Berbagi Pengalaman Menginap Di Hotel Kapsul Bandara!

Sebenarnya saya ingin menulis review hotel dekat bandara atau secara spesifik, hotel kapsul bandara terbaru yang berada di terminal 3 ini. Tapi, karena padatnya jadwal, dan saya suka lupa tulisan mana yang harus saya prioritaskan, jadilah saya baru menulis pengalaman menginap di hotel kapsul bandara ini sekarang.

Sebelum saya menulis lebih lanjut mengenai review pengalaman menginap di hotel kapsul bandara ini, saya mau bilang terimakasih kepada siapapun yang punya ide membuat hotel kapsul di dalam bandara Soekarno Hatta Jakarta ini. Dengan begini, saya tak perlu repot bingung cari transportasi keluar bandara yang gak banyak pilihan karena dimonopoli itu. Iya, kalau mau transit di hotel dekat bandara yang lokasinya berada diluar terminal, harus naik taksi yang sekali naik paling enggak keluar 50 ribuan.

Sekarang, dengan keberadaan hotel kapsul bandara Soekarno Hatta, saya nggak perlu pusing nyari taksi seperti ketika menginap di hotel dekat bandara Jakarta lainnya. Cukup naik shuttle atau Kereta Kalayang saja kalau masih beroperasi. Saya berharap, hotel kapsul ini bakalan dibuat di terminal lainnya juga (red: Terminal 1 dan 2). Jadi kalau mau transit gak perlu bingung pindah terminal lagi. Kabarnya sih mereka mau bangun juga hotel kapsul bandara di terminal 1 dan 2. Tapi ya entah kapan.

Terus, untuk yang males baca reviewnya, kamu bisa langsung melihat travel vlog review yang saya buat di youtube.com/catperku. Tenang saja, vlog review hotel kapsul bandara ini juga saya taruh di bagian bawah tulisan ini kok. Jadi selain bisa membaca review hotel kapsul pertama di Bandara Indonesia, kamu juga bisa melihat video reviewnya!

Peraturan hotel kapsul terbaru bandara untuk para tamunya
Peraturan hotel kapsul terbaru bandara untuk para tamunya.

Oke, langsung ke reviewnya saja ya!

Review Hotel Dekat Bandara, Hotel Kapsul Bandara!

Jadi apa saja yang bakal saya review disini? Tentunya tentang lokasi dari hotel dekat bandara ini, cara pergi ke hotel kapsul bandara, harga, fasilitas, kekurangan dan kelebihdan, dan tentunya gak ketinggalan vlog review dari hotel kapsul terbaru bandara Jakarta ini. Jadi baca sampai selesai ya!

Lokasi Hotel Kapsul Bandara

Seperti yang banyak dituliskan di media lainnya, lokasi hotel kapsul bandara ini berada di area Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta. Tapi yang nggak pernah dituliskan, bagaimana cara menuju ke hotel kapsul yang ada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta ini. Bahkan, ketika pertama kali mau mencoba menginap disini, saya sempat kebingungan mencari lokasinya.

Belum banyak petunjuk yang menginformasikan lokasi hotel kapsul, selain yang sudah banyak diberitakan yaitu berada di terminal 3. Saya pun harus bertanya dua kali untuk menemukan lokasi dari hotel kapsul terbaru bandara ini. Itu juga hampir nyasar ketika mencari lokasinya. Padahal kalau diberi informasi yang jelas, menemukan lokasi hotel kapsul di Bandara ini gak bakalan susah.

Lalu Cara Menuju Lokasi Hotel Kapsul Soekarno Hatta Gimana?

Pertama, tentu kamu harus menuju ke terminal 3 terlebih dahulu ya. Mau ke terminal 3 naik apa bebas! Paling gampang tentu dengan naik kalayang, meski nggak beroperasi selama 24 jam. Kalau sudah kemaleman, antara jam 01:00 AM sampai jam 3:00 AM pilihan yang ada cuma naik taksi ke terminal 3, atau naik shuttel yang cuma ada tiap 30 menit – 1 jam. Iya, shuttle Bandara Soekarno Hatta itu memang tidak bisa diandalkan sama sekali. Apalagi yang ke terminal 3.

Untuk mencari lokasi dari hotel kapsul bandara, paling gampang cari dulu east loby!
Untuk mencari lokasi dari hotel kapsul bandara, paling gampang cari dulu east loby!

Terus, setelah sampai ke terminal 3, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari yang namanya “East Loby” terminal 3. Kalau dari arah tempat parkir mobil bagian lantai dasar, “East Lobby” langsung terlihat. Tak jauh dari situ, kamu akan ketemu dengan X-Ray scanner. Iya, untuk pergi ke hotel, kamu harus melewat ini.

Hotelnya berada di belakang tulisan ini.
Hotelnya berada di belakang tulisan ini.

Setelah lewat X-Ray scanner, kamu akan ketemu lift disebelah kiri. Masuk lift, naik ke lantai satu. Setelah sampai lantai satu, langsung keluar lift dan belok kiri. Lurus saja, sampai kamu melihat tulisan “Digital Airport Hotel” di sebelah kanan. Yak, disitulah lokasi lobi dari hotel kapsul tebaru dari Bandara Soekarno Hatta.

Harga Per Malam Hotel Kapsul Bandara

Waktu pertama kali mau menginap di hotel kapsul ini saya sempat riset di internet. Waktu itu belum ada blogger yang menulis review mengenai hotel terdekat dengan bandara Soekarno Hatta ini. Rata-rata mereka menulis harga menginap di hotel kapsul bandara per malam adalah di IDR 250.000 per 6 jam, dan IDR 375.000 untuk semalam.

Namun ternyata ketika saya datang langsung, harga yang saya dapatkan jauh lebih murah. Yaitu di IDR 198.000 untuk 6 Jam, dan IDR 298.000 per malam. Selain membayarkan biaya menginap, ada deposit sebesar IDR 50.000 yang akan dikembalikan ketika cek out (dengan catatan kamu tidak menghilangkan kunci kamar ya).

Ada banyak kapsul disini, jadi jangan takut kehabisan. Meski lebih aman kalau pesan lewat online, tapi go show juga gak masalah. Totalnya ada 120 kapsul dengan dua tipe kamar disini. Harganya juga gak terlalu mahal dibandingkan dengan hotel dekat bandara Soekarno Hatta yang lainnya.
Ada banyak kapsul disini, jadi jangan takut kehabisan. Meski lebih aman kalau pesan lewat online, tapi go show juga gak masalah. Totalnya ada 120 kapsul dengan dua tipe kamar disini. Harganya juga gak terlalu mahal dibandingkan dengan hotel dekat bandara Soekarno Hatta yang lainnya.

Pertama saya kira itu harga promo, namun sampai sekarang saya sudah 3 kali menginap di hotel kapsul terbaru di Bandara ini. Dan harga yang saya dapatkan masih sama. Mungkinkah mereka salah mewawancarai narasumber, atau yang salah cuma seorang, tapi karena yang lainnya copas yang salah, jadi ikut salah semua. Ya saya nggak tau, wong media itu ngereviewnya sambil cobain langsung apa enggak saya enggak tau. Hehehehe!

Tapi yang jelas, untuk harga tersebut nggak terlalu mahal. Karena memang rata-rata harga permalam hotel dekat bandara Soekarno Hatta Jakarta untuk yang standard ya berkisar segitu. Kalau transitnya nggak terlalu lama (kurang dari 6 jam) juga lebih enak menginap di hotel kapsul, nggak perlu lagi keluar bandara. Jadi untuk harga, saya kira cukup murah ya.

Fasilitas Hotel Kapsul

Kira-kira seperti apa fasilitasnya? Yang jelas untuk tiap tamu bakal mendapatkan dental kit, sliper atau sandal, handuk, sabun juga shampo sekaligus, dan ada satu botol air mineral gratis. Fasilitasnya hampir sama dengan hotel dekat bandara lainnya lah, cuma minus kamar mandi pribadi aja. Karena kamar mandi di hotel kapsul ini berada di luar. Tapi tenang saja, meski shared, kamar mandinya bersih dan super luas! Bagian dalam kamar mandinya seperti apa, bisa dilihat di video reviewnya saja ya. Selain yang saya sebutkan diatas, fasilitas hotel kapsul bandara lainnya adalah sebagai berikut.

1. TV 22 Inch untuk hiburan, dan wifi yang kenceng

Tentu saja, meski hotel transit dekat bandara itu fungsinya untuk tidur, tapi buat yang ingin sekedar bersantai sambil menunggu penerbangan selanjutnya hiburan tetap diperlukan dong? Untungnya di hotel dekat bandara ini tedapat TV 22 inch dengan saluran lokal dan internasional yang siap menghibur tamunya. Terus ada juga wifi gratis yang lebih kencang dan stabil dibandingkan dengan wifi di terminal 3. Lumayan lah biar gak bosan!

Salah satu fasilitasnya adalah ada TV 22 Inchi.
Salah satu fasilitasnya adalah ada TV 22 Inchi.

2. Memiliki desain yang futuristik

Sebenarnya ini sudah umum semenjak saya tahu beberapa hotel kapsul di negara lain. Tapi memang desain futuristik ini membuat saya yang menginap di hotel kapsul merasa senang. Karena kelihatan lebih proper saja, dibanding dengan hotel kapsul dengan desain seadanya yang juga pernah saya coba di Indonesia.

Kamar hotel kapsul memiliki desain yang futuristik, didalamnya serasa sedang berada di pesawat luar angkasa.
Kamar hotel kapsul memiliki desain yang futuristik, didalamnya serasa sedang berada di pesawat luar angkasa.

3. Ukuran kapsul yang sangat lega

Untuk kaki saya yang panjang, masih ada sedikit sisa. Pun begitu, hotel kapsul terdekat dengan Bandara Soekarno Hatta ini sangat nyaman untuk tidur. Selain ukurannya yang lega, kasur dan bantalnya juga empuk. Cocok untuk digunakan beristirahat sembari menunggu penerbangan selanjutnya.

Kamar hotel kapsul ini lumayan besar, sama besarnya dibandingkan dengan beberapa hotel kapsul yang pernah saya coba di luar negeri.
Kamar hotel kapsul ini lumayan besar, sama besarnya dibandingkan dengan beberapa hotel kapsul yang pernah saya coba di luar negeri.

4. Ada berbagai macam slot pendukung untuk traveler

Mulai dari USB untuk charging smartphone, colokan headset untuk mendengarkan suara televisi, kipas yang bisa diatur, warna lampu kapsul yang bisa diubah sesuai selera ada di panel kontrol kapsul. Buat yang suka penasaran seperti saya, pasti deh utak-atik kontrol panel yang ada disini.

Terdapat berbagai macam slot pendukung traveler aktif seperti saya seperti usb charger dan lain-lainnya.
Terdapat berbagai macam slot pendukung traveler aktif seperti saya seperti usb charger dan lain-lainnya.

5. Ada headset untuk mendengarkan suara dari TV

Meski ada TV, tapi suaranya tidak akan keluar langsung dari loud speakernya. Karena itu bisa mengganggu tamu lainnya. Karena itu, tiap kapsul terdapat headset untuk mendengarkan suara tv. Yah, kalau kamu suka memutar TV kencang-kencang tapa headset, mungkin hotel kapsul bandara ini bukan untukmu. Kamu bisa mencoba menginap di hotel dekat bandara Soekarno Hatta lainnya deh!

Terdapat headset untuk mendengarkan suara dari tv yang ada di dalam kapsul.
Terdapat headset untuk mendengarkan suara dari tv yang ada di dalam kapsul.

6. Lampu di dalam kapsul bisa diganti sesuai selera

Sebenarnya saya nggak terlalu peduli dengan fitur ini, apalagi biasanya orang lebih suka tidur dengan lampu dimatikan. Tapi lumayan, buat yang ingin merasakan suasana berbeda. Terus fitur hotel kapsul bandara yang ini tidak bisa kamu temukan di hotel dekat bandara Soekarno Hatta lainnya. Warna lampu favorit saya sih biru, kalau kamu?

Warna lampu hotel kapsul bisa diubah-ubah seperti ini.
Warna lampu hotel kapsul bisa diubah-ubah seperti ini.

7. Keamanan terjamin

Karena desainnya yang modern, hotel ini tidak menggunakan kunci biasa. Namun menggunakan “access card” seperti dibawah ini. Kartu ini juga digunakan untuk membuka loker yang ada di luar kapsul ya. Jangan sampai hilang, karena kalau hilang deposit 50 ribu yang diberikan ketika cek in tidak akan dikembalikan untuk mengganti biaya pembuatan kartu ini.

Untuk masuk ke kapsul menggunakan kunci berupa kartu seperti ini. Kunci ini juga sekaligus digunakan untuk membuka loker.
Untuk masuk ke kapsul menggunakan kunci berupa kartu seperti ini. Kunci ini juga sekaligus digunakan untuk membuka loker.

8. Terdapat loker untuk menyimpan barang

Setiap tamu yang menginap di hotel kapsul bandara ini akan mendapatkan sebuah loker. Loker cukup untuk menyimpan sebuah koper berukuran besar. Barang tidak mungkin disimpan di dalam kapsul, karena akan membuat kapsul tidak nyaman untuk beristirahat. Jika kamu membawa banyak barang, bisa dititipkan ke tempat penyimpanan barang di resepsionis. Alternatifnya, jika kamu kurang merasa nyaman menitipkan barang di resepsionis, kamu bisa menginap di hotel dekat bandara lainnya.

Setiap kapsul mendapat sebuah loker untuk menyimpan barang bawaan.
Setiap kapsul mendapat sebuah loker untuk menyimpan barang bawaan.

Kekurangan Hotel Kapsul Bandara Menurut Saya

Terus terang nggak banyak kekurangan dari hotel kapsul ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada slot stop kontak 220 volt, jadi nggak mungkin charge laptop selama di kapsul.
  • Lokasinya hanya di terminal 3, masih lumayan pe er untuk pergi kesana, terutama ketika tiba di bandara dini hari. Karena pada dini hari, effortnya menuju ke hotel kapsul hampir sama dengan menginap di hotel dekat bandara lainnya.
  • Nggak cocok untuk traveler keluarga, yha paling pas sih buat jomblo. Kalau buat pasangan berdua, nggak tau deh boleh sekapsul apa enggak. Tapi ya jadi sempit kalau dipakai berdua. Kalau mau nyaman, cari saja hotel dekat bandara Soekarno Hatta yang lainnya!
  • Nggak ada wake up call, nggak ada informasi penerbangan yang bisa diakses dari dalam kamar kapsul. Meski bisa dibilang cukup fatal, tapi memang hotel dekat bandara lainnya gak banyak yang punya fitur informasi penerbangan. Paling banter ya wake up call saja.

Untuk sementara itu saja sih, gak banyak. Makanya saya berani bilang kalau hotel kapsul bandara ini bisa bersaing dengan hotel dekat bandara Soekarno Hatta yang lainnya!

Video Review Hotel Kapsul Bandara

Buat yang males baca, lihat saja vlog reviewnya dibawah ini ya:

Foto – Foto Hotel Kapsul Bandara Terbaru!

Dibawah ini adalah foto-foto dari hotel kapsul bandara terbaru untuk kamu yang ingin tahu bagaimana suasana dari hotel paling dekat dengan Bandara Soekarno Hatta ini!

Lorong dari arah loby hotel kapsul bandara
Lorong dari arah loby hotel kapsul bandara.
Lorong yang menuju ke kamar mandi
Lorong yang menuju ke kamar mandi.
Terdapat dua kapsul dalam satu tumpukan, atas dan bawah. Paling enak adalah lokasi kapsul yang ada dibawah
Terdapat dua kapsul dalam satu tumpukan, atas dan bawah. Paling enak adalah lokasi kapsul yang ada dibawah.
Suasana di dalam kapsul hotel.
Suasana di dalam kapsul hotel.
Area luar kapsul ketika lampu dimatikan
Area luar kapsul ketika lampu dimatikan.
Area luar kapsul setelah lampu dinyalakan
Area luar kapsul setelah lampu dinyalakan.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
6 Responses
  1. niken swastika

    Terima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga di
    salam sukses selalu :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: