Pantai Serang, Pantai Di Blitar Selatan Cocok Untuk Piknik Keluarga

Pantai Serang, Pantai Di Blitar Selatan Cocok Untuk Piknik Keluarga
5 (100%) 55 votes

Pantai Serang Blitar ini kebetulan menjadi destinasi untuk family trip rutin tiap lebaran. Pada tahun ini juga tidak ketinggalan. Jadi nggak harus liburan ke Bali aja! Ternyata kok pantainya keren. Padahal saya baru sekali ini ke Pantai Serang Blitar. Nah kira-kira seperti apakah Pantai Serang  yang cukup populer di kalangan penduduk kota dan kabupaten Blitar ini?

Memang di pesisir selatan Blitar itu sebenarnya ada banyak banget pantai yang bisa dikunjungi. Salah satunya ya pantai ini. Sayangnya, lokasi pantai-pantai di Blitar itu beberapa agak tersembunyi, dan lumayan susah di capai. Namun pantai yang ini, aksesnya cukup mudah kok. Nggak sesusah pantai di Blitar selatan lainnya.

Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, tujuan family trip lebaran tahun  ini ditentukan secara mendadak. Nama Pantai Serang Blitar pun baru muncul menjelang keberangkatan. Err, Eh!! Sepertinya tiap tahun memang seperti itu deh hehe, tujuan selalu di tentukan pada saat – saat terakhir. Memang saya jarang kasih ide, meskipun saya sering traveling, urusan family trip saya lebih senang kalau ngikut yang nyetir mobil aja :D

Sebagai penduduk asli kota Blitar, baru pertama kali saya mengunjungi pantai yang berbatasan langsung dengan samudera hindia ini. Shame on me huh? Udah sampe negara orang tapi belum begitu mengenal kota kelahiran! Ok, untuk menebusnya saya akan sedikit bercerita tentang salah satu tujuan wisata yang katanya juga menjadi andalan pemda kota Blitar ini. Kalau ke Tulungagung main ke Ranu Gumbolo, kalau ke Blitar main pantai ini saja ya!

Liburan ke Pantai Serang Blitar Selatan

 

Pantai Serang Blitar berada cukup jauh dari pusat Kota Blitar, apalagi dari rumah saya. Dengan menggunakan mobil pun, untuk mencapai pantai di Blitar selatan ini memerlukan waktu sekitar 3 jam perjalanan darat, melewati jalan berliku, dan berkelok kelok. Secara geografis posisi pantai ini sendiri berada di desa Serang kecamatan Panggungrejo, kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. letaknya kurang lebih 45 km di arah tenggara kota Blitar. Lumayan jauh bukan?

Jalan yang dilewati untuk menuju Pantai Serang Blitar waktu family trip kali ini, secara umum dalam kondisi baik. Padahal untuk mencapai pantai – pantai yang berlokasi di bagian selatan Pulau Jawa, biasanya kita harus melewati jalan dengan kondisi setengah rusak sampai rusak total! Hehehe! Gimana lagi, bagian selatan pulau jawa kan memang bergunung-gunung.

Pantai Serang Blitar, mirip seperti pantai kuta :)
Pantai Serang Blitar, mirip seperti pantai kuta :)

Pun begitu, dengan kondisi jalan yang bagus, saya dan keluarga sampai di pantai serang ketika matahari sudah berada diatas kepala, bisa kebayang bukan bagaimana panasnya? Terbiasa berpanas – panasan di Pantai Kuta pun tidak banyak membantu. Fiuh.. Ternyata Kabupaten Blitar itu sama panasnya dengan Bali ya!

Menurut saya landscape Pantai Serang Blitar lebih mirip dengan Pantai Kuta, kecuali tidak ada bule berjemur, surfer dan garis pantai yang sedikit lebih pendek daripada Pantai Kuta. Pantai Serang juga memiliki pasir berwarna putih, landai, dengan ombak yang tidak begitu besar. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan, Pantai Serang terkenal dengan ritual tradisionalnya Larung Sesaji yang dilakukan setiap tanggal 1 Suro.

Namun tampaknya  pantai ini juga cukup populer diwaktu libur lebaran seperti ini. Terlihat mulai dari abg dengan geng motornya, mbak – mbak yang asik bermain air laut, sampai emak – emak yang heboh sendiri memenuhi setiap sudut pantai di Blitar selatan ini. Tidak ketinggalan pula sebuah truk yang telah dimodifikasi menjadi sebuah sound system portable, ikut heboh dengan memainkan lagu – lagu dangdut khas jawa timuran. asolole~~

Lalu, apa yang dilakukan keluarga saya? Yang pertama, cari spot yang sejuk, kuasai, dan gelar tikar! Hehehe, Sepertinya tante dan om saya lebih memilih bersantai dan tiduran diatas tikar yang sudah di gelar di bawah pohon. Soalnya memang kondisi siang hari di pantai ini itu panas sekali. Makanya tempat sejuk seperti di bawah pohon wajib diamankan.

Tidak ketinggalan adik – adik saya yang lagaknya sudah mirip seperti model, secepat kilat mereka menyambar kamera DSLR saya dan menggunakannya untuk berfoto. Hadeeeh, saya cuman bisa bengong saja. Saya lebih tertarik dengan bukit yang berada di bagian timur pantai serang. Insting saya mengatakan ada sesuatu yang menarik di bukit itu.

Pantai Serang Blitar, dan bukit yang terdapat tempat untuk melihat hilal.
Pantai Serang Blitar, dan bukit yang terdapat tempat untuk melihat hilal.

Insting saya tidak salah, ternyata di atas bukit yang saya sebutkan tadi ada sebuah tempat lapang yang katanya biasa untuk melihat hilal. Dari tempat ini juga landscape berbukit Blitar bagian selatan terlihat sangat cakep, dan seluruh garis pantai serang yang telah dipenuhi ratusan manusia dapat terlihat jelas. Sayangnya tempat ini begitu kotor, sampah bertebaran di mana – mana, padahal pemandangan dari tempat ini adalah yang terbaik.

Entah karena tempat sampahnya hilang, atau memang pemda tidak menyediakan tempat sampah disini. Yang jelas kalau tidak dibersihkan dan dirawat, mungkin beberapa tahun lagi bukit ini bakal menjadi tempat pembuangan sampah dengan pemandangan terbaik di dunia!

Hal Menarik Yang Bisa Ditemui di Pantai Serang Blitar

Sebelum berkunjung ke salah satu tempat wisata di Blitar Selatan ini, mungkin liburanmu akan lebih seru kalau mengetahui beberapa fakta dan hal menarik mengenai Pantai Serang Blitar. Beberapa hal menarik tersebut adalah sebagai berikut :

1. Ritual Larung Saji

Seperti hampir kebanyakan pantai yang berada di area Blitar selatan, pantai ini kadang juga dijadikan sebagai salah satu tempat dilakukannya ritual tahunan. Ya di Pantai Serang Blitar ini juga kerap digunakan sebagai salah satu tempat untuk melaksanakan ritual tradisional yang bernama Larung Saji. Ritual ini biasanya diadakan pada setiap tanggal 1 Suro.

2. Terdapat Bukit Untuk Melihat Hilal

Pantai Serang Blitar adalah salah satu pantai di Blitar yang sepesial, terutama ketika bulan ramadhan tiba. Karena di pantai ini terdapat sebuat bukit yang biasa digunakan untuk melihat hilal. Hilal biasanya digunakan untuk menentukan mulainya bulan ramadhan. Namun pada hari biasa, pengunjung pantai boleh naik ke bukit ini.

Salah satu hal menarik yang bisa ditemui di Pantai Serang Blitar adalah piknik bersama keluarga.
Salah satu hal menarik yang bisa ditemui di Pantai Serang Blitar adalah piknik bersama keluarga.

3. Cocok Untuk Piknik Bersama Keluarga

Kondisi Pantai Serang Blitar ini sangat landai, bibir pantainya luas dan panjang. Jadi merupakan salah satu tujuan tempat wisata yang pas bersama keluarga. Karena selain bisa untuk berenang, sekedar menggelar tikar dan bersantai di atas pasir pantai pun sudah menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

4. Ada 3 Pantai Dalam Satu Kawasan

Kalau dilihata lebih lanjut, sebenarnya ada beberapa pantai lagi di kawasan Pantai Serang ini. Pantai kedua mungkin tidak seluas pantai pertama, namun pasirnya putih dan halus. Sementara itu pantai ketiga adalah yang paling luas diantara semuanya.

5. Tempat Para Penyu Bertelur

Selain sebagai tempat tujuan wisata di Blitar, Pantai Serang adalah salah satu tempat untuk melepas tukik atau anak penyu ke alam liar.

Cara Pergi Ke Pantai Serang Blitar

Pantai ini alamatnya berada di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Nama pantainya sendiri adalah nama desa pantai ini berada. Lokasinya berada sekitar 45 kilometer dari arah Kota Blitar. Untuk pergi kesini, kamu bisa menggunakan petunjuk lokasi Pantai Serang Blitar di Google Maps disini.

Tiket Masuk Ke Pantai Serang Blitar

Harga tiket masuk ke pantai ini termasuk murah. Karena itu pantai ini adalah tujuan liburan populer. Tidak kaget lagi kalau pada libur lebaran atau liburan lainnya pantai ini selalu dipenuhi oleh pengunjung. Harga tiket masuk ke Pantai Serang sendiri hanya IDR 7000 per orang. Sementara itu untuk biaya parkir di Pantai Serang Blitar adalah IDR 2000 per motor dan Mobil IDR 10.000.

PS : saya lupa mengambil foto pemandangan dari atas bukit Pantai Serang Blitar karena saya lupa minta kamera DSLR saya dari adik saya yang lagaknya sudah seperti model. Jadinya, pemandangan cakep tadi hanya terekam diingatan saya. gomennasai, mohon maaf sebesar besarnya, hehe next time saya ambil fotonya :)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
4 Responses
  1. rudy

    nie aku sering main kesini!!!
    keren banget pantainya,dan mungkin masih ada lagi yang anda belum kunjungi.
    namun yang menjadi penghalangnya adalah sarana jalan yang rusak.
    mengakibatkan pantai tersebut tidak begitu terdengar oleh wisatawan lokal.
    dan juga menyebabkan perekonomian di daerah tersebut kurang begitu berkembang,
    ‘thankkk

      1. travellers2009

        di blitar ada lebih dari 26 pantai pak admin :D
        kalau di sekitar serang sendiri ada 4 pantai laiinya.. di bawah tempat melihat hilal ada pantai maesan padang.. di barat serang pas (nyeberang bukit) ada selok gogor.. trus sedikit kebarat ada serit (yang kelihatan dari serang)

        kami ada info buat pantai-pantai tersebut

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: