa  New Zealand, yang wajib buat dilampirkan adalah: Foto Terbaru, Passport, Bukti Kepemilikan Dana Yang Cukup Untuk Biaya Perjalanan.

Surat Cuti gimana dong? Surat Cuti darimana, wong pas di New Zealand nanti sudah dipastikan saya lagi jobless alias nggak punya kerjaan! Ya, kecuali ada yang kasih project online dan bisa dikerjain sambil jalan :D

Dokumen yang wajib dilampirkan ketika apply visa turis New Zealand secara online.

Dokumen yang wajib dilampirkan ketika apply visa turis New Zealand secara online.

Dokumen wajib dilampirkan ditandai dengan asterisk berwarna merah.

Dokumen wajib dilampirkan ditandai dengan asterisk berwarna merah.

Berapa lama kira-kira ijin tinggal yang bisa didapatkan kalau visa disetujui?

Yah, kalau ini sebenarnya hanya tuhan sama petugas imigrasi New Zealand yang tahu. Tapi berdasarkan teori ngasal saya, minimal berdasarkan tiket PP atau informasi berapa lama masa tinggal yang diinginkan(diisi ketika apply online). Kalau beruntung sih, bakal dapet 3 bulan kayak saya. Cuma, kalau kuat duitnya juga sik~~ sebulan saja udah bikin kanker kayaknya :D

***

Nah, udah itu aja kira-kira yang mau saya share tentan pengalaman apply visa New Zealand secara online sendirian, gak pake agent gak pake dibantu kecuali informasi dari teman dan google. FAQ apply visa turis New Zealand secara online bakal diupdate kalau ada tambahan. Pertanyaan bisa diajuin di komentar, biar kalau ada pertanyaan yang sama bisa baca. Sebisa mungkin saya bantu jawab :)

Yang Banyak Dicari

86 Responses

  1. Fry says:

    Ada yg bs bantuin apply visa gw ga… mo liburan ke NZ untuk 2 minggu aja

  2. Bevy Hariyanti Kikie Daulay buat persiapan tahun depan kalian ka… :D

  3. Bambang Adhi says:

    Baru baca artikelnya. Laaah gampang banget yaa

  4. Waahh nice info, buat persiapan taon dpn ke NZ..
    Makasih makasih.. :)

  5. Nice info. Kebetulan lagi bimbang juga mo ke NZ mesti apply visa di Jakarta atau di Aussie juga bisa *langsung bookmark*

  6. Jessy Purnama Tammy Zaelani

  7. Laura Nadeak says:

    #bivisa #biinfo #binewzealand

  8. Angelita Harja sdh siap?

  9. Share ya ka Rijal Fahmi Mohamadi

  10. Anna Raehana says:

    Mujib Ridwan Sutekno cuzzz

  11. Abu Syafaat says:

    Yuk Mainar Sih.. bisa kale tahun depan ni..

  12. Klo apply visa NZ bs gak tanpa ticket dulu? Seperti Australia gitu..

  13. Adit Saja says:

    ninggal jejak n ijin share yaakk..thanks :)

  14. Mory Chalisa says:

    apply visa nya kira2 brp lm sebelum keberangkatan ya?

  15. Lidyawati Gunawan ini loh apply visa NZ..

  16. Anna Raehana says:

    Mujib Ridwan Sutekno cuzzz

  17. Thanks atas infonya mas Rijal. Semoga berguna. Mungkin boleh share mengenai destinasi wisata dan itinerary nya selama di sana buat reference :)

  18. Yuukkk Gerry Wahyu Nugraha, Iswadi Wadi & Kwok Wanda

  19. #BIInfo #BINZ #BINewZealand

  20. Dian says:

    Pengen nih ke New Zealand.
    Pemandangan alamnya bagus2.
    Hehe
    Tapi belum dapat2 tiket murah.
    :D

  21. Rossy Efrilla says:

    kereeennn udh ad pengalaman WHV di Aussie, pingin juga gitu tapi sayangnya untuk NZ dari Indonesia ga bisa :'( , mohon informasi nya kalo untuk memperpanjang VIsitor Visa di NZ gimana ya? terimakasih

  22. Bunda Aisyah says:

    Ini nih yang saya cari :D

  23. Damas says:

    Widih, ternyata bisa juga toh apply visa via online. Keren keren..

  24. Indria Wahyuni says:

    NZAVAC di Australia cuma di Sydney ya bang? Saya lagi kerja di Adelaide, agak susah dapet cuti.

  25. Mas Fahmi, perlu upload terjemahan kah untuk dokumen berbahasa indonesia seperti bank statement dan ktp?

  26. Harys says:

    Bang kalo ke NZ pake visa visitor bisa ambil part time job atau jadi volunter ga?

  27. Hi Fahmi, thanks info nya. lagi apply online juga nih. Mau sekalian tanya, kebetulan visa saya akan disponsorin kira2 harus ada invitation letter gak sih?

  28. Dimitri soesanto says:

    Ex whv ya? Sy jg ada whv, mau tanya visa new zealand tuh kl online bukan sticker ya? Kaya australia punya, salam.

  29. Riana says:

    Hai.. itu visanya berlaku brp lama ya ? Ini hny visa turis ya.. kalau visa working holiday atau work visa gak bs scr online? Tq

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: