Ke Aceh? Ya Liburan Ke Pulau Banyak Saja!

Ada yang tahu tentang Pulau Banyak di Aceh Singkil nggak? Kalau enggak tau, itu mungkin karena di pikiran sebagian besar orang, kalau mau liburan ke Aceh, pasti Pulau Weh ada di daftar yang paling utama. Wajar sih, soalnya Pulau Weh ini sudah gencar dipromosikan dan menarik perhatian banyak turis, termasuk saya.

Pun saya sendiri malah belum pernah berkunjung ke Pulau Weh. Mungki nanti, setelah saya pulang merantau, menempa diri di negara tetangga sebagai Working Holiday Visa maker ya. Nah, kebetulan saya kemarin sempat diajak oleh Dinas Budaya Pariwisata Aceh untuk pergi ke Aceh Singkil dan mengunjungi gugusan Pulau Banyak.

Sampai sekarang saya masih bertanya-tanya, kenapa kok dikenal dengan Pulau Banyak. Padahal sebenarnya Pulau Banyak ini adalah sebuah gugusan pulau-pulau kecil di Kabupaten Aceh Singkil provinsi Aceh. Lokasinya sih berada di sebelah selatan daratan Sumatera, dan bertebaran di Samudera Hindia. Bisa membayangkan bukan dimana lokasi gugusan pulau ini?

Pemandangan seperti ini wajib diabadikan
Pemandangan seperti ini wajib diabadikan
Perairan di Pulau Banyak yang bikin adem mata!
Perairan di Pulau Banyak yang bikin adem mata!

(Baca Juga : Pink Beach Flores VS Pink Beach Lombok! Mana Yang Lebih Keren?)

Senja di Pulau Banyak selalu menggona para fotografer untuk mengabadikannya
Senja di Pulau Banyak selalu menggona para fotografer untuk mengabadikannya

Dari informasi yang saya dapatkan, luas wilayah secara keseluruhan adalah 27,196 Hektar, area kepulauan yang cukup luas deh. Dulu, jumlah total kepulauan Pulau Banyak ini ada 99 buah pulau. Namun itu jumlah kepulauan di gugusan Pulau Banyak sebelum Tsunami, namun kini tinggal 86 karena beberapa tenggelam akibat terjangan tsunami.

Sedih ya? Namun, masih ada banyak pulau yang menarik untuk bisa dikunjungi disini kok. Karena bisa dibilang Pulau Banyak ini adalah wisata andalan Aceh Singkil. Soalnya ada banyak keindahan alam dan keindahan bawah laut, juga penyu hijaunya yang bisa dinikmati. Masalah akomodasi dan tiket pesawat ke Pulau Banyak, kalian juga bisa berhemat dengan menggunakan kupon diskon dari picodi.co.id.

Sayang kemarin saya nggak sempet ke rumah para penyu hijau di Pulau Bangkaru nih! Selain karena letaknya paling jauh, waktu kunjungan ke Pulau Banyak memang tidak terlalu lama. Namun, kemarin saya sempat mengunjungi beberapa pulau utama di Pulau Banyak yang nggak kalah keren seperti :

1. Pulau Balai

Homestay saya di Pulau Balai
Homestay saya di Pulau Balai

Pulau ini adalah pulau paling padat dan paling banyak ditinggali di gugusan Pulau Banyak. Di Pulau Balai ini juga kemarin saya menginap selama dua malam, di sebuah guest house yang lokasinya persis di dekat dermaga.

Di Pulau Balai saya tidak banyak mengeksplore, karena siang hari banyak dihabiskan dengan Island Hoping. Hanya ketika malam hari saya sempat mengunjungi pasar tradisional yang ada di Pulau Balai dan pada pagi hari saya sempat mengabadikan sunrise yang keren dari pulau ini.

2. Pulau Panjang

Pesona Pulau Panjang, salah satu pulau di gugusan Pulau Panjang
Pesona Pulau Panjang, salah satu pulau di gugusan Pulau Panjang

(Baca Juga : Seharian Bersenang-Senang Di Pahawang!)

Menikmati senja dari Pulau Panjang
Menikmati senja dari Pulau Panjang

Ini adalah salah satu pulau di gugusan Pulau Banyak untuk menikmati sunset yang kece badai! Kemarin mungkin saya memang mendapat sebuah keberuntungan, dimana saya datang ketika senja terlihat begitu indah dari Pulau Panjang.

Nggak cuma itu saja, di pulau ini saya juga sempat menikmati ikan bakar segar yang baru dipancing juga bermain bersama lomang. Itu loh, binatang kecil berkaki yang sering saya beli ketika masih SD. Ternyata disini ada banyak banget! Jadinya, ketika yang lain menghabiskan waktu dengan berenang di pantai, saya malah asik main-main sama si lomang!

Hi little buddy!
Hi little buddy!
Saya menemukan kerajaan lomang di Pulau Panjang!
Saya menemukan kerajaan lomang di Pulau Panjang!

3. Pulau Tailana

Cottage yang ada di Pulau Tailana
Cottage yang ada di Pulau Tailana

Ketika menginjakkan kaki di Pulau Tailana Ini, saya seolah-olah merasa sedang berada di dalam film The Beach. Itu loh, sebuah film yang dibintangi Leonardo DiCaprio yang berlatar belakang di sebuah pulau yang ada di Thailand. Pulau apa namanya eh?

Mungkin lansekap pantainya nggak mirip dengan yang ada di film The Beach. Namun kenyamanan, suasana tenang dan nama Pulau Tailana ini mengingatkan saya pada film itu. Pulau Tailana yang merupakan salah satu pulau di gugusan Pulau Banyak juga terlihat lebih tertata dari pada pulau lainnya.

Bersantai menghabiskan hari yang sepi di Pulau Tailana
Bersantai menghabiskan hari yang sepi di Pulau Tailana

Di Pulau Tailana ini terdapat beberapa cottage sederhana  namun unik. Cottage tadi bisa untuk ditinggali kalau ingin menginap di Pulau Tailana. Pak Mali, pengelola dan pemilik Pulau Tailana ini mengatakan kalau pulau ini selalu penuh dengan wisatawan, terutama wisatawan asing.

Pun, pada waktu-waktu tertentu, wisatawan lokal juga sering menghabiskan waktu beberapa hari di Pulau Tailana. O iya, untuk kalian yang mungkin ingin mencoba merasakan Island Getaway di Pulau Tailana, kalian bisa langsung menghubungi Pak Mali ya (081360991595). Biaya menginap di Cottage yang ada adalah IDR 125.000 per malam, dan akan ada tambahan lagi IDR 125.000 untuk makan 3 kali sehari.

4. Pulau Asok

Nikmati jernihnya air di Pulau Asok
Nikmati jernihnya air di Pulau Asok

(Baca Juga : Pulau Padar Memang Cetarr!)

Siapa yang suka dengan pantai seperti ini
Siapa yang suka dengan pantai seperti ini

Di pulau ini sebenarnya juga terdapat cottage, namun sepertinya nggak terlalu terawat. Camping dan menghabiskan waktu beberapa hari di Pulau Asok mungkin akan sangat menyenangkan. Karena Pulau Asok ini adalah salah satu pulau di gugusan Pulau Banyak yang mempunyai pantai keren di dua sisinya.

Terutama pantai dan perairan dangkal yang bisa digunakan untuk berenang dan bersantai. Saya lupa di arah yang mana, namun kalau ada yang berkunjung ke Pulau Asok, carilah salah satu sisi yang perairannya dangkal dan tenang. Kalian pasti betah berlama-lama dan bermain di pantai itu. Saya aja betah kok! Sampai lupa waktu! Hehee!

Menikmati hari yang cerah di Pulau Banyak
Menikmati hari yang cerah di Pulau Banyak

Nah, kira-kira itu beberapa pulau yang sudah saya kunjungi dari beberapa pulau di Gugusan Pulau Banyak. Seharusnya ada banyak lagi pulau yang bisa saya kunjungi jika saya memiliki cukup waktu. Seperti mengunjungi Pulau Bangkaru, rumah para penyu hijau misalnya.

Yah, namun untuk sekarang, 4 pulau keren itu sudah lebih dari cukup, untuk membuat saya berkunjung kembali ke Pulau Banyak di lain hari! Eh, kalian nggak pengen main ke Pulau Banyak juga kah?

Cara Menuju Ke Pulau Banyak

Lompaat! Kapal yang menyeberangkan saya ke Pulau Banyak, sekaligus island hoping ketika disana!
Lompaat! Kapal yang menyeberangkan saya ke Pulau Banyak, sekaligus island hoping ketika disana!
  • Gugusan Pulau Banyak ini berada di Kabupaten Aceh Singkil, yang mana akses bandara terdekatnya adalah Bandar Kuala Namu yang ada di Medan, Sumatera Utara. Dari Kuala Namu kalian harus menempuh perjalanan darat sekitar 9 jam melewati jalan berliku. Cukup memerlukan perjuangan memang, namun semuanya akan terbayar ketika melihat pemandangan yang keren di Pulau Banyak! O iya, kabarnya akan dibangun bandara di Aceh Singkil. Doain itu beneran jadi, karena kalau jadi, perjalanan dari Medan ke Aceh Singkil hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit saja. Sangat menghemat waktu!
  • Dari Aceh Singkil, kalian bisa menyeberang ke Pulau Balai, salah satu pulau di Gugusan Pulau Banyak untuk menginap. Ada kapal Ferry rutin yang bisa menyeberangkan kalian ke Pulau Balai dengan jadwal 3 kali seminggu dengan harga tiket IDR 30.000. Atau jika kalian datang dengan rombongan, bisa langsung sewa kapal saja. Harganya mungkin akan mahal sekitar IDR 1,5-3 Juta. Namun akan lebih fleksibel, jika kalian ingin melakukan Island Hoping seperti saya.

Tips Liburan Asik Di Pulau Banyak

berenang seperti ini boleh, tapi jangan sampai lupa pakai Sunblock
berenang seperti ini boleh, tapi jangan sampai lupa pakai Sunblock
  • Berangkat menjelang akhir tahun seperti saya nggak ada salahnya. Karena ada kemungkinan mendapatkan senja di Pulau Banyak yang cantiknya luar biasa. Namun harap diingat, cuaca buruk dan hujan lebat bakal sering ditemui menjelang akhir tahun di. Sementara itu, Bulan Maret hingga Agustus adalah saat terbaik untuk mengunjungi gugusan Pulau Banyak. Pada bulan-bulan ini cuaca cenderung cerah dan laut juga tenang.

    Yakin nggak mau liburan ke Pulau Banyak?
    Yakin nggak mau liburan ke Pulau Banyak?
  • Bawa logistik dan camilan! Ini penting! Karena, meski ada yang jualan di Pulau Balai, namun jenis cemilannya ngga seperti kalau di Kota. Jadi, lebih baik membawa sendiri dari Aceh, lalu mungkin membeli tambahannya di Pulau Balai.
  • Meskipun gugusan Pulau Banyak ini terpisah dari daratan Aceh, namun kesopanan tetap dijunjung tinggi disini. Seperti berpakaian yang sopan dan tertutup ketika sedang berada di tempat yang banyak orangnya. Kalau mau memakai bikini di pantai yang sepi sih, baru deh bisa :)
  • Perhatikan dan amati pantai sebelum berenang. Karena kemarin ada beberapa pantai yang banyak banget ubur-uburnya. Kalau berenang bareng ubur-ubur di Pulau Derawan sih masih oke. Tetapi, kalau berenang bareng ubur-ubur di Pulau Banyak, dipastikan setelahnya badan akan gatal-gatal.
  • Sunblock dan perlengkapan untuk bermain di pantai sebaiknya dibawa sendiri. Hammock dan peralatan camping juga boleh dibawa, jika mungkin ada yang mau camping di salah satu pulau yang ada disini.
Hammocking di Pulau Banyak pasti seru lah!
Hammocking di Pulau Banyak pasti seru lah!

Yang Banyak Dicari

  • backpacker ke pulau banyak
  • kapal untuk keliling pulau banyak
  • Pengalaman Jalan-Jalan Keliling Aceh
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
106 Responses
  1. Nah gugusan pulau di ujung Sumatera ini jarang ya diekspos. Pihak pemda sana harus rajin ngadain trip gratis bareng blogger biar pulau-pulaunya terkenal. Kalo sudah terkenal kan banyak turis datang. Nanti panen deh, hehehe…

  2. Waduh, ini kayaknya gugusan pulau bisa menandingi wisata-wisata bahari yang sudah terkenal di mancanegara, Mas. Kerennya bikin tidak ada kata yang terucap selain terima kasih sama Tuhan karena sudah menciptakan pemandangan seindah itu. Wow… betulan keren banget ini, semoga suatu hari nanti saya bisa ke sana. Terima kasih ya Mas untuk informasinya, bermanfaat banget :hehe.

  3. ye ye ye akhirnya tulisan dengan foto keren ini naik tayang juga hehehe
    bang, kok bisa semahal itu ya nyewa boatnya? hmm.. kayaknya tahun ini yudi harus bisa ke sini deh. sekalian ngilangin penasaran :D

      1. alhamdulillah akhirnya kesampaian juga ke sini bang :D
        dan nyeseknya itu saya g ketemu sunset meroma macam bang fahmi punya. soalnya g bisa magrib di pulau asok..karena jadwal boat hanya sampai jam 6 sore hehe

  4. dulu jaman bandara masih di Medan paling enak naik travel ke Singkil . Berangkat jam 7 malem jam 7 pagi sampe pelabuhan (lupa namanya) . Pokoknya ada kapal kayu , nah itu setiap hari nyebarangnya tapi jam 8 pagi. Jadi bilang ama abang supir travel, biar sampe pelabuhan sblm jam 8.

    Penasaran dengan pulau Bangkaru..

    1. Tantangan terbesar sebenarnya naik mobil dari medan ke singkil~ jalananya aduhai berkelok-kelok XD emang ada kapal rutin, berarti buat traveler yang jalan sendiri bisa naik itu~ pengen balik kesana lagi, belom ke pulau bangkaru XD

      1. Tapi kapal dari pulai balai utk keliling island hopping harus sewa. Beberapa temen pejalan yg kreatif sih numpang sampang nelayan kalo sendiri. Kalo bereenam sewa kapal… tapi memang sepadanlah. Ajrot2an di travel

  5. nth kapanlah bisa balik lagi ke aceh… -__-.. suami ampe skr msh trauma kalo diajak ke aceh krn mikirnya masih seperti jaman GAM.. pdhl udh aku jelasin skr aceh udh aman… baca postinganmu jd kangen ama aceh … biar gmn, akukan 18 thn di sana dulu :D..

  6. academic Indonesia

    Sewaktu di Bekasi bertemu dengan teman Aceh, cerita2 tentang tsunami. Katanya, Aceh tetap indah dengan berbagai pulaunya. Akhir tahun pun saya insyAllah ke sana. Thanks infonya pak :D

  7. Om Syapiq

    Izin share gan, kampung halaman harus rame sama para pengunjung dari kota lain. Biar image tentang aceh kota bekas kena tsunami dan masih menyeramkannya hilang setelah melihatnya langsung.

  8. Glegeg, sampai ku terpana gara-gara melihat pulau nya yang bersih dan keren itu.
    Kenapa ya, pas hari liburan gak ke sana ya? Sayang nih, padahal bagus banget pulaunya. :D
    Pengen liburan ke pulau sana, kapan ya bisa ke sana? :(

  9. Pulau Banyak Online

    Pulau Banyak Memang Indah dan memukau,! ayoo kawan kawan rencanakan wisata anda ke pulau banyak bersama kami..! sip kami tunggu ya di Pulau Banyak

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: