Jadwal KRL Jakarta Kota Cikarang Bekasi Bogor Hari Ini Di 2024

Kamu cari informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Cikarang terbaru di May tahun 2024? Kamu bisa menemukannya di tulisan ini ya. Disini juga tersedia informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Bekasi, Bogor, dan Jakarta Kota Manggarai. Yang pasti sebagian besar jadwal kereta api KRL yang berangkat dari Stasiun Jakarta kota ada di tulisan ini.

Semoga informasi mengenai jadwal kereta commuterline yang berangkat dari Stasiun Jakarta Kota ini bisa bermanfaaat untuk kamu yang memerlukannya.

Informasi Jadwal Kereta KRL Jakarta Kota Cikarang Bekasi Bogor Terbaru Hari Ini May Tahun 2024

Nah, berikut dibawah ini adalah informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta kota ke Bekasi, Cikarang, Bogor dan Manggarai untuk kamu yang akan naik rute KRL Jakarta Kota ke beberapa stasiun tujuannya ini.

Tabel Jadwal Kereta KRL Commuterline Stasiun Jakarta Kota

Sementara itu untuk Jadwal Kereta KRL Commuterline Cikarang Jakarta bisa kamu temukan disini.

Detail Rute dan Jadwal Keberangkatan Pertama, Paling Awal Dan Akhir KRL Jakarta Kota Cikarang Bekasi Bogor Terbaru

Detail Rute dan Jadwal Keberangkatan Pertama, Paling Awal Dan Akhir KRL Jakarta Kota Cikarang Bekasi Bogor Terbaru

Detail Rute Dan Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Cikarang Paling Awal Dan Akhir Terbaru Hari Ini May Tahun 2024

Untuk jalur rute KRL Jakarta Kota Cikarang bisa kamu temukan dibawah ini:

Stasiun Jakarta Kota ↦ Stasiun Jayakarta ↦ Stasiun Mangga Besar ↦ Stasiun Sawah Besar ↦ Stasiun Juanda ↦ Stasiun Gondangdia ↦ Stasiun Cikini ↦ Stasiun Manggarai ↦ Stasiun Jatinegara ↦ Stasiun Klender ↦ Stasiun Buaran ↦ Stasiun Klender Baru ↦ Stasiun Cakung ↦ Stasiun Kranji ↦ Stasiun Bekasi ↦ Stasiun Bekasi Timur ↦ Stasiun Tambun ↦ Stasiun Cibitung ↦ Stasiun Cikarang.

Perlu dicatat, untuk rute KRL Jakarta Kota Cikarang ini, keberangkatan pertama dari Stasiun Jakarta Kota adalah pada Jam 05.31 WIB pagi hari, sementara itu keberangkatan terakhir dari Jakarta Kota adalah jam 22.32 WIB malam hari.

Detail Rute Dan Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Bekasi Paling Awal Dan Akhir Terbaru Hari Ini May Tahun 2024

Untuk jalur rute KRL Jakarta Kota Bekasi bisa kamu temukan dibawah ini:

Stasiun Jakarta Kota ↦ Stasiun Jayakarta ↦ Stasiun Mangga Besar ↦ Stasiun Sawah Besar ↦ Stasiun Juanda ↦ Stasiun Gambir ↦ Stasiun Gondangdia ↦ Stasiun Cikini ↦ Stasiun Manggarai ↦ Stasiun Jatinegara ↦ Stasiun Cipinang ↦ Stasiun Klender ↦ Stasiun Buaran ↦ Stasiun Klender Baru ↦ Stasiun Cakung ↦ Stasiun Rawabebek ↦ Stasiun Kranji ↦ Stasiun Bekasi.

Tabel dibawah ini adalah informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Bekasi Commuterline hari ini tahun 2024.

Akan berguna untuk kamu yang ingin bepergian dari Stasiun Jakarta kota Ke Stasiun Bekasi.

Keberangkatan pertama dari Stasiun Jakarta Kota untuk tujuan Stasiun Bekasi pada jam 04.00 WIB pagi hari, sementara itu keberangkatan terakhir pada jam 23.50 WIB malam hari.

Detail Rute Dan Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Bogor Terbaru Paling Awal Dan Akhir Hari Ini May Tahun 2024

Untuk jalur rute KRL Jakarta Kota Bogor bisa kamu temukan dibawah ini:

Stasiun Jakarta Kota ↦ Stasiun Jayakarta ↦ Stasiun Mangga Besar ↦ Stasiun Sawah Besar ↦ Stasiun Juanda ↦ Stasiun Gambir ↦ Stasiun Gondangdia ↦ Stasiun Cikini ↦ Stasiun Manggarai ↦ Stasiun Tebet ↦ Stasiun Cawang ↦ Stasiun Duren Kalibata ↦ Stasiun Pasar Minggu Baru ↦ Stasiun Pasar Minggu ↦ Stasiun Tanjung Barat ↦ Stasiun Lenteng Agung ↦ Stasiun Universitas Pancasila ↦ Stasiun Universitas Indonesia ↦ Stasiun Pondok Cina ↦ Stasiun Depok Baru ↦ Stasiun Depok ↦ Stasiun Citayam ↦ Stasiun Bojoggede ↦ Stasiun Cilebut ↦ Stasiun Bogor.

Untuk kamu yang mencari informasi Jadwal Kereta – Jadwal KRL Bogor Jakarta kota bisa klik disini saja.

Perlu dicatat, keberangkatan pertama untuk tujuan Bogor dari Jakarta Kota pertama kali pada jam 05.43 WIB.

Sementara itu untuk keberangkatan terakhir pada jam 23.45 WIB malam hari.

Detail Rute Dan Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Manggarai Paling Awal Dan Akhir Terbaru Hari Ini May Tahun 2024

Untuk jalur rute KRL Jakarta Kota Manggarai bisa kamu temukan dibawah ini:

Stasiun Jakarta Kota ↦ Stasiun Jayakarta ↦ Stasiun Mangga Besar ↦ Stasiun Sawah Besar ↦ Stasiun Juanda ↦ Stasiun Gambir ↦ Stasiun Gondangdia ↦ Stasiun Cikini ↦ Stasiun Manggarai.

Perlu diperhatikan, keberangkatan pertama untuk tujuan Stasiun Mangarai dari Stasiun Jakarta Kota pertama kali pada jam 05.43 WIB.

Sementara itu untuk keberangkatan terakhir dari Stasiun Jakarta Kota pada jam 23.45 WIB malam hari.

Tata Letak Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota ini memiliki kode stasiun JAKK. Selain melayani kereta api Commuterline, Stasiun Jakarta Kota ini juga melayani kereta api Jarak jauh di Pulau Jawa.

Stasiun Jakarta Kota, yang merupakan salah satu stasiun utama di Jabodetabek, memiliki sejarah yang cukup panjang.

Pada awalnya, stasiun ini memiliki dua belas jalur kereta api dengan jalur 4 dan 5 merupakan sepur lurus jalur ganda dari dan ke arah Kampung Bandan Bawah-Pasar Senen-Jatinegara.

Selain itu, jalur 8 dan 9 merupakan sepur lurus jalur ganda dari dan ke arah Kampung Bandan atas-Tanjung Priuk, dan jalur 11 dan 12 merupakan sepur lurus jalur ganda layang dari dan ke arah Gambir-Manggarai.

Namun, saat ini jumlah jalur di Stasiun Jakarta Kota berkurang menjadi sebelas.

Hal ini disebabkan oleh penutupan jalur 1 yang lama dan diubah menjadi ruang tunggu penumpang beberapa kereta api antarkota yang pelayanan rutenya berterminus di stasiun ini.

Meskipun mengalami perubahan, stasiun yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta ini tetap menjadi saksi bisu sejarah transportasi kereta api di Indonesia dan menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh para pelancong yang ingin mengeksplorasi kota Jakarta.

Tentang Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakarta Kota (JAKK) adalah sebuah landmark penting di wilayah Kota Tua Jakarta yang kaya akan sejarah.

Stasiun ini memiliki luas mencapai 325 hektar atau setara dengan 3.250.000 meter persegi.

Stasiun ini merupakan stasiun utama ketiga wilayah Jabodetabek dan merupakan satu-satunya stasiun di Indonesia yang bertipe terminus, artinya stasiun ini adalah akhir perjalanan bagi penumpang kereta api yang tiba di sini.

Sejarah panjang dan bergengsi dimiliki oleh stasiun yang sering disebut juga sebagai Stasiun Beos atau Stasiun Kota ini.

Awalnya, stasiun ini dikenal sebagai Stasiun Batavia-benedenstad, namun sejak pendudukan Jepang, nama resmi stasiun ini diganti menjadi Djakarta.

Nama Jakarta Kota kemudian digunakan sebagai sebutan alternatif untuk stasiun ini.

Namun, keberadaan stasiun ini akhir-akhir ini diperdebatkan karena hendak direnovasi dengan penambahan ruang komersial, meski stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Stasiun Jakarta Kota memiliki bangunan kuno yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, terlebih lagi karena lokasinya yang berada di kawasan Kota Tua Jakarta yang kaya akan sejarah.

Namun, perdebatan mengenai renovasi stasiun ini menjadi kontroversial karena stasiun ini merupakan warisan sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan.

Sejarah

Stasiun Jakarta Kota atau yang lebih dikenal dengan sebutan Stasiun Beos adalah sebuah stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta.

Stasiun ini telah menjadi saksi bisu sejarah panjang Indonesia sejak zaman kolonial Belanda hingga kini.

Stasiun ini dikenal dengan sebutan Beos yang memiliki banyak versi dari asal kata tersebut.

Satu di antaranya adalah Batavia En Omstreken yang artinya Batavia dan Sekitarnya, yang berasal dari fungsi stasiun sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota lain seperti Bekasi, Bogor, Bandung, Karawang, dan lain-lain.

Dalam sejarahnya, Stasiun Jakarta Kota pernah memiliki dua nama yaitu Stasiun Batavia Noord (Batavia Utara) dan Stasiun Batavia BOS (Batavia Timur).

Namun, pada tahun 1929, stasiun Batavia BOS ditutup dan digantikan dengan Stasiun Jakarta Kota yang kini berdiri megah dengan gaya arsitektur yang memadukan struktur dan teknik modern Barat dengan bentuk-bentuk tradisional setempat.

Desain stasiun yang kental dengan gaya art deco ini menjadi karya besar arsitek Belanda, Frans Johan Louwrens Ghijsels.

Namun, keberadaan Stasiun Jakarta Kota saat ini menjadi perdebatan karena direncanakan akan direnovasi dengan penambahan ruang komersial.

Padahal, stasiun ini sudah ditetapkan sebagai cagar budaya.

Namun, Stasiun Jakarta Kota tetap menjadi destinasi tujuan utama para pengguna jasa kereta api di Jakarta karena menjadi salah satu stasiun terminus (perjalanan awal/akhir) yang tidak memiliki jalur lanjutan lagi.

***

Nah, semoga informasi Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Cikarang terbaru May tahun 2024 juga Jadwal Kereta KRL Commuterline Jakarta Kota Bekasi, Bogor, dan Jakarta Kota Manggarai diatas bisa bermanfaat untuk kamu yang memerlukan.

Kalau kamu merasa tulisan ini berguna, boleh dibagikan ke teman kamu lainnya yang mungkin juga akan membutuhkan ini.


Rijal Fahmi Mohamadi

Rijal Fahmi Mohamadi

Fahmi adalah seorang Digital Marketer, Travel Enthusiast, Geek Travel Blogger dari Indonesia penulis catperku.com, Penulis Buku perjalanan Traveling The Traveler Notes Bali The Island Of Beauty dan The Traveler Notes Bersenang-Senang di Bali, Bertualang di Lombok. Pernah disebutkan, mentioned in Lonely Planet Indonesia 2019 as Best in Blogs. Mau menyapa saya? Kunjungi media sosial pribadi saya, atau hubungi lewat email [email protected] jika Anda ingin mengajak saya bekerja sama dan berkolaborasi.
https://catperku.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *