Photo Story : Suatu Ketika Di Pelabuhan Sunda Kelapa Yang Fotogenik!

Lebaran ini, saya enggak mudik. Selain memang karena ada rencana pulang di bulan lain, saya juga enggak kebagian tiket kereta api yang sekarang banyak diperebutkan itu. Jadinya ya, saya mendekam saja menikmati sepinya ibukota yang hanya bisa dinikmati satu tahun sekali itu.

Menjelang liburan, ada banyak rencana yang sejatinya akan saya jalankan ketika Jakarta sudah sepi. Seperti museum hoping, kuliner disana sini dan segala macamnya. Namun, sayangnya wacana dan aksi tidak sesuai. Dari semua rencana, main ke Museum Prasasti dan Pelabuhan Sunda Kelapa saja yang bisa dijalankan. *dasar traveler kebanyakan wacana*

Ada banyak kapal besar seperti ni di Pelabuhan Sunda Kelapa lho!
Ada banyak kapal besar seperti ni di Pelabuhan Sunda Kelapa lho!

Terakhir main ke Pelabuhan Sunda kelapa kalau tidak salah sekitar 3 tahun yang lalu bersama adik saya.Namun ternyata ada beberapa perubahan pada pelabuhan Sunda Kelapa ini. Seperti misalnya sekarang kalau masuk dengan membawa sepeda motor harus membayar tiket sebesar 3000. Tapi, itu tetap murah deh untuk sekedar liburan hore di kota Jakarta. (Baca Juga : Kota Tua Jakarta, Saksi Sejarah Ibu Kota Yang Macet!)

Buat saya, keberadaan Pelabuhan Sunda Kelapa ini adalah penyelamat banget, ketika lagi malas liburan ke luar kota, atau memang lagi nggak ada budget buat liburan. O iya, untuk yang belum tahu tentang Pelabuhan Sunda Kelapa, tempat ini sebenarna adalah tempat yang begitu bersejarah di Jakarta, dan tentunya adalah salah satu tempat yang sangat fotogenik di Jakarta.

Pelabuhan Kalapa telah dikenal semenjak abad ke-12 dan kala itu merupakan pelabuhan terpenting Pajajaran. Kemudian pada masa masuknya Islam dan para penjajah Eropa, Kalapa diperebutkan antara kerajaan-kerajaan Nusantara dan Eropa. Akhirnya Belanda berhasil menguasainya cukup lama sampai lebih dari 300 tahun. Para penakluk ini mengganti nama pelabuhan Kalapa dan daerah sekitarnya. Namun pada awal tahun 1970-an, nama kuno Kalapa kembali digunakan sebagai nama resmi pelabuhan tua ini dalam bentuk “Sunda Kelapa”. -, Wikipedia

Pelabuhan Sunda Kelapa memiliki banyak angle untuk melatih skill fotografi. Karena memang banyak objek menarik yang bisa diabadikan disini. Mulai dari jajaran perahu besar yang terparkir dengan rapi, manusia – manusia yang berliweran hingga empus – empus Pelabuhan Sunda Kelapa yang mengeong minta makan.

Menjelang matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa begitu indah!
Menjelang matahari terbenam di Pelabuhan Sunda Kelapa begitu indah!

Jadi, jika lagi bingung mau liburan kemana di Jakarta, sekarang sudah tahu kan harus kabur kemana? :)

Foto Pelabuhan Sunda Kelapa Dalam Frame 1×1 :

Naik ke Kapal Yuk!?
Naik ke Kapal Yuk!?
Sore hari adalah waktu yang pas untuk datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa.
Sore hari adalah waktu yang pas untuk datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa.
Empus preman Pelabuhan Sunda Kelapa nih!
Empus preman Pelabuhan Sunda Kelapa nih!
Ini adalah salah satu dari beberapa kapal besar di Pelabuhan Sunda Kelapa.
Ini adalah salah satu dari beberapa kapal besar di Pelabuhan Sunda Kelapa.
Mercusuar di dekat Pelabuhan Sunda Kelapa.
Mercusuar di dekat Pelabuhan Sunda Kelapa.
Dapat ikaaan! Mau mancing disini.
Dapat ikaaan! Mau mancing disiniii?
Liatin apa sih neng?
Liatin apa sih neng?
Ada banyak tumpukan kontainer di Pelabuhan Sunda Kelapa :O
Ada banyak tumpukan kontainer di Pelabuhan Sunda Kelapa :O

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • backpacker ke jakarta
  • biaya foto di pelabuhan untuk bulu tahunan
  • hunting di pelabuhan sunda kelapa
  • hunting foto di sunda kelapa
  • spot foto di pelabuhan sunda kelapa
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
48 Responses
  1. Gara

    Saya jadi malu, soalnya saya belum pernah tandang ke Sunda Kelapa :huhu. Paling jauh ke Museum Bahari. Oke, kayaknya mesti saya agendakan kunjungan ke tempat ini, untuk tahu bagaimana rasa pelabuhan paling terkenal di abad ke-16 lalu itu. Memang tempat ini fotogenik sekali sih Mas :hehe. Banyak teman saya yang membuat album tahunan mereka di tempat ini, atau untuk buku perpisahan :)). Tema pelabuhan terasa benar di tempat ini :)).

  2. Dulu waktu ke Kota Tua, sempatin juga mengunjungi Pelabuhan Sunda kelapa tapi waktu cuacanya panas banget, tapi sepertinya bisa menjadi pilihan berkunjung ulang disana dikala sore hari menjelang sunset.

    1. Katanya sih kapal – kapal yang di pelabuhan sunda kelapa ini sampe pulau lain di luar jawa juga. Tapi harus konfirmasi lagi deh :D Memang kalau dilihat ini kapal pasti tahan kalaupun berlayar di laut bebas :D

  3. Kalau di sini enak bisa lihat kapal gede-gede heee. Kok nggak naik kapal itu, mas? :-D
    Kalo di Karimunjawa, banyaknya kapal nelayan. Kita bisa sepuasnya main-main di atas kapal heee

  4. Wooo Sunda Kelapanya yg fotogenik, kirain yg punya blog. Btw aku sudah 2x naik kapal cepat dr Batam ke Sunda Kelapa pp, nggak mau lagi, ombak selat sunda & malakanya ngeri, padahal kapalnya nggak besar secara berlabuhnya di Sunda Kelapa.

  5. Foto-fotonya mantap, dulu pernah ke Sunda Kelapa bebrapa kali, tp selalu pas sunset…
    Jakarta sebenarnya bisa asyik juga buat jalan-jalan.
    Apalagi kalau trotoarnya dibagusin.

    Salam!

  6. Saya terakhir ke pelabuhan Sunda Kelapa tahun 1999. Waktu itu pulang dari Pontianak pakai kapal cepat. Sejak ada tiket murah kapal cepatnya pindah operasi ke daerah lain.
    Yang asik di Sunda Kelapa itu salah satunya wisata menikmati kapal2 kayu.

  7. daripada ke pantai yg pemandangannya cuma laut sama pasir, aku lebih memilih melihat perahu gedhe2 kayak gini deh.. Keren pakai binggit pakai z!!!

  8. Hahaha sama Mi, aku juga kalau lagi gak ada jadwal jalan-jalan ke luar kota, sukanya ke kota tua. Tapi, sedikit males sih kalau harus jalan juga sampai ke Sunda Kelapa ini. Biasanya cuma ngadem doang sampe Museum Bahari di Pasar Ikan.

    Btw, foto yang captionnya “Sore hari adalah waktu yang pas untuk datang ke Pelabuhan Sunda Kelapa.” cakep. Instagramable hehehe ;)

  9. Sama mas, saya lebaran kemaren juga gak mudik. bertahan di Jakarta yang baru 3 bulan saya jajaki. Tapi alasan saya dan mas gak mudik sepertinya tidak sama……
    Besok-besok mau juga ah main2 ke palabuhan sunda kelapa, salah satu alasannya setelah membaca tulisan ini ^____^

  10. Josefine

    Foto-fotonya sangat bagus, Kak!
    Btw, menginap di The Tusita Hotel, deh! Keren, lho!

    Josefine Yaputri
    Content Writer & Editor
    PT. Grivy Dotcom
    P: +62(0)21 2960 8168
    Office 8 Tower, Floor 18A
    Jl. Jend Sudirman Kav. 52-53
    Jakarta Selatan, 12190, Indonesia

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: