Ini Jajanan Lebaranku, Jajananmu Mana?

Mudik ke kampung halaman selain silaturahmi dengan kerabat dekat, yang paling saya tunggu adalah tradisi “nglencer”. Tradisi yang  dikenal dengan istilah “nglencer” ini sebenarnya adalah tradisi saling mengunjungi sanak saudara, kerabat dekat hingga tetangga dekat rumah. Atau istilah umumnya adalah silaturahmi, saling mengunjungi untuk saling memaafkan.

Nah, asiknya kalau bertamu ke rumah orang atau “nglencer” ketika sedang hari raya idul fitri atau lebaran seperti ini, di kampung halaman saya Blitar, sudah umum sekali dan pasti disediakan jajanan untuk menjamu para tamu yang berkunjung tadi. Tujuannya adalah agar bisa ngobrol sambil menikmati suguhan jajanan lebaran yang seringnya hanya bisa dilihat setahun sekali, ketika lebaran.

Memang, kalau tinggal di kota saya lebih sering menemukan junkfood atau makanan resto yang itu – itu saja. Nah, mumpung suasana lebaran seperti ini, saya mau berbagi beberapa jajanan lebaran unik yang saya temui selama “nglencer” ke tetangga atau kerabat dekat saya di Blitar.

Apakah ada juga jajanan lebaran seperti ini di kota teman – teman? :)

1. Kue Kancing/Kembang Gem/ Biskuit Keong

Ketika foto jajanan lebaran yang satu ini saya lempar ke twitterland, ada banyak follower @idbcpr membalas dengan menyebutkan nama jajanan ini. Mereka pun menyebutkan beberapa macam nama, mulai dari kue kancing, kembang gem, bahkan biskuit keong yang baru kali ini saya mendengarnya. Keong dari mana coba? Cangkangnya aja tidak ada?

Apapun namanya, yang satu ini sebenarnya adalah jajanan lebaran favorit saya sejak kecil. Dulu seringnya cuma saya makan bagian yang berwarna atau yang manisnya saja, sementara biskuitnya pasti saya biarkan. Nakal banget ya saya waktu kecil? Pun sebenarnya memakan sekaligus juga enak sih. Sekarang, jajanan lebaran yang satu ini tetap yang paling saya cari ketika lebaran tiba, sebelum mencoba yang lainnya. Teman – teman bagaimana?

Versi kalian, nama dari kue lebaran yang satu ini apa namanya hayo?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Versi kalian, nama dari kue lebaran yang satu ini apa namanya hayo?

2. Madumongso

Kalau jajanan lebaran yang namanya Madumongso ini sepertinya tidak pernah absen dari jajanan lebaran. Dari ketika saya masih kecil hingga sekarang selalu ada. Dulu bahkan di rumah nenek saya sering membuat Madumongso sendiri, tidak membelinya di toko. Sesekali saya membantu mengaduk adonan Madumongso yang bahan dasarnya adalah ketan hitam ini. Pun aslinya saya malah sering menggangu dalam proses pembuatannya dari pada membantu sih :P

Buat yang belum pernah mencoba, bisa dibayangkan rasanya yang sedikit asam bercampur manis karena ketan hitam yang menjadi salah satu bahan dasarnya ini diolah dahulu menjadi tapai/tape melalui proses fermentasi. Sementara ciri khas yang kental dari Madumongso yang sudah jadi dan siap saji adalah bungkusnya berwarna – warni nan menggoda. Kalau menemukannya jangan lupa di coba ya!

Dibalik bungkusnya yang menggoda, tersimpan sejuta rasa. Madumongso, Jajanan lebaran :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Dibalik bungkusnya yang menggoda, tersimpan sejuta rasa. Madumongso, Jajanan lebaran :D

3. Kerupuk Ikan

Jajanan lebaran berupa Kerupuk Ikan sebenarnya ada banyak macamnya. Nah, tetapi yang satu ini adalah yang paling menarik dan unik menurut saya. Karena bukan cuma rasanya yang enak, tetapi juga bentuknya yang mirip ikan kecil menjadikan lebih menarik dan menggoda untuk disantap. Bahkan pernah ketika kecil dulu saya menghabiskan satu toples kerupuk ikan ini sendirian. Satu toples lho! Ya, satu toples! Rakus ya saya? XD

Kerupuk ikan yang ini jadi favorit bukan karena bentuknya saja. Tetapi juga karena rasanya :)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kerupuk ikan yang ini jadi favorit bukan karena bentuknya saja. Tetapi juga karena rasanya :)

4. Wafer Khong Guan

Kalau ada kaleng biskuit Khong Guan, siapa yang selalu berlomba untuk mencari wafer yang ada di dalamnya? Iya, saya salah satunya, yang selalu mencari wafer di dalam kaleng biskuit ini. Pun banyak jenis biskuit lain yang ada di dalam kaleng Khong Guan, wafernya tetap menjadi idola saya. Alasan utamanya adalah karena di dalam kaleng jumlah wafer yang ada cuma sedikit. Bisa dibilang semacam limited edition gitu. Saya kan paling suka dengan sesuatu yang limited editionnan terbatas. Karena itu, siapa cepat dia lahap si wafer Khong Guan! Hehee!

Siapa yang berhasil nemu sebiji di dalam kaleng Khong Guan?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Siapa yang berhasil nemu sebiji di dalam kaleng Khong Guan?

5. Keripik Sukun

Saya takut kalau makanan ini sepertinya makin punah saja di daerah saya. Karena makin jarang saya menemukan yang namanya Keripik Sukun ketika bertamu diwaktu lebaran ini. Padahal rasanya gurih kriuk – kriuk gimana gitu, sekali mencoba mulut pasti tidak akan berhenti mengunyah. Rasanya memang enak sih. Sayang sekarang makin jarang saya temui jajanan lebaran yang satu ini. Padahal keripik sukun ini bisa menjadi alternatif pengganti karbohidarat loh. Kalau enggak percaya, coba habiskan satu toples, pasti perut langsung kenyang XD

Keripik Sukun yang kriuk - kriuk siap disantap!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Keripik Sukun yang kriuk – kriuk siap disantap!

6. Kembang Gula

Walaupun saya enggak terlalu suka dengan makanan yang manis, tetapi yang satu ini wajib banget dicoba. Apalagi jika menemukan yang home made seperti ketika saya bertamu ke rumah tetangga. Diantara deretan jajanan lebaran yang lain, Kembang Gula yang berada di dalam toples ini paling menarik mata. Kata tentangga saya sih dia membuatnya sendiri, bahan dasarnya dari kelapa. Namun entah bagaimana kok bisa membentuknya hingga seperti ini, berwarna – warni. Rasanya manis ketika digigit, sedikit renyah ketika dikunyah. Coba saja deh! Pasti ketagihan!

Satu toples penuh Kembang Gula, siapa yang tidak suka? (lihat toples sebelah kiri)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Satu toples penuh Kembang Gula, siapa yang tidak suka? (lihat toples sebelah kiri)

Jadi, setelah membaca tentang beberapa jajanan lebaran favorit saya, kira – kira jajanan favorit teman teman yang mana ya? Boleh dong dibagi di komentar di bawah. XD

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

15 Responses

  1. Dede Ruslan says:

    sungguh hal yg mustahil di kampungku menemukan isi khong guan yg asli karena banyak yg diganti isinya sama rengginang :p

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      hahaa, berarti belom beruntung XD tapi masih nemu beberapa yang kayak gitu juga sih :D ngarepnya biskuit, isinya kerupuk -,-

  2. Nidi says:

    Kembang gula :)

    Si manis yang selalu bikin sakit gigi, but its worth every piece of it!

    xoxo,
    Nidi

  3. Alex says:

    jajanannya sungguh mengingatkan tentang masa kecil dulu

  4. Di gresik kayak nya dah ngak ada tuch kue kancing, dulu nama nya apa yaaa kok lupa. Zaman aku TK SD banyak yg jual, beli di warung

    • Rijal Fahmi says:

      huooo, iya kah? Emang kayaknya makin langka nemu jajanan kue kancing tadi :D dari dulu paling seneng cari kue ini mas cum :D

  5. aku paling suka Madumongso kak..

  6. Ivan Prakasa says:

    Duh itu makanan nomor 1 aku suka banget…
    namanya beda yah… hahaha aku nyebutnya kue badut atau kue warna warni gitu hahaha… :P

    • Rijal Fahmi says:

      ahahaa, itu pasti banyak yang suka, tapi entah apa deh nama aslinya :| tiap daerah beda – beda. pun enaknya tetep sama sih :p

  7. Beby says:

    Aku jugak sukak nyari wafer Khong Guan.. Dan selalu dapet.. Heheh..

  8. Medan Wisata says:

    Itu..nah itu tuh,,, mencari wafer itu yang selalu saya lkukan juga saat buka kaleng biskuit yang baru,,
    :D

  9. zainul mustof says:

    All kenangannya sama hahaha

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: