Pengalaman Naik Sleeper Bus Harapan Jaya Kediri Jakarta

Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman naik sleeper bus Harapan Jaya Kediri Jakarta. Tentu saja selain menuliskannya di blog catperku.com ini saya juga sudah membuat vlog perjalanan naik Sleeper Bus Harapan Jaya Kediri Jakarta yang bisa kamu tonton di bawah. Sudah lama banget saya ingin naik sleeper bus yang mempunyai rute lengkap dari Tulungagung ke Jakarta ini.

Akhirnya waktu kemarin ada sedikit pekerjaan ke Jakarta, saya berkesempatan untuk mencoba sleeper bus double decker mewah yang memiliki rute ke Jakarta ini. Saya sudah lama penasaran dengan keberadaan bus sleeper ini, dan dari review yang sudah ada sih bus ini cukup recomended untuk dicoba. Apalagi sekarang bus sleeper ini full lewat jalan tol TransJawa dengan beberapa kali keluar masuk untuk menjemput penumpang.

Sebagai kelas sleeper yang mengutamakan kenyamanan penumpangnya, jenis bus yang digunakan adalah bus Scania K410 opticruise. Jadi tidak usah dipertanyakan lagi mengenai kenyamanan bus ini. Apalagi bus ini berangkat siang hari dan sampai tujuan dini hari. Jadi sepanjang perjalanan bisa tidur dengan nyaman dan pulas.

Jenis bus yang digunakan untuk sleeper bus double decker ini adalah bus Scania K410 opticruise.
Jenis bus yang digunakan untuk sleeper bus double decker ini adalah bus Scania K410 opticruise.

Tiket sleeper bus ini sebenarnya bisa dibeli online, namun karena kebetulan saya sedang berada di Kota Kediri, jadi saya sekalian mampir ke agen bus untuk beli tiket sleeper bus Harapan Jaya ini. Untuk detail mengenai tiketnya akan saya bahas tersendiri dibawah nanti. Sekarang, mungkin bisa dimulai dengan menonton vlog review Sleeper Bus Harapan Jaya yang mewah tapi tidak murahan dibawah ini ya!

Vlog Pengalaman Naik Sleeper Bus Harapan Jaya

 

Akhir-akhir ini, selain menulis di blog ini saya memang sedang rajin bikin konten vlog. Tak lupa juga saya membuat vlog tentang sleeper bus yang memiliki rute ke Jakarta ini. Sekalian berbagi pengalaman, siapa tahu ada yang penasaran dengan bagaimana review dari Sleeper Bus Double Decker Harapan Jaya ini. Tonton saja vlognya dibawah ini, dan jangan lupa like, share juga subscribe ke channel youtube.com/catperku ya!

Kesan Pertama Naik Sleeper Bus Harapan Jaya

Tentu saja saya sudah sangat penasaran untuk mencoba sleeper bus ternyaman di Indonesia ini. Apalagi sudah lama saya nggak pernah naik bus. Terakhir naik bus di Indonesia kalau gak salah di tahun 2012. Waktu itu saya naik bus dari Denpasar ke Jogja, nyambung-nyampung antara bus eksekutif dan ekonomi. Janggan ditanya capeknya, pantat rasanya udah tepos karena kelamaan duduk.

Tapi kali ini saya nggak bakal takut capek, karena saya bisa tidur selonjoran layaknya menginap di hotel kapsul. Ya, yang spesial dari sleeper bus Harapan Jaya ini adalah cabin sleeper yang mirip hotel kapsul. Dalam satu bus cuma ada dua kabin sleeper, jadi ya tiketnya sangat-sangat terbatas.  Saya beruntung mendapatkan tiketnya kemarin.

Salah satu hal yang menjadi favorit saya ketika naik Sleeper Bus Harapan Jaya adalah bantal gulingnya!
Salah satu hal yang menjadi favorit saya ketika naik Sleeper Bus Harapan Jaya adalah bantal gulingnya!

Dari luar, sleeper bus tujuan Jakarta ini tampak gagah dan mewah. Jauh dari kesan bus yang standard. Setelah menaikinya pun bus ini terasa sangat nyaman. Suspensi bus sangat empuk, sopir juga menyetir dengan hati-hati. Jadi rebahan di dalam kabin sleeper tidak terasa bergoyang. Malah, saking nyamannya, saya nggak merasa sedang tidur di dalam bus.

Terus, sleeper bus Harapan Jaya ini juga lumayan cepet. Bus ini melewati jalan tol TransJawa, dan kebetulan kemarin jalanan gak begitu macet. Jadilah sekitar 13 jam-an sudah sampai di Jakarta. Waktu tempuhnya kurang lebih sama dengan kereta api Gajayana yang juga memilki rute Tulungagung – Jakarta.

Ini adalah cabin sleeper A.
Ini adalah cabin sleeper A.
Selain reclining seat yang bisa buat tidur dengan nyaman, ada bantal dan guling juga
Selain reclining seat yang bisa buat tidur dengan nyaman, ada bantal dan guling juga
Ini kelas super eksekutif, harga tiketnya di 200 ribuan.
Ini kelas super eksekutif, harga tiketnya di 200 ribuan.

O iya, Kereta Api Gajayana itu juga punya gerbong sleeper luxury. Namun setelah mencoba keduanya, cabin sleeper Bus Harapan Jaya jauh lebih nyaman jika dibandingkan dengan Gerbong Sleeper Luxury Kereta Api Gajayana. Harga tiketnya juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan tiket KA Gajayana Eksekutif atau KA Gajayana Luxury. Terlebih lagi, pada cabin sleeper tak hanya terdapat bantal saja. Namun juga ada bantal guling yang bikin tidur makin nyaman!

Dari pengalaman saya naik sleeper bus ini ke Jakarta, saya hanya menemukan satu kekurangan saja. Bus Harapan Jaya tujuan Jakarta ini tak banyak berhenti, dan jam makan malam yang terlalu dini (sekitar jam 4 sore) membuat saya tidak berselera makan. Tapi masalah itu bisa diatasi dengan membawa bekal snack dan makanan sendiri.

Rute Yang Dilewati Bus Sleeper Mewah Tulungagung Jakarta

Sleeper Bus Harapan Jaya ini melayani rute Tulungagung Jakarta pulang pergi. Meski bisa juga berangkat dari Kota Blitar. Dari Blitar perjalanan akan dilakukan dengan bus biasa terlebih dahulu, baru nanti ganti bus sleeper double decker ini di Pool Harapan Jaya Tulungagung. Atau bisa juga naik di beberapa kota yang akan dilewati bus ini.

Pada sleeper bus double decker ini hanya terdapat dua cabin sleeper saja. Jadi tiket sangat terbatas.
Pada sleeper bus double decker ini hanya terdapat dua cabin sleeper saja. Jadi tiket sangat terbatas.

Iya, meski bus ini akan lewat jalan tol TransJawa, namun akan tetap keluar jalan tol sebentar dan berhenti di beberapa kota yang akan dilewatinya. Beberapa kota yang akan disinggahi oleh bus ini adalah :

  • Kediri (Pool dan Terminal)
  • Madiun (Terminal)
  • Ngawi (Pool dan Terminal)
  • Solo / Surakarta (Terminal Tirtonadi)
  • Semarang ( Terminal)

Jadi kamu bisa naik dari beberapa kota yang disinggahi bus itu ya.

Fasilitas Sleeper Bus Harapan Jaya Apa Saja?

Meski bukan kelas sleeper, namun leg room tetap lega dan nyaman.
Meski bukan kelas sleeper, namun leg room tetap lega dan nyaman.

Sebagai kelas termewah dan tertinggi, Sleeper Bus Harapan Jaya ini memberikan fasilitas yang lumayan lengkap. Dan dibawah ini adalah fasilitas dari kelas sleeper seat atau double decker yang bisa kamu coba:

  • Menggunakan bus dua lantai
  • Full AC (Pendingin udara)
  • Terdapat Audio dan LCD/TV
  • Untuk Cabin sleeper dapat Bantal, bantal guling dan selimut. Sementara itu untuk kelas super eksekutif dapet bantal dan selimut.
  • Terdapat area merokok (smoking area)
  • Tersedia toilet di lantai 1, tapi hanya bisa digunakan untuk buang air kecil saja.
  • Terdapat sandaran kaki untuk kelas super eksekutif
  • Recleaning Seat
  • Lampu Kerja
  • USB dan colokan Listrik
  • wifi untuk entertainment
  • Kursi Pijat (di lantai dua dan pada bus tertentu)
  • Gratis Kopi, Teh, Air mineral 600ml untuk kelas sleeper.
  • Air Mineral free flow
  • Gratis tissue kering
  • Gratis tissue basah
  • Dapat sandal santai

Berapa Harga Tiket Sleeper Bus Harapan Jaya Ini?

Kabin sleeper bus double decker ini cukup lega untuk orang dengan tinggi 180 cm seperti saya.
Kabin sleeper bus double decker ini cukup lega untuk orang dengan tinggi 180 cm seperti saya.

Harga tiket sleeper bus Harapan Jaya ini menurut saya termasuk murah. Untuk rute saya dari Kota Kediri ke Jakarta harga tiketnya adalah IDR 455.000 saja. Jauh lebih murah dibandingkan dengan harga tiket kereta api eksekutif Gajayana. Pun harga yang saya dapatkan adalah harga promo. Harga tiket sleeper bus double decker yang normal ini adalah IDR 495.000. Harganya masih jauh lebih murah dibandingkan dengan naik kereta api ke Jakarta.

Foto Sleeper Bus Harapan Jaya Scania K410 Opticruise

Sleeper bus double decker tampak depan.
Sleeper bus double decker tampak depan.
Sleeper bus double decker tampak samping.
Sleeper bus double decker tampak samping.
Sleeper bus double decker tampak lebih dekat.
Sleeper bus double decker tampak lebih dekat.
Bisa dibilang, ini adalah pengalaman naik bus dari Kediri ke Jakarta yang menyenangkan.
Bisa dibilang, ini adalah pengalaman naik bus dari Kediri ke Jakarta yang menyenangkan.
Sleeper bus double decker tampak belakang.
Sleeper bus double decker tampak belakang.

***

Nah, kira-kira itu tadi adalah review pengalaman saya naik sleeper bus Harapan Jaya Kediri Jakarta. Kira-kira ada yang mau cobain naik bus ini juga nggak ya? Terutama buat kamu yang ingin pergi ke Jakarta atau ke arah sebaliknya. Saran dari saya sih, sebaiknya pesan tiket sleeper bus ini dari jauh-jauh hari, karena jumlahnya yang terbatas. Jadi ya sistemnya siapa cepat dia dapat!

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
5 Responses
  1. Laju bus nya hati -hati .. maksudnya nggak terlalu ngebut bukan bang???
    .
    Salah satu alasan nggak mau naik bus antar pulau jawa dan lebih milih KA, yah itu gosipnya bus pulau jawa suka ngebut :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: