Tips Mencari Tiket Kereta Api Ketika Lebaran Atau Liburan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) sekarang ini telah berbenah begitu baik. Kalau dulu beli tiket kereta api itu harus mengantri sampai lepek di setasiun, sekarang ini saya sudah bisa beli dari manapun asal ada smartphone dan koneksi internet. Iya, semua sistem pembelian tiket kereta api di Indonesia sekarang sudah online lho! Tidak seperti dahulu, untuk mencari tiket kereta api saya pun harus mengantri berderet di stasiun.

Menyenangkannya lagi, untuk mencetak tiket kereta api bisa dilakukan sendiri dengan menggunakan mesin cetak tiket secara mandiri di stasiun. Sayangnya, menurut saya PT KAI masih mempunyai satu kekurangan dengan sistem online mereka. Apalagi ketika terjadi lonjakan permintaan tiket kereta api menjelang liburan atau lebaran. Mendekati hari itu, pasti semua akan ramai – ramai mencari tiket kereta api untuk lebaran atau liburan.

Meskipun berburu tiket kereta api ketika lebaran atau liburan cukup susah, mencetak tiketnya  sangat mudah.

Meskipun berburu tiket kereta api ketika lebaran atau liburan cukup susah, mencetak tiketnya sangat mudah.

Dari yang biasanya akses ke website pembelian tiket kereta api lancar jaya seperti jalan tol, ketika musim berburu tiket lebaran dan liburan itu tadi pasti mendadak lemot kayak siput. Entah mereka menggunakan teknologi cloud computing atau masih menggunakan single server. Saya tidak tahu menahu, yang jelas ketika musimnya orang mencari tiket kereta api untuk lebaran, server pembelian tiket pasti mendadak lemot yang berujung ke banyaknya cuap – cuap protes di akun twitter KAI.

Tahun ini mereka kembali meminta maaf karena kondisi semua channel padat, penuh!

Nah, karena itu saya ingin mencoba berbagi tips mencari tiket kereta api lebaran dan liburan yang efektif dan efisien. Jadi tingkat keberhasilan teman – teman ketika berburu tiket kereta api lebaran akan bertambah besar. Baca sampai selesai ya tips yang ada di bawah ini, semoga bermanfaat ^^

1. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Iya, saya tahu koneksi internet di Indonesia itu susah sekali diandalkan kalau untuk urusan kecepatan dan realibilitasnya. Saya sih cuma bisa pasrah, karena ketika menkominfo punya dana 50M malah digunakan buat ngebeli semua domain .id, bukan membantu memperbaiki infrastruktur internet indonesia. Tapi itu enggak berhubungan dengan tulisan Tips Mencari Tiket Kereta Api Ketika Lebaran Atau Liburan ini sih. Minimal pastkan saja enggak sedang membuka aplikasi yang memerlukan bandwidth yang besar.

Koneksi internet lancar memperbesar kemungkinan mendapatkan tiket kereta api.

Koneksi internet lancar memperbesar kemungkinan mendapatkan tiket kereta api.

Usahakan ketika sedang mencari tiket kereta api untuk lebaran dan liburan hanya membuka website untuk pembelian tiket kereta api seperti tiket.kereta-api.co.id atau Tiket.com yang sering digunakan. Sebisa mungkin jangan buka twitter kecuali kalian pengen marah marah ke @KAI121 karena servernya yang super lemot atau mau nge-flame @tiket karena gagal konek ke API tiket kereta api mulu. Yah, pun gagal akses karena server lemot atau gagal koneksi ke API itu pasti bakal terjadi sih.

Padahal tahun ini KAI menyediakan banyak server~ tapi sepertinya masih ndak bisa auto scale…

Sebisa mungkin pakai koneksi internet yang sudah Mbps apalagi sampai memakai koneksi yang Kbps. Karena kalian akan bersaing dengan jutaan orang masyarakat Indonesia yang sedang kesetanan berburu tiket kereta api lebaran atau liburan. Untuk yang pingin lebaran mungkin mereka ingin sekali mudik dan ketemu orang tuanya, sementara untuk yang ingin liburan mungkin karena sudah muak dengan pekerjaan kantornya. Bukan saya loh maksudnya, sekarang saya sedang enjoy menikmati pekerjaan baru sebagai Travel Blogger :D

2. Pergunakan Aplikasi Pencarian Tiket Kereta Sebanyak Mungkin Untuk Pencarian

Website Tiket.com yang bisa menyimpan data pemesanan, jadi proses booking akan lebih cepat dan mudah.

Website Tiket.com yang bisa menyimpan data pemesanan, jadi proses booking akan lebih cepat dan mudah.

“Don’t put all your eggs in one basket”, mungkin mirip idiom ini ya ketika ingin mencari tiket kereta api lebaran atau liburan. Kalau selama mencari tiket kereta api, ini bisa dianalogikan dengan terlalu pede hanya mencari dengan satu aplikasi atau website saja. Misalnya kalian terlalu pede mencari tiket kereta api lebaran atau liburan dengan website tiket.kereta-api.co.id saja bisa berujung kegagalan mendapatkan tiket.

Seperti saya bilang sebelumnya, entah mereka sudah menggunakan teknologi cloud computing apa belum, karena servernya selalu overload pada musim – musim high season seperti lebaran ini. Kabarnya sih karena ada jutaan pengunjung yang mengakses website secara bersamaan. Atau kabar kabur yang saya dapatkan, yang mengakses pun juga banyak bot dengan scrapping engine. Entah itu apa, tapi yang jelas mereka juga salah satu makhluk yang bisa bikin lemot server.

Gunakan mobile apps untuk memperbesar kesempatan mendapatkan tiket.

Gunakan mobile apps untuk memperbesar kesempatan mendapatkan tiket.

Kalau saya biasanya menggunakan 4 aplikasi sekaligus demi kesuksesan mendapatkan tiket kereta api lebaran atau liburan. Meskipun lemot tapi saya tetap dengan sabar menggunakan tiket.kereta-api.co.id untuk mencari tiket kereta api. Tiket.com, KAI Access (Android Apps), dan Tiket (Android Apps) sering saya gunakan demi kelancaran pencarian tiket kereta api.

Siapkan juga data pribadi untuk data diri di tiket kereta api. Jangan sampai kalian bisa mendapatkan kesempatan booking malah time out karena kelamaan mengisi data diri. O iya, kalau punya saran aplikasi lain untuk mencari tiket kereta api lebaran atau liburan bisa dibagi di komentar yang ada di bawah ya.

3. Beli Tiket Kereta Api Di Agent Ofline

Kereta api sekarang ini menjadi moda transportasi favorit mudiker dan backpacker...

Kereta api sekarang ini menjadi moda transportasi favorit mudiker dan backpacker

Untuk memperbesar keberhasilan mungkin kalian bisa online sekaligus nongkrongin minimarket yang menjual tiket kereta api. Sudah pada tahu kan minimarket-nya apa saja? Selain itu mungkin bisa sekalian nongkrong, belanja atau kecengin kasir mini market yang unyu~ Yah, siapa tahu tiket mudik lebaran berhasil di book, jodohpun juga didapat. Pulang lebaran kalian enggak bakal ditanyain “Kapan dapat pacar?” atau “Kapan Dapet Jodoh?” deh~ Tapi tetep, paling banter ditanyain “Kapan Nikah?” ahahah~

4. Siapkan Beberapa Metode Pembayaran

ATM, Kartu Kredit, Key untuk online banking, pastiin pulsa juga masih ada. Pembayaran adalah yang paling vital setelah berhasil booking tiket kereta api lebaran atau liburan. Iya, nggak lucu kan kalau sudah bisa booking, tingal bayar eh malah gagal karena nggak ada saldo, nggak ada atm, nggak ada pulsa, atau.. nggak ada jodoh… Lah….

Sebelum mulai berjuang berburu tiket kereta api, pastiin tersedia saldo yang cukup untuk membayar. Pastiin juga ada atm terdekat yang bisa digunakan untuk membayar booking tiket. Kalau ada kartu kredit bisa juga dimanfaatkan, karena beberapa website penjualan tiket kereta api menerima pembayaran dengan kartu kredit. Malah kadang prosesnya lebih cepat :)

5. Siapin Cemilan Dan Kopi

Lebih enak lagi kalau kopinya adalah kopi jos :)

Lebih enak lagi kalau kopinya adalah kopi jos :)

Iya, berburu tiket kereta api lebaran atau liburan itu pasti butuh kesabaran dan… cemilan dan kopi yang cukup. Soalnya tiket kereta api kan dijual mulai dari jam 00:00, makanya buat yang nggak bisa begadang kopi dan cemilan bisa membantu menahan rasa kantuk. Nggak lucu kan gagal mendapatkan tiket kereta api karena ketiduran?

6. Perbanyak Doa Dan Restu Dari Orang Tua

Buat yang mau mudik, dan berburu tiket kereta api lebaran restu orang tua penting sekali nih. Biar didoain lancar mencari tiketnya, dan bisa pulang ke kampung halaman dengan penuh haru biru… syukur – syukur pulang sambil bawain calon mantu… *teteup*

Buat saya pulang mudik lebaran naik kereta adalah yang paling nyaman, karena lokasi bandara masih sekitar 5 jam perjalanan darat dari rumah saya yang ada di Blitar.

Buat saya pulang mudik lebaran naik kereta adalah yang paling nyaman, karena lokasi bandara masih sekitar 5 jam perjalanan darat dari rumah saya yang ada di Blitar.

Nah, sudah deh, kira-kira itu dulu tulisan “Tips Mencari Tiket Kereta Api Ketika Lebaran Dan Liburan” dari saya. Meskipun tidak menjamin 100 persen keberhasilan mendapatkan tiket kereta api lebaran atau liburan, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk yang membutuhkan.

Untuk yang enggak butuh – butuh amat tulisan ini, bisa di share di social media atau semacamnya deh. Siapa tahu ada temen, kakak, adek, pacar, atau selingkuhan yang perlu. Berbagi itu menyenangkan bukan? Okeh, malam ini saya juga mesti siap – siap beburu tiket kereta api lebaran untuk keberangkatan H-2! Tetep semangat demi mudik ke kampung halaman!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

51 Responses

  1. Katerina says:

    Aku belum pernah mudik pake kereta, soalnya ga ada kereta dari Jakarta yang langsung nyebrang ke Palembang :))) But thanks tipsnya ya. Siapa tahu suatu saat mau jalan2 pake trasnportasi kereta :)

    Percaya ga? di Indonesia aku baru 1x naik kereta. Itupun rame2 waktu mau ngetrip ke Baduy. Naik kereta ekonomi, didalemnya ada penjual tahu, nasi uduk, kue gemblong, sampe pengamen yg nyanyi sambil keringetan. Keringetnya netes ke aku hahahaha #eh kok malah ceria :p

    • Rijal Fahmi says:

      Ah, iya ding kalau naik kereta ke palembang ya agak pe er, tapi kalau mau cobain kereta wisata kayaknya ada tuh kereta di sumatera yang jalurnya lewat tepian danau singkarak :D Sekarang kereta api udah berbenah loh, enggak ada lagi kepanasan karena semua pake AC terus, udah nggak ada asongan di dalam kereta, istirahat jadi lebih nyaman di kereta :D

  2. Dita says:

    aku belum pernah mudik naik kereta kak, selain gak sanggup sama lamanya (maklum faktor U), juga kadang harga gak jauh beda sama sepawat. Tapi sekarang harga tiket sepawat ke Malang mahal bangeeeet, trus aku galau mudik pake apa ini T_T

    • Rijal Fahmi says:

      huahaha, susaaah, sekarang mudik pake kereta saingannya buanyaak~ kalau malang sih enak naik pesawat langsung atau via surabaya masih deket. Blitar ini yang nanggung, naik pesawat masi lima jam lagi ke rumah. Kalau naik kereta api tinggal 30 menitan aja sampe ke rumah~~

  3. ndop says:

    Baru nyobain dua kali beli tiket di tiket dot com. Karena bayarnya bisa pakai klikbca. kalau tiket kereta api co id itu cara bayarnya gimana ya? Aku bingung pucing pala fahmih…

  4. TripID says:

    Orang di buka cuma hitungan jam udah hbs , h-7 habis kan ia om untuk jkt ke timur

    suruh nambah 100 gerbong lagi pihak KAI :D

  5. arip says:

    Iya ya sekarang praktis bisa beli di minimarket gitu. Tapi kayaknya harus punya istri dari luar daerah dulu biar bisa ngerasain mudik.

  6. winny says:

    dengar2 udh pd habis loh tiket fahmi

  7. Timothy says:

    Padi gmn kaaakkkk :3

  8. seumur2 naik KA di indo baru 2x… jkt-solo..itupun aku udh blg ama suami, jgn yg ekonomi :D. Kalo jalan darat, ttp yg jd favoritku naik mobil sendiri mas… kecuali mudiknya k kampungku di sumatra, baru deh pesawat…

    mudiknya H-2 ya? asik bgttt… tiket pes yg sebelum lebaran ke Medan udh gila2an -__-.. jd kita beli h+1 , krn masih wajar harganya :D

  9. cornel tumanggor says:

    Orang di buka cuma hitungan jam udah hbs , h-7 habis kan ia om untuk jkt ke timur

    suruh nambah 100 gerbong lagi pihak KAI :D

  10. ayu ningsih says:

    Aku belum pernah mudik pake kereta, soalnya ga ada kereta dari Jakarta yang langsung nyebrang ke Palembang :))) But thanks tipsnya ya. Siapa tahu suatu saat mau jalan2 pake trasnportasi kereta :)

  11. cinta says:

    Percaya ga? di Indonesia aku baru 1x naik kereta. Itupun rame2 waktu mau ngetrip ke Baduy. Naik kereta ekonomi, didalemnya ada penjual tahu, nasi uduk, kue gemblong, sampe pengamen yg nyanyi sambil keringetan. Keringetnya netes ke aku hahahaha #eh kok malah ceria :p

  12. marulak says:

    salam kenal dan salam sukses..

  13. herry purwanto says:

    trima kasih mas atas tipsnya, ini sangat bermanfaat bagi pemudik semoga Allah membalas atas kebaikan mas

  14. herry purwanto says:

    trima kasih atas tipsnya ini sangat bermanfaat, smoga Allah membalas atas kebaikan anda

  15. Elangg says:

    Kalo aku langganan banget tiketdotcom mas, mau pesawat atau kereta slalu nyarinya di sana. Khusus untuk lebaran, kalo kereta aku selalu hunting 90 hari sebelum hari H, hehehe dan nggak jarang loh huntingnya dibela-belain tengah malam.

  16. mawi wijna says:

    Eh, Mi itu hubungannya cloud computing sama single server apaan? Bukannya server itu cloud computing ya?

    Mungkin maksudmu multiple server? Kayak semacam Google kan pake multiple server. Jadinya kalau satu server down karena load-nya banyak, bisa dialihkan ke server lain yg load-nya sedikit (load balancing).

    Dugaanku sih website tiket KAI ini pakainya satu server blade.

    • Rijal Fahmi says:

      cloud computing komputernya banyak terdistribusi gitu yak~ kalau single server ya pake satu server fisik aja. Eh tapi enggak tau KAI pake server apa :D “Mungkin maksudmu multiple server? Kayak semacam Google kan pake multiple server. Jadinya kalau satu server down karena load-nya banyak, bisa dialihkan ke server lain yg load-nya sedikit (load balancing).” <~ bener sekali kayak gini, mungkin mereka belom pake load balancing apa ya? :|

  17. berdasarkan pengalaman, beli secara online lebih cepat daripada harus antri secara manual di loket stasiun

  18. nambahin tips juga mas :)
    1. Ngeteng, kalau mau bersusah payah ada cara ngeteng alias transit Misal mas Fahmi mau ke Blitar, Milihnya jangan langsung Jakarta – Blitar, tapi coba Jakarta – Jogja, terus nanti pindah kereta yang Jogja – Blitar. Atau, masih ada hubungannya sama ngeteng, pindah stasiun awal keberangkatan. Kalo dari Jakarta udah susah, langsung ganti, lewat Bandung misalnya yang relatif lebih deket dari Jakarta. Menurut pengalaman pribadi maupun temen-temen dari Kaskusepur sih, kalo berangkat dari Bandung masih relatif lebih mudah. Bahkan untuk yang kelas ekonomi pun. :)
    Terus gimana berangkat dari Jakarta ke Bandungnya? Naik kereta juga bisa, dan ini biasanya gak ganas soalnya nggak termasuk kereta buat mudik.

    2. Ubah jadwal keberangkatan, yang ini emang agak susah sih kalo berhubungan dengan waktu. Jadi pulangnya justru pas orang orang pada balik atau berangkat mudik pas hari H lebaran, melawan arus istilahnya. Kalo ini jelas sepi (bahkan KAI kadang sampe bikin promo biar laku). Tapi kan yaa gimana yaa aneh aja sih kalo nggak ikut sholat Ied bareng sama orang tua. Maklum aja kak, masih belom berpasangan, soalnya kalo berpasangan kan emang harus ada yang ngalah :”>

    3. Atau kalo ekstrem ala KAI sih : gak mau ribet, ya udah silakan pilih moda transportasi lain (kalimat ini beneran ada lho, mantan dirut KAI yang ngomong kalo nggak salah)

    Semoga berguna kak, sekian dan terima gaji

  19. Asih Rahayu says:

    *nambahin kak* yang ke-7 perbanyak usaha biar gak kehabisan tiket mudik :D

  20. Beby says:

    Mudik ke mana, Bang? Blitar?

  21. Rara says:

    Huaaaa ga kebagian tiket gara2 ketiduran rau2 dah habis nyeseknya tuh di sini :'(

  22. rebutan tiket mudik tuh uda kayak rebutan sembako ya mas haha…

  23. hlga says:

    mudik taun ini dapet tiket bolak balik jkt-sby tapi via mobile apps nya.
    kalo via websitenya mah susah dapet

    hehehe

  24. wah informasinya bermanfaat banget nih. pas buat yang lagi pada nyari tiket buat mudik bulan juli ini :D

  25. Agil Yanuar says:

    Kemaren dapet. Posisi lagi di Kereta dari Jakarta ke Purwokerto naik Progo. Nah posisi ga memungkinkan nih buat hunting tiket buat ke Jakarta. Mau lanjut trip ke Sumatra. Nah saat itu minta tolong ke temen buat pesenin tiketnya. Dia buka browser banyak gitu. 10 menit dapet deh. Kelas ekonomi hehe.. Gaya baru Malem. Purwokerto – Jakarta

    Nah pas buat baliknya kebetulan ada promo tuh. Yess banget. Dapet deh Argo Dwi Pangga Gambir – Purwokerto cuma 99rb banget. yess banget. Tanpa fee lagi pula. bee kedua kalinya dapet eksekutif harga murah. Dulu dapet Gajayana Purwokerto – Malang cuma 10rb heheh.

  26. Edo says:

    Seumur umur belum pernah naik kereta , pengen banget gimana rasanya gitu hehehe

  27. wiwin handayani says:

    Aku sih ga pernah mudik kl lebaran.. Tapi ketitipan beli tiket lebaran.. Buka tiket KAI super duper lemot.. Giliran dapat mungkin karena ngisi foam’a kelamaan gagal deh.. Nyesek banget itu.. Mana begadang trus jadi’a.. Hahaha

  28. Sebastian Mc says:

    Males bgt kalo dah pesen tiket lebaran,luemite puooool

  29. Sebastian Mc says:

    Kereta oh kereta,,jadi kangen

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: